Wisata

Wisata Kuliner di Pekalongan yang Patut Anda Coba

Tahukau.comWisata Kuliner di Pekalongan – Anda pasti sudah sering mendengar batik pekalongan bukan? Ya wilayah Indonesia yang satu ini memang terkenal dengan kerajinan batiknya. Bahkan batik produksi pekalongan sudah di ekspor ke luar negeri dengan jumlah yang tak sedikit.

Nah anda tentu juga sudah tahu bagaimana kualitas batik pekalongan ini sehingga terkenal hingga ke luar ngeri. Tak hanya batik, pekalongan juga terkenal sebagai kota wisata. Dengan banyaknya hal yang bisa ditemui di pekalongan, tak heran jika pekalongan adalah wilayah yang ramah terhadap turis.

Anda bisa menemukan kelebihan – kelebihan lain dari pekalongan selain batiknya yang melegenda.anda bisa menikmati keindahan alamnya yang luar biasa. Dan disamping itu adalah kulinernya yang juga mempunyai ciri khas dibandingkan dengan kuliner di daerah lain.

Baca juga : Wisata Kuliner di Solo

Wisata Kuliner di Pekalongan

Wisata Kuliner di Pekalongan

Kuliner memang salah satu komponen wisata menarik yang selalu diburu oleh wisatawan. Bahkan tak jarang wisatawan yang memang sengaja bepergian untuk melakukan wisata kuliner. Orang – orang yang merupakan pecinta kuliner tidak akan segan melakukan perjalanan hanya untuk mencicipi kuliner dari berbagai daerah di Indonesia.

Setiap wilayah tentu memiliki ciri dank has makanan masing – masing. Tak berbeda jauh dengan pekalongan. Di daerah ini juga pasti terdapat kuliner yang beraneka ragam yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Dalam artikel ini, kita akan membahas rekomendasi kuliner yang bisa anda cicipi beserta lokasi wisata kuliner yang bisa anda datangi. Karena tidak lengkap rasanya jika anda mengunjungi suatu wilayah tanpa mencicipi masakannya. Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan atau kuliner yang biasa disuguhkan di pekalongan. Yuk langsung simak uraian berikut ini!

Baca juga : Wisata di Bandung

Warung SS

Warung SS

Tahukah anda apa kepanjangan dari SS? SS merupakan kependekan dari Spesial Sambel. Sesuai dengan namanya, warung ini menyuguhkan berbagai hidangan sambal. Anda akan menemukan berbagai lauk dengan sambal yang bercita rasa pekalongan.

Mungkin anda akan menemukan warung SS dengan mudah di kota lain, namun tentu berbeda dengan warung SS yang satu ini. disini and bisa memilih level sambal yang berbeda mulai dari yang biasa saja hingga yang sangat pedas.

Lauk yang ditawarkan juga bermacam – macam mulai dari tempe goreng, ayam, dan lauk lainnya. anda juga bisa mendapatkan ikan panggan di tempat ini. untuk urusan minuman anda bisa memsan sesuai dengan menu yang ada. Untuk harganya pun tak begitu mahal, sekitar 50.000 rupiah untuk 2 orang makan, atau bisa lebih tergantung lauk yang dipilih.

Warung yang ada di seberang POM Bensin Baros ini cukup mudah ditemukan. Namun anda harus bersabar ya, karena selalu penuh dengan pengunjung, maka anda harus rela mengantri untuk bisa merasakan makanannya.

Baca juga : Wisata di Probolinggo

Lesehan Nasi Megono

Lesehan Nasi Megono

Selanjutnya anda bisa mampir di lesehan Nasi Megono. Tempat makan ini sudah cukup terkenal diantara wisatwan. Hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke pekalongan akan mampir dan mencicipi makanan di lesehan ini.

Lesehan nasi mengono terletak di Jl. Jeruk No.30, Gandarum, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah. Anda bisa mencicipi makanan ini mulai pukul 11 siang hingga 12 malam. Makananya cukup beragam, mulai dari nasi lalapan dan masih banyak lagi lainnya.

Ciri khas dari makanan disini adalah sambal dan juga kecombrang. Anda bisa merasakan kecombrang yang lezat namun begitu lembut. Anda bisa memilih berbagai lauk yang digoreng dadakan. Jadi bukan tahu bulat saja ya yang digoreng dadakan.

Anda bisa menikmati makanan disini sembari bercengkrama dengan keluarga di tempat lesehan. Pasti anda akan merasa lebih nyaman yan. Jadi, jangan lupa untuk mampir ke warung lesehan ini jika anda sedang berada di pekalongan.

Baca juga : Wisata di Madura

Ayam Gepuk

Ayam Gepuk

Selanjutnya anda bisa mencoba pula kuliner khas pekalongan yang tak kalah enak dari nasi sambel, yaitu ayam gepuk. Anda akan bisa dengan mudah menemukan ayam gepuk di sekitaran pekalongan. Karena ayam gepuk memang salah satu makanan andalan daerah pekalongan.

Ayam gepuk adalah makanan semacam ayam geprek, namun ayamnya tak dihancrkan seperti pada ayam geprek. Salah satu ayam gepuk yang terkenal adalah ayam gepuk tirto yang terletak di Jl. Gajah Mada Barat No.9 Tirto, Pekalongan.

Ayam yang disajikan dengan nasi panas dan sambal ini tentu akan sangat menggugah selera. Anda juga bisa mendapatkan harga promo ketika berkunjung ke ayam gepuk tirto. Biasanya aka nada promo berbeda tiap eventnya. Untuk harga normalnya, anda bisa memesan makanan dengan harga mulai dari Rp.20.000 per porsinya.

Anda juga akan sangat mudah menemukan tempat ini karena memang sudah terkenal. Jika anda naik kendaraan umum, anda tinggal mengatakan bahwa anada akan pergi kea yam gepuk tirto. Dan jika anda membawa kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan google map atau bertanya pada warga.

Baca juga : Wisata di Lamongan

Sop Buntut Bu Leman

Sop Buntut Bu Leman

Selanjutnya, bagi anda pecinta sop buntut juga bisa mencicipi sop buntut bu Leman yang terletak di Jalan Dokter Wahidin No.91 D, Noyontaan, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Sop buntut memang merupakan salah satu makanan andalan warga pekalongan.

Dan salah satu rumah makan yang terkenal adalah rumah makan bu Leman ini. lokasinya yang mudah ditemukan dan bisa dijangkau menggunakan alat transportasi pribadi maupun trasnportasi umum. Anda bisa mencoba makanan di tempat ini mulai harga Rp.25.000 per porsinya.

Namun, karena rumah makan ini cukup terkenal maka anda juga harus datang pada waktu yang tepat. Warung makan ini tidak dibuka 24 jam. Bahkan bapak Ganjar Pranowo juga pernah makan di tempat ini loh. Hanya dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 5.30 sore saja. Jadi jika anda berharap untuk makan di rumah makan ini di malam hari sebaiknya rubah rencana anda menjadi siang atau pagi hari.

Soto Pekalongan

Soto Pekalongan

Soto pekalongan memiliki bentuk dan tampilan yang berbeda dengan soto ayam atau soto lamongan. Jika soto ayam atau soto lamongan memiliki kuah yang bening, maka kuah pada soto pekalongan lebih kental dan terlihat sarat rempah – rempah.

Soto ini dicampur dengan tauco sehingga memiliki rasa yang cukup unik dan berbeda dari yang lain. Makanan ini juga merupakan makanan khas warga pekalongan. Dan mungkin anda akan dengan mudah menemukan rumah makan atau warung yang menawarkan soto pekalonga di menu mereka.

Namun, ada satu rumh makan yang terkenal memiliki hidangan soto pekalongan yang enak yaitu Kedai soto Klego H.Kunawi yang terletak di Gg. 5, Klego, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Sayangnya rumah makan ini hanya buka mulai pukul 8 hingga 4 sore saja. Jadi anda harus datang ketika jam buka ya sobat!

Demikian dalah beberapa tempat wisata kuliner pekalongan yang bisa anda kunjungi selagi berada di pekalongan.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close