Pendidikan

√ Teks Eksemplum : Pengertian, Ciri, Struktur [Lengkap]

Pernahkah kalian mendengar dan mempelajari tentang teks eksemplum? Tahukah kalian jika teks eksemplum ini salah satu teks yang berkaitan dengan pengalaman hidup seseorang? Untuk itu, berikut ini akan diulas teks eksemplum secara lengkap mulai dari pengertian, ciri, karakteristik, unsur kebahasaan, struktur, dan contoh dari teks eksemplum. Berikut ulasannya!

Pengertian Teks Eksemplum

√ Teks Eksemplum : Pengertian, Ciri, Struktur [Lengkap]
Pengertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum merupakan suatu teks yang menceritakan tentang perilaku tokoh dalam suatu cerita. Alur dari teks eksemplum diawali dengan perkenalan tokoh, kemudian peristiwa yang dialami tokoh, dan diakhiri interpretasi yang muncul dalam diri tokoh.

Teks eksemplum dapat dikatakan sebuah teks yang menjelaskan pengalaman-pengalaman yang terjadi dalam kehidupan seseorang, dimulai dari peristiwa yang dialami hingga peristiwa tersebut memiliki hikmah yang dapat diambil sebagai pembelajaran dalam kehidupan nyata.

Baca juga : Teks Deskripsi

Ciri-Ciri Teks Eksemplum

Ciri-ciri Teks Eksemplum
Ciri-ciri Teks Eksemplum

Setiap teks pasti memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakan dari teks lain. Begitu pula teks eksemplum. Berikut akan dipaparkan ciri-ciri dari teks eksemplum, diantaranya:

  • Menunjukkan urutan peristiwa yang runtut dan jelas
  • Menggunakan bahasa nuansa yang naratif yang dapat menguraikan suatu peristiwa
  • Berisikan tentang suatu peristiwa yang tidak diinginkan tokoh
  • Memiliki struktur lengkap
  • Adanya perubahan perilaku pada toko untuk tidak melakukan kesalahan yang sama
  • Menceritakan pengalaman hidup seseorang
  • Unsur bahasa yang dipakai umumnya dalam bentuk kata kerja, kata penghubung, referensi, dan kalimat dalam bentuk kompleks.

Baca juga : Artikel Ilmiah

Karakteristik Teks Eksemplum

Karakteristik Teks Eksemplum
Karakteristik Teks Eksemplum

Teks eksemplum memiliki beberapa karakteristik yang mendasarinya. Berikut karakteristik dari teks eksemplum, yaitu:

  • Peristiwa yang diceritakan umumnya menimbulkan penyesalan dalam diri tokoh
  • Peristiwa yang diceritakan umumnya merupakan peristiwa yang tidak dikehendaki
  • Peristiwa yang diceritakan umumnya peristiwa yang jarang terjadi dalam kehidupan nyata
  • Peristiwa yang diceritakan mengandung nilai-nilai yang dapat disarankan atau memberikan hikmah bagi para pembaca
  • Pada teks eksemplum dapat menghadirkan diri penulis dalam menginterpretasikan dan koda

Baca juga : Cara Membuat Berita Acara

Struktur Teks Eksemplum

Struktur Teks Eksemplum
Struktur Teks Eksemplum

Berikut struktur dari teks eksemplum, diantaranya:

1. Orientasi

Orientasi merupakan bagian awal dari teks eksemplum yang biasanya terdiri dari pengenalan tokoh-tokoh di dalamnya

2. Insiden

Insiden merupakan bagian yang berisikan permasalahan yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita teks eksemplum dengan menjelaskan peristiwa-peristiwa terkait suatu permasalahan yang dialami tokoh.

3. Interpretasi

Interpretasi merupakan bagian cerita yang berisikan pesan moral, evaluasi, serta akibat dari suatu permasalahan yang dialami oleh tokoh dalam suatu cerita teks eksemplum.

Baca juga : Struktur Penulisan Essay

Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

Teks eksemplum memiliki beberapa unsur kebahasaan yang digunakan. Berikut unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks eksemplum, diantaranya:

  • Menggunakan kalimat yang berbentuk kalimat kompleks
  • Menggunakan kata rujukan
  • Menggunakan kata penghubung atau konjungsi
  • Menggunakan kata kerja

Contoh Teks Eksemplum Singkat

Contoh Teks Eksemplum Singkat
Contoh Teks Eksemplum Singkat

A. Contot Teks Eksemplum Tentang Sebuah Peristiwa

Akibat Dari Adanya Operasi Zebra

Kesadaran saya muncul akan pentingnya menaati peraturan lalu lintas dari peristiwa yang pernah saya alami yaitu pada saat saya kembali lagi ke daerah tempat saya menimba ilmu. Hampir setiap minggu, saya pulang ke kampung halaman tempat saya dilahirkan yaitu Sidoarjo. Sekarang ini saya tinggal di Malang tepatnya di kos-kosan. Saya seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di sebuah Universitas swasta di Malang. Jarak kampung dengan kampus saya sangatlah jauh sehingga saya memutuskan untuk ngekos di sekitar Universitas tempat saya kuliah. Saya tinggal di kosan dengan teman saya yang juga sedang kuliah di tempat yang sama. Ketika pulang kampung, saya biasanya naik kereta api tetapi kadang pula saya naik sepeda motor. Pada waktu itu, saya berangkat jam 09.00 pagi dari kampung dengan menaiki sepeda motor dan kemungkinan sampai di kos-kosan sekitar jam 11.00 kalau tidak macet.

Ketika di perjalanan tepatnya di daerah Singosari, tiba-tiba saya mengantuk karena pada malam harinya saya tidak tidur dikarenakan ada tugas dari dosen dan harus dikumpulkan besoknya. Dengan kondisi tersebut membuat saya tidak fokus dalam mengendarai motor sehingga saya menyuruh teman saya untuk bergantian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pada saat itu teman saya masih belum memiliki SIM sehingga saya menyarankan untuk lebih berhati-hati, tidak usah mengebut dan jangan melanggar lalu lintas. Kalau ada operasi zebra jangan sampai menunjukkan kepanikkan.

Ketika sampai di sekitar rel kereta api, saya tidak melihat adanya aktivitas operasi zebra. Jadi saya dan teman saya santai dan tidak terburu-buru dalam perjalanan. Tak berselang lama, tiba-tiba motor kami oleng dan terjatuh.
“Gimana sih ini, kok bisa jatuh ih?” saya bertanya kepada teman saya.
“Kayaknya di depan sana ada operasi zebra deh. Jadi biar aman, ya banting stir ke kiri, lah kok malah ada selokan di pinggir hehehe” jawabnya.
“Kan sudah kubilangin tadi. Jangan panik. Stay cool aja.” Jawabku sambil merengut.

Akhirnya akibat dari operasi zebra itu motor kami masuk ke dalam selokan. Untungnya sekitar selokan tersebut ada warga yang sedang nongkrong di Warung. Jadi mereka membantu kami untuk mengeluarkan motor dari selokan. Semenjak kejadian itu, kesadaran akan pentingnya mentaati lalu lintas muncul di benak saya. Saya sangat berterimakasih kepada Tuhan karena masih memberikan kami kesehatan dan keselamatan dari marabahaya.

B. Contoh Teks Eksemplum Pendidikan

Kebijakan Sekolah Terkait Larangan Membawa Handphone

Salah satu smartphone yang sedang booming di era milenial ini adalah handphone. Berbagai macam merk handphone yang dijual di pasaran dengan harga yang bermacam-macam tergantung merk dan tipe handphone. Saat ini pengguna handphone bukan hanya dari kalangan orang dewasa saja, anak-anak pun sudah mulai diberikan fasilitas handphone. Saat ini banyak sekali anak-anak membawa handphone ke sekolah padahal sebelumnya sudah diberlakukan tata tertib yang menerangkan bahwa adanya larangan membawa handphone ke sekolah dengan alasan apapun itu. Larangan tersebut memiliki maksud yang baik karena kerap kali guru memergiki siswa bermain handphone pada saat pembelajaran berlangsung.

Sebagian orang menyatakan, kebijakan tidak diperbolehkan membawa handphone ke sekolah in tidak sesuai dengan kurikulum pendidikan yang diterapkan di Indonesia yaitu kurikulum 2013 yang mana siswa dituntut untuk aktif dan mandiri dalam mencari pengetahuan yang berkaitan dengan materi yang diajarkan di dalam kelas. Siswa dituntut untuk mencari tahu secara mendalam yang berhubungan dengan materi pembelajaran yang diajarkan di kelas sehingga siswa membutuhkan handphone sebagai media untuk mencari referensi bacaan sebagai sumber pengetahuan.

Selain itu, orang tua menyuruh anaknya membawa handphone ke sekolah untuk memudahkan dalam berkomunikasi, misalnya untuk memberitahu kapan waktunya pulang sekolah, memberitahu jika siswa dipulangkan awal karena adanya rapat, dan sebagainya.  Siswa juga membawa handphone ke sekolah untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ada hal yang begitu mendesak. Jika pihak sekolah melarang untuk membawa handphone, bagaimana jika salah satu siswa dalam keadaan yang mendesak dan butuh orang tua untuk menjemputnya? Apakah pihak sekolah dapat memberikan jalan keluar ketika suatu saat muncul peristiwa seperti yang dicontohkan di atas?

Solusi terbaik untuk permasalahan ini yaitu pihak sekolah diharapkan menimbang kembali kebijakan yang telah dikeluarkan yaitu kebijakan terkait larangan membawa handphone ke sekolah. Sebelum memutuskan kebijakan, alangkah baiknya untuk memikirkan dulu terkait dampak positif dan negatif yang ditimbulkan karena sebenarnya membawa handphone itu sangat penting. Selain untuk berkomunikasi, Handphone memiliki peran yang penting dalam dunia pendidikan.

Baca juga : Pengertian Resume

Nah itulah ulasan mengenai teks eksemplum secara lengkap mulai dari pengertian, ciri, karakteristik, struktur, unsur kebahasaan beserta contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close