Wisata

Destinasi Wisata di Pulau Bawean yang Belum Banyak Diketahui

Tahukau.comWisata di Pulau Bawean – Apakah anda pernah mendengar nama pulau Bawean? Pulau Bawean adalah sebuah pulau yang secara administrative termasuk dalam wilayah kabupaten Gresik. Letaknya sekitar 120 km di sebelah utara kota gresik.

Letaknya yang cukup jauh memang menyebabkan pulau ini kurang dikenal masyarakat umum. Bahkan masyarakat Jawa Timur sendiripun rata – rata belum pernah mendengar tentan g pulau bawean ini. karena letaknya, untuk mencapai pulau ini pun anda harus menyeberang menggunakan ferry selama 3 hingga 4 jam. Dahulu bahkan membutuhkan waktu leih dari 6 jam hanya untuk menyeberang.

Hal ini membuat pulau ini tak begitu dikenal dan sangat jarang warga diluar pulau bawean yang mengunjungi pulau ini. bahkan penduduknya sendiri kebanyakan lebih memilih untuk menuntut ilmu atau bekerja di luar pulau bawean.

Baca juga : Wisata di Pati

Wisata di Pulau Bawean

Wisata di Pulau Bawean

Sebenarnya pulau bawean memiliki potensi wisata yang luar biasa. Bentang alamnya cukup beragam meskipun hanya merupakan sebuah pulau kecil. anda bisa menemukan berbagai pesona wisata di tempat ini.

Pulau bawean bahkan pernah di ulas di my trip my adventure  karena merupakan kampun halaman dari ibu Hamish Daud yang merupakan ex presenter acara tersebut. Dan memang dalam acara tersebut terekspose berbagai pesona alam tersembunyi yang dimiliki oleh pulau bawean ini.

Selanjuntya, bagi anda yang ingin merasakan sensasi bertualang di pulau Bawean, maka anda harus membaca artikel ini. berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata yang bisa anda kunjungi ketika berkunjung di pulau eksotis di kabupaten gresik ini. yuk langsung kita ulas aja!

Baca juga : Wisata di Kalimantan Timur

Air Terjun Laccar

Air Terjun Laccar

Yang pertama adalah air terjun. Sepertinya hampir di setiap wilayah di Indonesia memiliki Air terjun ya! Seperti di pulau bawean ini, kalian juga bisa menemukan air terjun dengan pemandangan yang luar biasa cantik.

Air terjun Laccar terletak di Kebontelukdalam, Sangkapura, Gresik Regency, East Java. Air terjun ini memiliki ketinggian air 20 meter dengan debit air yang sedang. Anda bisa bermain air di aliran sungai yang merupakan tampungan dari air terjun tersebut.

Keadaan alam sekitarnya berbatu dan masih terlihat sangat alami. Tak heran, karena wisata ini memang belum begitu dikenal orang dan belum terjamah. Hal ini menyebabkan akses menuju Air terjun ini sedikit sulit. Anda harus berjalan sejauh 1 kilometer sebelum sampai di air terjun dengan kondisi jalan berupa sungai berbatu.

Untuk itu anda harus memastikan untuk mengenakan sepatu atau alas kaki yang sesuai ya. Karena jalanannya sudah pasti akan sangat licin. Dan juga anda harus siap karena tidak ada area atau tempat ganti ditempat ini. untuk masuk pun anda tidak perlu membayar tiket. Itu berarti wisata ini masih benar – benar alami.

Baca juga : Wisata di Magelang

Tanjung Gaang

Tanjung Gaang

Selanjutnya, anda juga bis amengunjungi sebuah destinasi wisata yang disebut dengan Tanjung Gaang. Tempat ini merupakan kumpulan batu karang yang dikelilingi air jernih yang anda bahkan bisa melihat ke dasarnya.

Disekitarnya anda akan melihat ikan – ikan dan biota laut lainnya berlalu lalang. Namun sayangnya, karena batu – batu karangnya yang ada disekitar tempat itu cukup tajam sehingga kapal tidak bisa mendekat. Anda harus puas dengan menikmati keindahnnya dari jauh.

Sebenarnya keadaan jernihnya laut disekitar tanjung gang ini sangat memungkinkan untuk digunakan berenang. Hanya saja akan sangat sulit bagi kapal untuk mendekat ke bebatuan karang tersebut. Nah jika anda tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata ini, anda bisa mengunjungi Pulau Bawean ya!

Baca juga : Wisata di Cilacap

Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara

Lokasi wisata selanjutnya yang bisa anda nikmati keindahannya adalah pantai mayangkara. Dari namanya saja sudah terdengan bergitu elegan dan cantik ya! Pantai ini terletak di Desa Kepuhteluk Kecamatan Tambak Kepulauan Bawean. Letaknya juga tidak begitu sulit untuk ditemukan, yaitu hanya berjarak sekitar 500 meter dari jalan raya.

Pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa seperti pantai – pantai berpasir pitih di pulau dewata. Bahkan sebagian pengunjung menyebutnya lebih indah daripada pantai – pantai di Tailand. Pantai ini juga memiliki nilai sejarah loh, karena yang menemukan pantai ini pertama kali adalah Siti Zaenah istri sunan giri.

Pantai ini terbilang masih sangat alami, karena memang sepertinya tidak tersentuh pembangunan sama sekali. Padahal, seandainya pantai ini lebih diperhatikan, maka pantai ini bisa menunjang perokonomian penduduk sekitar bawean.

Lepas dari itu, anda tetap akan menemukan fasilitas dasar seperti toilet atau mushola. Jadi anda harus berpuas dengan fasilitas – fasilitas tersebut. Namun, dengan keindahannya mungkin anda bisa mengambil berbagai macam foto dengan spot bermacam – macam yang ada di sekitar pantai mayangkara ini. anda juga sangat mungkin untuk bermain air ya, karena airnya cukup jernih dan ombaknya juga tak begitu besar.

Baca juga : Wisata di Madura

Pulau Noko

Pulau Noko

Selanjutnya adalah pulau nook yang merupakan saudara pulau Gili. Bedanya dengan pulau gili adalah di pulau nook ini anda akan menemukan pasir yang lebih tebal. Namun pemandangannya tak jauh berbeda dengan pulau Gili.

Pulau noko ini memiliki luas wilayah hanya sekitar 1 km2. And akan menemukan hamparan pasir putih yang sepertinya tak terbatas di pulau ini. pulau indah ini menyajikan keindahan bawah laut yang luar biasa. Dengan terumbu karang yang juga masih terawatt, anda bisa melakukan snorkeling dan diving.

Namun, anda harus membawa alat sendiri ya jika ingin melakukan dua aktivtas tersebut karena tempat ini belum diberi fasilitas penyewaan alat snorkeling maupun diving. Anda juga bisa berenang di perairan yang dangkal, apalagi dengan airnya yang bergitu jernih dan tampak berwarna hijau kebiruan, maka sudah pasti pengalaman berenang di tempat ini akan sangat menyenangkan.

Danau Kastoba

Danau Kastoba

Ternyata bawean juga menyimpan pesona berupa danau indah lengkap dengan tumbuhan hijau di sekitarnya. Air di danau ini cukup bersih dan terlihat kehijauan. Danau ini terletak di Pulau Bawean, Danau/Waduk, Sangkapura, Paromaan, Gresik.

Menurut warga sekitar, anda dilarang untuk bermain air maupun bersampan di tempat ini. hal itu karena menurut mereka terdapat pusaran air yang besar di tengah danau. Karena pernah ada orang yang tenggelam namun justru di temukan di tempat lain.

Untuk masuk lokasi anda juga tak perlu membayar tiket. Hanya saja sebaiknya anda berpamitan atau meminta izin kepada penduduk sekitar. Hal tersebut bertujuan untuk memberitahukan kepada warga bahwa ada wisatawan yang sedang berkunjung di Dananu tersebut.

Demikian adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata yang bisa dikunjungi di pulau Bawean. Pulau ini memang memiliki pesona tersembunyi yang luar biasa. Masih banyak destinasi tersembunyi lainnya di pulau ini. salah satu daya tarik lain dari pulau ini adalah keramahan sikap pendudukan local terhadap wisatawan yang sangat ramah, bahkan lebih ramah daripada daerah – daerah lainnya.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close