Wisata

Destinasi Wisata di Kalimantan yang Paling Populer 2020

Tahukau.comWisata di Kalimantan – Anda tentu sudah mendengar bahwa ibu kota Indonesia akan dipindahkan dari Jakarta ke Kalimantan? Tentu saat ini semakin banyak orang yang mencari tahu tentang Kalimantan. Apalagi pulau ini adalah salah satu wilayah dengan hutan yang masih luas di Indonesia.

Kalimantan juga disebutkan sebagai paru – paru dunia. Karena telah membantu menopang udara bersih bagi dunia. Anda juga tentu telah mendengar bahwa Kalimantan merupakan rumah bagi berbagai flora dan fauna langka yang dilindungi oleh negara.

Dengan wilayahnya yang masih asli, itu artinya kita juga akan menemukan banyak pesona alam di pulau ini. dengan bentang alamnya yang benar – benar masih hijau, anda mungkin juga akan menemukan berbagai sumber daya alam yang mungkin tidak anda temukan di daerah lainnya.

Baca juga : Wisata di Pulau Bawean

Wisata di Kalimantan

Wisata di Kalimantan

Pernahkah anda mendengar nama Pulau Derawan? Pulau derawan memang salah satu pesona Indonesia, terutama pulau Kalimantan. pulau ini memang miliki keindahan yang luar biasa. Pulau derawan bukan satu – satunya destinasi wisata yang bisa anda temui di pulau Kalimantan.

Anda juga bisa menemukan wisata lainnya di pulau ini. jika anda sedang atau memiliki rencana untuk berkunjung ke pulau Kalimantan, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa anda temukan di Kalimantan. karena Kalimantan adalah pulau dengan banyak peson alam. Yuk langsung simak ulasan berikut.

Baca juga : Wisata di Pati

Pulau Derawan

Pulau Derawan

Destinasi wisata paling populer dan dikenal luas adalah pulau derawan. Tak hanya wisatawan dalam negeri, bahkan wisatawan luar negeri juga banyak mengunjungi pulau ini. kepulauan yang termasuk dalam wilayah Kalimantan ini memang memiliki keindahna yang luar biasa.

Kepulauan yang kerap disebut sebagai surga bahari memang memiliki berbagai esona. Airnya yang jernih dan tampak kebiruan memang menjadikan tempat ini terlihat begitu mewah bagi pengunjungnya, apalagi memang biaya akomodasi dan budget yang diperlukan untuk menikmati keindahan pulau derawan ini juga cukup besar.

Anda bisa menemukan spot – spot diving serta snorkeling yang menjanjikan di tempat ini. apalagi dengan lingungkanya yang memang masih dijaga dan dirawat dengan sangat baik, anda tentu akan sangat senang berlibur ditempat ini.

Anda juga bisa mencoba sensasi berenang bersama ubur – ubur yang memang banyak ditemukan di wilayah perairan kepulauan derawan ini. namun anda tentu harus mempertimbangakan pula akomodasi yang akan anda gunakan selama di pulau derawan ini. jadi, siapkan budget yang cukup ya!

Baca juga : Wisata di Kalimantan Timur

Pulau Kakaban

Pulau Kakaban

Selanjutnya, pulau lain di wilayah Kalimantan yang juga menjadi surga wisata adalah Pulau kakaban. Pulau ini dikenal dengan banyaknya ubur – ubur yang hidup di daerah perairannya, karena pulau ini masih termasuk bagian kepualauan Derawan.

Anda tentu bisa mengunjungi pulau derawan untuk menjajal snorkeling dan diving serta bermain dan berenang bersama ubur – ubur yang hidup diperairannya. Pulau ini memiliki luas sekitar 774,2 hektar dengan perairan yang jernih.

Hal yang paling menarik adalah bahwa ubur – ubur yang tinggal di daerah perairan pulau kakaban bukan merupakan ubur – ubur beracun. Anda tentu sudah sering mendengar dan telah mengetahui bahwa ubur  – ubur memiliki racun atau bisa yang bisa menyebabkan korban sengatannya mengalami gatal – gatal atau mungkin lebih parah.

Untuk menuju tempat ini, anda juga memerlukan akomodasi yang memadai, karena memang letaknya yang merupakan suatu pulau. Seperti di sebut sebelumnya, bahwa untuk bisa menimati keindahan kepulauan derawan, anda harus menyiapkan budget yang sesuai.

Baca juga : Wisata Pantai Terbaik

Bukit Kelam

Bukit Kelam

Selanjutnya jika anda ingin mencoba pesona lain selain pantai dan laut, anda bisa mengunjungi Bukit kelam yang terletak di Kalimantan Barat. Bukit ini terletak diantara dua sungai besar yang ada disana yaitu sungai Melawi dan sungai Kapuas. Anda tentunta sudah sangat sering mendengar sungai Kapuas bukan?

Bukit ini adalah merupakan sebuah batu besar yang terlihat seperti bukit. Anda akan menemukan berbagai tanaman atau flora langka disekitar bukit ini. anda bisa melihat betapa alam Kalimantan adalah alam yang seharusnya dijaga kelestariannya.

Untuk mencapai lokasi bukit kelam ini, anda bisa melalui jalur darat dengan jarak 400 kilometer dari Pontianak. Tak hanya bisa dinikmati keindahannya, namun bukit kelam ini juga bisa anda daki. Jadi, bagi anda yang menyukai tantangan, anda bisa saja mendakinya dan merasakan sensasi mendaki bukit baku yang populer di Kalimantan ini.

Baca juga : Wisata di Magelang

Taman Nasional Tanjung Putting

Taman Nasional Tanjung Putting

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa Kalimantan merupakan sebuah pulau yang memiliki kawasan hutan yang masih luas. Artinya, pulau ini memiliki hutan yang masih lebat dan terjaga kelestariannya.

Oleh karena itu, Kalimantan juga memiliki suatu taman nasional Tanjung puting yang merupakan wilayah untuk melestarikan seta menjaga berbagai flora dan faunan langka. Terlebih lagi, dengan sungai serta rawa – rawa Kalimantan, lengkaplah taman nasional yang ada di sini.

Taman nasional yang memiliki luas sekitar 415.040 hektar ini merupakan rumah serta habibat terbaik bagi orang utan. Dengan banyaknya pohon, maka orang utan bisa hidup dengan baik ditempat ini. mereka akan bergelantungan di pohon – pohon dan meloncat dari satu pohon ke pohon lainnya.

Tak hanya hutannya yang masih alami, anda juga menyusuri sungai sekonyer yang juga termasuk dalam kawan taman nasional ini. untuk menyusurinya anda bisa menggunakan alat transportasi seperti kapal yang disebut nengan nama klotok.

Jika beruntung anda juga mungkin bisa bertemu dengan macan tutul, kancil dan satwa lainnya yang memang dilestarikan di wilayan taman nasional tanjung putting. Dan jika anda berada disana saat sore menjelang petang, anda akan menemukan sungai berwarna begitu indah karena adanya pantulan sunset di area tersebut.

Danau Sentarum

Danau Sentarum

Terakhir yang akan kita bahas adalah Danau Sentarum. Danau seluas 132.000 hektar ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Karena, danau ini memiliki pemandangan berbeda antara musim kemarau dan musim penghujan.

Saat musim kemarau anda mungkin tidak percaya bahwa lokasi ini merupakan danau, karena anda hany aakna menemukan pandang rumput luas dengan pohon – pohon yang kokoh. Sedangkan saat musim penghujan,danau ini akan berubah menjadi hutan yang terendam banjir.

Keindahaan alamnya memang tidak mudah anda temui di tempat lain, sehingga danau ini menjadi salah satu danau yang populer diantara para wisatawan. Anda bisa meminta tour guide anda untuk memasukkannya dalam rute perjalanan jika memang anda pergi menggunakan jasa travel, jika tidak anda masih tetap bisa menjangkaunya dengan segala transportasi umum yang ada di wilayah tersebut.

Demikian adalah lima destinasi wisata populer yang ada di Kalimantan. anda mungkin bisa mengeksplore lebih banyak tempat lagi di pulau ini. karena pulau ini memang menyimpan berbagai keindahan sekaligus misteri. Anda juga bisa menghabiskan waktu anda dengan berkunjung ke jembatan gantung sungai nateh dan masih banyak tempat lainnya.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close