OlahragaUmum

Ukuran Standar Lapangan Futsal Nasional & Internasional

Tahukau.com – Ukuran Standar Lapangan Futsal Nasional & Internasional – Kamu pasti sering bermain sepak bola dengan ukuran lapangan lebih kecil dan dimainkan oleh 10 pemain, masing-masing tim terdiri 5 pemain. Permainan tersebut dikenal dengan futsal.

Futsal merupakan olahraga yang memainkan bola dengan kaki layaknya sepak bola, namun tentu punya perbedaan. Salah satunya adalah ragam posisi main, karena posisi pemain dalam futsal berbeda dengan sepak bola yang lebih terkenal.

permainan futsal lebih kepada olahraga rekreasi mengisi waktu luang dan karena minimnya sarana lapangan sepak bola yang memadai. Namun kini, tak sedikit yang menjadikan futsal sebagai wadah meraih prestasi.

Sekilas Tentang Futsal

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Futsal pun menjadi salah satu diantara aktifitas berolahraga itu yang menyerupai pertandingan sepak bola. Bahkan ada pula yang menyebut dengan nama mini soccer. Akan tetapi pada olahraga ini mempunyai ketentuan yang berbeda dari Ukuran Lapangan Futsal dan beberapa lainnya.

Ukuran Standar Lapangan Futsal Nasional & Internasional

Ukuran Lapangan Futsal

Ukuran lapangan futsal memiliki standar internasional yang telah ditetapkan oleh International Federation de Football Association (FIFA) dan standar nasional. Induk olahraga futsal sama dengan induk olahraga sepak bola.

Jika dalam permainan sepak bola, baik ukuran lapangan sepak bola standar nasional dengan internasional memiliki ukuran yang sama. Tetapi ukuran lapangan futsal tidak demikian. Antara standar nasional dan standar internasional memiliki perbedaan.

Ukuran Lapangan Futsal Internasional

  • Panjang lapangan futsal standar internasional adalah 38 meter – 42 meter.
  • Lebar lapangan futsal standar internasional adalah 18 meter – 25 meter.

Ukuran Lapangan Futsal Nasional

  • Panjang lapangan futsal standar nasional adalah 25 meter – 42 meter.
  • Lebar lapangan futsal standar nasional adalah 15 meter – 25 meter.

Garis Tanda

Ukuran Lapangan Futsal

Di dalam lapangan futsal, ada beberapa garis yang menjadi artibut sekaligus penanda. Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan gambar di bawah ini:

  1. Lapangan futsal memiliki garis tengah yang membagi lapangan menjadi dua bagian sama besar.
  2. Terdapat dua garis pembatas lapangan, yaitu garis yang lebih panjang disebut garis samping atau touch line dan garis yang lebih pendek disebut garis gawang atau goal line.
  3. Lebar garis pembatas lapangan futsal adalah 8 centimeter, dengan garis sentuh dibagian samping, garis gawang di ujung-ujung yang berhadapan, dan garis melintang yang berada ditengah lapangan.
  4. Terdapat titik tengah yang berada tepat ditengah-tengah lapangan. Garis melingkar yang terdapat ditengah lapangan dibuat dengan berpusat pada titik tengah lapangan, dengan jari-jari lingran 3 meter.

Daerah Pinalti

Untuk daerah didepan gawang yang ditandai dengan garis setengah lingkaran disebut dengan daerah pinalti. Penentuan dari area pinalti adalah :

  • Dibuat dengan 2 garis seperampat lingkaran berjari-jari 6 meter di dalam lapangan dengan titik pusat di setiap tiang gawang.
  • Satu ujung tiap garis seperempat lingkaran menempel pada garis gawang. Dan satu ujung lainnya tepat berada di depan setiap tiang gawang. Kedua ujng yang berada didepan kedua tiang gawang dihubungkan dengan garis lurus sepanjang 3,16 meter  dan sejajar dengan garis gawang, Mengapa harus 3,16m ? karena 3,16 meter ini didapat dari jumlah lebar gawang dan diameter ketebalan dua buah tiang gawang tersebut yang masing-masing diamternya 8 cm.

Ukuran Gawang Futsal

Di dalam lapangan futsal ada dua gawang yang akan dilindungi masing-masing tim. Tujuanya mencegah gawangnya kemasukan bola dan memasukkan bola ke gawang lawan. Nah gawang ini memiliki ketentuan ukuran:

  • Gawang terdapat dibagian tengah masing-masing garis gawang.
  • Lebar gawang futsal adalah 3 meter, diukur dari dalam tiang.
  • Tinggi gawang futsal adalah 2 meter, diukur dari bagian dalam tiang palang atas gawang sampai lantai.
  • Dalam permainan futsal, penampang tiang yang diperbolehkan adalah berbentuk kotak dan bundar. Akan tetapi, lebih disarankan menggunakan penampang bundar karena lebih aman dan ketika terjadi benturan tiang bundar lebih menghasilkan arah yang akurat.
  • Jaring pada gawang futsal umumnya terbuat dari bahan rami, goni, atau nilon.
  • Bagian dalam gawang memiliki ukuran 80 sentimeter dibagian atas dan bagian bawah 100 sentimeter.

Jenis Lapangan Futsal

Lapangan Futsal

Lapangan futsal memiliki jenis lantai yang bermacam-macam, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  • Vinyl
    Jenis lantai yang memiliki tiga lapisan berupa compact layer, lapisan glass fiber dan lapisan printing layer. Untuk ketebalannya bervariasi mulai dengan tebal 5, 6 dan 8 mm, tipe lantai ini sangat bagus sebab lebih aman bagi pemain ketika terjatuh tak mengakibatkan luka sebab permukaannya halus dan empuk.
  • Rumput Sintetis
    Lantai lapangan futsal yang dibuat dari serat sintetis kemudian dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai rumput alami.
  • Polypropylene
    Lantai lapangan futsal yang bahannya terbuat dari polimer termo-plastik. Bentuk lantainya seperti keramik tapi bahannya tak keras dan juga bisa dipindah.

Ukuran Bola

  1. Ukuran: 4
  2. Keliling: 62–64 cm
  3. Berat: 0,4 – 0,44 kg
  4. Lambungan: 55–65 cm pada pantulan pertama
  5. Bahan: kulit atau bahan yang cocok lainnya (yaitu bahan tak berbahaya)

Jumlah Pemain (Per Team)

  1. Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 5, salah satunya penjaga gawang
  2. Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan: 2 (tidak termasuk cedera)
  3. Jumlah pemain cadangan maksimal: 7
  4. Jumlah wasit: 2
  5. Jumlah hakim garis: 0
  6. Batas jumlah pergantian pemain: tak terbatas
  7. Metode pergantian: “pergantian melayang” (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit)
  8. Dan wasit pun tidak boleh menginjak arena lapangan, hanya boleh di luar garis lapangan saja, terkecuali jika ada pelanggaran-pelanggaran yang harus memasuki lapangan

Lama Permainan

  1. Lama normal: 2×20 menit
  2. Lama istirahat: 10 menit
  3. Lama perpanjangan waktu: 2×5 menit (bila hasil masih imbang setelah 2×20 menit waktu normal)
  4. Ada adu penalti (maksimal 5 gol) jika jumlah gol kedua tim seri saat perpanjangan waktu selesai
  5. Time-out: 1 per tim per babak; tak ada dalam waktu tambahan
  6. Waktu pergantian babak: maksimal 10 menit

Sejarah Futsal

Futsal dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil. Ketrampilan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. Pele, bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal.

Sementara Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, permainan ini sekarang dimainkan di bawah perlindungan Fédération Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania.

Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun 1965, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979, dan semua gelaran juara disapu habis Brasil. Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya tahun pd 1984.

Kejuaraan Dunia Futsal pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brasil, tahun 1982, berakhir dengan Brasil di posisi pertama. Brasil mengulangi kemenangannya di Kejuaraan Dunia kedua tahun 1985 di Spanyol, tetapi menderita kekalahan dari Paraguay dalam Kejuaraan Dunia ketiga tahun 1988 di Australia.

Pertandingan futsal internasional pertama diadakan di AS pada Desember 1985, di Universitas Negeri Sonoma di Rohnert Park, California.

Baca Juga :
1. 6 Olahraga Permainan Bola Kecil Yang Paling Banyak Digemari
2. 6 Olahraga Permainan Bola Besar Yang Paling Banyak Diminati
3. 9 Rekomendasi Merk Pomade Terbaik Yang Bagus Untuk Rambut
4. Daftar Harga Terbaru Dan Promo Burger King Februari 2021

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat Mimin bagikan kali ini mengenai Ukuran Standar Lapangan Futsal Nasional & Internasional, Mudah – mudahan Informasi diatas dapat bermanfaat buat kalian terkhususnya bagi yang belum tahu Ukuran Lapangan Futsal beserta sejarahnya. Terimakasih telah berkunjung dan terus ikuti Tahukau.com untuk mendapatkan informasi terbaru yang akan Mimin bagikan setia harinya.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close