Pendidikan

Teks Laporan Hasil Observasi : Ciri, Struktur, dan Contoh

Teks laporan hasil observasi (LHO) hampir sama dengan teks deskripsi sebab sama-sama menyampaikan informasi berdasarkan fakta yang ada. Namun, teks laporan hasil observasi bersifat universal, sedangkan teks deskripsi terbilang unik dan individual. Isi dari teks LHO adalah penjabaran umum atau pelaporan sesuatu berupa hasil pengamatan (obsevasi). Lalu, bagaimana ulasan lengkap tentan teks laporan hasil observasi tersebut? Simak baik-baik ya.

Teks Laporan Hasil Observasi : Ciri, Struktur, dan Contoh

Tujuan pembuatan teks laporan hasil observasi adalah mengatasi suatu persoalan dengan mengambil keputusan yang lebih efektif. Selain itu, teks hasil observasi juga digunakan sebagai alat menemukan teknik atau cara terbaru, melakukan pengawasan atau perbaikan serta mengetahui perkembangan suatu permasalahan. Sementara, fungsi teks laporan hasil observasi antara lain:

Baca juga : Apa Itu Teks Narasi ?

  • Melaporkan tanggung jawab sebuah tugas dan pengamatan
  • Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan, dan atau pemecahan masalah melalui pengamatan
  • Sarana untuk mendokumentasikan kegiatan
  • Digunakan sebagai sumber informasi terpercaya

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi memiliki tiga sifat yaitu sifat informatif, komunikatif, dan objektif, sehingga ciri-cirinya adalah:

Baca juga : Apa Itu Penelitian ?

  • Selain informatif, komunikatif, dan objektif, sifat dari teks adalah global dan universal
  • Objek yang dibahas termasuk objek tunggal berupa hewan, manusia, benda langit, benda bumi, dan sebagainya
  • Ditulis dengan lengkap dan sempurna
  • Ditulis berdasarkan fakta sesuai pengamatan yang dilakukan tanpa ada pengaruh atau pandangan pribadi peneliti
  • Informasi teks laporan hasil observasi adalah hasil penelitian terkini berdasarkan kenyataan di lapangan agar bisa diuji kebenarannya dan dapat dipertanggungjawabkan
  • Tidak mengandung prasangka, dugaan atau pemihakan yang tidak tepat
  • Kalimat harus saling berkaitan meliputi hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas
  • Laporan harus disusun secara sistematik sesuai dengan laporan teks hasil observasi

Sedangkan ciri bahasa atau kaidah kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi, yaitu:

Baca juga : Apa Itu Obsesi ?

  • Menggunakan frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi
  • Menggunakan verba relasional seperti ialah, merupakan, adalah, yaitu, termasuk, meliputi, terdiri atas, disebut , dan lain-lain
  • Menggunakan verba aktif alam sebagai penjelasan perilaku seperti bertelut, membuat, hidup, makan, dan sebagainya
  • Menggunakan kata penghubung seperti bentuk tambahan (dan, serta), perbedaan (berbeda dengan), persamaan (sebagaimana, seperti halnya), pertentangan (tetapi, sedangkan, namun), pilihan (atau)
  • Menggunakan paragraf dengan kalimat utama untuk menyusun informasi diikuti rincian aspek yang akan dilaporkan
  • Menggunakan kata keilmuwan atau teknis, seperti herbivora, degeneratif, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, leukemia, dan lainnya

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Stuktur teks laporan hasil observasi memiliki beberapa jenis, antara lain:
Pernyataan Umum (Klasifikasi) adalah pembukan atau pengantar tentang hal yang akan dilaporkan. Di tahap ini pula akan disampaikan bahwa benda di dunia bisa diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
Anggota/Aspek yang Dilaporkan adalah bahasan atau incian tentang objek yang diamati
Oleh karena itu, langkah menyusun teks Laporan Hasil Observasi, diantaranya adalah:

Baca juga : Apa Itu Konsep ?

  • Membuat judul laporan sesuai dengan pengamatan
  • Membuat kerangka teks yang sesuai dengan hasil pengamatan
  • Menyusun teks berdasarkan gagasan utama yang dibuat. Biasanya teks diawali dengan pernyataan umum lalu ke isi. Setelah Anda membuat klasifikasi umum, langkah berikutnya adalah menjabarkan klasifikasi berdasarkan hasil pengamatan
  • Meneliti kembali penulisan teks, misalnya jika ada kalimat janggal atau salah penulisan, segeralah perbaiki kembali

Kriterian penulisan teks laporan hasil observasi harus memiliki struktur teks yang urut dan lengkap. Di dalamnya harus mempunyai kesimpulan dan penutup. Terakhir, sebuah teks harus dijelaskan berdasarkan fakta tanpa ada opini dari penulis.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi, antara lain:

Baca juga : Apa Itu Teks Prosedur Kompleks ?

Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan Sosial
SD Negeri Bunga yang berlokasi di Jalan Sudirman No. 27 Surabaya adalah salah satu sekolah negeri favorit di Jawa Timur. Kondisi lingkungan sekolah baik lingkungan hidup atau biotik dan lingkungan benda tak hidup atau abiotik sangat sehat serta bersih. Lingkungan hidup terdiri dari tanaman-tanaman dan pohon-pohon besar yang terawatt rapi dan bagus. Sedangkan, lingkungan abiotik atau benda mati meliputi gedung sekolah, peralatan sekolah, dan propeti sekolah. Lingkungan hidup dimulai dari halaman depan sekolah dengan bermacam-macam tanaman hias yang indah dipandang misalnya di depan ruang guru, depan kelas, dan ruang kepala sekolah. Jenis tanaman hias yang ada di SD Negeri Bunga sangat beragam mulai dari tanaman bougenville, bunga mawar, bunga lili, bunga melati, bunga anggrek, dan bunga lainnya. sedangkan untuk jenis pohon besar terdiri dari pohon bambu jepang, pohon beringin, pohon cemara, dan pohon jeruk. Dan lebih unik lagi sebab di halaman belakang pekaragan kelas terdapat tenaman seperti singkong dan jagung. Hasil dari kebun digunakan untuk penelitian biologi atau dikonsumsi oleh para siswa dan guru.
Lingkungan benda matinya terdiri dari gedung sekolah seperti gedung guru, ruang kepala sekolah, ruang kelas siswa, ruang tat usaha, perpustakaan, UKS, aula, koperasi, kamar mandi, dan gudang. Peralatan yang ada di sekolah antara lain meja, kursi, lemari buku, papan tulis, layar LCD prpoyektor, globe, alat-alat peraga, dan peralatan lain yang mendukung pembelajaran. Sementara, peralatan olahraga terdiri dari bola sepak ndan gawangnya, bola basket dan ringnya, bola voli dan jaringnya, dan peralatan olahraga lainnya. Demikian hasil observasi lingkungan SD Negeri Bunga yang terdiri dari lingkungan benda hidup dan benda mati. Kesadaran seluruh warga SD Negeri Bunga untuk memelihara dan merawat lingkungan harus ditingkatkan agar keuda jenis lingkungan tetap bersih dan rapi.

Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan
Komodo adalah jenis hewan melata terbesar yang dilindungi pmerintah Indonesia. hewan komodo hidup di semak-semak belukar dan beberapa hutan di Indonesia. Berat tubuhnya mencapai sekitar 100 kg atau lebih. Bahkan, komodo yang paling besar pernah diukur tinggi dan beratnya, yakni mencapai 166 kg dan panjangnya mencapai 3 meter. Akan tetapi, komodo yang berada di Indonesia umumnya memiliki berat 91 kg dengan panjang 2,5 meter. Jenis kulit yang dimiliki oleh komodo adalah bersisik, warna abu-abu, bentuk moncong lancip, tungkai lengan kuat, dan ekor yang berotot. Komodo menggunakan indera penciumannya yang tajam untuk mendeteksi keberadaan mangsanya. Kemampaun indera penciuman ini mampu membuat komodo mencium mangsa beberapa meter di depannya. Hampir di semoua bagian gigi komodo tertutup oleh gusi. Dan uniknya, gusi akan berdarah saat hewan tersebut makan dan mengunyah. Hal ini disebebkan karena gusi yang berdarah menjadi media berkembangnya bakteri berbahaya pada mulutnya. Bakteri itu membuat darah mangsa yang digigit menjadi keracunan sehingga mangsa lemas dan tidak bisa melarikan diri. Sayagnya hewan ini terancam punah karena ulah pemburu binatang yang merusak habitatnya.

Demikian ulasang lengkap mengenai teks laporan hasil observasi beserta contoh teksnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close