Wisata

5 Destinasi Wisata Candi Terpopuler di Indonesia

Tahukau.comWisata Candi Terpopuler – Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan alam yang melimpah terutama ragam budayanya yang sangat luar biasa unik dan menarik. Ada banyak peninggalan budaya di Indonesia yang masih dapat kita nikmati hingga saat ini. Salah satunya adalah candi. Ada banyak candi yang ada di Indonesia dengan ciri khas bentuk dan arsitekturnya yang mempesona serta dengan karakter yang berbeda yang kemudian menjadi tempat destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

5 Destinasi Wisata Candi Terpopuler di Indonesia

Dapat dikatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan peninggalan candi terbanyak. Destinasi wisata candi tidak pernah lekang oleh zaman karena dengan adanya candi kita dapat mengetahui sejarah dari masa kerajaan-kerajaan kuno yang pernah ada dan tersebar di seluruh Indonesia. Berikut ini akan diulas mengenai 5 destinasi wisata candi terpopuler di Indonesia. Maka dari itu, simak baik-baik ya!

Baca juga : Wisata di Banyuwangi

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan candi budha termegah dan terbesar di dunia dan menjadi salah satu destinasi wisata candi yang wajib dikunjungi wisatawan. Candi Borobudur yang terletak di Jalan Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.  Banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri yang datang untuk mengunjungi candi ini. Mereka penasaran akan megahnya candi Borobudur ini. tidak hanya terkenal karena megah dan besarnya, candi Bororbudur terdiri dari 2672 pahatan panel relief yang mencapai panjang 6 km jika disusun.

Relief yang ada di Candi Borobudur mengisahkan tentang perjalanan hidup Sang Buddha dan ajaran-ajarannya. Selain itu, relief dalam candi ini juga mengisahkan tentang kemajuan masyarakat Jawa pada masa lalu dimana kemajuan tersebut dibuktikan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia merupakan pelaut yang ulung.  Kisah tersebut dibuktikan dari 10 relief kapal yang ada.

Para wisatawan yang mengunjungi Candi Borobudur dapat menikmati seluruh candi dengan cara masuk dari pintu timur kemudia berjalan searah jarum jam. Selain dapat menikmati stupa dan relief candi, di Candi Borobudur wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dan terbit. Ketika berada di puncak stupa candi, keindahan yang tidak boleh sampai terlewatkan adalah pemandangan dari beberapa gunung yang mengelilingi candi diantaranya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan lainnya. Untuk dapat berkunjung ke kawasan Candi Borobudur, harus membayar tiket masuk dengan harga Rp. 40.000 per orang untuk dewasa, harga Rp. 20.000 per orang untuk anak-anak, USD 25 untuk mancanegara, dan USD 15 untuk pelajar mancanegara.

Baca juga : Wisata di Malang

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Jika kalian mengetahui kisah dari Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso, maka kalian akan menghubungkannya dengan terbentuknya Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan salah satu candi peninggalan agama Hindu yang menjadi salah satu destinasi wisata candi yang wajib dikunjungi. Candi yang berlokasi di Jalan Raya Solo No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta ini menawarkan keindahan yang sangat mempesona dengan ketinggian kurang lebih sekitar 47 meter. Awal terbentuknya Candi Prambanan dimulai dari kisah seorang pria bernama Bandung Bondowoso yang ingin mempersunting wanita yang bernama Roro Jonggrang.

Roro Jonggrang akan menerima pinangan bBandung Bondowoso asal dengan satu syarat yaitu membangun candi dengan 1000 arca dalam waktu semalam. Bandung Bondowongso pun menyanggupinya dan meminta bantuan dari para makhluk halus. Mendengar hal itu, roro Jonggrang pun ketakutan dan meminta bantuan dayang-dayang istana untuk menumbuk padi dan membakar jerami. Mengira jika hari sudah pagi, makhluk-makhlus halus itupun lari ketakutan dan hanya menyelesaikan 999 arca. Mengetahui kecurangan yang dilakukan Roro Jonggrang membuat Bandung Bondowongso murka dan mengutuk Roro Jonggrang. Pada akhirnya, Roro Jonggrang menjadi arca dan menggenapi 1000 arca yang diinginkannya.

Candi Prambanan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Untuk masuk ke dalam Candi Prambanan harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 40.000 untuk wisatawan domestik dan USD 25 untuk wisatawan asing.

Baca juga : Wisata di Kota Yogyakarta

3. Candi Sewu

Candi Sewu

Candi Sewu merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia dan termasuk candi peninggalan agama Budha terbesar kedua di Indonesia. Candi ini berlokasi di Jalan Raya Solo KM 16, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Meskipun namanya Candi Sewu, namun total banguna candi di sini tidak berjumlah 1000. Candi Sewu hanya memiliki sekitar 249 bangunan di dalamnya. Hal yang menarik dalam Candi Sewu ini adalah pemandangan dari arca Dwarapala atau patung penjaga raksasa di setiap pintu masuk yang memiliki ukuran mencapai 2.3 meter setiap patungnya.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Candi Sewu ini adalah pada saat sore hari atau menjelang matahari terbenam. Di candi ini selain dapat menikmati keindahan Candi Sewu, wisatawan dapat bersepeda mengelilingi candi. Untuk berkunjung ke Candi Sewu harus membeli tiket masuk sebesar Rp. 30.000 untuk setiap orangnya.

Baca juga : Wisata di Kota Pekanbaru

4. Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko merupakan salah satu destinasi wisata candi yang wajib dikunjungi dimana tempat ini termasuk bangunan yang indah yang didirikan pada masa kejayaan pemerintahan Rakai Panangkaran. Istana Ratu Boko dianggap dapat memberikan kedamaian bagi pengunjungnya karena dari candi ini pengunjung dapat menikmati pemandangan dari Candi Prambanan yang berlatar Gunung Merapi. Selain itu, di Istana Ratu Boko dapat menikmati pemandangan senja yang indah yang disebut dengan senja yang terindah di bumi.

Istana Ratu Boko berlokasi di Jalan Raya Piyungan – Prambanan No. KM 2, Gatak, Bokoharjo, Kec Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta ini memiliki ketinggian mencapai 196 meter dengan luas istana diperkirakan mencapai 250.000 m2  yang dibadi menjadi empat bagian yaitu barat, timur, tengah, dan tenggara. Pada bagian barat terlihat pemandangan perbukitan. Pada bagian tengah terdiri atas bangunan utama yaitu gapura utama, lapangan, kolam, batu berumpak, Paseban, dan candi pembakaran. Pada bagian timur terdapat kompleks gua, kolam dan stupa Buddha. Sedangkan di bagian terakhir yaitu bagian tenggara terdapat 3 candi, kolam, balai-balai, pendopo, dan kompleks keputren.

Di kompleks Istana Ratu Boko, pengunjung dapat melihat bangunan candi berbahan batu putih yang disebut Candi Batu Putih. Selain itu, akan menemukan sebuah Candi Pembakaran untuk pembakaran jenazah.  Untuk masuk ke dalam Istana Ratu Boko harus membayar sebesar Rp. 40.000 untuk wisatawan domestik dan USD 25 untuk wisatawan asing.

Baca juga : Wisata di Jakarta

5. Candi Plaosan

Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan salah satu destinasi wisata candi yang wajib dikunjungi yang terletak sekitar 1 km ke utara dari Candi Prambanan. Candi ini merupakan perpaduan kultur agama Budha dan Hindu. Candi Plaosan memiliki dua kompleks candi utama yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul yang biasanya disebut Candi Kembar dimana kedua candi ini memiliki kesamaan pada bentuk teras yang segi empat dikelilingi dinding, tempat bersemedi berbentuk gardu di bagian stupa barat dan stupa sisi lain. Candi Plaosan memiliki sekitar 116 stupa perwara dan 50 candi perwara. Candi Plaosan memiliki ciri khas yang membedakan dari candi-candi lainnya yaitu pada permukaan terasnya yang halus.

Candi Plaosan mengisahkan tentang perjalanan cinta dua orang yang berbeda dinasti dan agama yaitu Rakai Pikatan dan Pramudyawardanai. Candi Plaosan dibangun oleh Rakai Pikatan yang dipersempahkan untuk permaisurinya yang bernama Pramudyawardani. Uniknya, pasangan suami istri tersebut berasal dari dinasti dan latar belakang agama yang berbeda. Rakai Pikatan berasal dari Dinasti Syailendra yang beragama Hindu, sedangkan Pramudyawardani berasal dari Dinasti Sanjaya yang beragama Budha. Dari perbedaan itulah yang menjadikan Candi Plaosan sebagai simbol kekuatan cinta dapat menyatukan apapun bahkan perbedaaan agama sekalipun. Selain sebagai simbol cinta, Candi Plaosan juga menjadi simbol toleransi antar umat beragama.

Candi Plaosan terletak di Jalan Candi Plaosan, Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Untuk berkunjung ke candi ini harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 3000 per orang. Untuk parkir kendaraan dibedakan untuk kendaraan jenis mobil dan motor. Untuk mobil, harga parkir sebesar Rp. 5000 dan motor sebesar Rp. 2000.

Nah itulah ulasan mengenai 5 destinasi wisata candi terpopuler di Indonesia. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat dan menjadi sumber pengetahuan bagi Anda mengenai beberapa peninggalan bersejarah berupa candi yang masih terkenal hingga sekarang dan menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler.  

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close