Wisata

Tips-Tips Budgeting Untuk Pecinta Travelling

Tahukau.comTips Budgeting – Travelling merupakan kegiatan yang begitu menyenangkan entah itu sendiri maupun bersama rombongan. Namun, tak jarang travelling juga membutuhkan biaya yang tak sedikit. Apalagi jika mengunjungi tempat-tempat yang berada diluar kota maupun luar pulau atau bahkan ke luar negeri sekalipun. Sekarang sudah tak perlu khawatir lagi! Kalian bisa melakukan budgeting atau perancangan dana untuk meminimalisir pengeluaran yang tak begitu diperlukan. Bingung cara melakukan budgeting? Tenang saja, kami memiliki tips-tips yang bisa kalian terapkan untuk budgeting ketika ingin travelling. Simak penjelasan selengkapnya ya!

Baca juga : Wisata Belanja Terpopuler di Bali

Tips-Tips Budgeting Untuk Pecinta Travelling

Tips-Tips Budgeting Untuk Pecinta Travelling

Tips budgeting kali ini dibagi ke dalam beberapa bagian yaitu transportasi, akomodasi, konsumsi, lain-lain (kebutuhan mendadak, oleh-oleh dan lainnya).

Baca juga : Wisata Terbaik di Indonesia

Transportasi

Untuk transportasi ini kalian harus melakukan semacam penelitian terlebih dahulu, maksudnya adalah cari tau tentang transportasi apa yang akan dipakai menuju tempat tujuan maupun saat berada di tempat tujuan dan juga mencari informasi tentang harganya agar dapat membuat rincian untuk transportasi selama melakukan travelling. Buat list kisaran biaya yang akan kalian gunakan untuk transportasi. Usahakan lebihkan sedikit nominalnya, hal tersebut dilakukan hanya untuk berjaga-jaga jika ternyata nominal sebenarnya melebihi perkiraan budget kalian. Biaya transportasi seperti tiket pesawat, kereta, kapal, sampai kendaraan umum pun harus diperhitungkan secara detail karena pada transportasi lah yang umumnya membutuhkan dana lebih banyak. Untuk menghemat pengeluaran biaya transportasi, berikut tips nya:

  1. Jika kalian memilih travelling menggunakan pesawat, maka sebisa mungkin mencari tiket pesawat jauh-jauh hari karena pada umumnya harga tiket pesawat akan jauh lebih mahal saat mendekati hari keberangkatan. Jadi pastikan kalian telah booking tiket pesawat terlebih dahulu agar mendapat harga yang jauh sedikit lebih murah. Sebenarnya tak hanya pesawat, untuk transportasi kapal laut juga seperti itu booking jsejak jauh hari.
  2.  Jika kalian memilih menggunakan kendaraan umum seperti bis, kereta atau angkutan umum lainnya untuk transportasi selama kalian travelling maka biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jasa taksi online maupun taksi pribadi.
  3. Akan lebih baik lagi jika kalian melakukan travelling dengan berjalan kaki, maksudnya bukan berjalan kaki dari tempat asal ke tempat tujuan melainkan berjalan kaki untuk menikmati suasana sekitar tempat tujuan kalian. Selain itu, jalan kaki juga dapat menghemat biaya kalian.
  4. Selain jalan kaki, kalian juga bisa nebeng atau numpang guna menghemat pengeluaran itupun jika kalian tidak malu ataupun gengsi. Selain menghemat pengeluaran kalian juga bisa mendapatkan teman baru juga pengalaman baru, namun ingat selalu waspada terhadap orang baru dan juga awasi selalu barang bawaan kalian jika kalian memilih untuk nebeng.

Akomodasi

Sama seperti transportasi, untuk akomodasi pun kalian harus pintar-pintar untuk mencari informasi entah lewat website atau aplikasi. Kalian harus survey tentang harga, fasilitas, juga suasananya karena itu akan berhubungan dengan kenyamanan kalian selama melakukan travelling. Untuk aplikasi, kalian bisa download aplikasi seperti tiket.com, traveloka, agoda.com, atau aplikasi lain yang menyediakan informasi tentang penginapan dan hotel. Ada beberapa trik untuk menghemat biaya untuk akomodasi kalian, yaitu diantaranya:

  1. Daripada hotel mewah, mungkin hostel atau guesthouse bisa jadi pilihan untuk tempat kalian menginap. Disamping harganya yang relative lebih murah, kalian sebagai traveler juga dapat merasakan fasilitas yang hampir serupa dengan fasilitas hotel. Lagipula untuk menginap juga tak perlu tempat yang mahal kan bagi kalian para traveler?
  2. Jika memilih untuk stay di hotel, carilah promo-promo yang ditawarkan. Sebisa mungkin carilah paket promo hotel yang bisa digabung dengan promo tiket pesawat atau tempat wisata yang ingin kalian tuju.
  3. Carilah informasi promo dari beberapa aplikasi. Bandingkan harga mana yang sekiranya cocok dengan list keuangan kalian. Biasanya harga promo yang ditawarkan aplikasi berbeda-beda, meskipun memiliki selisih yang tak cukup jauh tetapi kan lumayan bisa untuk membeli cemilan atau yang lain kan?
  4. Untuk yang satu ini bisa sangat membantu keuangan kalian. Ya! Menumpang di rumah saudara, teman, atau kerabat yang kalian kenal. Biarpun menumpang, kalian tetap perlu memperhatikan tata kram dan sopan santun ya!

Baca juga : Manfaat Travelling

Konsumsi

Untuk konsumsi ini harus kalian lakukan list dengan rincian yang sangat jelas jika ingin menghemat pengeluaran, karena tak jarang salah satu pembengkakan dana terjadi di bagian konsumsi ini. jika kalian emang tertarik pada wisata kuliner, maka kalian harus mempunyai rincian budget khusus yang akan kalian gunakan untuk membeli berbagai macam makanan yang kalian minati. Namun, jika kalian tidak begitu tertarik dengan wisata kuliner ada beberapa trik nya kok agar kalian bisa berhemat di biaya konsumsi. Berikut triknya:

  1. Usahakan mencari tempat menginap yang juga menawarkan fasilitas seperti breakfast atau lunch yang telah tertera pada list harganya.
  2. Kalian bisa skip makan siang dan menggantikannya disaat makan malam. Jadi dalam sehari kalian hanya makan sebanyak 2 kali. Tetapi bagi kalian yang memiliki masalah kesehatan jika telat makan, maka kalian bisa tetap makan 3 kali sehari namun menggunakan roti atau sereal sebagai makanan pengganti nasi di waktu pagi.
  3. Membawa persediaan mi instan atau makanan instan lainnya. Mi instan ataupun makanan instan umumnya memiliki harga yang relative murah dan cukup untuk mengganjal perut ketika lapar. Kalian juga bisa membawa roti sebagai persediaan makanan kalian, karena roti juga mengandung karbohidrat kok.
  4. Yang satu ini bisa kalian lakukan untuk mengurangi pengeluaran, yaitu berpuasa. Tapi jika kalian tidak mampu maka jangan lakukan ya!

Keperluan Lain (oleh-oleh dan sebagainya)

Untuk yang satu ini juga memerlukan dana yang tidak sedikit. Jika melakukan travelling tak jarang kalian akan mendapat keperluan mendadak yang tidak masuk budget list kalian. Tak jarang pula kalian ingin membeli oleh-oleh sebagai kenang-kenangan atau sekedar bingkisan untuk keluarga. Maka dari itu kalian harus menyiapkan dompet tersendiri untuk hal ini agar uangnya tidak tercampur dengan budget list kalian yang lain, juga agar memudahkan kalian untuk melakukan perhitungan keuangan. Jika kalian ingin membeli oleh-oleh atau semacamnya, jangan sungkan-sungkan untuk menawar karena terkadang beberapa pedagang akan memberi harga yang lebih mahal karena tau jika pembelinya bukan asli masyarakat setempat. Selain itu, lakukan perbadingan harga dari tempat satu ke tempat lain karena biasanya antar toko ke toko memiliki harga yang berbeda. Tapi ingat! Kalian tidak boleh menghabiskan seluruh uang yang kalian sisihkan itu hanya untuk oleh-oleh. Setidaknya sisahkan separuh untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Baca juga : Gunung Terbaik di Indonesia

Tips-Tips Budgeting Untuk Pecinta Travelling

Nah, beberapa penjelasan diatas mungkin dapat membantu kalian untuk melakukan budgeting. Lakukanlah travelling sesuai dengan kemampuan dana kalian, jangan sampai memaksakan diri untuk travelling. Karena, selain butuh waktu yang tak singkat travelling juga membutuhkan dana yang tak sedikit. Satu tips lagi yang mungkin dapat membantu kalian yaitu buatlah tabungan khusus untuk rencana travelling kalian agar uangnya tidak mudah terpakai untuk keperluan sehari-hari kalian.

Semoga tips-tips diatas bermanfaat. Selamat berlibur!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close