Wisata

Destinasi Wisata di Kalimantan Timur Terpopuler 2020

Tahukau.comWisata di Kalimantan Timur – Kalimantan, sebagai salah satu pulau di Indonesia yang populer di mata dunia, juga memiliki banyak kelebihan. Anda juga tentu tahu bahwa Kalimantan merupakan pulau yang memiliki wilayah hutan yang luas. Itu artinya, pulau Kalimantan secara tidak langsung menjadi paru – paru dunia.

Dengan tingginya tingkat polusi udara di Indonesia, bahkan di dunia, maka pohon – pohon besar di hutan Kalimantan memang membantu untuk memberikan udara segar dan sejuk. Udara ini tentu sangat berguna bagi penduduk bumi, terutama bagi masyarakat Indonesia.

Tak hanya sebagai paru –paru dengan banyaknya pohon, namun Kalimantan juga menyimpan berbagai kekayaan dan keindahan alam. Seperti pulau – pulau di Indonesia pada umumnya, anda juga akan menemukan banyak destinasi wisata yang tersebar di seluruh wilayah pulau Kalimantan.

Baca juga : Wisata Pantai Terbaik

Wisata di Kalimantan Timur

Wisata di Kalimantan Timur

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa Kalimantan memiliki banyak sekali pesona alam tersembunyi. Dan salah satu wilayah yang memiliki keindahan luar biasa adalah provinsi Kalimantan Timur. Anda bisa menemukan berbagai wisata alam di tempat ini.

Mungkin memang masih banyak orang yang belum mengetahui tentang wisata yang ada di Kalimantan timur. Namun, sebenarnya banyak yang bisa anda temukan di provinsi ini. seperti goa – goa cantik yang ada di provinsi ini.

Dalam artikel ini, kita akan membahas sedikit mengenai sebagian kecil destinasi wisata di Kalimantan Timur. Jika anda memang ingin mengunjungi provinsi satu ini, berikut adalah ulasan yang akan membantu anda merencanakan rute perjalanan anda nanti. Yuk langsung aja!

Baca juga : Wisata di Magelang

Goa Haji Mangku

Goa Haji Mangku

Seperti yang dibahas sebelumnya, bahwa anda bisa menemukan goa – goa cantik di wilayah provinsi Kalimantan ini. salah satu yang populer dan banyak dikunjungi adalah Goa Haji Mangku yang terletak di pulau Maratua, bagian dari kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.

Anda pasti sudah bisa membayangkan bahwa tempat ini akan indah, karena termasuk bagian dari kepulauan derawan yang populer dengan keindahan alamnya. Banyak yang mengatakan bahwa gua ini akan lebih tepat disebut sebagai danau.

Hal ini karena, tempat ini sejatnya adalah danau dengan air payau yang akses masuknya melalui mulut goa. Anda sudah bisa membayangkannya bukan? Air di goa ini jernih dengan warna tosca yang menjadikannya semakin cantik dan mengundang anda untuk berenang. Selain airnya yang terlihat bergitu menyegarkan, dasar goa yang memiliki tekstur kasar juga menjadi salah satu keunikan tersendiri.

Karena goa ini masih sangat asli dan belum terjamah pembangunan, anda tidak bisa mengharapkan fasilitas apapun. Anda juga tidak perlu membayar uang untuk masuk ke lokasi. Namun, jika anda ingin diving atau snorkeling anda juga harus siap membawa alatnya sendiri. serta jangan kaget jika anda tidak menemukan tempat ganti baju dan toilet, karena memang belum disediakan.

Baca juga : Wisata di Cilacap

Pulau Maratua

Pulau Maratua

Masih di pulau maratua, anda bisa menikmati pula keseruan lainnya. seperti pantainya yang indah dengan pasir putih yang cukup luas dan tentu saja sangat bersih. Dengan airnya yang jernih dan tampak kebiruan, anda pasti senang bermain air di tepi pantai.

Tak hanya pasirnya yang indah dan pemandangan pantainya yang menjanjikan, pulau maratua juga dikenal sebagai salah satu surga bagi para penyelam. Anda bisa menemukan berbagai hewan air yang mungkin tidak anda temui di tempat lain. Anda bisa berenang bersama penyu, serta melihat terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya.

Selanjutnya, jika anda telah lelah dengan kegiatan yang anda lakukan, baik snorkeling maupun diving, anda bisa juga bersantai. Tak hanya bersantai, namun juga sambil melihat pemandangan sunset yang indah ditemani semilir angin di tepi pantai.

Di pulau ini, penyu juga di jaga, karena mereka akan datang ke pantai untuk bertelur dan menetaskan telur – telur mereka. Bahkan jika beruntung, anda mungkin bisa ikut melepaskan anak – anak penyu yag baru lahir ke lautan bebas. Menarik bukan?

Baca juga : Wisata di Madura

Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai

Selanjutnya, anda juga akan menemukan sebuah destinasi wisata yang disebut sebagai Buit Bangkirai. Lokasi wisata yang terletak di Karya Merdeka, Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Bukit bangkirai merupakan kawasan hutan hujan tropis yang masih asri serta kelestariannya terjaga. Seperti yang kita tahu, maraknya illegal loging memang menjadikan hutan – hutan di Indonesia semakin sempit da memiliki kualitas yang jauh lebih buruk dari sebelumnya.

Tak hanya pemandangannya yang menarik, namun anda juga bisa merasakan sensasi berjalan diatas jembatan kanopi 30 meter dengan kecepatan 64 meter. Tentu akan membuat andrenalin anda tertantang bukan? Dari atas jembatan ini, anda bisa melihat keseluruhan pohon – pohon disekitarnya, akan tampak sangat hijau dan indah.

Untuk masuk ke lokasi ini, anda hanya harus membayar tiket sebesar Rp.3500 per orang untuk dewasa dan Rp.1500 per orang untuk anak – anak.

Baca juga : Wisata di Lamongan

Tulung Ni’ Lenggo

Tulung Ni’ Lenggo

Selanjutnya, diantara hutan – hutan Kalimantan timur juga tersembunyi telaga yang begitu mempesona. Namanya Tulung Ni’ Lenggo, biasa disebut pula dengan telaga air biru. Hal ini karena air di tempat ini tampak kebiruan namun sangat jerniih hingga anda mungkin bisa melihat dasarnya.

Memang fasilitas di lokasi wisata ini belum begitu lengkap, karena memang tergolong wisata baru. Namun, anda masih bisa menikmati keindahan telaga air biru ini. anda bisa naik perahu dan mungkin sekedar duduk menikmati syahdunya alam sekitar.

Untuk masuk ke telaga yang berlokasi di RT 3 Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini anda tentu harus membayar retribusi ya teman. Retribusi atau tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu hanya Rp.5000 per orang.

Jantur Mapan

Jantur Mapan

Tak hanya telaga, pantai dan hutan saja potensi wisata yang dimiliki Kalimantan Timur. di dalam hutan pun, anda akan menemukan air terjun. Salah satu air terjun yang populer adalah air terjun Jantur Mapan.

Air terjun ini memang setinggi Madakaripura di Jawa Timur atau AirTerjun Sigura – gura yang ada di Toba Samosir. Namun, anda akan merasakan kesegarannya tak kalah dengan air terjun lainnya. untuk mencapai air terjun ini, anda harus berjalan dan melewati anak  – anak tangga yang terbuat dari kayu ulin.

Memang anda akan merasa kelelahan, namun tentu anda akan merasa puas saat anda tiba di air terjun ini. airnya yang sejuk dan pemandangannya yang benar  – benar masih terjaga tentu destinasi wisata yang satu ini wajib untuk dikunjungi.

Demikian adalah beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik di provinsi Kalimantan Timur. masih banyak destinasi lain yang bisa anda kunjungi diantaranya adalah Penangkaran Rusa Desa Api – Api, bermain bersama anak di woody park, Berburu sunset di waduk manggar dan masih banyak tempat lainnya yang tak kalah ngehits dengan lokasi wisata di provinsi lainnya.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close