Wisata

11 Destinasi Wisata di Kota Yogyakarta yang Paling Populer

Yogyakarta memiliki julukan sebagai kota dengan sejuta kenangan. Yogyakarta menjadi salah satu destinasi kota wisata yang wajib untuk dikunjungi karena kota ini memiliki budaya yang sangat kental dan keindahan khas yang hanya ada di kota Yogyakarta. Selain itu, banyaknya tempat-tempat wisata yang sangat menarik yang mana membuat wisatawan lagi dan lagi untuk mengunjungi kota Yogyakarta sehingga hal tersebut  menjadikan kota ini selalu mengena di hati para wisatawan. Jadi, tidak dapat dipungkiri jika Yogyakarta selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Nah untuk itu, di dalam artikel ini akan membahas mengenai beberapa destinasi tempat wisata kota Yogyakarta yang menarik dan populer. Tentunya tempat-tempat wisata tersebut wajib dikunjungi ketika berkunjung ke kota Yogyakarta terutama bagi wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi kota Yogyakarta untuk liburan. Oleh karena itu, simak baik-baik di bawah ini!

 1. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata yang ada di kota Yogyakarta yang letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta yaitu sekitar 17 km sehingga tidaklah sulit untuk mencapai candi ini. Candi ini memiliki relief yang menceritakan tentang kisah Ramayana dan Krishnayana.

Biasanya candi ini digunakan untuk menggelar pertunjukkan kisah Rama dan Shinta yang di adakan di dalam ruangan, namun jika pada malam bulan purnama, pertunjukkan Rama dan Shinta selalu digelar di ruang terbuka dengan Candi Prambanan sebagai latar backgroundnya yang mana memberikan pemandangan yang indah. Untuk mencapai lokasi Candi Prambanan pun sangat mudah yaitu dapat menggunakan bus kemudian turun di halte sekitar Prambanan.

Baca juga : Wisata di Kota Kalimantan

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Selain Candi Prambanan, ada lagi tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi yaitu Candi Borobudur. Candi Borobudur masuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO yang menjadikan candi ini terkenal di dunia. Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar dan terlengkap di dunia. Bentuk candi ini jika dilihat dari atas menyerupai bunga teratai yang akan sangat indah jika dilihat pada saaat mataharu terbit dan terbenam.

Candi Borobudur berlokasi di daerah Magelang yang terletak sekitar 40 km barat laut dari Yogyakarta. Candi ini memiliki 72 stupa yang mana menjadi tujuan utama para wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Saat ini, Candi Borobudur masih tetap dikunjungi oleh para biksu yang berziarah karena Candi Borobudur termasuk salah satu tempat suci sehingga ketika ingin masuk ke dalam diharuskan menggunakan sarung yang akan dipinjamkan di pintu masuk Candi Borobudur.

Baca juga : Wisata di Kota Jakarta

3. Malioboro

Malioboro

Malioboro merupakan salah satu nama jalan yang terkenal di Yogyakarta yang mana dijadikan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Jalan Malioboro menawarkan berbagai pengalaman wisata belanja dan kuliner yang tidak ada habisnya. Pada siang hari, di sepanjang jalan banyak sekali penjual pakaian, tas, sandal, gantungan kunci, kerajinan tangan, batik, dan barang-barang unik lainnya. Sedangkan pada malam hari, Anda akan menemukan banyak sekali penjual makanan lesehan khas Yogyakarta. Selain itu, pada malam hari Jalan Malioboro akan lebih ramai lagi karena Anda akan menemukan beberapa orang yang mengenakan pakaian unik yang bersedia untuk dimintai foto dengan gratis seperti berpakaian seperti pocong, zombie, dan lain-lain dan juga di beberapa tempat akan ada pertunjukan dari beberapa group pemusik jalanan yang akan menghibur pengunjung dengan lagu-lagu mereka yang diiringi dengan musik yang unik.  Selain itu, Jalan Malioboro juga menjadi salah satu spot foto yang wajib dicoba bahkan jika ingin berfoto dipenanda Jalan Malioboro harus mengantri terlebih dahulu.

Baca juga : Wisata di Pulau Bali

4. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu bangunan bersejarah dari Kesultanan Yogyakarta yang dulunya menjadi tempat tinggal Sultan dan keluarganya. Keraton Yogyakarta termasuk salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi wisatawan yang memiliki keindahan dan kemegahan dari arsitektur terbaik khas Yogyakarta dengan menunjukkan bangunan kerajaan yang kokoh. Selain menunjukkan keindahan dan kemegahan, Keraton Yogyakarta juga mempunyai koleksi barang-barang miliki Kesultanan Yogyakarta yang sebagian berasal dari hadiah para raja Eropa. Keraton Yogyakarta seringkali menjadi tujuan wisata anak-anak sekolah yang ingin belajar dan mengetahui tentang sejarah Kota Yogyakarta. Jika Anda ingin mengunjungi Keraton Yogyakarta sebaiknya datanglah agak pagi karena Keraton Yogyakarta mulai dibuka dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang saja.

Baca juga : Wisata di Kota Pekanbaru

5. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis menjadi tempat wisata favorit yang sering dikunjungi wisatawan yang terletak sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis merupakan pantai paling terkenal di Yogyakarta yang memiliki ombak yang cukup besar dan kuat karena terletak di tepi Samudera Hindia. Keunikan dari tempat ini yaitu adanya bukit pasit yang disebut dengan gumuk yang ada di sekitar pantai. Di pantai ini, Anda juga dapat mencoba bermain paralayang di Bukit Parangdong sehingga Anda dapat merasakan pengalaman yang berbeda selain bermain air.

6. Pantai Indrayati

Pantai Indrayati

Pantai Indrayati termasuk salah satu tempat wisata pantai yang ada di Yogyakarta selain Pantai Parangtritis. Saat ini, eksistensi dari Pantai Indrayati cukup populer karena pantai ini memiliki pasir putih bersih yang membentang luas, pemandangan indah, dan juga fasilitas yang cukup lengkap. Lokasi Pantai Indrayati tidak jauh dari lokasi pantai-pantai lain seperti Pantai Sundak, Pantai Krakal, dan Pantai Pok Tunggal.

7. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Yogyakarta yang menyimpan sisi eksotis yang tersembunyi. Hamparan rumput serta puing-puing candi peninggalan masa kerajaan pada zaman dahulu menyambut kita dengan hangat. Candi Ratu Boko berlokasi di sekitar daerah perbukitan sehingga kita dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dari spot gerbang situs Candi Ratu Boko. Jadi, apabila ingin melihat pemandangan matahari terbenam di candi ini sebaiknya datang sebelum jam 4 sore. Untuk menuju ke Candi Ratu Boko diharuskan untuk membeli tiket terlebih dahulu sebesar Rp. 25.000 atau juga dapat membelinya secara langsung di area Candi Prambanan yang mana nantinya setelah mengunjungi Candi Prambanan akan diantar dengan menggunakan shuttle menuju lokasi Candi Ratu Boko. Hal itu dikarenakan jaraknya cukup jauh dari Candi Prambanan.

8. Tepus

Tepus

Tepus merupakan salah satu kecamatan yang ada di Gunung Kidul yang mana menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tepus memiliki beberapa spot pantas dan tentunya semua pantai yang ada di lokasi ini memiliki pemandangan yang indah. Sebelumnya lokasi pantai ini cukup sepi karena pemerintah belum membenahi pantai-pantai yang ada. Namun saat ini, pantai ini menjadi terurus dan banyak dikunjungi olh wisatawan karena pemandangannya yang sangat indah.

Beberapa pantai yang ada di lokasi Tepus seperti Pantai Indrayati, Pantai Siung, Pantai Pok Tunggal, Pantai Jogan, Pantai Sundak dan lainnya dimana masing-masing pantai memiliki keindahan tersendiri. Pada musim panas, pantai-pantai di lokasi ini ramai dikunjungi pengunjung. Dengan harga tiket yang terbilang sangat murah yaitu sekitar Rp. 2.000 – Rp. 6.000 saja Anda bisa menikmati keindahan pantai-pantai dengan pasir putih yang membentang dan jernihnya air laut serta pemandangan yang begitu eksotis.

9. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo termasuk salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang banyak dikunjungi pengunjung. Gumuk Pasir Parangkusumo berlokasi di dekat pantai Parangtritis yang mana seringkali dijadikan spot foto yang menarik karena bentangan pasir yang begitu indah. Banyak hal yang bisa dilakukan di tempat ini diantaranya menyaksikan pemandangan sunset dan sunrise, bermain selancar pasir hingga Sandboarding.

10. Taman Nasional Gunung Merapi

Taman Nasional Gunung Merapi

Salah satu peristiwa yang tidak pernah terlupakan bagi masyarakat Yogyakarta adalah letusan gunung Merapi yang merugikan banyak pihak. Namun dibalik peristiwa tersebut ternyata memberikan secuil keuntungan bagi masyarakat sekitar Gunung Merapi. Mereka menjadikan gunung Merapi sebagai tempat wisata yang dinamakan Taman Nasional Gunung Merapi yang memiliki suasana yang sejuk dan menenangkan jiwa.

Taman Nasional Gunung Merapi  merupakan salah satu tempat wisata favorit di Yogyakarta bagi orang-orang yang memiliki hobby mendaki gunung. Di Taman Nasional Gunung Merapi kita bisa melakukan berbagai macam aktifitas seperti melakukan trekking dengan melihat pemandangan indah hutan hijau tropis, menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam di puncaknya, mengunjungi pemandian Tlogo Putri dan Tlogo Muncar, hingga dapat melihat bentuk landscape dari lembah sungai Boyong yang terkena efek dari endapan awan panas. Harga tiket masuk kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sebesar Rp. 3.000 per orang.

11. Benteng Vredeburg Yogyakarta

Benteng Vredeburg Yogyakarta

Benteng Vredeburg Yogyakarta termasuk salah satu tempat wisata di Yogyakarta peninggalan Belanda yang berlokasi di sekitar Jalan Malioboro  tepatnya di depan Gedung Agung. Saat ini, Benteng Vredeburg Yogyakarta menjadi museum yang berisikan tentang sejarah Indonesia ini sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menambah wawasan tentang sejarah Indonesia.

Pada waktu tertentu, kerap kali Benteng Vredeburg Yogyakarta dijadikan tempat untuk menyelenggarakan beberapa festival kebudayaan. Apabila Anda hanya ingin sekedar bersantai dambil menikmati suasana di sekitar Benteng Vredeburg Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi sebuah cafe yang menyajikan beberapa menu khas Belanda yang berada di dalam Benteng. Cafe tersebut bernama Indische Koffie.

Nah itulah informasi mengenai 11 destinasi tempat wisata kota Yogyakarta yang menarik dan populer. Sebenarnya masih banyak sekali destinasi tempat wisata yang ada di Kota Yogyakarta, namun di dalam artikel ini hanya dibahas beberapa tempat wisata saja yang menjadi destinasi utama tiap kali berkunjung ke Yogyakarta. Semoga bermanfaat!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close