Wisata

Wisata Bersejarah yang ada di Kota Tua, Jakarta

Tahukau.comKota Tua ialah kawasan berarti di masa penjajahan. Kawasan ini meliputi sebagian daerah Jakarta Barat serta Jakarta Utara, mulai dari Pelabuhan Sunda, Museum Fatahillah sampai Bank Indonesia. Dulu kala Pelabuhan Sunda Kelapa ialah pelabuhan terbanyak serta tersibuk yang digunakan buat aktivitas jual beli dalam aktivitas perdagangan internasional. Museum Bank Indonesia serta Museum Fatahilah merupakan salah satu pusat pemerintahan kolonial.

Sama semacam kawasan kota lama di sebagian kota di Indonesia apalagi dunia, Kota Tua Jakarta ini dimanfaatkan bagaikan tempat wisata memiliki dengan mengganti bangunan lama jadi museum yang menaruh banyak data berharga tentang sejarah kota. Kawasan Kota Tua Jakarta ini mempunyai sebagian objek wisata menarik yang harus Kamu kunjungi demi memahami sejarah, di perbincangkan:

Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan kuno yang sempat jadi pelabuhan utama perdagangan internasional ini jadi saksi kejayaan Jakarta ataupun Batavia di masanya. Dulu, pelabuhan ini ramai sekali dengan orang dagang dari Tiongkok, Arab, serta India yang padat jadwal menjual benda dagangan yang dibawanya buat diganti dengan duit ataupun bumbu.

Sebab berumurnya yang bisa dikatan lumayan tua, Pelabuhan Sunda Kelapa apalagi sudah disetujui semenjak Jakarta didirikan. Tempat ini sudah jadi saksi kejayaan Kerajaan Pajajaran, kehadiran bangsa Portugis, kehidupan makmur Kerajaan Demak, sampai masa-masa dimulainya di Belanda.

Lain dulu, lain saat ini. Dikala ini, pelabuhan ini dijadikan tempat parkir kapal nelayan lokal. Tetapi bukan berarti perihal ini membuat Pelabuhan Sunda Kelapa jadi kurang menarik. Waktu yang pas buat mendatangi tempat wisata ini pada sore hari mendatangi senja. Siluet kapal-kapal nelayan berpadu dengan sinar jingga hendak jadi objek gambar yang menawan buat dikenang. Buat kuliner, di dekat tempat wisata ini ada banyak warung makan yang disajikan aneka olahan seafood lezat.

Museum Fatahillah

Museum ini pula diketahui dengan nama Museum Batavia ataupun Museum Sejarah Jakarta. Terdiri dari 3 lantai, museum ini mempunyai tidak kurang dari 25.000 koleksi barang memiliki. Sangat sesuai buat Kamu yang mau memandang furnitur, keramik, meriam, prasasti, serta artefak unik yang lain yang telah mengiringi pertumbuhan kota Jakarta.

Buat bisa masuk ke museum Fatahillah, Kamu wajib membayar tiket masuk yang terbilang lumayan murah ialah cuma menerima 2.000 Rupiah, lumayan murah bukan? Museum ini buka tiap hari Selasa hingga Minggu, antara jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Museum ini murni didirikan bagaikan ruang buat menampilkan bermacam benda- benda memiliki. Di masa kemudian, Museum Fatahillah pula sempat digunakan bagaikan balai kota, majelis hukum, serta apalagi pula terdapat yang mempunyai penjara di dasar tanah. Salah satu tempat terutama di museum ini tidak terletak di dalam, namun di tempat yang terdapat di luar. Di tempat inilah, para penjajah umumnya mengeksekusi para tahanan.

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia ialah salah satu tempat wisata yang menarik atensi banyak turis. Museum tempat dibangunnya tadinya ialah Rumah Sakit Binnen. Tetapi, bersamaan berjalannya waktu, berdirilah De Javasche Bank pada tahun 1828 ataupun yang jadi cikal bakal Bank Indonesia.

Terdapat banyak objek wisata menarik yang dapat Kamu amati di Museum Bank Indonesia, paling utama untuk Kamu yang menggemari aktivitas fotografi. Tidak heran bila tempat ini ialah salah satu objek wisata yang sangat kerap didatangi di kawasan Kota Tua Jakarta.

Museum Bank Indonesia bisa mendatangi tiap hari Selasa hingga Kamis, ialah antara jam 8:00 Wib hingga dengan jam 14:30 Wib, pada Hari Jumat jam 08:00 sampai hingga dengan jam 11:00 Wib pada hari Sabtu serta Minggu, antara jam 9: 00 Wib sampai 16:00 Wib. Menariknya, wisatawan dapat masuk ke museum ini tanpa menghasilkan bayaran sedikitpun.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close