Begini Cara Tarik Siswa Baru Dapodik 2023

  • Whatsapp
Begini Cara Tarik Siswa Baru Dapodik 2023

Tahukau.com – Tarik Siswa Baru Dapodik 2023 – Dimana masa penerimaan siswa baru telah berlangsung, siswa yang diterima harus segera dimasukkan ke dalam data Dapodik sekolah. Diketahui, bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akhir akhir ini merilis sebuah aplikasi Dapodik 2023 versi terbaru.

Nah, perubahan versi membuat beberapa operator sekolah kesulitan menarik data siswa baru ke Dapodik 2023. Lantas, apakah kamu juga kesulitan menarik data siswa baru ke Dapodik 2023 sekolah kalian? Bila iya, maka kini kamu bisa simak cara menarik siswa baru di Dapodik 2023.

Cara Tarik Siswa Baru Dapodik 2023

Penarikan data siswa baru memang perlu dilakukan setiap operator sekolah. Sebab, apabila siswa sudah masuk ke dapodik data pada jenjang pendidikan sebelumnya, maka kini kamu harus melakukan ekstraksi data.

Namun, kamu tidak bisa memasukkan data secara manual, sebab ini akan menduplikasi data siswa. Dimana juga pengisian data secara manual hanya bisa dilakukan apabila siswa tersebut tidak terdaftar di Dapodik.

Misalnya siswa yang bukan TK atau Paud dapat masuk secara manual, sebab tidak terdaftar di Dapodik. Padahal cara tarik siswa baru di Dapodik 2023 sangat mudah dilakukan.

Baca informasi menarik lainnya :

  1. Aplikasi Dapodik 2023, Ini Penjelasannya
  2. Kode Bank BNI untuk PayPal Terbaru, Cek Disini!

Tutorial Tarik Siswa Baru Dapodik 2023

Dimana penarikan data siswa baru di Dapodik 2023 bisa dilakukan dengan menggunakan SP DATADIK 2022. Namun, kamu perlu berhati-hati ketika melakukan penarikan data siswa baru di Dapodik 2023. Jangan sampai kamu keliru menarik siswa lain. Namun, buat kalian masih masih bingung, berikut tutorial tarik data siswa baru di aplikasi Dapodik 2023:

  1. Pertama buka browser, dan kamu bisa masuk ke SSO Manajemen Sekolah Dapodik (sso.datadik.kemdikbud.go.id).
  2. Jika sudah, kamu bisa masukkan username dan password akun Dapodik kamu.
  3. Kemudian, klik menu Aplikasi, lalu klik PD Baru, dan pilih menu Dapodik.
  4. Setelah itu, masukkan Provinsi, Kabupaten/Kota, Nama Sekolah, dan Tahun Kelulusan siswa yang akan di tarik.
  5. Dan klik tombol Tampilkan, maka kini kamu bisa centang siswa baru yang masuk ke sekolah kamu.
  6. Pastikan daftar siswa yang kamu centang sesuai dengan data siswa baru yang akan ditarik.
  7. Terakhir, klik tombol Daftarkan, supaya mahasiswa baru berhasil ditarik ke Dapodik 2023.
  8. Selesai.

Demikian informasi singkat mengenai Begini Cara Tarik Siswa Baru Dapodik 2023, semoga dengan adanya informasi diatas yang sudah Mimin buat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua.

Untuk itu, jangan sampai ketinggalan update artikel dari Mimin setiap harinya, karena Mimin banyak menyediakan informasi seputar game, teknologi dan informasi masa kini. Sekian, sampai jumpa lagi dan terima kasih telah berkunjung di Tahukau.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.