Aplikasi

Whatsapp : Sejarah, Kelebihan, Kekurangan Dan Manfaat

Media sosial memiliki peranan penting dalam kehidupan terutama untu berkomunikasi dengan orang lain. Salah satu media sosial yang sedang populer saat ini yaitu Whatsapp. Whatsapp berperan penting sebagai aplikasi untuk berhubungan dengan orang lain seperti chat pribadi maupun grup yang dilakukan dengan cara mengirim pesan. Selain itu, Whatsapp juga dapat digunakan untuk menelepon, mengirim gambar, video, kontak, audio, serta dokumen. Meskipun setiap harinya kita menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi, akan tetapi kita tidak mengetahui secara luas mengenai whatsapp. Kita hanya mengenal sebatas kegunaan whatsappnya saja. Nah untuk itu, berikut ini akan diulas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan whatsapp termasuk juga pengertian, sejarah, kelebihan, kekurangan, serta manfaat aplikasi whatsapp. Yuk, simak baik-baik!

Pengertian Whatsapp

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi messenger untuk Android maupun iOS dan bahkan juga untuk PC yang dikenal dengan whatsapp web yang dapat digunakan untuk mengirim pesan tanpa menghabiskan biaya sms karena whatsapp hanya membutuhkan kuota internet untuk mengirim atau menerima pesan. Selain dapat digunakan untuk mengirim pesan, whatsapp juga dapat digunakan untuk menelepon, mengirim gambar, video, audio, dokumen, kontak, hingga untuk video call dengan orang lain.  Perlu diketahui bahwa whatsapp dirilis pada tahun 2009, tepatnya di bulan Januari. Akan tetapi, pada tahun 2014 whatsapp resmi menjadi miliki Facebook setelah diakuisisi selama 8 bulan lamanya. Aplikasi Whatsapp memiliki ciri unik yang berbeda dengan aplikasi berbasis Messenger lainnya. Jika aplikasi seperti BBM yang menggunakan PIN nomor dan LINE yang menggunakan nomor telepon dan email, maka ciri unik aplikasi whatsapp ini terletak pada sistem pengenalan kontak yang menggunakan kode verifikasi yang dikirim lewat nomor telepon yang sudah didaftarkan pada akun whatsapp.

Whatsapp : Sejarah, Kelebihan, Kekurangan Dan Manfaat
Whatsapp : Sejarah, Kelebihan, Kekurangan Dan Manfaat

Sejarah Whatsapp

Perlu diketahui bahwa Whatsapp didirikan pada 24 Februari 2009 oleh Brian Anton dan Jan Koum yang merupakan mantan karyawan Yahoo!. Setelah mereka berdua resign dari Yahoo!, mereka pergi ke Amerika Serikat untuk melamar di Facebook namun di tolak. Tidak lama kemudian, Jan Koum yang saat itu bermodalkan hanya $400.00 bertemu dan berdiskusi dengan Alex Fishman setelah membeli Iphone untuk membahas keyakinanannya mengenai pengembangan aplikasi Appstore yang merupakan ide dari Jan Koum. Setelah pertemuan tersebut, Jan Koum dipertemukan dengan seorang developer  Iphone asal Rusia yang bernama Igor Solomennikov dan aplikasi yang akan dikembangkan diberi nama Whatsapp yang selanjutnya didirikan Whatssapp Inc di California.

Proses pengembanagan aplikasi Whatsapp tidaklah mulus, Jan Koum kerap kali mengalami berbagai macam masalah  seperti crash ataupun gagal saat dia mencoba aplikasi tersebut. Hal tersebut sempat membuat Jan Koum putus asa dan Brian Anton beserta teman-temannya mantan pegawai Yahoo! membantu Jan Koum dengan menanamkan modal sejumlah $ 250.000 pada bulan Oktober 2009. Dan akhirnya pada bulan November 2009, Whatsapp resmi dikeluarkan di App Store untuk pengguna Iphone. Setelah berhasil menduduki peringkat teratas aplikasi Messnger, pada Agustus 2010, aplikasi whatsapp resmi dikeluarkan di smartphone berbasis Android.

aplikasi Whatsapp
aplikasi Whatsapp

Per Februari 2013, pengguna aplikasi Whatsapp mencapai sejumlah 200 juta. Pada bulan Desember mengalami kenaikan jumlah pengguna dan pada bulan April 2014 pengguna Whatsapp mengalami kenaikan hingga 500 juta. Pada September 2015, jumlah pengguna whatsapp mencapai 900 juta pengguna aktif.

Jumlah pengguna yang terus mengalami kenaikan, membuat Facebook tertarik dengan potensi yang dihasilkan oleh Whatsapp dan berniat untuk membelinya. Akhirnya saat ini Whatssap resmi dibeli oleh pihak Facebook dengan harga $19 Miliar dan tetap terjaga kualitasnya hingga sekarang. Terbukti sampai saat ini pun, Whatsapp menjadi aplikasi populer dan berada di posisi ketiga untuk kategori aplikasi paling laris diunduh.

Kelebihan Aplikasi Whatsapp

Kelebihan Aplikasi Whatsapp
Kelebihan Aplikasi Whatsapp

1. Penggunaannya Mudah

Jika pengguna Whatsapp terhitung baru, maka mereka tidak akan mengalami kesulitan mulai dari saat mendaftarkan hingga memakai aplikasi ini karena hanya memasukkan nomor telepon, menunggu kode verifikasi, dan memasukkan nama akun, Anda bisa langsung bisa menggunakan aplikasi Whatsapp tenpa perlu meminta pertolongan orang lain.

2. Nomor telepon tersimpan otomatis

Saat anda menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu memikirkan  cara untuk menyimpan nomor telepon di Whatsapp karena aplikasi ini akan menyimpan secara otomatis, artinya kontak ponsel langsung tersimpan secara otomatis tanpa perlu menyimpannya ulang.

3. Chat pribadi maupun grup dapat di backup

Chat yang ada di aplikasi Whatsapp dapat di backup atau dicadangkan sehingga ketika Anda ingin berganti smartphone baru, Anda tidak akan kehilangan riwayat chat atau obrolan Anda karena suda di backup dengan menggunakan akun email Anda.

4. Dapat menghapus chat yang terlanjur dikirim

Ketika Anda merasa chat yang anda kirimkan kepada orang lain agaknya kurang pantas, Anda dapat menghapus chat tersebut dengan cara tekan agak lama pada chat yang ingin di hapus kemudian pilih “hapus untuk semua” dan otomatis chat Anda akan terhapus sebelum dibaca oleh orang yang Anda chat.

5. Informasi pribadi dapat di privasi

Jika Anda ingin informasi mengenai data diri seperti status maupun foto profil tidak diketahui oleh orang lain, Anda dapat menyembunyikannya. Selain itu, Anda juga menyembunyikan status “last seen” serta “read receipts” sehingga orang lain tidak akan mengetahui kapan Nada terakhir membuka Whatsapp.

6. Tidak menggunakan pulsa

Saat Anda menggunakan aplikasi Whatsaap untuk berkomunikasi dengan orang lain, Anda tidak perlu memikirkan biaya pulsa karena aplikasi ini menggunakan kuota internet untuk dapat mengirimkan pesan maupun menelpon sehingga Anda dapat menghemat uang Anda.

Kekurangan Aplikasi Whatsapp

Whatsapp Web
Whatsapp Web

1. Koneksi internet harus besar

Agar Anda dapat menggunakan Whatsapp dengan lancar, otomatis Anda harus membutuhkan kecepatan internet yang besar karena jika koneksi internet sangat lambat, maka Anda akan lambat dalam menerima pesan atau telepon dari orang lain. Solusinya  yaitu dengan cara memilih kartu nomor telepon yang akan digunakan untuk paketan data  dan memiliki sinyal bagus di daerah yang Anda tempati.  

2. Boros Kuota Internet

Ketika Anda ingin melihat status, video, maupun gambar yang dikirimkan oleh teman Anda, Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu. Proses untuk mendownload itu  dapat menghabiskan kuota internet yang Anda miliki. Hal itu mengakibatkan Anda boros kuota internet karena apa yang ingin dibuka harus di download.

3. Baterai cepat habis

Penggunaan Aplikasi Whatsapp yang terlalu sering cepat menghabiskan daya baterai dan membuat smartphone cepat panas. Boros baterai itu disebabkan oleh  diaktifkannya paketan data.  

4. Tidak bisa digunakan untuk VoiceCall

Apabila Anda menggunakan Whatsapp di PC, Anda  tidak dapat melakukan panggilan suara atau telepon. Di Whatsapp web Anda hanya dapat mengirim pesan, gambar, dokumen, maupun video saja.

Manfaat Aplikasi Whatsapp

Manfaat Aplikasi Whatsapp
Manfaat Aplikasi Whatsapp

1. Media Pendidikan

Banyak dari tempat kursus les menggunakan aplikasi Whatsapp untuk media berkomunikasi dengan membuat grup chat yang hanya berisi anggota kursus. Hal itu dikarenakan Whatsapp menjadi media belajar yang efisien dan semua orang memilikinya.

2. Untuk Media Bisnis

Selain untuk media pendidikan, aplikasi Whatsapp dapat digunakan untuk bisnis seperti online shop yang mana mulai dari promosi, informasi, serta pemesanan barang dilakukan melalui whatsapp. Hal itu memudahkan bagi orang-orang yang akan membeli suatu barang yang diinginkan.

3. Video Call

Selain dapat mengirim pesan dan telepon, whatsapp dapat digunakan untuk video call dengan orang lain yang mana anda dapat mendengarkan suara orang itu beserta wajahnya.

4. Membuat status atau story

Aplikasi whatsapp dapat digunakan untuk mengunggah status yang mana sama seperti aplikasi Instagram. Anda dapat mengunggak status mulai dari foto, teks, maupun video sesuai dengan keinginan Anda.

5. Media Komunitas

Setiap komunitas pasti membutuhkan media untuk berbagi informasi serta mempererat hubungan. Aplikasi whatsapp adalah salah satu media tempat berkumpulnya anggota satu komunitas secara online. Dengan adanya whatsapp, informasi yang ada akan disebarkan secara cepat tanpa perlu ribet menyebarkan ke masing-masing anggota.

Nah, itulah ulasan mengenai whatsapp mulai dari sejarah, kelebihan, kekurangan, dan manfaat yang dapat Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close