BisnisTeknologi

Vpn Tarumanagara : Pengertian, Keunggulan, Cara Menggunakan

Dengan teknologi yang semakin berkembang tentunya hal tersebut membawa manfaat yang baik bagi semua orang, salah satunya pada industri perbankan. Saat ini, industri perbankan mulai bergerak menyesuaikan perkembangan zaman. Hal itu dibuktikan dengan adanya mobile banking ataupun internet banking untuk melakukan setiap transaksi perbankan. Tak terkecuali bank BCA.

Bagi nasabah bank BCA, tentunya sudah mengetahui Mobile BCA sebagai layanan mobile banking dan KlikBCAsebagai layanan internet banking. Setiap nasabah Bank BCA yang menggunakan internet banking pastinya harus berurusan dengan yang namanya VPN (Virtual Private Network) Tarumanagara dimana VPN tersebut akan menjamin keamanan setiap transaksi yang dilakukan melalui layanan internet banking. Nah kira-kira, apa sih VPN Tarumanagara itu? apa kelebihan dan kekurangan dari VPN Tarumanagara itu? untuk itu, berikut ini akan diulas mengenai VPN Tarumanagara beserta penjelasannya. Maka, simak baik-baik ya!

Pengertian VPN Tarumanagara

VPN atau Virtual Private Number merupakan koneksi atau jaringan private internet yang dapat mengakses suatu informasi melalui jalur khusus sehingga data yang diterima maupun yang dikirim akan aman dan terenkripsi. Dapat dikatakan juga jika VPN merupakan semacam teknologi komunikasi yang dapat terkoneksi ke jaringan publik, namun masih tetap aman. VPN sering kali digunakan untuk sistem keamanan di industri perbankan, salah satunya Bank BCA. Bank BCA menggunakan VPN untuk mengamankan setiap transaksi yang dilakukan melalui media online yang dinamakan KlikBCA.  jenis VPN yang digunakan adalah VPN Tarumanagara.

Baca juga : Pengertian Kredit Tanpa Anggunan

VPN Tarumanagara merupakan koneksi atau jaringan yang digunakan oleh Bank BCA untuk transaksi melalui internet banking secara aman dan nyaman. VPN Tarumanagara hanya dapat digunakan oleh Bank BCA karena setiap bank tentunya memiliki VPN yang berbeda-beda. Sebelum menggunakan VPN Tarumanagara, nasabah Bank BCA harus menginstal VPN Client pada laptop. Namun, saati ini VPN Tarumanagara menjadi senjata ampuh untuk setiap transaksi dari Bank BCA melalui internet banking yang aman dari para hacker di dunia maya sehingga data dari para nasabah akan aman dari kebocoran.

Vpn Tarumanagara

VPN Tarumanagara digunakan untuk log ini ke KlikBCA  yang merupakan layanan internet banking dari Bank BCA. Oleh karena itu, untuk mengakses VPN Tarumanagara diperlukan adanya koneksi jaringan internet yang stabil dan cepat. Untuk log in ke VPN Tarumanagara, pengguna harus terdaftar sebagai nasabah bisnis BCA, baik Tahapan Gold maupun Giro. Ketika akan membuka rekening bisnis, pengguna akan diminta mengisi formulir untuk mengakses VPN Tarumanagara. Data formulir tersebut mencakup tiga level User ID yaitu Maker, Approver, dan Releaser.

Baca juga : Internet Banking BRI

Keunggulan VPN Tarumanagara

VPN Tarumanagara digunakan sebagai portal layanan internet banking BCA yang bernama KlikBCA. Adapun keunggulan dari penggunaan VPN Tarumanagara sebagai berikut:

Tidak perlu menginstal software

Jika menggunakan VPN lain tentunya diwajibkan untuk menginstal terlebih dahulu software-nya pada komputer. Akan tetapi, untuk VPN Tarumanagara tidak perlu menginstalnya. Yang perlu dilakukan hanya menginput di situs https://vpn.tarumanagara.com/  atau https://vpn.klikbca.com

Bebas atau terbuka untuk sistem operasi apapun

VPN Tarumanagara sifatnya terbuka karena dapat digunakan untuk sistem operasi apapun seperti Windows, Linux bahkan pada smartphone

Tetap berfungsinya koneksi internet untuk kebutuhan lain

Ketika pengguna mengakses VPN Tarumanagara pada KlikBCA Bisnis, pengguna tetap dapat mengakses internet untuk hal lain seperti browsing, chatting bersamaan dengan mengakses layanan KlikBCA.

Cara menggunakan VPN Tarumanagara pada KlikBCA Bisnis.

Vpn Tarumanagara

Berikut ini cara menggunakan VPN Tarumanagara pada KlikBCA Bisnis, diantaranya:

Memiliki akun KlikBCA Bisnis

Pertama adalah pengguna harus memiliki akun KlikBCA Bisnis. Apabila belum memiliki, datanglah ke kantor pusat atau cabang Bank BCA terdekat untuk mengajukan pembuatan layanan KlikBCA. Setelah itu, pihak bank akan memberikan formulir untuk diisi. Selain itu, akan diminta untuk melampirkan dokumen seperti foto copy kartu identitas atau KTP, foto copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan foto copy Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Setelah selesai mengisi formulir, calon pengguna akan diberikan KeyBCA, User ID, Corporate ID, PIN KeyBCA, dan panduan penggunaan KlikBCA Bisnis.

Kunjungi Website Resmi KlikBCA Bisnis

Setelah memiliki akun KlikBCA Bisnis, kunjungi website resmi KlikBCA Bisnis untuk mendaftar dengan klik log in. Selanjutnya, akan diminta untuk login VPN

Daftar VPN Tarumanagara

Vpn Tarumanagara

Untuk mendaftar VPN Tarumanagara, ada dua langkah yang dapat digunakan untuk mendaftar dan mengakses VPN Tarumanagara, sebagai berikut:

Masukkan username

Biasanya, username yang digunakan untuk log ini ke VPN Tarumanagara terdiri dar gabungan  Corporate ID dan User ID  yang sudah diberikan pada saat pembuatan akun KlikBCA Bisnis. Setelah itu, masukkan nama Corporate ID dan User ID  tanpa adanya spasi diikuti dengan password yang didapatkan dari KeyBCA. Kemudian klik “Apply” dan muncul 8 digit angka yang dapat dimasukkan ketika log in.

Baca juga : Pengertian Bitcoin

Log in kembali

Cara ini sama dengan langkah pertama, namun untuk langkah kedua ini pengguna akan diminta mencantumkan Corporate ID dan User ID  pada kolom terpisah. Kemudian password bisa didapatkan melalui cara yang sama seperti log in pertama.

Tips Menggunakan VPN Tarumanagara

KlikBCA Bisnis yang menggunakan VPN Tarumanagara membuat urusan bisnis menjadi aman dan mudah. Akan tetapi ketelitian dan kewaspadaan menjadi hal yang harus diutamakan agar dapat digunakan secara maksimal demi kesuksesan usaha. Teknologi VPN dapat memberikan proteksi lebih ketika melakukan pertukaran data melalui internet, termasuk juga transaksi keuangan. Akan tetapi, tetap saja resiko kejahatan dapat terjadi. Berikut ini tips dalam penggunaan VPN Tarumanagara terutama saat mengakses KlikBCA Bisnis:

  1. Gunakan WiFi Private atau berbayar seperti halnya memasang WiFI di rumah karena WiFi gratisan rentan peretasan.
  2. Pastikan jaringan internet stabil agar terhindar dari proses loading yang lama. Pasalnya jika koneksi internet terputus pada saat transaksi berlangsung, secara otomatis akun KlikBCA akan keluar melalui sistem VPN Tarumanagara. Dengan begitu, Anda akan mengulang kembali proses log in di halaman awal
  3. Ketika sesi transaksi habis, Anda harus menunggu sekitar 10 menit untuk bisa kembali log in
  4. Lakukan Clear Cache rutin pada browser yang digunakan
  5. Jika telah selesai melakukan log in, pastikan Anda telah melakukan log out yang sesuai dengan prosedur. Tidak hanya menutup halaman, tapi dengan menekan “log out” pada bagian sisi kiri atas.

Manfaat Penggunaan VPN Tarumanagara untuk KlikBCA Bisnis

Penggunaan VPN Tarumanagara untuk KlikBCA Bisnis ternyata membawa manfaat bagi para penggunanya. Adapun manfaat yang dihasilkan dari penggunaan VPN Tarumanagara, sebagai berikut:

  • Dapat diakses melalui laptop, komputer, maupun smartphone tanpa diinstal terlebih dahulu
  • Keamanan transaksi sangat terjaga kerahasiaannya
  • Dapat langsung digunakan meskipun dalam situasi yang mendesak
  • Terhindar dari log in error dikarenakan masalah DNS Server pada laptop maupun komputer

Nah itulah ulasan mengenai VPN Tarumanagara beserta penjelasannya lengkap. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close