Bisnis

Peluang Usaha Tusuk Gigi dan Analisa Usahanya

Mencari usaha yang tepat untuk dijalankan memang tidak mudah, namun melihat peluang usaha saat ini, tak ada salahnya mencoba. Mencoba usaha yang sedang ramai saat ini tentunya sangat membantu Anda mencapai keberhasilan. Salah satunya adalah peluang bisnis tusuk gigi. Usaha ini cukup bagus karena prospek yang dijalankan sangat menguntungkan. Tusuk gigi banyak diminati masyarakat karena biasa digunakan untuk membersihkan gigi dari makanan yang terselip sehingga gigi tampak bersih. Benda ini selalu ada di meja makan restoran seluruh Indonesia. Lalu bagaimana langkah awal dalam memulai bisnis tusuk gigi ini. Simak artikel ini baik-baik ya.

Peluang Usaha Tusuk Gigi dan Analisa Usahanya
Peluang Usaha Tusuk Gigi dan Analisa Usahanya

Menjamurnya rumah makan atau warung sekarang ini semakin menambah permintaan tersedianya tusuk gigi. Produk tusuk gigi dibuat dengan proses yang sangat sederhana. Bahan baku yang Anda butuhkan hanya bambu. Sedangkan, proses pembuatannya menggunakan mesin pembuat tusuk gigi. Dengan menggunakan mesin dalam proses pembuatannya, Anda bisa memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin. Buatlah tusuk gigi dari bahan bamboo yang berkualitas agar tusuk gigi yang dihasilkan pun bermutu, kuat, dan tidak mudah patah. Agar usaha tusuk gigi yang Anda rintis dapat berjalan dengan lancar, ada baiknya jika persiapannya pun benar-benar matang. Mulai dari menentukan lokasi usaha, memilih peralatan pembuatan tusuk gigi, bahan baku tusuk gigi, modal usaha tusuk gigi, dan pemasok yang bersedia menerima produk tusuk gigi, Hal-hal tersebut disebut sebagai strategi usaha.

Baca juga : Peluang Bisnis IRT

Hal yang Perlu Diperhatikan

Hal yang Perlu Diperhatikan
Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Lokasi usaha tusuk gigi

Apabila Anda ingin membuat usaha tusuk gigi berjalan dengan lancar, maka pilihlah lokasi yang tepat untuk proses produksinya. Usahakan untuk membuat tusuk gigi di tempat yang luas dan dekat dengan rumah. Akan lebih baik lagi, jika Anda memiliki lahan yang luas sehingga lahan tersebut bisa dimanfaatkan untuk usaha pembuatan tusuk gigi. Hal tersebut bisa menghemat modal yang Anda keluarkan nantinya. Lokasi usaha di sekitar rumah menjadi peluang usaha tersendiri bagi usaha Anda.

2. Peralatan membuat tusuk gigi

Pembuatan tusuk gigi akan lebih mudah dan cepat jika dilakukan dengan menggunakan mesin tusuk gigi. Umumnya, pembuatan tusuk gigi menggunakan beberapa jenis mesin dalam tahap pembuatannya. Tahap awal, bambu dipotong dan dibelah menjadi beberapa bagian. Setelah dipotong, proses penyerutan dilakukan agar mendapatkan ukuran yang diinginkan. Agar menghasilkan ukuan yang diinginkan, Anda bisa menggunakan mesin penyerut bambu saat proses penyerutan dilakukan. Proses selanjutnya adalah perajangan bambu yang dilakukan dengan mesin perajang bambu. Dengan menggunakan mesin perajang bambu, segala proses akan lebih mudah dan cepat. Setelah proses perajangan selesai, proses pemotongan jeruji wajib dilakukan. Mesin pemotongan jeruji akan memuat ukuran menjadi ukuran tusuk gigi pada umumnya.

3. Pemasaran tusuk gigi

Usaha tusuk gigi bisa Anda pasarkan ke masyarakat luas dengan mencari pemasok yang mau menerima produk tusuk gigi Anda. Pemasok akan menjual kembali produk tersebut ke masyarakat luas. Memasarkan tusuk gigi memang mudah karena Anda hanya peru mencari pemasok yang berminat menjual produk tusuk gigi.

Baca juga : Peluang Bisnis Jual Beli Barang Bekas

Jenis-Jenis Mesin Pembuat Tusuk Gigi

Jenis-Jenis Mesin Pembuat Tusuk Gigi
Jenis-Jenis Mesin Pembuat Tusuk Gigi

Berikut adalah jenis-jenis mesin pembuat tusuk gigi, antara lain:

1. Mesin pemotong bambu TGG-01 PTG

Mesin pemotong bambu berfungsi untuk memotong bambu menjadi ukuran yang sesuai untuk digunakan sebagai tusuk gigi. Daya listrik yang dibutuhkan adalah 1500 watt dengan voltase 380 v. Secara fisik, mesin ini memiliki berat 60 kg dengan dimensi 75 x 60 x 130 cm. Apabila Anda ingin membeli mesin pemotong bambu ini, uang yang harus Anda sedikan adalah sebesar Rp 8.300.000.

2. Mesin pembelah bambu ST-02 PBL

Mesin pembelah bambu berfungsi membelah lonjoran bambu menjadi beberapa batangan-batangan. Hasil batangan-batangan tersebut diproses di mesin tusuk gigi selanjutnya. Mesin pembelah bambu tersebut membutuhkan daya listrik 3000 watt dengan voltase 380 v. Mesin yang memiliki berat 530 kg dengan dimensi 300 x 95 x 120 cm, mesin pembelah bambu ST-02 PBL dijual dengan harga p 56.100.000.

3. Mesin penyerut bambu TGG-03 PB

Untuk menyesuaikan ukuran, Anda bisa menggunakan mesin penyerut bambu TGG-03 PB. Fungsi mesin ini adalah menyerut dan membelah batang bambu menjadi ukuan yang cocok atau sesuai dengan tusuk gigi. Mesin penyerut bambu memiliki daya listrik 3700 watt dnegan voltase 380v. Memiliki berat sebesar 260 kg dengan dimensi 118 x 68 x 110 cm, mesin dijual dengan harga Rp 38.500.000.

4. Mesin perajang bambu TGG-04 PR

Fungsi mesin tersebut adalah merajang batang bambu menjadi bentuk jeruji. Daya listrik yang dibutuhkan sebesar 9.100 watt dengan voltase 380 v. Mesin perajang bambu yang memiliki berat sebesar 400 kg denga dimensi 102 x 69 x 105 cm tersebut dijual di pasaran dengan harga Rp 40.150.000

5. Mesin pemotong jeruji TGG-05 PJ

Mesin pemotong jeruji adalah mesin yang berfungsi untuk memotong jeruji menjadi ukuran tertentu. Ukuran ini didapatkan agar bambu mudah diproses di mesin atau tahap selanjutnya. Daya listrik yang dibutuhkan mesin pemotong jeruji sebanyak 750 watt dengan voltase 380 v. Mesin pemotong jeruji bertipe TGG-05 PJ tersebut memiliki berat 75 kg dan dijual dengan harga p 11.550.000. Dimensi 80 x70 x 90 cm menjadikan daya tamping mesin menjadi lebih besar dan banyak dari sebelumnya.

6. Mesin pemotong tusuk gigi TGG-06 PTG

Mesin pemotong tusuk gigi berfungsi memotong jeruji bambu sesuai dengan ukuran tusuk gigi. Mesin pemotong tusuk gigi TGG-06 PTG memiliki daya listrik 2.750 watt dengan voltase 380 v. Mesin yang memiliki harga Rp 30.250.000 memiliki berat 140 kg dengan dimensi 900 x 700 x 950. Sangat besar, bukan?

7. Mesin poles tusuk gigi TGG-07 PLS

Mesin poles tusuk gigi TGG-07 PLS berfungsi memoles tusuk gigi sehingga menjadi lebih halus. Mesin ini memiliki daya listrik 1.500 watt dengan voltase 380 v. Berat 110 kg dengan dimensi 105 x 105 x 120 cm, mesin poles tusuk gigi dijual dengan harga Rp 24.200.000.

8. Mesin sortir tusuk gigi TGG-08 SRT

Mesin sortir tusuk gigi berfungsi menata tusuk gigi agar mudah masuk dan diproses ke mesin selanjutnya. Mesin membutuhkan daya listik 550 watt dengan voltase 380 v. Dijual dengan harga Rp 19.800.000, mesin tersebut memiliki berat 65 kg dengan dimensi 105 x 90 x85 cm.

9. Mesin peruncing tusuk gigi TGG-09 PRC

Mesin peruncing tusuk gigi berfungsi untuk meruncingkan ujung tusuk gigi agar maksimal saat digunakan. Daya listrik yang dibutuhkan adalah 1.650 watt dengan voltase 380 v. Mesin ini memiliki berat 160 kg dengan dimensi 95 x 65 x 105 cm. Anda bisa mendapatkan mesin ini dengan harga Rp 39.600.000.

10. Mesin pengasah TGG-10 PGS

Fungsi mesin pengasah adalah untuk mengasah pisau-pisau mesin-mesin pembuat tusuk gigi di atas. Listrik yang dibutuhkan adalah 550 watt dengan voltase 380 v. Mesin seberat 50 kg berdimensi 45 x 40 x 87 cm ini memiliki harga Rp 6.050.000.

Baca juga : Peluang Bisnis Cucian

Demikian ulasan lengkap mesin pembuat tusuk gigi. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close