Wisata

Tempat Wisata Religi di Kota Gresik Beserta Sejarahnya

Tahukau.comWisata Religi di Kota Gresik – Kota Gresik, merupakan salah satu dari sekian kota besar yang ada di Jawa Timur. Selain terkenal dengan kota penghasil pabrik semen terbesar, kota Gresik juga disebut-sebut sebagai kota religi karena banyaknya tempat wisata religi yang dapat Anda temui disana. Kota Gresik juga disebut sebagai kota santri karena sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam, juga terdapat banyak sekali pondok pesantren terkemuka yang berdiri di kota ini. Disamping itu, Kota Gresik merupakan kota tempat dimakamkannya 5 dari 9 Wali Songo.

Wisata Religi di Kota Gresik

Beberapa informasi tempat wisata religi yang ada di kota Gresik telah kami kemas hanya untuk Anda. So, simak informasinya dibawah ini ya!

Makam Raden Santri

Makam Raden Santri

Makam Raden Santri ini merupakan salah satu makam Islam kuno yang terletak di Jalan Raden Santri, Desa Bedilan. Lokasi makam ini berada tak jauh dari alun-alun kota Gresik, tepatnya 100 meter sebelah utara dari alun-alun Kota Gresik. Raden Santri sendiri merupakan salah satu tokoh Islam yang merupakan kakak dari raden Rachmat atau yang biasa kita kenal sebagai Sunan Ampel. Beliau juga disebut-sebut sebagai Sunan Gresik atau Sayid Ali Murtadlo yang pada saat itu datang ke tanah Jawa untuk menyebarkan agam Islam bersama sang ayah yang bernama Syech Ibrahim Asmorogondi. Raden Santri merupakan kakek dari Dja’far Sodiq atau yang lebigh dikenal dengan Sunan Kudus. Raden Santri memiliki gelar sebagai “Rojo Pandito Wunut” karena pada masa itu beliau lah menjadi tokoh panutan masyarakat. beliau wafat pada tahun 1317 saka/ 1449 M dan haul beliau jatuh pada tanggal 15 bulan Muharram.

Baca juga : Kerajaan Islam di Indonesia

Makam Sunan Giri

Makam Sunan Giri

Sunan Giri merupakan salah satu tokoh yang menyebarkan ajaran Islam dan juga merupakan tokoh Wali Songo yang lahir pada tahun 1442 M. Beliau juga merupakan salah satu ulama besar yang memiliki pengaruh yang kuat terhadap wali lainnya karena peran beliau yang menjadi hakim pada kasus Syech Siti Jenar. Sunan Giri yang masa mudanya dikenal sebagai Joko Samdro atau Raden Paku itu wafat pada tahun 1428 saka atau 1506 M, beliau kemudian dimakamkan diatas bukut dalam cungkup yang memiliki arsitektur yang unik.

Lokasi makam tersebut berada pada Dusun Giri Gajah, Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kota Gresik. Jarak makam tersebut pun tidak terlalu jauh dari pusat kota Gresik, berkisar 4 Km dari pusat kota. Kompleks pemakaman ini berada di tengah makam keluarga dan juga masyarakat Giri. Untuk menuju lokasi ini Anda dapat menjangkaunya dengan transportasi umum. Selain itu, terdapat banyak pula kios-kios yang menjual aneka souvenir sebagai oleh-oleh yang dapat Anda beli ketika mengunjungi makam. Tak lupa juga dengan fasilitas penunjang berupa Majid Giri yang dapat Anda gunakan untuk sholat berjamaah.

Baca juga : Walisongo

Petilasan Giri Kedaton

Petilasan Giri Kedaton

Giri Kedaton ini didirikan oleh Sunan Giri di tahun 1487M. Petilasan ini merupakan kedaton atau istana yang saat ini lebih dikenal dengan Giri Kedaton. Lokasi petilasan ini terletak di puncak bukit dengan tanjakn yang terbilang cukup curam. Lokasi tersebut dipilih oleh Sunan Giri berdasarkan petunjuk sang ayah yaitu Syekh Maulana Ishaq atas dasar samanya segenggam tanah yang telah beliau bawa dari Samudra Pasai. Petilasan ini banyak dikunjungi orang yang bahkan berasal dari luar kota untuk bermunajad. Menurut cerita warga setempat, petilasan ini merupakan tempat pengukuhan Raja-raja Islam Demak sampai Pajang. Di tempat ini juga Masjid dan Pondok Pesantren pertama didirikan di Giri, namun saat ini hanya tertinggal bekas-bekasnya saja termasuk bekas peninggalan kedaton yakni batu pelinggihan, kolam wudhu dan dinding pagar kuno. Lokasi petilasan ini terletak tak jauh dari makam Sunan Giri yakni 200 meter sebelah selatan dari makam Sunan Giri, tepatnya di kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kebomas Kota Gresik.

Baca juga : Kerajaan Demak

Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim

Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim

Sunan Maulan Malik Ibrahim atau Syech maulana Mallik Ibrahi atau yang lebih dikenal sebagai Sunan Gresik ini merupakan salah satu tokoh penyebar ajaran Islam pertama di pulau Jawa. Beliau dilahirkan di negara Kamboja, merupakan keturunan dari ulama-ulama besar yang menyiarkan agama Islam. Syech Maulana Malik Ibrahim ditugaskan oleh sang ayah untuk menjalankan da’wah Islam ke Asia Tenggara. Setelah melewati perjalanan yang cukup panjang, samapailah beliau di pelabuhan Gresik yang pada saat itu merupakan pelabuhan yang cukup besar di Asia Tenggara. Kemudian Syech Malana Malik Ibrahim bersama dengan kawannya menuju desa bernama “Leran” yang terletak 9 Km sebelah barat dari kota Gresik. Beliau menjalankan Da’wahnya pada tahun 801 H/1392M. Selain itu, beliau juga membuka sebuah toko yang berada di desa Romo yang terletak 3 Km sebelah barat Kota Gresik dan memperkenalkan barng bawaannya kepada masyarakat sekitar juga mempelajari bahasa daerah demi mempermudah kelancaran da’wahnya. Beliau mengenalkan dan mengajarkan agama Islam kepada masyarakat sekitar sehingga satu persatu masyarakatnya memeluk agama Islam. Sejak saat itu pula terlihat banyak perbedaan mulai dari budi pekerti maupun tata cara tentang kebersihan pakaian yang membaik dibanding sebelumnya. Syech Maulana Malik Ibrahim wafat pada hari Senin 12 Rabi’ul Awal 822 Hijriah. Lokasi makam Maulana Malik Ibrahim berada di jalan Maulana Malik Ibrahim, Desa Gapuro Sukolilo, Kota Gresik.

Baca juga : Wisata Candi Terpopuler

Kawasan Wisata Bukit Surowiti

Kawasan Wisata Bukit Surowiti

Kawasan wisata ini merupakan petilasan pertapaan Sunan Kalijaga yang merupakan sebuah perkampungan dan berlokasi di atas bukit yang terjal dengan luas kurang lebih 5 hektar. Terletak di Desa Surowiti, Kecamatan Panceng lokasi kawasan wisata ini berjarak kurang lebih 40 km dari Kota Gresik. Terdapat beberapa obyek wisata yang dapat Anda nikmati ketika mengunjungi kawasan wisata ini.

Baca juga : Wisata di Banyuwangi

Petilasan Kali Buntung

Petilasan Kali Buntung

Menurut cerita setempat, ditempat inilah Sunan Kalijaga bertapa juga menjaga tongkat Sunan Bonang yang telah ditancapkan di pinggiran sungai (Kali Buntung). Tongkat tersebut menjadi rerumpunan bamboo yang berada di tepian telaga yang berada di kaki bukit Surowiti ini. oleh karenanya, petilasan ini disebut sebagai asal usul sebutan Sunan Kalijaga.

Makam Mpu Supo

Makam Mpu Supo

Mpu Supo adalah seorang “Mpu Linuwih” pada masa kejayaan Majapahit. Mpu Supo juga merupakan adik ipar serta salah satu santri dari Sunan Kalijaga. Orang-orang banyak yang berdatangan ke makam beliau guna mencari kesaktian juga pusaka (keris). Dtak jauh dari makam, terdapat Goa yang bernama Goa Macan yang konon katanya terdapat macan peliharaan Ki Singo Wongso.

Nah, itu dia beberapa tempat wisata religi beserta sepenggal sejarahnya yang dapat Anda kunjungi jika berada di Kota Gresik. Selain mendapat kepuasan mata, Anda juga bisa mendapatkan ketenangan hati kala berkunjung ke tempat-tempat tersebut. Selain untuk berwisata, tempat-tempat tersebut digunakan juga untuk bermunajad. Jadi pakah Anda tertarik untuk berkunjung ke Wisata Religi di Kota Gresik?

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close