Wisata

11 Tips Travelling Hemat Tanpa Banyak Biaya

Tahukau.comTips Travelling Hemat – Travelling menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh banyak orang saat ini. Bahkan sudah menjadi hobi untuk mereka. Seperti aktivitas lainnya tentunya Travelling juga membutuhkan dana dimana besaran dana tergantung dari banyak hal yang dibutuhkan saat Travelling sehingga dapat dikatakan jika Travelling identik dengan hobi yang mahal. Padahal sebenarnya hal itu tidak semuanya benar.

11 Tips Travelling Hemat Tanpa Banyak Biaya

Travelling tidak harus mahal. Saat ini, semua orang dapat berlibur tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Oleh karena itu, Anda tentunya harus berpikir cerdas untuk merencanakan bagaimana caranya agar bisa melakukan Travelling meskipun dengan budget yang minim. Nah berikut ini akan diulas mengenai 11 tips Travelling hemat tanpa banyak biaya. Maka dari itu, simak baik-baik ya!

Tips Travelling Hemat

Tips Travelling Hemat

1. Buatlah Rencana yang Matang

Seperti halnya aktivitas lainnya, Travelling juga memerlukan rencana yang disusun dengan matang, bahkan lebih baiknya lagi rencana itu disusun jauh-jauh hari. Mengatur segala sesuatu sejak awal itu lebih baik daripada mengaturnya di waktu yang mepet. Hal itu supaya dapat memberikan traveller ruang yang cukup untuk menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan termasuk dana untuk Travelling.

Selain itu, sebelum Anda Travelling,  harus menyesuaikan jadwal Anda dengan orang lain yang akan ikut Anda travelling misalnya keluarga, teman, atau yang lainnya. Hindari untuk melakukan Travelling mendadak terutama jika akan melakukan Travelling perjalanan jauh dan lama. Selain membutuhkan biaya mahal, travelling mendadak memiliki risiko yang lumayan termasuk membuat liburan Anda tidak akan menyenangkan. Perlu diingat! Pastikan untuk merencanakan travelling dengan baik karena hal itu juga dapat membuat Anda mudah dalam mengatur pengeluaran selama travelling.

Baca juga : Tips Budgeting Travelling

2. Pilih Destinasi Liburan yang Sesuai Budget

Ketikan Anda akan melakukan travelling, Anda harus bisa memilih destinasi mana yang akan Anda kunjungi. Perlu diingat! Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Untuk itu, luangkan waktu Anda untuk melakukan riset awal lokasi yang akan dikunjungi yang dapat dilakukan secara online seperti mencari referensi tentang berbagai macam tempat wisata, penginapan, dan lainnya. Sebelum memilih, lakukan perbandingan terlebih dahulu antara tempat yang satu dengan yang lainnya dan juga untuk setiap biaya yang dikeluarkan. Penting untuk dilakukan agar kenyamanan selama travelling dapat terjamin terutama jika Anda mengajak anggota keluarga unutk travelling bersama.

3. Travelling di Luar Musim Liburan

Travelling di musim liburan mungkin menjadi pilihan banyak orang. Namun, bagi yang ingin travelling hemat, maka pilihlah waktu travelling di luar musim liburan karena itu merupakan pilihan yang tepat. Pada umumnya, travelling di luar musim liburan akan membuat harga penginapan, tiket pesawat,  tiket kereta, tiket bus, atau tiket kapal laut lebih murah dari pada musim liburan. Tentunya hal tersebut dapat menghemt budget Anda. Selain itu, di luar musim liburan, tempat-tempat wisata akan lebih sepi sehingga Anda dapat leluasa mengeksplorasi setiap destinasi yang ada.

Baca juga : Manfaat Travelling

4. Siapkan Dana Cadangan

Dalam setiap pergi travelling, jangan lupa untuk menyiapkan dana cadangan. Siapkan dana cadangan di luar budget perjalanan yang telah disusun. Hal itu digunakan untuk berjaga-jaga sebab kita juga tidak mengetahui apa yang akan terjadi hari esok. Dan  jangan sampai lupa juga untuk menyiapkan cadangan dana lain untuk kebutuhan sehari-sehari setelah pulang dari travelling. Ketika Anda kembali dari liburan, jangan sampai Anda mengalami masalah keuangan karena tidak memiliki cadangan dana sejak awal.

5. Beli Tiket dari Jauh Hari dan Carilah Tiket Dengan Harga Murah

Jika sudah menentukan jadwal travelling, maka segeralah membeli tiket perjalanan. Membeli tiket jauh-jauh hari dapat menghindarkan Anda dari habisnya tiket perjalanan dan mungkin juga Anda akan mendapatkan tiket dengan harga yang cukup murah. Pastika sejak awal sudah menentukan transportasi apa yang hendak dipakai. Sebelum membeli, carilah info terlebih dahulu harga tiket yang sesuai dengan tujuan Anda dan bandingkan.. Jika ada promo, manfaatkan promo tersebut agar dapat membeli tiket dengan harga yang jauh lebih murah. Anda dapat membeli tiket secara online maupun offline.

Baca juga : Wisata Belanja Terpopuler di Bali

6. Pilih Penginapan yang Sesuai Budget dan Tentunya Nyaman

Ketika Anda akan melakukan travelling, pastikan Anda telah memiliki jenis penginapan mana yang akan digunakan. Carilah penginapan yang tepat dan nyaman , tentunya dengan harga yang sesuai budget. Sebelum itu, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu yang dapat dilakukan melalui internet atau bertanya kepada teman atau saudara tentang penginapan murah yang dekat dengan destinasi yang dituju.  Jika ingin berhemat, Anda bisa memilih homestay untuk penginapan dimana di tempat tersebut Anda dapat memasak sendiri selama menginap. Untuk mendapatkan penginapan dengan harga terbaik, sebaiknya lakukan pemesanan penginapan sejak jauh-jauh hari setelah ditentukannya tanggal liburan.

7. Susunlah Daftar Barang Bawaan

Sebelum packing barang, buatlah daftar barang apa saja yang akan dibawa. Catat di buku atau notes di handphone agar tidak mudah hilang dan lupa. Anda dapat mencari tahu barang apa saja yang harus dibawa ketika travelling melalui internet atau juga Anda dapat bertanya dengan teman atau saudara yang sudah pernah pergi ke destinasi tujuan yang sama. Mintalah saran apa saja yang perlu dan tidak perlu di bawa.

8. Tentukan Jadwal Packing

Jika tanggal liburan sudah ditentukan, segera tentukan waktu untuk packing barang yang akan dibawa. Jangan melakukan packing terlalu mepet dengan tanggal keberangkatan. Packing barang bawaan dengan benar memang membutuhkan cukup waktu. Packing barang sejak awal tentunya akan lebih santai dan menghindarkan dari tak adanya barang penting yang terlewat.

Baca juga : Wisata Terbaik di Indonesia

9. Bawalah Mie Instan dan Makanan Ringan

Liburan memang adalah waktu yang cocok untuk berwisata kuliner. Akan tetapi bukan berarti kamu harus selalu membeli atau makan di tempat liburan tersebut. Untuk menghemat budget, Anda dapat membawa mie instan, makanan ringan dan minuman yang digunakan sebagai cemilan ketika liburan. Selain itu, Anda juga dapat membawa bekal dari rumah agar Anda tidak perlu makan di restoran atau warung ketika liburan.

10. Gunakan Transportasi Umum

Ketika sampai ke destinasi tujuan, mengunjungi tempat-tempat wisata dengan menggunakan taxi mungkin lebih nyaman. Akan tetapi, jika Anda menggunakan taxi tentunya Anda harus mengeluarkan dana yang banyak. Solusinya adalah gunakan transportasi umum yang pastinya lebih murah dari taxi. Ada banyak transportasi umum yang dapat digunakan seperti bus, angkutan umum atau becak sekalipun. Tapi sebelum itu, carilah informasi terlebih dahulu mengenai transportasi apa saja yang ada di sekitar tempat penginapan Anda. Cermati juga jam-jam operasional transportasi ini. hal itu dilakukan karena mengingat di beberapa daerah ada beberapa transportasi yang hanya beroperasi di jam-jam tertentu.

Baca juga : Wisata Candi Terpopuler

11. Belanjalah Oleh-oleh yang Sesuai Dengan Budget

Belanja oleh-oleh merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh orang-orang ketika liburan dan pastinya akan menghabiskan biaya jika tidak terkontrol dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut, luangkan waktu Anda untuk membuat daftar apa saja oleh-oleh yang akan di beli dan tentunya harus sesuai dengan budget yang telah disusun. Pilihlah tempat belanja oleh-oleh yang menawarkan harga murah. Belilah oleh-oleh yang sesuai dengan catatan yang telah disusun sebelumnya. Dengan begitu, liburan Anda akan tetap berkesan dan tentunya hemat kantong.

Nah itulah ulasan mengenai 11 tips Travelling hemat tanpa banyak biaya. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda yang ingin pergi Travelling.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close