Umum

Tips Mengajarkan Anak Mewarnai Gambar | Contoh Gambar

Mewarnai gambar merupakan sebuah aktivitas yang menarik dan banyak disukai oleh anak-anak. Dengan mewarnai, kreatifitas dan imajinasi yang dimiliki anak akan terlatih dan semakin berkembang. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan pada saat mewarnai, anak-anak akan melatih imajinasi dan kreatifitasnya dalam memilih warna apa yang sesuai dengan bagian gambar yang akan diwarnai agar gambar yang akan dihasilkan akan terlihat bagus karena pemilihan warna yang pas. Dapat dikatakan pula jika mewarnai gambar sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak.

Biasanya metode belajar mewarnai gambar sering diberikan saat anak masih duduk di Taman Kanak-kanak (TK). Hal ini menunjukkan bahwa mewarnai gambar digunakan guru sebagai metode untuk mendidik anak-anak TK. Selain itu, melalui mewarnai gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik yang dimiliki anak TK.

Tips Mengajarkan Anak Mewarnai Gambar | Contoh Gambar

Akan tetapi perlu diingat jika mewarnai buka hanya tentang membuat gambar menjadi berwarna. Lebih jauh lagi bahwa mewarnai merupakan salah satu hal penting untuk memperoleh sebuah seni atau karya yang indah. Banyak orang bahkan anak-anak kecil pun masih ada yang merasa kesulitan untuk mewarnai gambar seperti mewarnai gambar hewan dan pemandangan. Nah oleh karena itu, di dalam artikel ini akan dibahas beberapa tips dalam mengajarkan anak untuk gambar mewarnai beserta contoh gambar mewarnai sederhana. Namun sebelum itu, alangkah baiknya akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam gambar mewarnai. Berikut penjelasannya di bawah ini!

Tips Awal Mengajarkan Anak Belajar Mewarnai Gambar

Tips Mengajarkan Anak Mewarnai Gambar

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mewarnai Gambar

Baca juga : Kumpulan Gambar Mewarnai

Mewarnai tidak boleh dilakukan dengan cara asal. Ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan mewarnai sebuah gambar. Berikut paparannya:

  • Media : Apabila menggunakan media kertas sebaiknya jangan menggunakan kertas yang tipis. Gunakan kertas yang tebal karena jika menggunakan kertas yang tipis akan menyebabkan tembus pada bagian belakangnya.
  • Alat yang digunakan untuk mewarnai seperti crayon, pensil, warna, maupun spidol : setiap produk akan menghasilkan warna yang berbeda-beda. Oleh karena itu pilihlah produk untuk alat mewarnai yang bagus sehingga akan menghasilkan hasil pewarnaan pada gambar yang bagus pula.
  • Komposisi warna : komposisi warna dari setiap brand produk alat untuk mewarnai memiliki keunikan tersendiri dan juga varian yang berbeda-beda.

Anak kecil biasanya akan mengalami kesulitan waktu awal diperkenalkan untuk mewarnai gambar. Oleh karena itu, peran orang tua sangat dibutuhkan yaitu mereka harus mengajari anak dalam hal mewarnai agar pada saat sekolah nanti anak tidak akan mengalami kesulitan dan tidak akan menyulitkan orang tua. Berikut beberapa tips awal dalam mengajarkan anak untuk melajar mewarnai gambar:

Berikut Beberapa Tips yang Bisa Digunakan

Tips Mengajarkan Anak Mewarnai Gambar

1. Berikan Peralatan yang Menarik

Pemilihan peralatan yang menarik akan membuat sang anak lebih semangat lagi dalam belajar mewarnainya. Lebih baik lagi, libatkan sang anak ketika memilih peralatan yang digunakan mulai dari media buku gambar, pensil warna atau crayon. Dengan begitu, sang anak akan semakin semangat lagi dalam belajar karena semua peralatannya merupakan pilihannya sendiri. perlu diingat bahwa ketika memilih alat gambar sesuaikan dengan usia anak seperti non-toxic crayon yang cocok untuk anak usia dini.

2. Perkenalkan Gambar yang Sederhana Terlebih Dahulu

Untuk melatih kemampuan anak dalam mewarnai gambar, terlebih dahulu ajarkan konsep gambar yang sederhana. Misalnya dengan mengajarkan membentuk gambar kotak, segitiga, maupun lingkaran. Bimbinglah sang anak untuk menggambar bersama-sama barulah memintanya untuk menggambar dengan sendirinya. Perlu diingat, jangan pernah memarahi anak ketika gambarnya terlihat berantakan. Yang harus dilakukan adalah selalu berikan motivasi kepada sang anak agar dia merasa lebih tertantang lagi untuk membuat gambar yang lebih baik lagi.

3. Ajarkan Warna Melalui Lingkungan Sekitar Rumah

Kemampuan imajinasi sang anak dalam berbagai hal terkadang membuatnya senang mengaplikasikan berbagai macam warna pada gambar yang dihasilkan sehingga akan membuat gambar dengan warna yang tidak cocok atau berantakan. Hal tersebut sebenarnya tidak salah, namun alangkah baiknya jika orang tua mengarahkan sang anak untuk belajar mewarnai sesuai dengan alam sekitarnya agar warna yang diberikan lebih sesuai dengan objek gambarnya. Untuk itu, mulailah dengan mengajarkan anak untuk mengenal warna melalui benda-benda yang ada di rumah atau sekitar rumah. Misalnya dengan memberitahukan jika warna kucing yang sering lewat memiliki warna putih, warna bunga yang ada di depan rumah berwarna merah, hingga mengajarkan anak jika langit bewarna biru cerah.

4. Berikan Teknik Bewarnai Secara Sederhana

Tips ini sebagai permulaan untuk anak dalam hal mewarnai. Untuk itu, ajarkan terlebih dahulu teknik mewarnai yang sederhana seperti teknik mewarnai satu arah. Satu arah berarti anak harus menggunakan teknik yang sama pula di setiap memulas warna seperti jika mewarnai gambar dimulai dari atas ke bawah, maka lakukan hal tersebut secara terus menerus pada semua bagian gambar. Setelah memberikan teknik yang sederhana, barulah ajarkan teknik gradasi warna yang sederhana dulu sebagai permulaan.

5. Ajarkan Sara Untuk Membuat Gradasi Warna Sederhana Pada Gambar

Sebagai permulaan, sebaiknya para orang tua mengajarkan teknik untuk gradasi warna yang sangat sederhana terlebih dahulu supaya sang anak tidak merasa kesulitan dalam hal mewarnai. Gradasi warna merupakan salah satu hal utama yang harus diperhatikan ketika akan mewarnai gambar. Sebuah gambar akan lebih tampak seperti nyata ketika seseorang dapat memberikan gradasi warna yang baik. Untuk mendapatkan gradasi warna yang baik caranya cukup mudah yaitu terletak pada penempatan pensil warna atau crayon yang digunakan. Biasanya penempatan crayon maupun pensil warna sudah diatur sedemikian rupa hingga membentuk gradasi warna. Untuk itu selalu usahakan jangan pernah mengubah urutan pensil warna maupun crayon agar mudah dalam pemilihan gradasi warna.

Untuk pemilihan gradasi warna juga harus diperhatikan. Jangan ajarkan anak untuk memilih warna dengan tingkat gradasi yang tinggi. Misalnya jika mewarnai bagian sisi luar dengan warna orange kemerah-merahan, maka bagian sisi dalamnya berikan warna lebih mudah satu sampai dua tingkat seperi warna orange kekuning-kuningan.  Oleh karena itu, hal ini sangat baik untuk diajarkan kepada anak agar anak akan lebih senang jika gambar yang dihasilkan tampak begitu nyata.

6. Ajarkan Cara Untuk Memulai Mewarnai Gambar

Orang tua harus dapat mengajarkan sang anak tentang bagian yang harus diwarnai terlebih dahulu sebagai permulaan. Bagi anak yang mewarnai dengan menggunakan crayon, sebaiknya ajarkan untuk memulai pada bagian pinggir gambar terlebih dahulu karena akan menghasilkan gambar yang rapi. Dengan sentuhan gradasi yang sesuai pada sisi dalam objek gambar maka hasil mewarnai yang dilakukan anak akan lebih maksimal dan tentunya membuat anak merasa puas.  

7. Biarkan Snak Berkreasi Sendiri Dengan Imajinasinya

Memang ada beberapa hal yang harus diperhartikan saat memberikan warna pada gambar, namun perlu diingat juga bahwa di dalam seni tidak ada batasannya. Oleh karena itu, biarkan anak memberikan warna pada gambar yang ada di kertas sesuai dengan apa yang ada dalam imajinasinya. Biarkan dia berkembang dengan sendirinya namun tetap harus diawasi dan diarahkan.

Contoh Gambar Mewarnai Berbagai Tema Untuk Anak-anak

1. Gambar Mewarnai Bunga Matahari

Gambar Mewarnai Bunga Matahari

2. Gambar Mewarnai Bunga Poppy

Gambar Mewarnai Bunga Poppy

3. Gambar Mewarnai Kelinci

Gambar Mewarnai Kelinci

4. Gambar Mewarnai Bebek

Gambar Mewarnai Bebek

5. Gambar Mewarnai Burung

Gambar Mewarnai Burung

6. Gambar Mewarnai Pemandangan Gunung

Gambar Mewarnai Pemandangan Gunung
Gambar Mewarnai Pemandangan Gunung
Gambar Mewarnai Pemandangan Gunung

7. Gambar Mewarnai Rumah

Gambar Mewarnai Rumah

Baca juga : Kumpulan Gambar Poster

Nah itulah informasi singkat mengenai tips dalam mengajarkan anak untuk gambar mewarnai beserta contoh gambar mewarnai sederhana. Semoga apa yang dijelaskan di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda terutama bagi orang tua yang memiliki anak kecil dan perlu cara untuk mengajarkan cara untuk mewarnai gambar.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close