Wisata

5 Tempat Angker dan Mistis Terpopuler di Surabaya

Tahukau.comTempat Angker dan Mistis – Surabaya merupakan kota terbesar yang berada dalam urutan kedua di Indonesia yang mendapatkan julukan sebagai kota Pahlawan. Julukan tersebut didapatkan karena dulunya, di Surabaya ini banyak sekali pahlawan yang gugur ketika memperebutkan kemerdekaan Indonesia. Surabaya menyimpan banyak sekali cerita sejarah ketika zaman kemerdekaan karena Surabaya menjadi salah satu saksi bisu pertempuran antara Belanda dengan pribumi pada tanggal 10 November 1945 yang saat ini dikenal sebagai hari pahlawan.

5 Tempat Angker dan Mistis Terpopuler di Surabaya

Berbicara mengenai tempat wisata, Surabaya memiliki banyak tempat wisata yang biasanya dikunjungi oleh wisatawan baik wiatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. Tempat-tempat wisata di Surabaya mulai dari tempat bersejarah hingga tempat wisata dengan aroma kemistisannya. Berikut ini akan diulas mengenai 5 tempat angker dan mistis terpopuler di Surabaya. Oleh karena itu, simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini.

Baca juga : Gunung Terbaik di Indonesia

1. Rumah Hantu Darmo

Rumah Hantu Darmo

Rumah Hantu Darmo merupakan salah satu tempat angker dan mistis terpopuler di Surabaya yang berbentuk bangunan mewah berlantai tiga. Rumah ini berlokasi di Jalan Puncak Permai II No.26, Sukomanunggal, Surabaya yang sudah 10 tahun tidak berpenghuni. Menurut cerita yang beredar, rumah ini merupakan rumah hasil pesugihan. Dulu keluarga yang mendiami rumah ini mendapatkan kekayaan dengan syarat mereka harus memberikan tumbal dan sesajen.

Suatu hari, keluarga tersebut  berbuat curang dengan tidak lagi memberikan apa yang diperintahkan. Mereka pun berusaha melarikan diri dengan menggunakan jalur laut sebagai anggapan dapat menghentikan kutukan. Namun, naas menimpa keluarga tersebut. Mereka meninggal akibat kapal yang ditumpangi ditenggelamkan oleh para jin yang membantunya dalam memberikan kekayaan. Untuk kedua penjaga rumah tersebut diketahui tewas terbunuh dan kasusnya tidak pernah terungkap sampai sekarang. Kabarnya, kedua penjaga yang tewas tersebut dijadikan pengganti tumbal yang belum di bayar. Akhirnya sampai dengan sekarang, rumah tersebut kosong dan juga berhantu. Keluarga yang menjadi ahli waris rumah tersebut enggan untuk menempatinya.

Bahkan kondisi rumah tersebut saat ini rusak akibat dari kebakaran hebat dan menjadi bangunan tua dengan sisa puing-puingnya saja. Akibat terbengkalai, seringkali masyarakat yang melewati rumah ini mendengar suara tangisan gadis dan juga penampakan makhluk halus seperti genderuwo. Meskipun angker dan mistis, pada siang hari rumah ini sering dijadikan lokasi spot foto yang unik.

Baca juga : Wisata Candi Terpopuler

2. Pintu Air Jagir

Pintu Air Jagir

Pintu Air Jagir merupakan salah satu tempat angker dan mistis terpopuler di Surabaya yang berada di sungai buatan yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1879. Dulu, tempat ini digunakan untuk mengantisipasi banjir yang sering terjadi. Tempat ini berlokasi di Jalan Jagir Wonokromo, No. 74, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya menyimpan sebuah cerita menyeramkan. Salah satunya adalah cerita Mbah Kalap. Mbah Kalap merupakan sosok penguasa Sungai Jagir yang terkenal pada tahun 1970-1980. Selain itu, menurut cerita yang beredar, konon di tempat tersebut juga  terdapat buaya putih yang sering meminta tumbal. Sungai Jagir terbagi menjadi dua yaitu dari arah timur disebut Rolak Lanang dan arah utara disebut dnegan Rolak Wedok. Keduanya dipercaya merupakan jelmaan dari buaya lanang dan buaya wedok yang kerap kali meminta tumbal.

Baca juga : Wisata di Banyuwangi

3. Penjara Kalisosok

Penjara Kalisosok

Penjara Kalisosok merupakan salah satu tempat angker dan mistis terpopuler di Surabaya yang sudah berumur kurang lebih 200 tahun dan terkenal sebagai salah satu penjara paling angker di Indonesia. Meskipun demikian, penjara ini menjadi salah satu Cagar Budaya tipe B yang harus dilindungi oleh pemerintah.  Penjara yang berlokasi di Jalan Kasuari No. 5, Krembangan Sel, Kec. Krembangan, Kota Surabaya ini dibangun ketika kepemimpinan Herman Williem Daedels pada 1 September 1808 dan terkenal akan keangkerannya. Banyak para narapidana yang ketakutan apabilan akan dipindahkan di penjara ini.

Konon, penjara ini tidak hanya digunakan untuk mengurung, namun juga digunakan sebagai tempat penyiksaan para tahanan. Kapasitas penjara ini hanya 20 orang, namun saat itu satu ruangan dipaksa untuk ditempati 90 orang. Tempatnya yang sempit, gelap, dan pengap membuat suasana penjara begitu seram. Banyak pejuang Indonesia yang pernah merasakan kelamnya di dalam penjara ini seperti Soekarno dan WR. Soepratman.  Saat ini, Penjara Kalisosok terlihat angker karena sudah tidak terawat lagi. Menurut cerita yang beredar, masyarakat seringkali mendengar suara teriakan meminta tolongdari pejara tersebut.

Baca juga : Wisata Kalimantan

4. Plaza Surabaya (Delta Plaza)

Plaza Surabaya (Delta Plaza)

Plaza Surabaya  atau yang dikenal dengan Delta Plaza merupakan salah satu tempat angker dan mistis terpopuler di Surabaya berbentuk bangunan mall berlantai enam yang memiliki kisah mistis sebelum di bangun. Sebelum menjadi mall, dulunya tempat yang berlokasi di Jalan Pemuda No. 33-37, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya ini adalah sebuah rumah sakit UGD bernama Rumah Sakit Simpang, karena terletak di dekat persimpangan jalan. Rumah sakit tersebut digunakan tidak hanya untuk menangani pasien, namun juga menangani korban pertempuran di Surabaya. Selain itu, juga dijadikan sebagai tempat untuk mengatur strategi perang.

Menurut cerita yang beredar, dulu di rumah sakit tersebut sempat ada seorang perawat yang tewas karena terjepit di pintu lift tua. Hingga saat ini, arwah perawat tersebut masih suka menampakkan diri. Penampakan perawat tersebut dikenal sebagai suster gepeng. Meskipun sampai mendatangkan paranormal, tetap tidak dapat mengusir arwah tersebut. Kadang juga ada pengunjung yang melihat kursi dorong yang bergerak sendiri di tempat parkir lantai atas dan penampakan suster berbaju putih di antara Plaza Surabaya dan WTC.

Baca juga : Wisata di Jakarta

5. Jembatan Merah Surabaya

Jembatan Merah Surabaya

Jembatan Merah merupakan salah satu tempat angker dan mistis terpopuler di Surabaya yang menyimpan cerita mistis. Jembatan Merah berlokasi di Jalan Kembang Jepun, No. 192, Nyamplungan, Kec. Pabean Cantian, Kota Surabaya yang termasuk salah satu monumen bersejarah di kota Surabaya yang tetap dibiarkan seperti adanya yaitu sebuah jembatan. Jembatan Merah merupakan saksi bisu terjadinya pertempuran pada tanggal 10 November 1945 yang menewaskan Brigjen A.W.S Mallaby. Konon, nama Jembatan Merah diambil tidak hanya dari warnanya yang merah, namun  namanya juga diambil dari banyaknya darah yang tumpah di jembatan tersebut ketika pertempuran yang terjadi di masa lalu.

Dulunya, Jembatan Merah merupakan saksi bisu atas meninggalnya Brigjen A.W.S Mallaby di tangan arek-arek Surabaya. Beliau merupakan seorang Perwira Muda Eksekutif asal Kerajaan Inggris yang dikirim ke Surabaya untuk memimpin perang. Namun hal yang mengerikan justru terjadi. Mobil yang dikendarai Brigjen Mallaby yang sedang melaju di Jembatan Merah diledakkan oleh arek-arek Surabaya dan beliau tewas seketika.

Terlepas dari kisah tewasnya A.W.S Mallaby, suasana di Jembatan Merah sangat angker. Masyarakat sering kali melihat penampakan hantu dengan badan yang tidak utuh dan juga munculnya aroma bangkai dan anyir darah yang menyengat. Kadang juga mendengar suara meminta tolong. Jika melihat dari kilasan sejarah, hal tersebut wajar saja terjadi karena Jembatan Merah menjadi salah satu lokasi pertempuran di Surabaya antara Belanda dan pribumi.

Nah itulah ulasan mengenai 5 tempat angker dan mistis terpopuler di Surabaya. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan ekspedisi atau hanya sekedar liburan dengan mengunjungi tempat-tempat angker di Surabaya.  

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close