Wisata

√ 15 Destinasi Wisata di Kota Pekanbaru yang Paling Hits

Belum lengkap rasanya jika menjelajahi Pulau Sumatera tanpa datang ke Pekanbaru. Ibukota serta kota terbesar di pulau Riau ini terkenal dengan cadangan minyak dan perkebunan kelapa sawitnya. Selain itu, jangan salah jika destinasi menarik untuk dikunjungi baik dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata sejarah bisa Anda dapatkan disini. Ingin tahu apa saja wisata asyik kota Pekanbaru. Yuk, baca sampai habis ya.

Berikut ini adalah wisata kekinian kota Pekabnaru yang wajib Anda datangi, antara lain:

1. Kawah Biru

√ 15 Destinasi Wisata di Kota Pekanbaru yang Paling Hits
Kawah Biru

Kawah biru sebenarnya adalah lokasi bekas galian yang terisi air hujan hingga membentuk kawah di desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Cantiknya warna biru di objek wisata ini berasal dari galian pasir berwarna putih bening yang membuat air tampak terlihat jelas. Anda bisa mendatangai wisata kawah biru kapanpun yang Anda dengan mau tanpa harus membayar biaya tiket masuk.

Baca juga : Destinasi Wisata Bali

2. Sungai Kampar

Sungai Kampar
Sungai Kampar

Ingin berselancar tapi bukan di laut? Di sungai Kampar, Anda bisa asyik berselancar. Sebab ombak yang dikenal warga lokal sebagai “Bono” ini bisa mencapai kecepatan sebesar 40 kilimeter per jam. Tujuan wisata favorit sungai Kampar memanjakan Anda dengan ombak yang bisa membawa naik hingga ketinggian 4 sampai 6 meter. Terletak di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Anda bisa menikmati ombak sunga Kampar secara gratis setiap harinya.

Baca juga : Destinasi Wisata Kalimantan

3. Danau Buatan Khayangan

Danau Buatan Khayangan
Danau Buatan Khayangan

Danau buatan khayangan terletak di Jalan Khayangan, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru. Danau yang awalnya berfungsi sebagai saluran irigasi tersebut berubah menjadi salah satu destinasi wajib dikunjungi di Pekanbaru. Anda bisa mengelilingi danau dengan sampai atau speedboat serta mendakit bukit yang ada di skeitar danau tanpa merogoh kocek sama sekali.

4. Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua
Air Terjun Aek Martua

Air terjun Aek Martua memiliki tiga tingkatan sebagai tempat mengalirnya air yang memiliki ketinggian berbeda-beda mulai dari 15 hingga 40 meter. Wisata air terjun yang terletak di Bangun Purba Timur Jaya, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu ini menawarkan pesona alam sehingga cocok Anda gunakan untuk hunting foto.

5. Air Terjun Guruh Gemurai

Air Terjun Guruh Gemurai
Air Terjun Guruh Gemurai

Memiliki dua sumber aliran air yang bisa ditampung oleh kolam di bawahnya membuat air terjun ini wajib Anda kunjungi. Para wisatawan bisa melakukan kegiatan bermain air dan berenang di air terjun mulai dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Wisata yang berada di Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi tersebut menjual tikel dewasa seharga Rp 3000 untuk dewasa dan Rp 1000 bagi anak-anak. Sangat terjangkau, bukan?

6. Masjid Agung An-Nur

Masjid Agung An-Nur
Masjid Agung An-Nur

Selain sebagai tempat ibadah, masjid Agung An-Nur adalag obyek wisata religi paling polpuler yang terletak di Jalan Hangtuah Ujung, Sumahilang, kota Pekanbaru. Arsitektur bangunan masjid sangat indah sebab memadukan gaya Melayu, Turki, Arab, dan India. Dikenal sebagai Taj Mahalnya Pekanbaru, wisata tersebut bisa Anda kunjungi gratis selama 24 jam penuh.

7. Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun Binatang Sang Kulim
Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun binatang Sang Kulim yang berada di Jalan Kubang raya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar menjadi pilihan tempat wisata yang mengajarkan anak-anak dengan berbagai binatang. Tak hanya itu saja, area bermain ayunan untuk anak-anak, kolam renang, anak dan papan seluncur anak yang disediakan disini membuat anak-anak akan merasa sangat nyaman berwisata disini. Semua fasilitas tersebut bisa Anda dapatkan setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dengan tiket sebesar Rp 20.000 bagi orang dewasa dan Rp 10.000 khusus anak-anak.

8. Desa Wisata Okura

Desa Wisata Okura
Desa Wisata Okura

Kawasan agrowisata Desa Wisata Okura menjadi salah satu wisata favorit kota Pekanbaru. Selain itu, aliran sungai Siak yang biasa digunakan untuk memancing oleh para pengunjung tersebut menambah fasilitas di sana. Desa wisata Okura yang terletak di Jalan Raja Panjang Okura, Kecamatan Tebing Tinggi Okura, Kabupaten Rumbai ini bisa diakses gratis setiap harinya.

9. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas
Air Terjun Batang Kapas

Hulu dari sungai Kapas, air terjun Batnag Kapas terletak jauh dari pemukiman warga. Lokasinya berada di Batu Sasak, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar yang beroperasi gratis setiap harinya. Meskipun wisata tersebut jarang dikunjungi wisatawan karena lokasinya jauh, namun wisata air terjun Batang Kapas wajib Anda kunjungi.

10. Riau Fantasi

Riau Fantasi
Riau Fantasi

Riau Fantasi adalah salah satu taman rekreasi terbesar di Sumatera yang berdiri di lahan seluas 6,5 hektar. Tempat wisata Riau Fantasi sangat unik sebaab wahana basah dan wahana kering dipisahkan. Wahana basah memiliki beberapa kolam, sedangkan wahana kering menyediakan permainan adrenalin seperti kora-kora, wave blaster, dan lainnya. Wisata yang berada di Jalan Labersa, Simpang Tiga Bukit Raya, Kota Pekanbaru tersebut mulai beroperasi pada pukul 09.00 sampai 18.00 dengan tiket sebesar Rp 60.000 pada hari Senin hingga Jumat dan Rp 70.000 setiap hari Sabtu dan Minggu.

11. Rumah Singgah Tuan Kadi

Rumah Singgah Tuan Kadi
Rumah Singgah Tuan Kadi

Rumah Singgah Tuan Kadi adalah salah satu peninggalan sejaran milik Sultan Kerajaan Siak Sri Indrapura yang berada di Kecamatan Kampung Bandar, Kabupaten Senapelan, Kota Pekanbaru. Lokasinya yang berdekatan dengan sungai Siak membuat wisata sejarah ini semakin menarik. Rumah singgah tersebut dibuka mulai pukul 09.00 hingga 17.00.

12. Istana Siak Sri Indipura

Istana Siak Sri Indipura
Istana Siak Sri Indipura

Tempat peninggalan Kesultanan Siak, Istana Siak Sri Indipura menjadi wisata sejarah yang paling banyak dikujungi wisatawan. Berada di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kecamatan Kampung Dalam, Kabupaten Siak, wisata tersebut mulai beroperasi pada jam 08.00 hingga 18.00 dengan tiket seharga Rp 5.000 rupiah. Di dalam istana, Anda bisa mlihat peninggalan sejarah Provinsi Riau,.

13. Masjid Senapelan

Masjid Senapelan
Masjid Senapelan

Masjid Senapelan atau Masjid Raya Pekanbaru berubah menjadi salah satu wisata religi di Pekanbaru. Salah satu masjid tertua di Riau ini terletak di Jalan Senapelan No, 128 Kepalauan Bandar, Senapelan, Kita Pekanbaru. Tempat wisata gratis ini membuatnya sering dikunjungi wisatawan.

14. Pasar Bawah

Pasar Bawah
Pasar Bawah

Salah satu pasar yang berdekatan dengan tepi sungai Siak ini menjadi salah satu ikon khas Pekanbaru. Pasar Bawah terletak di Jalan M Yatim No. 1c Sidomulyo, Kecamatan Kampung Dalam, Senapelan. Buka mulai pukul 08.30 sampai 17.00, Anda bisa menjumpai barang-barang dari luar negeri seperti karpet dari Timur Tengah, keramik asli Cina, serta barang elektronik yang berasal dari Singapura dan Malaysia.

15. Dekranasda

Dekranasda
Dekranasda

Dekranasda adalah singkatan dari Dewan Keajinan Nasional Daerah yang berada di Jalan Sisingamarja, Sekip, Limapuluh, Kota Pekanbaru. Beroperasi sejak pukul 08.00 sampai 16.00, wisata ini menyediakan berbagai macam souvenir khas Pekanbaru. Berbeda dari Pasar Bawah yang banyak menjual produk luar negeri, tempat ini mengusung souvenir khas Indonesia yang variatif seperti kain songket, batik, tenun, dan berbagai macam kerajinan tangan berbahan kayu khas Melayu.

Demikian wisata khas Pekanbaru yang bisa Anda kunjungi. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close