Wisata

Destinasi Wisata di Cilacap Dengan Pesona Luar Biasa

Tahukau.comWisata di Cilacap – Kaupaten cilacap adaah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang tak begitu terdengar gaungnya. Kabupaten ini tak seterkenal Jogjakarta, semarang ataupun solo. Namun bukan berarti anda tidak akan menemukan keindahan tersembunyi di kabupaten ini.

Anda tentu sudah tahu bahwa di idonesia memang terdapat berbagai macam keindahan dan pesona tersembunyi yang kita bisa temukan hampir di setiap daerah. Apalagi Provinsi Jawa tengah adalah salah satu provinsi yang memang dikenal memiliki pesona wisata luar biasa.

Memang banyak wisatawan yang datang ke provinsi Jawa Tengah untuk mengeksplore keindahan alamnya. Seperti halnya kabupaten cilacap, anda mungkin tidak tahu bahwa banyak pula wisatawan mancanegara yang datang untuk berlibur dan mengeskplore keindahan serta kebudayaan kabupaten ini.

Baca juga : Wisata Kuliner di Pekalongan

Wisata di Cilacap

Wisata di Cilacap

Kabupaten cilacap adalah satu dari sekian tempat yang akan membuat anda tak henti mengungkapkan kekaguman. Anda mungkin tidak tahu bahwa kabupaten ini kaya akan tradisi, budaya dan tentu saja pesona alam.

Tidak ada salahnya jika sekali – kali anda menghabiskan masa liburan anda untuk berlibur di kabupaten ini. kabupaten ini memang terkenal dengan banyaknya wisata  sejarah yang menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaannya.

Jika anda ingin mengenal lebih dekat kabupaten cilacap ini, anda perlu membaca artikel ini hingga akhir. Berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata cilacap yang keren. Anda bisa memasukkan tempat – tempat berikut ini dalam rencana rute perjalanan anda, sehingga anda tidak kebingungan saat anda telah berada di wilayah cilacap. Yuk langsung saja kita ulas!

Baca juga : Wisata di Madura

Benteng Pendem

Benteng Pendem

Salah satu spot bersejarah yang pasti akan menjadi tempat wisata yang keren adalah Benteng Pendem. Benteng ini dinamakan sesuai dengan keadaanya saat ditemukan. Benteng yang telah ada sejak tahun 1861 ini memang tadinya terbenam dalam pasir dan dibiarkan saja. Hingga pada tahun 1986 benteng ini mulai digali dan dijadikan salah satu ikon kabupaten cilacap.

Menurut sejarah, benteng ini merupakan markas pertahanan pasukan hindia – belanda yang dibangun selama 18 tahun. Benteng ini kabarnya belum sepenuhnya tergali, artinya masih ada bagian dari benteng ini yang masih berada di dalam tanah.

Menurut dinas terkait, untuk meneruskan penggalian diperlukan dana dan waktu yang lebih. Namun, saat ini anda bisa melihat kokohnya benteng yang bernama asli Kustbatterij op de landtong te cilacap ini dengan cukup baik.

Bangunannya yang memiliki arsitektur bergaya belanda tentu membuat anda semakin menyukai tempat ini. apalagi dengan latar tempat seperti ini anda bisa mengambil berbagai foto indah. tempat ini bahkan sering dijadikan tempat untuk sesi pemotretan karena memang memiliki sisi artistic yang luar basa cantik dan vintage.

Lokasi benteng pendem ini adalah di Jl. Benteng, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa tengah. Anda bisa menjangkau lokasi ini menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Sedangkan tiket masuknya sendiri sangat terjangkau yaitu Rp.5000 per orang.

Baca juga : Wisata di Lamongan

Curug Mandala

Curug Mandala

Sepertinya anda harus mencoba mengunjungi setiap curug atau air terjun yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengunjungi Curug Mandala yang terletak di Hutan Mendala, Jeruk Legi, Cilacap.

Curug ini memang tak begitu tinggi, namun pemandangan alam sekitarnya menambah keindahan curug ini. tempat ini termasuk masih tersembunyi dan banyak yang belum mengetahuinya. Hal ini merupakan salah satu dampak akses jalan menuju curug ini yang cukup membutuhkan tenaga.

Tempat satu ini memang masih sangat alami dan terkesan tidak mendapat perhatian dari dinas terkait. Anda harus mendaki bukit terlebih adhulu untuk bisa sampai di lokasi curug mandala. Tak hanya itu, anda juga perlu berhati  – hati melewati semak belukar di sepanjang jalan menuju curug.

Namun, semua lelah anda akan terbayar ketika anda sampai di lokasi curug. Suara air yang gemericik ditambah sejuknya suasana sekitar akan bisa mengobati lelah anda. anda juga harus ingat untuk mengenakan pakaian yang nyaman serta alas kaki yang tepat ya untuk menyambangi curug mandala cilacap ini.

Baca juga : Wisata di Jawa Barat

Curug Cimandaway

Curug Cimandaway

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi Curug Cimandaway yang terletak di Serang, Desa Datar, Kecamatan Dayeuhluhur Cilacap jawa tengah. Curug ini memang memiliki keunikan tersendiri. Anda akan bisa melihat bebatuan yang berundak dan air akan jatuh menuruni bebatuan tersebut.

Jika Curug Mandala masih merupakan curug yang tersembunyi dan belum ada fasilitas pendukung apapun, berbeda dengan Curug Cimandaway ini. anda akan menemukan fasilitas lengkap di curug ini. bahkan anda bisa menjajal flying fox juga di lokasi wisata satu ini.

Wisata ini memang lebih banyak dikunjungi karena akses jalan serta fasilitasnya memang sudah terpenuhi. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 100 meter. Dan disebut sebagai air terjun tertinggi di cilacap. Anda bisa masuk ke lokasi curug ini dengan menayar Rp.5000 per orang.

Baca juga : Wisata di Probolinggo

Segara Anakan

Segara Anakan

Selanjutnya anda juga bisa mengunjungi segara anakan, yaitu suatu laguna yang memisahkan pulau jawa dan pulau nusakambangan. Anda akan terpesona betapa cantiknya laguna ini. dengan air tenang berwarna kebiruan, tentu anda tak ingin membuang kesempatan untuk menikmatinya.

Anda juga bisa menyeberangi segara anakan ini dengan mengendarai perahu. Untuk tariff perahu tesebut, anda harus membayar sekitr Rp. 30.000 rupiah per orang sekali perjalanan. Meskipun sedikit mahal, namun apa yang anda dapatkan sebagai gantinya memang tak tertandingi.

Anda bisa mendapatkan berbagai foto keren di tempat ini dan tentu anda akan senang menghabiskan waktu di laguna yang tenang ini. jadi tidak ada salahnya jika anda menyempatkan diri untuk mengunjungi segara anakan ini ketika anda berkunjung ke Cilacap.

Waduk Kubangkangkung

Waduk Kubangkangkung

Destinasi wisata terakhir yang akan kita bahas adah Waduk Kubangkangkung. Waduk ini terletak di Sokawera, Kubangkangkung, Kawunganten, Cilacap. Anda bisa menikmati keindahan danau yang dikelilingi pepohonan hijau ini bersama keluarga, karena waduk ini akan sangat cocok bagi keluarga termasuk anak – anak.

Tak hanya menikmati keindahnnya, anda juga bisa mencoba menaiki angsa yang disewakan . anda bisa berkeliling danau bersama teman, sahabat atau pasangan anda. danau ini cukup dalam, jadi anda harus berhati – hati ya agar tak terjadi hal – hal yang tak diinginkan.

Di sekitar waduk ini anda juga akan menemukan penjual makanan yang menyuguhkan makanan khas cilacap. Jadi anda bisa sekalian berwisata kuliner di Dananu yang dulunya adalah sumber atau cadangan air bersih ini.

Untuk mencapai waduk ini, anda bisa mengendarai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Untuk masuk lokasi anda hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp.5000 per orang. Sedangkan untuk ksewa sepeda air atau angsa anda hars membayar lagi ya!

Demikian adalah beberapa rekomendasi wisata keren di kabupaten cilacap yang bisa anda kunjungi. Masih banyak wisata lain yang bisa anda kunjungi di tempat ini, seperti curug pengantin, pantai sodong dan tempat – tempat lainnya.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close