Wisata

Wisata Kuliner di Solo yang Punya Cita Rasa Istimewa

Tahukau.comWisata Kuliner di Solo – Berwisata tidak hanya mengenai tempat atau destinasi wisatanya saja bukan? Kita pasti juga ingiin menjajal kuliner khas  tempat – tempat yang kita kunjungi. Tak jarang pula diantara kita adalah orang yang memang suka menjajal kuliner dan sedang melakukan wisata kuliner.

Sebagian orang bahkan memang sengaja pergi ke suatu tempat hanya untuk merasakan dan mencicipi berbagai makanan yang ada di tempat tersebut. Memang, Indonesia adalah negara dengan berbagai tradisi dan kebudayaannya.

Kekayaan alam Indonesia yang beragam juga menciptakan perbedaan dari makanan tradisional setiap daerah. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Tak hanya wisatawan local, wisatawan asing juga akan dengan senang hati berkeliling untuk mencoba masakan atau kuliner yang ada di daerah yang sedang dikunjungi.

Baca juga : Wisata Candi Terpopuler

Wisata Kuliner di Solo

Wisata Kuliner di Solo

Jawa adalah satu pulau yang memiliki beragam suku bangsa yang juga berarti memiliki beragam tradisi. Salah satu keberagaman tersebut adalah adanya perbedaan kuliner di setiap daerah bahkan setiap kota di Jawa.

Salah satu provinsi yang sering dikunjungi adalah provinsi Jawa Tengah. Anda tentu sering mendenar mengenai bahwa jawa tengah juga terkenal dengan kulinernya bukan? Solo, daerah asal orang nomor satu di Indonesia ini juga tak jauh berbeda.

Di solo, anda juga akan menemukan berbagai makanan khas yang mungkin tidak bisa anda temukan di tempat lain. Atau anda bisa menemukan hidangan yang mirip namun dengan nama atau kesan yang berbeda dengan hidangan yang ada di tempat lain.

Bagi anda pecinta kuliner yang sedang berkunjung ke solo, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa anda gunakan sebagai rujukan. Di solo terdapat begitu banyak kuliner yang akan membingungkan bagi kita untuk memilihnya. Agar tidak bingung, yuk langsung kita ulas aja!

Baca juga : Wisata di Banyuwangi

Warung Pecel Solo

Warung Pecel Solo

Tempat pertama yang cukup populer diantara para wisatwan dan pecinta kuliner adalah warung pecel solo yang juga dikenal dengan nama warung ndeso solo. Warung ini terletak di jalan Dr.Seopomo No. 55 Mangkubumen Solo.

Anda bisa menemui berbagai macam panganan tradisional di warung ini. namun satu makanan paling populer di tempat ini adalah pecel ndeso. Keuinikannya adalah digunakannnya nasi beras merah dan berbagai macam sayuran serta rempah dalam sambalnya. Sambal pecelnya tercampur dengan daun bayam, daun kenikir, daun papaya, kemabang turi serta ada juga jantung pisang yang tentu memberi rasa yang berbeda dari pecel pada umumnya.

Tak hanya makanan, anda juga bisa memesan berbagai minuman tradisional jawa di tempat ini. diantaranya adalah beras kencur, temu lawak, kunir asem sirih, kunyit asem dan beberapa jenis minuman tradisional lain yang bisa disajikan dingin maupun panas. Untuk menjajal kuliner disini anda bisar datang antara pukul 8 pagi hingga 4 sore dan 6 sore hingga 10 malam setiap hari.

Baca juga : Wisata di Malang

Srabi Notosuman

Srabi Notosuman

Srabi adalah jajanan tradisional di jawa. Jika anda belum pernah mencobanya,srabi adalah semacam makanan yang terbuat dari santan kelapa yang dibuat diatas api kecil dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari tanah liat. Jika secara tradisional, memakan srabi adalah dengan memberikan toping kelapa diatasnya, atau dengan menyiramnya dengan cairan santan gula jawa.

Saat ini jajanan khas ini memang sedikit tergerus jaman dan tak banyak yang masih mau membuatnya. Karena peminatnya pun tak seperti dul. Namun masih ada yang melestarikannya, salah satunya adalah srabi notosuman yang sudah beroperasi sejak tahun 1923.

Di tempat ini, anda bisa menjajal srabi dengan berbagai topping, salah satunya adalah dengan topping cokelat. Harganya juga tak begitu mahal, yaitu antara 20 ribu hingga 30 ribu per porsi yang berisi 10 buah srabi.Srabi Notosuman terletak di Jalan Mohammad Yamin No.28. kurang afdol sepertinya jika anda datang ke solo tanpa mencicipi srabi notosuman ini.

Baca juga : Wisata di Kota Yogyakarta

Tahok

Tahok

Mungkin nama kuliner ini belum begitu familiar ditelinga anda. tahok adalah makanan khas solo yang terbuat dari tahu. Ya tahok memiliki tekstur yang sama persis dengan tahu. Bedanya adalah, jika tahu di goreng, maka tahok di rebus dan disajikan dengan cairan gula jawa dan rempah – rempah. Jika anda memakan tahok, maka badan anda akan terasa lebih hangat.

Tahok ini memang aslinya kuliner cina yang berarti kedelai lembut. Ya memang tahu pada kuliner ini tidak berbentuk kotak, melainkan lembut seperti bubur. Sebenarnya terdapat beberapa penjual tahok di daerah solo. Namun, yang paling populer adalah tahok Pak Citro yang biasa mangkal di pasar gede mulai jam 6 pagi hingga 4 sore.

Pak citro sendiri menyiapkan sekitar 100 mangkok yang akan ludes hanya dalam waktu beberapa jam. Harganya juga cukup terjangkau yaitu 5 ribu rupiah per mangkok. Jika ingin menikmati kuliner ini, anda harus datang lebih awal agar kebagian ya!

Baca juga : Wisata di Kota Pekanbaru

Timlo

Timlo

Kuliner lain yang juga menjadi favorit warga solo dan juga wisatawan adalah Timlo. Bagi anda yang pelum pernah mendengar sajian ini, Timlo adalah sajian mirip soto dengan kuah bening. Di dalamnya terdapat sosis ayam, telur dan juga jeroan ayam seperti ati dan ampela. Cara memakannya juga menggunakan nasi, sangat mirip dengan soto.

Makanan ini adalah makanan paling favorit bagi warga local. Meskipun bagitu banyak warung yang menyediakan Timlo, terdapat satu warung yang cukup populer dan banyak dikunjungi. Yaitu Warung Timlo Sastro yang terletak di pasar gede Solo.

Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro

Selanjutnya, jika anda menginginkan satu tempat dengan banyak pilihan kuliner, anda bisa mengunjungi pasar malam ngarsopuro. Pasar malam yang digelar di jalan diponegoro tiap malam minggu ini memang dikatakan sebagai surganya kuliner.

Di sepanjang jalan anda akan menemukan berbagai macam kuliner mulai dari makanan khas, jajanan tradisional dan juga makanan dari seluruh penjuru jawa tengah. Makanan yang bisa anda temui di pasar mala mini antara lain adalah Nasi Liwet, Cambuk Rambak, Sosis Solo, bakso Bakar, sate kere dan masih banyak lainnya.

Tak hanya itu, anda mungkin juga akan menemukan pedagang – pedagang yang menjual souvenir dan cinderamata khas solo. Jadi sekalian anda berkuliner dan mencari cinderamata khas yang bisa anda jadikan oleh – oleh untuk keluarga anda.

Demikian adalah beberapa wisata kulner serta macam  macam hidangan khas solo yang bisa anda coba selama mengunjungi solo. Tak hanya tempat dan hidangan diatas, masih banyak lagi tempat dan kuliner lainnya yang bisa anda jajal. Diantaranya adalah Es Krim Tentrem, Torpedo Yu Rebi, Tahu Kupat, Selat Viens, Soto Seger, Sate Buntel dan masih banyak lagi lainnya. namun anda tidak perlu kaget ya, jika makanan di solo ini memiliki cita rasa yang sedikit manis meskipun tak semanis makanan di Jogjakarta.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close