Wisata

5 Tempat Wisata di Banyuwangi Terpopuler & Harga Tiket Masuk

Tahukau.comWisata di Banyuwangi – Kita semua mengetahui jika Bali merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara yang memiliki keindahan yang menakjubkan. Namun tahukah kalian jika ada daerah lain yang juga memiliki pesona sama halnya dengan Bali. Ya, daerah tersebut salah satunya adalah Banyuwangi. Banyuwangi merupakan sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Banyuwangi memiliki julukan The Sunrise of Java karena letaknya di ujung timur Jawa dan berlokasi dekat dengan Bali.

5 Tempat Wisata di Banyuwangi Terpopuler & Harga Tiket Masuk

Banyuwangi menyimpan segudang destinasi tujuan wisata yang membuat siapapun terpukau. Oleh karena itu, Banyuwangi saat ini menjadi primadona baru di Jawa Timur dengan destinasi tujuan wisata yang mulai dilirik oleh banyak wisatawan. Bagi para penggemar aplikasi Instagram, Banyuwangi adalah one spot on earth you can not miss. Oleh karena itu, berikut ini akan diulas mengenai 5 destinasi tempat wisata terpopuler di Banyuwangi. Penasaran? Simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Wisata di Malang

1. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau merah merupakan salah satu destinasi tempat wisata terpopuler yang ada di Banyuwangi yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan untuk menikmati keindahan dari pantai tersebut.  Mengapa dinamakan Pantai Pulau Merah? Karena di pantai ini ada sebuah pulau kecil dengan bentuk seperti bukit yang terletak tidak jauh dari bibir pantai yang tanahnya berwarna merah. Bukit ini tertutup oleh pohon dan semak hijau, hanya terlihat semburat merah ketika waktu senja. Apabila air sedang surut, wisatawan dapat menuju ke bukit tersebut dengan berjalan kaki.

Pantai Pulau merah terletak di daerah Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi ini memiliki sebuah pura Hindu yang bernama Pura Tawang Alun dimana Pura tersebut kerap kali digunakan sebagai tempat ritual di waktu-waktu tertentu oleh umat Hindu yang tinggal di sekitar Pantai Pulau Merah.

Ketika Anda mengunjungi pantai ini, ada beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan seperti berselancar maupun hunting foto. Pantai sepanjang 3 km ini sangat cocok untuk kegiatan berselancar karena memiliki ombak yang ideal bagi peselancar khususnya pemula. Selain itu, Pantai Pulau merah dapat juga menjadi lokasi yang sangat cocok untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Pantai Pulau merah buka setiap hari selama 24 jam dengan tiket masuk sebesar Rp. 5.000 untuk weekkend dan Rp. 3.000 untuk weekday.

Baca juga : Wisata di Kota Yogyakarta

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Banyuwangi yang sangat wajib untuk dikunjungi karena menawarkan keindahan yang sudah terkenal hingag mancanegara. Pada tahun 2016, Kawah Ijen ditetapkan oleh UNESCO sebagai kawasan cagar biosfer. Kawah Ijen menawarkan pemandangan yang sangat menarik berupa fenomena Api Biru atau Blue Fire yang terletak di bawah kawah tepatnya di kawasan penambangan sulfur  yang hanya muncul pada pukul 05.00 WIB. Selain itu, aktivitas penambang belerang juga menjadi hal yang menarik untuk disaksikan wisatawan yang mengunjungi Kawah Ijen.

Kawah Ijen berlokasi di Ijen, Kec. Licin, Kabupaten Banyuwangi. Kawah ini berada pada ketinggian 2.368 meter DPL dengan luas 20 km yang dikelilingi oleh dinding kalbera setinggi 300-500 meter yang membuat siapapun yang ada di situ berdecak kagum. Mskipun demikian, Anda harus hati-hati karena suhu di dalam kawah ini sekitar 200o C dengan tingkat keasaman yang mampu meleburkan pakaian bahkan tubuh manusia. Kawah ini buka setiap hari dengan harga tiket masuk seebesar Rp. 5.000 untuk weekday dan Rp. 7.500 untu weekend.

Baca juga : Wisata di Kota Pekanbaru

3. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu destinasi tempat wisata terpopuler di Banyuwangi yang khusus sebagai kawasan konservasi berbagai macam tumbuhan dan hewan. Taman Nasional Baluran terletak di antara wilayah Wongsorejo, Banyuwangi dan juga Banyuputih, Situbondo. Nama Taman Nasional Baluran ini berasal dari nama gunung yang berada di daerah ini yaitu Gunung Baluran. Taman Nasional ini terdiri beberapa tipe vegetasi yang hidup di dalamnya seperti sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau di sepanjang tahun.

Taman nasional yang dijuluki sebagai Little Africa van Java ini terletak 35 km sebelah utara Banyuwangi memiliki keunikan di dalam padang rumput atau sabana sapat ditemukan berbagai hewan liar yang hidup bebas seperti banteng, rusa, ular, kerbau, monyet ekor panjang, burung merak, dan masih banya hewan liar lainnya. Wisatawan dapat menikmati keindahan Taman Nasional ini melalui menara pengawas sehingga wisatawan dapat melihat keseluruhan kawasan Taman Nasional ini berserta aktivitas hewan yang ada di tempat tersebut.

Tidak hanya dapat menikmati aktivitas dari hewan-hewan liar, taman nasional dengan luas sekitar 25.000 hektar ini juga memiliki beberapa kawasan seperti Hutan Evergreen yang lebat akan pepohonannya yang rindang, Padang Savana Bekol yang membentang luas dengan keindahan pemandangan Gunung Baluran di belakangnya, Pantai Bama dengan keindahan biota bawha laut yang cocok untuk snorkeling, hingga Hutan Mangrove dan Hutan Payau yang tersebar mulai dari wilayah utara, timur, dan tenggara objek wisata ini. Taman Nasional Baluran buka setiap hari mulai pukul 07.30-16.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk weekday dan Rp. 17.500 untuk Weekend.

Baca juga : Destinasi Wisata Bali

4. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung merupakan salah satu destinasi tempat wisata terpopuler di Banyuwangi yang disebut sebagai G-Land karena bentuknya melengkungnya seperti huruf G. Pantai ini terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo tepatnya di jalan Brawijaya, No. 20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi ini  memiliki salah satu hal yang menarik perhatian para wisatawan khususnya wisatawan yang suka berselancar yaitu ombaknya yang berbentuk tujuh gulungan besar dengan tinggi mencapai 8 meter sehingga pantai ini mendapatkan julukan sebagai The Seven Ginat Waves Wonder. Pantai ini dinobatkan sebagai salah satu pantai dengan spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan ombaknya disebut sebagai ombak terbaik kedua di dunia setelah ombak di Hawaii.

Bagi para surfer yang ingin berselancar di pantai Plengkung ini, waktu terbaik untuk berselancar antara bulan Juli-September. Jika wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut hanya sekedar liburan untuk melepas kepenatan, pantai ini terdapat kawasan hutan tropis yang mengelilingi pantai. Di situ Anda dapat melakukan Trekking dan mengunjungi air terjun yang terdapat di dalam hutan. Selain itu, pantai ini juga menawarkan keindahan air laut berwarna biru dengan hamparan pasir putih dan bebatuan karang yang terhampar di tepi pantai yang cocol untuk bersantai. Pantai Plengkung buka setiap hari mulai pukul 07.30-16.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp. 15.000.

Baca juga : Wisata di Jakarta

5. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo merupakan salah satu destinasi tempat wisata terpopuler di Banyuwangi yang menawarkan objek wisata dengan hutan hujan paling alami di Benua Asia. Taman Nasional Alas Purwo disebut sebagai hutan tertua di Pulau Jawa. Taman Nasional Alas Purwo terletak di antara dua Kecamatan yaitu Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi.

Sebagai hutan hujan alami di Pulau Jawa, Taman Nasional Alas Purwo ini terdapat berbagai macam fauna dan flora yang tersebar di seluruh hutan. Untuk fauna, di taman ini terdapat sekitar 50 jenis fauna dan untuk flora, terdapat sekitar 580 jenis flora. Taman ini terbagi dalam empat zona yaitu zona inti, zona rimba, zona pemanfaatan, dan zona penyangga. Di taman ini, wisatawan dapat menemukan banyak ekosistem alam tropis yang mempesona mulai dari Hutan Tropis, Hutan Bambu, Pantai Triangulasi, Sadengan, Pura Giri Seloka dan Situs Kawitan, Pantai Pancur, Goa Istana, Goa Mayangkoro, dan Goa Padepokan.

Meskipu menawarkan sejuta keindahan, namun kerap kali Taman Nasional Alas Purwo diidentikkan dengan sesuatu hal yang berbau mistis. Nama Taman ini diambil dari kata Purwo yang dalam bahasa Jawa berarti kawitan atau permulaan. Masyarakat menganggap Alas Purwo sebagai tanah awal mula atau situs penciptaan semedi sehingga setiap tanggal 1 suro masyarakat berbondong-bondong untuk melakukan semedi. Masyarakat Banyuwangi menyebut tempat ini sebagai istana jin atau tempat berkumpulnya para jin dari sleuruh pulau Jawa sehingga tempat ini dikenal sebagai tempat angker dan keramat.

Nah itulah ulasan mengenai 5 destinasi tempat wisata terpopuler di Banyuwangi. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi Anda apabila sedang merencanakan untuk liburan ke daerah Banyuwangi.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close