Umum

Tulisan Arab Bismillah yang Benar Beserta Gambar Kaligrafi

Saat ini merupakan zaman berkembangnya media sosial dimana tulisan menjadi media utama. Kadang orang-orang menginginkan tulisannya bervariasi ketika menulis status maupun mengirim pesan melalui media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Messenger, Twitter, BBM, Line, maupun Instagram sebagai contoh menambahkan tulisan Arab. Salah satu tulisan Arab yang biasanya digunakan untuk menulis pesan atau status yaitu kalimat bismillah. Bismillah disebut dengan ucapan basmallah yang mana sering kita ucapkan sehari-hari. Sebelum memulai sesuatu, kita sebagai umat Islam diwajibkan untuk mengucapkan basmallah. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tulisan Arab bismillah, mulai dari pengertian bismillah, pentignya mmbaca bismillah, keutamaan bismillah, dan contoh kaligrafi bismillah. Simak baik-baik ya!

Pengertian Tulisan Arab Bismillah

Pengertian Tulisan Arab Bismillah

Tulisan arab bismillah sering kita ketemui diberbagai tempat khususnya dalam Al-qur’an karena bismillah sendiri merupakan pembuka dari surat yang ada dalam Al-qur’an kecuali surah At-taubah. Tulisan Arab bismillah sering diucapkan ketika hendak melakukan sesuatu seperti ibadah, pekerjaan, makan, shalat, dan aktivitas-aktivitas lain. Bismillah berasal dari bahasa Arab yang memiliki pengertian “Dengan menyebut nama Allah”. Tulisan bismillah dikenal dengan sebutan basmallah. Basmallah merupakan suatu do’a yang menyebut “Bismillahirrahmanirrahim” untuk memulai sesuatu yang baik yang sangat dianjurkan untuk diucapkan bagi umat Islam. Apabila seseorang melafadzkan bismillah, dapat dikatakan bahwa dimanapun dan kapanpun dia selalu mengingat Allah sebagai Tuhannya. Dia juga menyadari bahwa hakikat kehambaan merupakan salah satu tanda-tanda Allah SWT.

Tulisan Arab bismillah merupaka salah satu sepenggal dari ayat surah An-Naml dan ayat pertama dari surah Al fatihah. Berikut ini tulisan Arab bismillah yang biasa kita ketahui dan kita sebagai ucapan basmallah :

“Bismillahirrahmanirrahim”

Jar majrur (bi ismi) yang terdapat di awal ayat berkaitan dengan suatu kata kerja yang tersembunyi, sesuai dengan aktifitas yang dilakukan. Misalnya ketika kamu membaca basmallah ketikan hendak bekerja, maka makna dalam kalimatnya adalah “dengan menyebut nama Allah aku bekerja. Ada dua fungsi kenapa kata kerja tersembunyi diletakkan di belakang :

  • Retriksi maksud yang berfungsi sebagai batasan makna ketika ‘amil diletakkan di belakang.
  • Tabarruk yang berarti mengharapkan berkah dengan mendahulukan kalimat azza wa jalla.

Di dalam kitab suci agama Islam yaitu Al-qur’an terdapat 114 tulisan arab bismillah, diantaranya 113 sebagai awalan setiap surah, kecuali surah At-taubah. Pengecualian bagi surah An-naml. Di dalam surah An-naml terdapan dua kata bismillah atau basmallah yaitu pertama, di awal surah, kemudian yang kedua terdapat pada ayat ke 30 ketika Allah SWT berfirman saat surah dari Nabi Sulaiman yang dikirimkan kepada Ratu Balqis.

Makna Tulisan Arab Bismillah

Dalam tulisan Arab bismillah ini mengandung tiga nama Asmaul Husna, yaitu Allah, Ar-rahman, dan Ar-Rahim. Dan juga tulisan arab bismillah ini mengandung dua makna yang penjelasannya sebagai berikut:

 Sebuah Kalimat “Izin”

Tulisan Arab bismillah ini dapat dikatakan sebuah permintaan izin dari setiap manusia. Tulisan ini juga mengingatkan bahwa manusia di dunia ini hanya sementara atau menumpang karena semua yang ada di dunia ini adalah miliki Allah dan Allah dengan baiknya memberikan kenikmatan bagi setiap hambaNya.

Sebuah Kalimat “Pengakuan Otoritas”

Selain seuah kalimat “izin”, tulisan Arab bismillah dapat juga dikatakan sebagai sebuah pengakuan otoritas bagi setiap manusia yang harusnya sadar bahwa di dunia ini yang mempunyai wewenang serta kekuasaan hanya allah SWT. Kita sebagai manusia hanya sebatas khalifah.

Seberapa Penting Sih Tulisan Arab Bismillah itu?

Kata bismillah memiliki makna yang sangat penting jika kita menafsirkannya secara mendalam dan butuh proses yang lama ketika kita mengkajinya secara mendalam. Tulisan arab bismillan merupakan hasil dari ke-esaan di bidang keanekaragaman yang menggambarkan prinsip ke-esaan Allah SWT, keberuntungan semua keanekaragaman yang ada di dunia ini, serta apa yang ada dalam dunia ini hanya sementara.

Perlu kalian ketahui bahwa tulisan Arab bismillah ini diturunkan oleh Allah sebagai kalimat suci melalui Al-qur’an yang dapat dimengerti dan dipahami oleh akal sehat manusia. Tulisan arab bismillah memiliki realitas dasar akan perbuatan yang dijadikan sebuah tangga untuk menuju ke Yang Ghaib.

Beberapa Keutamaan Ketika Membaca Tulisan Arab Bismillah

Beberapa Keutamaan Ketika Membaca Tulisan Arab Bismillah

Sudah dijelaskan di atas bahwa umat Islam diwajibkan untuk mengucapkan bismillah dengan niat dan ikhlas ketika akan memulai sesuatu karena dengan mengucapkan kalimat tersebut segala sesuatu yang kita lakukan dinilai sebagai ibadah. Tulisan Arab Bismillah memiliki banyak keutamaan dalam kehidupan manusia yang harus kita ketahui. Berikut ini beberapa keutamaan bismillah, sebagai berikut:

1. Sebagai Awal Pembuka Surah Dalam Al-qur’an

Al-qur’an sebagai kitab suci umat Islam diberi kemuliaan oleh Allah SWT. Allah SWT membuka kitab suci Al-qur’an dengan bacaan bismillah yang terdapat pada halaman pertama surah Al fatihah. Selain surah Al fatihah, surah-surah lainnya yang ada di dalam Al-qur’an juga diawali dengan bacaan bismillah. Akan tetapi ada satu surah yang tidak di awali dengan bacaan bismillah yaitu surah At-taubah.

2. Membuka Pintu Rezeki

Membaca bismillah dapat membuka rezeki dalam kehidupan kita. Selain itu, bismillah juga dapat mengantarkan manusia menuju kemuliaan, baik di dunia maupun di akhirat.

3. Syarat Sah nya Wudhu

Rasulullah bersabda:

“Wudhu seseorang tidak sah apabila tidak menyebut nama allah Ta’ala” HR. Ahmad, Abu Daud)

Berdasarkan hadist tersebut, maka sebaiknya ketika kalian akan berwudhu sebaiknya awali dengan bismillah yang diikuti dengan niat karena Alla Ta’ala agar wudhu kalian menjadi sah.

4. Sebelum Melakukan Jima, Ucapkan Bismillah

Sebelum melakukan aktivitas-aktivitas, hendaklah mengucapkan bismillah terlebih dahulu. Misalnya ketika akan melakuka jima’ agar dapat terhindar dari gangguan setan.

5. Menghindarkan Rumah Anda dari Setan

Ketika masuk ataupun keluar dari rumah, jangan lupa untuk mengucapkan bismillah untuk menjauhkan rumah Anda dari gangguan setan. Rumah yang tidak pernah dibacakan bismillah, bisa saja rumah tersebut menjadi tempat tinggal para setan. Setan akan senang tinggal dirumah yang tidak pernah dibacakan bismillah.

6. Mendapatkan Berkah

Yang dimaksud dengan berkah disini berupa kebaikan dan ketenangan hati. Keberkahan dalam hidup adalah sesuatu yang kita cari. Ketika kita menginginkan apapaun yang kita lakukan mendapatkan keberkahan, jangan lupa untuk mengucapkan bismillah ketika mengawalinya.

7. Membaca Bismillah Ketika Memulai Suatu Aktivitas Sangat Disunnahkan

Ketika memulai suatu aktivitas seperti bekerja atau melakukan sesuatu disunnahkan untuk membaca bismillah terlebih dahulu. Selain itu, sebelum melakukan khutbah bahkan sebelum masuk kamar mandi, hendaknya mengucapkan bismilah terlebih dahulu.

8. Menghalangi Pandangan Jin dari Aurat Manusia

Kita tahu bahwa kita tidak bisa melihat jin, akan tetapi jin dapat melihat kita termasuk saat kita tidak berpakaian. Nah, semua itu dapat diatasi. Kita dapat menghalangi pandangan jin dari aurat kita dengan cara mngucapkan bismillah. Sebelum berpakaian, hendaklah untuk mengucapkan bismillah ketika akan masuk ke dalam kamar ganti.

9. Syarat Bagi Halalnya Hewan yang Disembelih

Keberkahan yang didapatkan dari mengucapkan bismillah yaitu halalnya hewan sembelihan. Ketika kita akan menyembelih seekor hewan, jangan lupa untuk mengucapkan bismillah terlebih dahulu. Apabila kita tidak membaca bismillah, baik itu disengaja maupun tidak, maka hewan tersebut tidak boleh dimakan karena penyembelihannya tidak sah.

10. Melindungi dari Godaan Setan Ketika Sedang Makan

Sebelum kita mengucapkan do’a makan, hendaknya terlebih dahulu ucapkan bismillah agar saat kita makan ataupun minum kita terbebas dari gangguan setan atau jin.

11. Mencerdaskan Akal Pikiran

Apabila kita ingin memiliki pemikiran yang cerdas, kritis, logis, dan cemerlang, maka sebelum mengerjakan soal, ujian, ataupun ketika akan menghafal sebuah materi, ucapkan bismillah terlebih dahulu. InsyaAllah akan dimudahkan oleh Allah SWT.

Beberapa Gambar Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Beberapa Gambar Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah
Beberapa Gambar Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah
Beberapa Gambar Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah
Beberapa Gambar Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Baca juga : Kumpulan Gambar Poster

Demikian penjelasan mengenai tulisan Arab bismillah hingga beberapa contoh kaligrafi bismillah. Semoga bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa untuk selalu mengucapkan bismillah ketika akan melakuak suatu aktivitas sehari-hari.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close