Umum

Urutan Pangkat TNI AL, AD, AU dari Tertinggi Hingga Terendah

Di dalam suatu negara yang berdaulat pastinya membutuhkan pasukan atau angkatan perang negara. Hal tersebut berguna untuk menjaga ketertiban dan keamanan negara. Di Indonesia, pasukan atau angkatan perang negara dinamakan Tentara Nasional Indonesia atau disingkat dengan TNI.  

Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan angkatan militer di Indonesia yang terdiri dari tiga angkatan bersenjata diantaranya Angkatan Laut (AL), Angkatan Darat (AD), dan Angkatan Udara (AU). Tentara Nasional Indonesia (TNI) diresmikan pada tanggal 3 Juni 1947 oleh Presiden Soekarno. Tentara Nasional Indonesia (TNI) sempat diubah namanya menjadi ABRI yaitu gabungan dari kepolisian dan TNI, namun nama tersebut dikembalikan menjadi TNI selepas masa reformasi.

Urutan Pangkat TNI AL, AD, AU dari Tertinggi Hingga Terendah

Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki beberapa pasukan elite yang digunakan sebagai pasukan pertahanan negara seperti Kopassus, Kopaska, Denjaka, dan sebagainya. Dalam strukturnya, Tentara Nasional Indonesia (TNI) mempunyai jenjang tertentu dalam kepangkatan. Nah untuk itu, di dalam artikel ini akan diulas mengenai urutan pangkat Tentara Nasional Indonesia (TNI) AU, AL, dan AD terlengkap. Namun sebelum itu, akan diulas terlebih dahulu secara singkat mengenai sejarah kepangkatan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Sejarah Kepangkatan Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Sejarah Kepangkatan Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Jenjang kepangkatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dimulai sejak masih bernama Tentara Keamanan Rakyat. Pada tanggal 5 November 1945, berdasarkan Surat Perintah Kepala Markas Tertinggi TKR (MTTKR) mengeluarkan sebuah maklumat yang mengatur dan menginstrusikan tentang seragam dan tanda-tanda Tentara Keamanan Rakyat.

Pada tahun 1950-an diterbitkan Peraturan Pemerintah yang di dalamnya mengatur tentang pangkat-pangkat militer yang tergabung dalam Angkatan Perang republik Indonesia. sejak adanya Peraturan Pemerintah yang dikeluarkan pada tahun 1973, tanda kepangkatan untuk ketiga angkatan bersenjata seperti TNI-AD, TNI-AU, dan TNI-AL disamakan dengan pangkat dari Polri. Namun sejak tahun 2001, Kempolisisna Republik Indonesia mulai dipisahkan dengan TNI dan membuat tanda kepangkatan sendiri.

Pada tanggal 11 Maret 1990, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah yang salah satunya berisikan tentang penghapusan pangkat Calon Perwira sebagai salah satu pangkat di atas Pembantu Letnan Satu dan pangkat Kopral Kepala dan Prajurit Kepala.  

Pemerintah kembali mengeluarkan Peraturan Pemerintah pada tanggal  29 September 1997 dimana peraturan tersebut merupakan penyempurnaan Peraturan Pemerintah sebelumnya. Pada Peraturan Pemerintah yang baru ini terdapat penambahan pangkat kehormatan untuk perwira tinggi pada masing-masing angkatan yaitu Jenderal Besar untuk Angkatan Darat (AD), Laksamana Besar untuk Angkatan Laut (AL), dan Jenderal Besar untuk Angkatan Darat (AD).

Baca juga : Pangkat Polisi Indonesia

Urutan Pangkat Tentara Nasional Indonesia (TNI) Baik TNI-AU, TNI-AL, dan TNI-AD

Urutan Pangkat Tentara Nasional Indonesia (TNI) Baik TNI-AU, TNI-AL, dan TNI-AD

Dari dulu sampai dengan sekarang, karir menjadi seorang TNI menjadi salah satu idaman bagi kaum pria. Bagi Anda yang ingin mendaftar militer, tentunya Anda harus mengetahi tentang urutan pangkat Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari yang tertinggi sampai paling rendah baik dari TNI-AU, TNI-AL, dan TNI-AD. Berikut akan dipaparkan urutan pangkat Tentara Nasional Indonesia (TNI) AU, AL, dan AD:

1. Pangkat TNI AU (Angkatan Udara)

Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau yang dikenal dengan TNI-AU dipimpin oleh Kepala Staff Angkatan Udara (KASAU). Terdapat Pangkat Kehormatan dalam TNI-AU yaitu berupa pangkat Masekal besar dengan tanda bintang lima. Namun sepanjang sejarah Indonesia belum ada seseorang yang mendapatkan pangkat ini. Berikut ini adalah urutan pangkat TNI AU dari yang tertinggi hingga paling rendah setelah Pangkat kehormatan:

Perwira Tinggi Angkatan Udara

Perwira Tinggi Angkatan Udara

Di dalam tingkatan jenjang Perwira Tinggi  TNI-AU terdapat empat pangkat  meliputi Marsekal atau yang disingkat dengan Mars yang merupakan pangkat tertinggi di TNI AU dengan tanda empat bintang. Kemudian di urutan kedua yaitu pangkat Marsekal Madya atau Marsdya dengan tanda bintang tiga. Selanjutnya diurutan ketiga adalah pangkat Marsekal Muda atau Marsda dengan tanda dua bintang, dan yang terakhir yaitu Marsekal Pertama atau Marsma yang menjadi pangkat paling rendah dijenjang Perwira Tinggi dengan tanda satu bintang.

Perwira Menengah Angkatan Udara

Perwira Menengah Angkatan Udara

Di dalam tingkatan jenjang Perwira Menengah TNI-AU terdapat tiga pangkat  meliputi pangkat tertinggi disebut dengan Kolonel atau Kol dengan tanda tiga bunga melati emas. Kemudian yang berada di urutan kedua yaitu pangkat Letnan Kolonel atau Letkol dengan tanda dua bunga melati emas, dan yang terakhir yaitu pangkat Mayor atau May yang menjadi pangkat paling rendah dijenjang Perwira Menengah dengan tanda satu bunga melati emas.

Perwira Pertama Angkatan Udara

Perwira Pertama Angkatan Udara

Di dalam tingkatan jenjang Perwira Pertama TNI-AU terdapat tiga pangkat  meliputi pangkat tertinggi dinamakan Kapten atau Kapt dengan tanda tiga balok emas. Kemudian yang berada di urutan kedua yaitu pangkat Letnan Satu atau Lettu dengan tanda dua balok emas, dan yang terakhir yaitu pangkat Letnan Dua atau Letda yang menjadi pangkat paling rendah dijenjang Perwira Pertama dengan tanda satu balok emas.

Bintara Tinggi Angkatan Udara

Bintara Tinggi Angkatan Udara

Di dalam tingkatan jenjang Bintara Tinggi TNI-AU terdapat dua pangkat  meliputi pangkat Pembantu Letnan Satu atau Peltu yang menjadi pangkat tertinggi dijenjang  Bintara Tinggi dengan tanda dua balok emas bergelombang dan pangkat Pembantu Letnan Dua atau Pelda yang menjadi pangkat paling rendah dijenjang Bintara Tertinggi dengan tanda balok emas bergelombang.

Bintara Angkatan Udara

Bintara Angkatan Udara

Di dalam tingkatan jenjang Bintara TNI-AU terdapat empat pangkat meliputi pangkat Sersan Mayor atau Serma dengan tanda empat balok kuning menyerupai huruf V yang mana menjadi pangkat tertinggi dijenjang Bintara. Kemudian yang berada di urutan kedua yaitu pangkat Sersan Kepala atau Serka dengan tanda tiga balok kuning menyerupai huruf V. Selanjutnya pangkat Sersan Satu atau Sertu dengan tanda dua balok kuning menyerupai huruf V yang berada diurutan ketiga. Dan yang terakhir yaitu pangkat Sersan Dua atau Serda yang menjadi pangkat paling rendah dijenjang Bintara dengan tanda satu balok kuning menyerupai huruf V.

Tamtama Kepala Angkatan Udara

Tamtama Kepala Angkatan Udara

Di dalam tingkatan jenjang Tamtama Kepala TNI-AU terdapat tiga pangkat meliputi pangkat Kopral Kepala atau Kopka dengan tanda tiga balok merah menyerupai huruf V yang menjadi pangkat tertinggi dijenjang Tamtama Kepala. Kemudian diurutan kedua yaitu pangkat Kopral Satu atau Koptu dengan tanda dua balok merah menyerupai huruf V. Dan yang terakhir yaitu pangkat Kopral Dua atau Kopda yang menjadi pangkat paling rendah dijenjang Tamtama Kepala dengan tanda satu balok merah menyerupai huruf V.

Tamtama Angkatan Udara

Tamtama Angkatan Udara

Di dalam tingkatan jenjang Perwira Pertama (PAMA) TNI-AU terdapat tiga pangkat meliputi pangkat Prajurit Kepala atau Praka dengan tanda tiga balok merah lurus yang menjadi pangkat tertinggi dijenjang Tamtama. Diurutan kedua yaitu pangkat Prajurit Satu atau Pratu dengan tanda dua balok merah lurus, dan yang terakhir yaitu pangkat Prajurit Dua atau Prada yang menjadi pangkat paling rendah dijenjang Tamtama dengan tanda satu balok merah lurus.

2. Pangkat TNI AL (Angkatan Laut)

TNI AL (Angkatan Laut) dipimpin oleh Kepala Staff Angkatan Laut (KASAL) dimana yang  menjadi kekuatan utama dari pasukan laut Indonesia adalah adanya dua armada yaitu Armada Barat yang berada di Tanjung Priok, Jakarta dan armada kedua yang berada di Tanjung Perak, Surabaya. Terdapat Pangkat Kehormatan dalam TNI-AL yaitu berupa pangkat Laksamana Besar dengan tanda bintang lima.

Berikut urutan pangkat dari TNI AL (Angkatan Laut) dari yang paling tinggi hingga paling rendah selain pangkat Kehormatan:

Perwira Tinggi Angkatan Laut

Perwira Tinggi Angkatan Laut

Di dalam tingkatan jenjang Perwira Tinggi Angkatan Laut  TNI-AL terdapat empat pangkat meliputi pangkat Laksamana yang berada di urutan pertama sebagai pangkat tertinggi dengan tanda empat bintang. Diurutan kedua yaitu pangkat Laksamana Madya atau Letnan Jenderal dengan tanda tiga bintang. Diurutan ketiga yaitu pangkat Laksamana Muda Jenderal dengan tanda dua bintang. Dan yang menjadi terakhir yaitu pangkat Laksamana Pertama Jenderal yang merupakan pangkat paling rendah dijenjang Perwira Tinggi dengan tanda satu bintang.

Perwira Menengah Angkatan Laut

Perwira Menengah Angkatan Laut

Di dalam tingkatan jenjang Perwira Menengah TNI-AL terdapat tiga pangkat meliputi pangkat Kolonel yang menjadi pangkat tertinggi dalam jenjang Perwira Menengah dengan tanda tiga bunga melati emas. Diurutan kedua yaitu pangkat Letnan Kolonel dengan tanda dua bunga melati emas. Dan yang terakhir yang menjadi pangkat paling rendah dijenjang Perwira Menengah adalah pangkat Mayor dengan tanda satu bunga melati emas

Perwira Pertama Angkatan Laut

Perwira Pertama Angkatan Laut

Di dalam tingkatan jenjang Perwira Pertama TNI-AL terdapat tiga pangkat meliputi pangkat Kapten yang menjadi pangkat tertinggi di jenjang Perwira Pertama dengan tanda tiga balok emas. Diurutan kedua terdapat pangkat Letnan Satu dengan tanda dua balok emas. Dan yang menjadi pangkat paling rendah dijenjang Perwira Pertama yaitu pangkat Letnan Dua dengan tanda satu balok emas.

Bintara Tinggi Angkatan Laut

Bintara Tinggi Angkatan Laut

Di dalam tingkatan jenjang Bintara Tinggi TNI-AL terdapat dua pangkat meliputi pangkat Pembantu Letnan Satu yang menjadi pangkat tertinggi dalam jenjang Bintara Tinggi dengan tanda dua balok emas bergelombang. Sedangkan untuk pangkat paling rendah dijenjang Bintara Tinggi yaitu pangkat Pembantu Letnan Satu dengan tanda satu balok emas bergelombang.

Bintara Angkatan Laut

Bintara Angkatan Laut

Di dalam tingkatan jenjang Bintara TNI-AL terdapat empat pangkat meliputi pangkat Sersan Mayor yang menjadi pangkat tertinggi dalam jenjang Bintara dengan tanda empat balok kuning menyerupai huruf V. Diurutan kedua terdapat pangkat Sersan Kepala dengan tanda tiga balok kuning menyerupai huruf V. Diurutan ketiga terdapat pangkat Sersan Satu dengan tanda dua baok kuning menyerupai huruf V. Dan yang menajdi pangkat paling rendah dijenjang Bintara yaitu pangkat Sersan dua dengan tanda satu balok kuning menyerupai huruf V.

Tamtama Kepala Angkatan Laut

Tamtama Kepala Angkatan Laut

Di dalam tingkatan jenjang Tamtama Kepala TNI-AL terdapat tiga pangkat meliputi pangkat Kopral Kepala yang menjadi pangkat tertinggi dalam jenjang Tamtama Kepala dengan tanda tiga balok merah menyerupai huruf V. Diurutan kedua terdapat pangkat Kopral Satu dengan tanda dua balok merah menyerupai huruf V. Dan yang menjadi pangkat paling rendah dijenjang Tamtama Kepala yaitu pangkat Kopral Dua dengan tanda satu balok merah menyerupai huruf V.

Tamtama Angkatan Laut

Tamtama Angkatan Laut

Di dalam tingkatan jenjang Tamtama TNI-AL terdapat tiga pangkat meliputi pangkat Prajurit Kepala yang menjadi pangkat tertinggi dalam jenjang Tamtama dengan tanda tiga balok merah lurus. Diurutan kedua terdapat pangkat Prajurit Satu dengan tanda dua balok merah lurus. Dan pangkat yang berada diurutan paling rendah dijenjang Tamtama yaitu pangkat Prajurit Dua dengan tanda satu balok merah lurus.

3. Pangkat TNI AD (Angkatan Darat)

TNI AD (Angkatan Darat) dipimpin oleh Kepala Staff Angkasa Darat (KASAD) dimana TNI AD memiliki dua komando utama untuk pertempuran yaitu Kopassus dan Kostrad. TNI AD memiliki anggota terbanyak dibandingkan dengan TNI AU dan TNI AL. Terdapat Pangkat Kehormatan dalam TNI-AD yaitu berupa pangkat Jenderal Besar dengan tanda bintang lima. Berikut ini adalah urutan pangkat TNI AD dari yang tertinggi hingga paling rendah setelah Pangkat kehormatan:

Perwira Tinggi Angkatan Darat

Perwira Tinggi Angkatan Darat

Di dalam tingkatan jenjang Perwira Tinggi TNI-AD terdapat empat pangkat  meliputi pangkat Jenderal  atau Jend yang menjadi pangkat tertinggi dijenjang perwira Tinggi dengan tanda empat bintang. Diurutan kedua terdapat pangkat Letnan Jenderal atau Letjen dengan tanda tiga bintang. Diurutan ketiga terdapat pangkat Mayor Jenderal atau Mayjen dengan tanda dua bintang. Dan yang menjadi pangkat paling rendah dijenjang Perwira Tinggi yaitu pangkat Brigadir Jenderal atau Brigjen dengan tanda satu bintang.

Perwira Menengah Angkatan Darat

Perwira Menengah Angkatan Darat

Di dalam tingkatan jenjang Perwira Menengah TNI-AD terdapat tiga pangkat  meliputi pangkat Kolonel atau Kol yang menjadi pangkat tertinggi dengan tanda tiga bunga melati emas. Diurutan kedua terdapat pangkat Letnal Kolonel atau Letkol dengan tanda dua bunga melati emas. Dan pangkat Mayor atau May menjadi pangkat paling rendah dengan tanda satu bunga melati emas.

Perwira Pertama Angkatan Darat

Perwira Pertama Angkatan Darat

Di dalam tingkatan jenjang Perwira Pertama TNI-AD terdapat tiga pangkat  meliputi pangkat Kapten atau Kapt yang menjadi pangkat tertinggi dengan tanda tiga balok emas. Diurutan kedua terdapat pangkat Letnan Satu atau Lettu dengan tanda dua balok emas. Dan pangkat paling rendah dalam jenjang Perwira Pertama yaitu pangkat Letnan Dua atau Letda dengan tanda satu balok emas.

Bintara Tinggi Angkatan Darat

Bintara Tinggi Angkatan Darat

Di dalam tingkatan jenjang Bintara Tinggi TNI-AD terdapat dua pangkat  meliputi pangkat tertinggi dinamakan pangkay Pembantu Letnan Satu atau Peltu dengan tanda dua balok emas bergelombang. Sedangkan pangkat kedua yaitu pangkat Pembantu Letnan Dua atau Letda dengan tanda satu balok emas bergelombang.

Bintara Angkatan Darat

Bintara Angkatan Darat

Di dalam tingkatan jenjang Bintara TNI-AD terdapat empat pangkat  meliputi pangkat tertinggi dinamakan pangkat Sersan Mayor dengan tanda empat balok kuning menyerupai huruf V. Diurutan kedua terdapat pangkat Sersan Kepala dengan tanda tiga balok kuning menyerupai huruf V. Diurutan ketiga terdapat pangkat Sersan Satu dengan tanda dua balok kuning menyerupai huruf V. Dan pangkat paling rendah di jenjang Bintara yaitu pangkat Sersan Dua dengan tanda satu balok kuning menyerupai huruf V.

Tamtama Kepala Angkatan Darat

Tamtama Kepala Angkatan Darat

Di dalam tingkatan jenjang Tamtama Kepala TNI-AD terdapat tiga pangkat  meliputi pangkat tertinggi  dinamakan pangkat Kopral Kepala dengan tanda tiga balok merah menyerupai huruf V. Diurutan kedua terdapat pangkat Kopral Satu dengan tanda dua balok merah menyerupai huruf V. Dan pangkat paling rendah dalam jenjang Tamtama Kepala dinamakan pangkat Kopral Dua dengan tanda satu balok merah menyerupai huruf V.

Tamtama Angkatan Darat

Tamtama Angkatan Darat

Di dalam tingkatan jenjang Tamtama TNI-AD terdapat tiga pangkat  meliputi pangkat tertinggi dinamakan pangkat Prajurit Kepala dengan tanda tiga balok merah lurus. Diurutan kedua terdapat pangkat Prajurit Satu dengan tanda dua balok merah lurus. Dan pangkat paling rendah dijenjang Tamtama adalah pangkat Prajurit Dua dengan tanda satu balok merah lurus.

Baca juga : Pangkat dan Golongan PNS

Nah itulah urutan pangkat Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari yang tertinggi hingga paling rendah, baik dari TNI Angkatan Udara (AU), TNI Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Darat (AD). Apabila Anda ingin menjadi seorang TNI, sebaiknya pelajari dan hafallah terlebih dahulu mengenai urutan kepangkatan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close