Wisata

√ Top 10 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Apa yang ada dibenak Anda ketika mendengar “Jakarta”? Macet, banjir, banyak polusi, pemukiman yang semakin hari semakin sempit itulah beberapa problematika berkaitan dengan Jakarta. Meskipun banyak problematika yang sampai saat ini belum teratasi, Jakarta yang juga merupakan Ibu kota negara ini memiliki suatu magnet tersendiri bagi banyak orang. Banyak pendatang dari berbagai wilayah yang nekat datang ke Jakarta untuk mengadu nasib dan mencari pekerjaan.

Jakarta merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara dengan jumlah penduduk lebih dari 10 juta jiwa menjadikan Jakarta sebagai kota yang padat penduduknya. Selain sebagai tujuan untuk mengadu nasib, Jakarta juga sering menjadi tujuan wisata untuk menghilangkan kepenatan akibat pekerjaan terutama bagi para orang dari pulau Jawa yang ingin merasakan suasana ibu kota. Jakarta menawarkan beragam destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi, mulai dari tempat wisata keluarga, budaya, alam, edukasi, hingga kuliner. Beberapa tempat wisata yang ada di Jakarta juga menjadi ikon dari kota Jakarta. Nah untuk itu, berikut ini akan dipaparkan 10 destinasi wisata kota Jakarta yang wajib dikunjungi dan cocok untuk tempat liburan keluarga. Berikut paparannya di bawah ini!

1. Pantai Ancol

√ Top 10 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi
Pantai Ancol

Pantai Ancol dapat dikatakan sebagai salah satu pantai terkenal di Jakarta yang terletak diu kawasan TIJA (Taman Impian Jaya Ancol). Pantai Ancol berada di jalur wisata yang terdiri dari lima pantai yaitu Pantai Indah, Elok, Ria, Festival Ancol, dan Karnaval Ancol. Pantai Ancol ini berdampingan dengan tempat wisata lain seperti Dufan, Ocean Dream, dan Seaworld. Pantai Ancol buka selama 24 jam dan menawarkan fasilitas lengkap seperti pemandangan yang indah, tempat makan, lokasi strategis untuk menyaksikan sunset maupun sunrise. Untuk mencapai Pantai Ancol dapat menggunakan kendaraan umum seperti Trans Jakarta atau angkutan umum jurusan Ancol.

Baca juga : Gedung Tertinggi Di Dunia

2. Dunia Fantasi (Dufan)

Dunia Fantasi (Dufan)
Dunia Fantasi (Dufan)

Dunia Fantasi atau yang biasa dikenal dengan Dufan merupakan salah satu taman hiburan yang ada di Taman Impian Jaya Ancol. Dufan buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 18.00 kecuali untuk akhir pekan atau weekend, Dufan buka hingga pukul 20.00. Dufan menawarkan berbagai macam wahana permainan mulai dari yang dapat memacu adrenalin hingga yang cocok untuk digunakan semua umur. Beberapa wahana permainan yang ada di Dufan seperti tornado, histeria, kora-kora, rumah miring, poci-poci, turangga rangga, pontang-panting, bianglala, gajah bledug, kicir-kicir, istana boneka, happy feet, dan sebagainya. Selain itu, Dufan juga menawaekan beberapa wahana dengan tema khusus seperti ice age arctic, adventure, treasureland, dufan glow, hello kitty adventure, dan sebagianya. Tiket untuk masuk ke tempat wisata ini dapat dibeli secara online.

Baca juga : Wisata Kalimantan

3. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas)
Monumen Nasional (Monas)

Salah satu bangunan  bersejarah dan menjadi destinasi wisata kota Jakarta adalah Monumen Nasional atau yang biasa dikenal Monas. Monas menjadi ikon dari kota Jakarta. Tujuan utama ketika mengunjungi kota Jakarta adalah Monas. Setiap hari Monas dibuka dan beroperasi mulai pukul 08.00 dan tutup pada pukul 22.00. Pada akhir pekan, Monas tutup hingga pukul 00.00. akan tetapi, untuk lift yang membawa hingga puncak Mona hanya beroperasi sampai pukul 16.00. Harga tiket untuk masuk ke Monas sangat murah serta fasilitas yang adapun juga lengkap.

Lokasi Monas dapat dikatakan sangat strategis karena berada di tengah kota, dekat dengan Stasiun Gambir. Apabila untuk mencapai Monas dengan kendaraan umum, dapat menggunakan Trans Jakarta jurusan Blok M-Kota (koridor 1), Krl, serta Kereta Komuter Jabodetabek.

Baca juga : Rumah Adat

4. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah merupakan salah satu taman hiburan yang bertemakan Indonesia yang populer sejak tahun 90-an. Selain Monas, TMII juga menjadi ikon kota Jakarta. TMII buka dari pukul 07.00 dan tutp pada pukul 21.00. TMII menawarkan berbagai macam fasilitas dan wahana yang cocok untuk semua umur karena semua fasilitas dan bangunan merupakan miniatur dari 33 provinsi di Indonesia seperti Anjungan Daerah, kereta gantung, teater 4D, museum, teater IMAX keong mas, dan sebagainya. TMII cocok untuk wisata edukasi bagi anak-anak kecil. Untuk mencapai TMII dengan menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan KRL dan TransJakarta.

5. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan

Salah satu destinasi wisata keluarga dan cocok untuk wisata edukasi adalah Kebun Binatang Ragunan. Kebun Binatang Ragunan diketahui menyimpan koleksi hingga lebih dari 290 hewan. Selain itu, Kebun Binatang Ragunan juga menawarkan beberapa fasilitas hiburan dan pendidikan yang cocok untuk semua umur terutama anak-anak.

Tempat yang berlokasi di Jakarta Selatan ini buka dari pukul 09.00 dan tutup pada pukul 16.00. Saat ini, Kebun Binatang Ragunan memiliki Dunia Orang Utan dan juga Pusat Primata Schmutzer. Selain itu ada juga taman bermain yang diberi nama Children Zoo yang dikhususkan untuk anak-anak jika ingin berinteraksi dengan hewan-hewan jinak ukuran kecil. Lokasi Kebun Binatang Ragunan dapat dibilang sangat strategis karena dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan umum seperti transportasi online, TranJakarta, maupun angkutan umum.

6. Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra
Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra dikenal dengan nama Gelanggang Samudra merupakan salah satiu tempat wisata di Jakarta berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol yang bertemakan laut. Ocean Dream Samudra menawarkan beberapa atraksi hewan seperti lumba-lumba dan singa laut serta adanya Taman Surga Burung . Selain itu, Ocean Dream Samudra juga menampilkan pertunjukan yang menegangkan seperti ScorpionRides hingga beberapa wahana permainan.

Ocean Dream Samudra menawarkan fasilitas yang cukup lengkap sehingga memberikan kenyamanan untuk keluarga yang liburan ke tempat wisata ini. Ocean Dream Samudra buka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 17.00 dan di akhir pekan buka hingga pukul 18.00. Untuk mencapai tempat wisata ini dapat menggunakan kendaraan umum seperti KRL, TransJakarta koridor 1 dan 5, serta bus kota biasa jurusan Ancol.

7. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia
Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia merupakan salah satu destinasi wisata kota Jakarta yang berlokasi di Jakarta Pusat yang digunakan untuk menyimpan beberapa koleksi bersejarah seperti prasasti, arca, senjata tradisional, tekstil, gerabah, manuskrip, hasil penggalian arkeologis, serta benda-benda kuno. Museum Nasional Indonesia berdiri sejak 1778 dan menjadi salah satu museum terbesar di Asia Tenggara. Museum Nasional Indonesia juga dikenal sebagai Museum Gajah.

Museum Nasional Indonesia menawarkan beberapa fasilitas yang berkaitan dengan edukasi seni dan sejarah yang cocok untuk anak-anak. Pengunjung dapat melajar tari tradisional dan membatik. Selain itu, pengunjung juga bisa menonton pertunjukkan pentas seni dan dongeng. Museum Nasional Indonesia buka dari pukul 08.30 dan tutup pada pukul 16.00. untuk hari Jum’at, museum ini tutup pada pukul 11.30. Perlu dicatat jika Museum Nasional Indonesia tidak beroperasi pada hari Senin. Untuk mencapai tempat wisata ini dapat menggunakan kendaraan uumum seperti TransJakarta jurusan Kota atau kereta komuter yang berhenti di Stasiun Gambir.

8. Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti
Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti dikenal sebagai Museum Lubang Buaya yang menjadi simbol perjuangan beberapa Jenderal yang mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Monumen Pancasila Sakti menjadi tempat kenangan seluruh masyarakat Indonesia. Monumen Pancasila Sakti cocok dikunjungi semua kalangan terutama bagi seseorang yang memiliki ketertarikan lebih dengan sejarah Indonesia.

9. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal

Selain Monas dan TMII, Masjid Istiqlal juga menjadi ikon kota Jakarta yang berlokasi berdekatan dengan Istana Negara, Monumen Nasional, serta Gereja Katredal. Masjid Istiqlal diresmikan pada tahun 1979 yang menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara karena dapat menampung sekitar 200.000 orang bahkan lebih. Masjid Istiqlal memiliki arsitektur yang megah dan sering menjadi objek fotografi. Masjid Istiqlal buka selama 24 jam untuk umat Muslim yang ingin beribadah.

10. Gereja Katredal

Gereja Katredal
Gereja Katredal

Gereja Katredal merupakan salah satu simbol kerukunan antar umat beragama karena lokasinya yang berdekatan dengan Masjid Istiqlal. Desain gereja ini bergaya Eropa dengan menara runcing khas Gereja Gothic. Gereja Katredal terbuka untuk umum, baik untuk umat Katolik maupun pengunjung umum yang ingin melihat keindahan Gereja Katredal. Untuk mencapai Gereja Katredal ini sangat mudah yaitu dengan menggunakan kendaraan umum seperti TransJakarta.

Nah itulah informasi terkait 10 tempat wisata kota Jakarta yang wajib dikunjungi. Sebenarnya masih banyak destinasi wisata yang ada di kota Jakarta yang harus dikunjungi. Namun di dalam artikel ini hanya membahas beberapa saja. Untuk itu, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!  

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close