Wisata

Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia Untuk Solo Travelling

Tahukau.comWisata Terbaik di Indonesia – Setiap orang pasti membutuhkan yang namanya liburan. Liburan diperlukan agar kita tidak terlalu jenuh dengan kesipukan setiap harinya. Oleh karena itu, dengan liburan kita dapat mengistirahatkan otak dan tubuh meskipun hanya sejenak. Berlibur merupakan aktivitas yang diperlukan untuk dilakukan secara berkala. Berlibur tidak harus selalu bersama-sama, sendirian pun dapat dilakukan. Bahkan banyak orang yang memiliki keinginan untuk berlibur sendirian karena mereka ingin mendapatkan ketenangan dan rileksasi tubuh. Aktivitas berlibur sendirian dinamakan Solo Travelling.

Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia Untuk Solo Travelling

Solo Travelling? Bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Solo Travelling dapat melatih kemandirian seseorang dimana kita harus mengandalkan diri sendiri ketika melakukan solo travelling. Pelu diketahui, solo tarvelling bisa jadi sangat menyenangkan apabila direncanakan dengan matang. Solo Travelling tidak perlu ke luar negeri, karena di Indonesia pun banyak tempat-tempat menarik yang cocok untuk berlibur. Nah berikut ini akan diulas mengenai 5 destinasi wisata terbaik di Indonesia untuk solo travelling. Oleh karena itu, simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Gunung Terbaik di Indonesia

1. Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia yang cocok untuk solo travelling yang berada di pulau Papua, tepatnya di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan Raja Ampat terkenal hingga ke mancanegara dan dianggap sebagai surga tersembunyi yang ada di timur Indonesia yang memiliki kekayaan hayati yang tidak perlu diragukan lagi.  Keindahan pemandangan bawah lautnya yang berhasil menjadi tujuan para wisatawan khususnya bagi wisatawan yang menyukai diving atau menyelam.

Perairan yang ada di Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik di dunia untuk diving site. Bahkan mungkin juga diakui sebagai nomor satu terkait kelengkapan flora dan fauna bawah airnya. Kepulauan Raja Ampat merupakan rumah bagi ribuan spesies hewan laut yang tersebar luas di wilayah perairannya. Kepulauan Raja Ampat termasuk kawasan karang terbaik di Indonesia karena posisinya sebagai salah satu wilayah Segitiga Terumbu Karang yang sudah diakui secara Internasional. Raja Ampat memiliki sekitar 75% spesies terumbu karang yang ada di dunia.

Kepulauan Raja Ampat sangat berpotensi untuk dijadikan objek wisata terutama wisata penyelaman. Kita dapat melakukan snorkeling, berenang, dan sebagainya. Untuk mencapai Kepulauan Raja Ampat sangatlah mudah. Kalian dapat menggunakan pesawat untuk menuju ke Sorong. Selain itu, dapat juga menggunakan kapal laut menuju Sorong. Kemudian sesampai di Sorong, kalian dapat menggunakan perahu pinisi untuk menuju Kepulauan Raja Ampat. Untuk masalah penginapan, Kepulauan Raja Ampat menyediakan beragam penginapan yang cukup mewah.

Kepulauan Raja Ampat juga memiliki tempat terpopuler yang biasa menjadi tujuan wisatawan. Salah satunya yang paling terkenal adalah wilayah Wayag yang dapat ditempuh selama 3 jam dari Waisai dengan speedboat. Wilayah Wayag terkenal akan keindahan bawah lautnya yang membuat kalian terpesona. Selain ada juga beberapa tempat wisata lainnya seperti Misool, Star Lagoon, Desa Arborek, Pasir Timbul, Desa Wisata Sauwandarek, Desa Sawinggrai, Pianemo, Air Terjun Batanta, dan sebagainya.

Baca juga : Wisata Candi Terpopuler

2. Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur

Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur

Pulau Flores merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia untuk solo travelling yang berada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Nama Flores berasal dari bahasa Portugis yaitu “cabo de flores” yang artinya Tanjung Bunga. Memang pulau Flores terlihat kecil, namun tempatnya sangat aman dan cocok untuk solo travelling. Masyarakatnya sangat ramah dan tidak segan untuk membantu apabila kamu meminta bantuan.

Untuk berpetualang ke pulau Flores, setidaknya kamu wajib menyiapakan budget yang berlebih karena kita tidak mengetahui bagaimana keadaan di pulau Flores. Ketika kamu berlibur ke Flores, kamu bisa mendarat di Labuan Bajo karena di sana terdapat Bandara Internasional Komodo yang termasuk bandara terbesar. Kemudian dari bandara, kamu bisa naik ojek untuk berkeliling ke pulau Flores.

Jika kalian ingin berkunjung ke kabupaten lainnya, kalian bisa menggunakan transportasi pesawat yang harga tiketnya cukup tejangkau yaitu berkisar Rp. 200 ribuan. Selain itu, kamu juga bisa naik travel dengan harga sekitar Rp. 300 ribuan. Akan tetapi, jika naik travel maka waktu yang ditempuh cukup lama.

Untuk penginapan, kamu bisa menginap di hostel apabila budget penginapan yang cukup terjangkau. Selain itu, disana kamu akan berkesempatan bertemu dengan banyak soslo traveller lainnya. Lokasi wisata yang ada di Flores kebanyakan berada di daerah pelosok. Di Flores, kalian dapat mengunjungi beberapa tempat wisata yang memang menjadi salah satu tujuan wisata ke Flores seperti Labuan Bajo, Danau Kalimutu, Taman Nasional Komodo, Pulau Pink, Taman Laut 17 Pulau, dan tempat wisata lainnya.

Baca juga : Wisata di Banyuwangi

3. Lombok, Nusa Tenggara Barat

Lombok, Nusa Tenggara Barat

Pulau Lombok merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia untuk solo travelling yang berada di wilayah Kepulauan Sunda Kecil yang dipisahkan oleh Selat Lombok dan Bali dimana Pulau Lombok masuk ke dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Lombok dikatakan memiliki banyak kemiripan dengan Bali. Pada tahun 2007, sektor pariwisata adalah satu-satunya sektor yang berkembang di Pulau Lombok.

Pulau yang letaknya berdekatan dengan Bali ini diketahui menyimpan banyak sekali keindahan alamnya dan juga tempat wisatanya. Tidak ingin kalah dengan Bali, banyak destinasi wisata menarik yang terdapat di Pulau Lombok yang dipersembahkan untuk para traveller khususnya solo traveller seperti pantai-pantainya seringkali dijadikan tempat untuk menikmati pemandangan matahari terbenam, air terjuan yang sangat indah dan menakjubkan. Selain itu, jangan lewatkan untuk menikmati keindahan berbagai macam Gili yang ada di Lombok dimana kalian dapat menikmati wisata bawah lautnya yang sangat indah dan menarik.

Beberapa tempat wisata di Lombok yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh pengunjung seperti Pantai Senggigi, Gunung Rinjani, Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno, Air Terjun Dewi Selendang, Segara Anak, Air Terjun Mangkusakti, Pantai Seger Kuta, dan sebagainya. Untuk menuju ke Lombok, kalian dapat menggunakan transportasi kapal maupun pesawat. Untuk berkeliling Lombok, Kalian dapat menyewa sepeda motor. Jangan lupa untuk membawa bahan bakar cadangan karena tempat pengisian bahan bakar tidak sebanyak yang ada di Pulau Jawa dan Bali.

Perlu diketahui, pulau ini sudah menjadi tempat wisata yang halal bagi para traveller muslim. Penduduknya yang sangat ramah akan menolong ketika kamu mengalami kesulitan. Untuk masalah makanan, di Lombok banyak ditemukan penjual bakso. Selain itu, ada juga penjual nasi bungkus yang mirip dengan nasi Jinggo Bali. Di Lombok, kalian juga dapat mencoba aneka makanan tradisional khas Lombok yang memiliki rasa yang nikmat.

Baca juga : Wisata di Malang

4. Bali

Bali

Bali merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia untuk solo travelling yang juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata. Bali merupakan sebuah provinsi di Indonesia beribukota Denpasar. Bali juga masih termasuk ke dalam salah satu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara. Bali merupakan primadona dalam sektor pariwisata yang sudah terkenal di Indonesia, bahkan terkenal di seluruh dunia. Banyak wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara yang menjadikan Bali sebagai tempat liburan mereka. Hal itu dikarenakan Bali menyajikan keindahan yang begitu mempesona dan juga budayanya yang unik dan menarik sehingga dapat menarik perhatian wisatawan.

Pusat utama wisata yang ada di bali berada di Kuta. Beberapa tempat wisata yang ada di Bali yang ramai oleh pengunjung bahkan seringkali menjadi destinasi wisata baik travelling bersama-sama maupun  solo travelling seperti Pantai Kuta, Pura Tanah Lot, Pasar Sukowati, Krisna Oleh-oleh khas Bali, Danau Bedugul, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Uluwatu, Ubud, Pantai Lovina, dan sebagainya.

Banyak sekali kegiatan yang dapat kalian lakukan di Bali. Mulai dari menjelajah beberapa pantainya yang unik dengan pemandangan yang indah, melakukan Yoga di Ubud, menikmati suasana damai khas Ubud, hingga menyusuri gang-gang di Bali, dan sebagainya. Di sana, kalian juga dapat berkenalan dengan para solo traveller lainnya, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Berkaitan dengan transportasi, kalian dapat menggunakan pesawat maupun kapal untuk menuju ke Bali. Ketika sampai di Bali, kalian dapat menyewa motor yang bisa digunakan untuk berkeliling Bali agar lebih fleksibel daripada mobil ketikan mengunjungi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Selain itu, untuk akomodasi seperti hotel dan makanan, di Bali banyak sekali hotel atau penginapan yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Ada juga hotel mewah berbintang bagi kalian yang ingin menginap di penginapan dengan fasilitas yang lengkap. Untuk makanan pun, Bali menyediakan aneka makanan yang memiliki cita rasa yang khas dan tentunya harganya cukup terjangkau. Selain itu, kalian juga dapat menikmati makanan khas Bali yang sangat enak.

Baca juga : Wisata di Kota Yogyakarta

5. Yogyakarta

Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu desitinasi wisata terbaik di Indonesia untuk solo travelling yang termasuk pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta termasuk salah satu kota terbesar di Indonesia dan kota terbesar ke empat di pulau Jawa. Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi untuk liburan dengan keluarga maupun solo travelling.

Kebanyakan wisatawan memilih Yogyakarta sebagai tujuan wisata karena akses transportasinya yang mudah. Kalian dapat menggunakan pesawat, bus, maupun kereta api untuk liburan ke Yogyakarta. Ketika sampai di Yogyakarta, kalian dapat menggunakan bus Trans Jogja untuk berkeliling kota. Selain itu, dapat juga menggunakan becak dan delman. Cara alternatif lainnya adalah kalian dapat menyewa motor jika ingin berkeliling kota dan juga mengunjungi beberapa tempat wisata yang populer dan terkenal di Jogja dengan sendirian.

Beberapa tempat wisata tersebut seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Malioboro, Museum Benteng Vredeburg, Pantai Parangtritis, Keraton Jogja, Wisata Taman Sari, Gumuk Pasir, dan sebagainya.

Untuk masalah penginapan, Yogyakarta menyediakan banyak penginapa dengan harga terjangkau sehingga kamu dapat berhemat ketika solo travelling. Untuk masalah makanan pun, kalian tidak perlu khawatir. Ada juga beberapa tempat untuk wisata kuliner di Yogyakarta seperti Soto Sulung Stasiun Tugu, Lesehan Pari Gogo, Kampung Bakpia Patuk, dan sebagainya.

Nah itulah ulasan mengenai 5 destinasi wisata terbaik di Indonesia untuk solo travelling. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat dan menjadi sumber pengetahuan bagi Anda tentang destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close