Wisata

Destinasi Wisata di Sumatera Utara Dengan Keindahan Alamnya

Tahukau.comWisata di Sumatera Utara – Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari 5 pulau besar dan ribuan pulau kecil yag bahkan beberapa belum memiliki nama.hal yang menarik adalah bahwa di setiap pulau di Indonesia and akan dimanjakan dengan beragam keindahan alam serta sumber daya alam yang sudah pasti sangat membanggakan.

Dengan kondisi Indonesia yang kaya akan keindahan, tentu kita sebagai warga Indonesia akan sangat bersyukur. Bagaimana tidak, anda akan dengan mudah mencari tempat wisata sehingga anda bisa melepas penat serta jenuh setelah anda bekerja.

Anda bisa menemukan berbagai keindahan alam di negara kita. Salah satunya adalah banyaknya pantai yang ada di Indonesia, karena negara kita memang negara kepulauan. Tak hanya pantai, pesona alam lain seperti goa, gunung, perkebunan, air terjun bahkan hutan yang masih sangat alami bisa kita jumpa di berbagai pelosok negeri.

Baca juga : Wisata Romantis di Jogjakarta

Wisata di Sumatera Utara

Wisata di Sumatera Utara

Salah satu daerah yang wajib dikunjungi di Indonesia adalah Sumatera Utara. Provinsi yang terletak di pulau sematera ini memang memiliki banyak sekali potensi wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah.

Anda tentu sudah sering mendengar kemasyuran Danau Toba bukan? Nah, danau yang legendaries tersebut juga merupakan salah satu wisata iconic di Sumatera Utara. Jika anda sedang berencana mengunjungi pulau sumatera, khususnya provinsi Sumatera utara, berikut adalah rekomendasi tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Yuk langsuk kita ulas!

Baca juga : Wisata Romantis di Bali

Danau Toba

Danau Toba

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa salah satu wisata ikonik di provinsi Sumatera adalah adanya Danau Toba. Danau yang memiliki luas sekitar lebih dari 1000 km persegi ini memang mewakili keindahan sumatera utara dan bahkan menjadi ikon bagi negara kita.

Keindahan alam sekitarnya memang memberikan daya tarik tersediri bagi para wisatawan, bahkan bagi wisatawan mancanegara. Airnya yang tampak hijau kebiruan memang menyejukkan mata siapapun yang melihatnya.

Menurut para ahli, danau ini terbentuk karena letusan gunung toba sekitar 73.000 hingga 75000 tahun yang lalu. Keunikan danau ini adalah dengan adanya pulau samosir yang ada di tengah danau toba. Pesona alam satu ini memang belum terjamah, padahal di pulau tersebut terdapat dua danau lagi yang juga tak kalah indah dengan danau toba, meskipun ukurannya kecil.

Danau toba ditetapkan sebagai danau terbesar kedua setelah Danau Victoria di Afrika. Jadi, tak heran jika semakin banyak wisatwan yang tertarik untuk mengunjungi pesona alam Indonesia yang satu ini.

Baca juga : Wisata Keluarga di Solo

Air Terjun Sigura – gura

Air Terjun Sigura – gura

Selanjutnya, jika anda adalah penikmat wisata air terjun, tentu wisata satu ini akan benar – benar memanjakan mata anda. selain Dana Toba dan Pulau Samosir, anda juga bisa mengunjungi air terjun sigura – gura yang juga terletak kabupaten toba samosir.

Air Terjun ini dikatakan sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, yaitu dengan ketinggian mencapai 250 meter. Debit air dari air terjun ini juga cukup deras, sehingga dentuman air yang mengenai tanah pun terdengar keras bahkan ketika anda masih berada jauh dari lokasi air terjun ini.

Tak hanya air terjun, di kawasan wisata sigura – gura ini anda juga akan bisa menemukan bendungan besar yang juga cukup menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini memang terlihat begitu eksotis dan gagah dengan ketinggian serta tebing – tebing yang mengelilinginya.

Untuk masuk ke lokasi ini, anda hanya perlu membayar sekitar Rp.10.000 per orang. Dan sebenarnya tempat ini dibuka selama 24 jam, namun tentu sebaiknya anda tidak datang pada malam hari ya. Hal ini karena, dengan fasilitas yang masih terbatas, tentu keamanan anda dalam perjalanan tidak bisa dijamin.

Baca juga : Wisata Romantis di Lombok

Cagar Alam Sibolangit

Cagar Alam Sibolangit

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi Cagar alam sibolangit yang memiliki banyak pesona dalam satu lokasi. Salah satunya adalah dengan adanya flora dan fauna dilindungi dan dilestarikan di area hutan cagar alam ini.

Anda akan menemukan hutan yang masih asri dengan pemandangan yang luar biassa cantik. Anda juga bisa menikmati kuliner di tempat ini dengan banyaknya warung penduduk sekitar yang menawarkan berbagai  masakan, termasuk masakan khas daerah tersebut.

Anda bisa menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan alamnya di gazebo yang memang disediakan untuk pengunjung. Dan jika anda memang berniat untuk menginap, tentu anda tidak perlu khawatir karena di tempat ini juga terdapat penginapan.

Dengan viewnya yang memang luar biasa, tentu tempat ini juga akan menjadi favorit para pemburu foto. Dengan banyaknya spot – spot menarik yang bisa dijadikan foto, maka sudah pasti anda akan bisa mendapatkan foto dengan hasil yang menakjubkan.

Baca juga : Wisata Keluarga di Jogjakarta

Danau Linting

Danau Linting

Berikutnya, meskipun tak seterkenal Dana Toba dengan pulau samosirnya, namun danau Linting juga alah satu wisata yang patut dikunjungi jika anda sedang berlibur di sumatera Utara. Danau yang mengandung belerang ini memang memiliki keindahan tersenidiri.

Terletak di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Deliserdang, danau ini memiliki kedalaman yang masih belum diketahui. Hal ini terbukti beberapa waktu lalu, seorang peneliti asing mencoba mengukurnya. Peneliti tersebut mengatakan bahwa dia telah menghabiskan benang dengan panjang 100 meter, namun belum menyentuh dasar danau.

Masyarakat sekitar pun percaya bahwa danau ini memiliki bentuk seperti danau yang sangat dalam. Jadi, anda perlu berhati – hati saat berenang. Anda juga bisa berendam di pinggir danau untuk merasakan airnya yang hangat. Air di danau ini memang mengandung belerang, sehingga airnya menjadi panas.

Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Lokasi wisata terakhir yang akan kita bahas adalah Salju Panas Dolok Tinggi raja yang terletak di desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Wisatawan lebih mengenalnya dengan kawah putih tinggi raja.

Dikatakan kawah putih karena pemandangannya sangat mirip dengan kawah putih ciwidey yang ada di jawa barat. bedanya adalah anda akan menemukan aliran yang merupakan pertemuan antara air panas dari danau di tengah kawah putih dengan aliran sungai sehingga pengunjung bisa ,mandi dan berendam di tempat tersebut.

Tempat ini merupakan kawah dengan bebatuan berwarna putih yang ditengahnya merupakan danau dengan air berwarna kehijauan yang mengeluarkan panas. Bebatuan tersebut jika dilihat dari kejauhan memang terlihat begitu mirip dengan es batu, sehingga tidak salah jika lokasi ini dinamakan dengan nama salju panas.

Namun minat terhadap wisata ini sedikit rendah, dikarenakan terlalu banyak pengutip uang liar disepanjang perjalanan. Pengutip liar ini adalah penduduk setempat. Mereka meminta uang mulai 5000 rupiah dan ada juga yang meminta anda memberi secara sukarela.

Demikian adalh beberapa lokais wisata di sumatera utara yang bisa anda kunjungi. Tak haya kelima lokai wisata tersebut, namun anda juga masih bisa mengunjungi tempat lain seperti istana maimun, masjid raya medan, dan masih banyak yang lainnya.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close