Bisnis

Daftar Tarif Ongkir Jasa Pengiriman Paket Dan Barang

Www.tahukau.com – Anda yang sering berbelanja online, tentu sudah tidak asing lagi dengan jasa pengiriman barang. Penjual besar atau perusahaan yang biasa mengirimkan barang dalam jumlah besar ke tempat yang jauh tentunya membutuhkan jasa pengiriman barang untuk mempersingkat waktu pengiriman. Maraknya jual beli online juga menjadikan banyak orang sering menggunakan jasa pengiriman untuk mengantar paket dan barang. Dari beberapa alasan tersebut, akhirnya muncul beberapa jasa pengiriman barang dengan beragam tarif pengiriman. Simak baik-baik artikel berikut ini ya.

Daftar Tarif Ongkir Jasa Pengiriman Se-Indonesia

Jasa pengiriman paket dan barang oleh perusahaan ekspedisi biasanya menggunakan dua perhitungan, yaitu:

Tarif Kilogram yang biasanya dikenakan ketika ukuran paket kiriman Anda kecil tetapi berat. Paket ditimbang beratnya kemudian dikalikan dengan tarif sesuai dengan pilihan layanan antar dan tempat tujuan.
Tarif Volume yang biasanya dikenakan ketika ukuran paket kiriman Anda ringan tetapi ukurannya besar. Paket diukur menggunakan meteran, dikonversi menjadi berat kilogram dengan rumus PxLxT : 6000. Hasilnya akan dikalikan dengan tarif per kilogram sesuai pilihan layanan antar dan tempat tujuan.

Baca juga : Gopay Dompet Virtual

Berikut ini adalah tarif ongkir jasa pengiriman paket dan barang yang ada di Indonesia, antara lain:

JNE

Tarif Ongkir Jasa Pengiriman
JNE Tarif Ongkir Jasa Pengiriman

Adalah salah satu jasa pengiriman paling laris di Indonesia. JNE menawarkan 4 jenis layanan pengiriman barang yaitu OKE (ongkos kirim ekonomi), REG (reguler), YES (yakin esok sampai), dan SS (super speed). Tarif ongkos kirim barang dari Jakarta ke Bandung untuk 1kg barang dari layanan OKE memiliki tarif Rp 10.000 dengan estimasi waktu 2-3 hari, REG memiliki tarif Rp 11.000 dengan estimasi waktu 1-2 hari, YES memiliki tarif Rp 22.000 dengan estimasi waktu 1 hari, dan SS memiliki tarif Rp 403.000 tanpa estimasi waktu.

TIKI

TIKI
TIKI

TIKI menawarkan 5 jenis layanan pengiriman barang yaitu ECO (ekonomi service), REG (reguler service), ONS (over night service), HDS (holiday delivery service), dan SDS (same day service). Tarif ongkos kirim barang dari Jakarta ke Bandung untuk 1kg barang dari layanan ECO memiliki tarif Rp 8.000, REG memiliki tarif Rp 9.000 dengan estimasi waktu <7 hari, ONS memiliki tarif Rp 20.000 dengan estimasi waktu 1 hari, HDS memiliki tarif Rp 42.000, dan SDS memiliki tarif Rp 181.000 dengan estimasi waktu 1 hari.

Wahana Prestasi Logistik

Wahana Prestasi Logistik
Wahana Prestasi Logistik

Adalah perusahaan jasa pengiriman yang memiliki servis transportasi udara, laut, darat, udara, dan jasa pergudangan. Tarif pengiriman barang dari Jakarta ke Bandung dengan berat barang 1 kg menggunakan Domestic Express Services dikenankan biaya sebesar Rp 15.000 dengan estimasi waktu 5 hari.

Pandu Logistics

Pandu Logistics
Pandu Logistics

Perusahaan yang lahir sejak 1992 ini menawarkan 2 jenis layanan jasa, yakni Overnight Service dengan tarif Rp 12.000 dan estimasi waktunya hampir 2 hari. Serta, Same Day Service yang dikenakan biaya Rp 300.000 dengan estimasi 1 hari.

RPX Holding

RPX Holding
RPX Holding

RPX Holding menawarkan 5 jenis layanan jasa pengiriman. Tarif pengirimian barang dari Jakarta ke Bandung untuk berat barang 1 kg memiliki tarif berbeda. SameDay Package memiliki tarif Rp 351.000, sedangkan MidDay Package dengan estimasi waktu 1 hari dikenakan tarif Rp 28.000. Next Day Package memiliki tarif Rp 21.000 dengan estimasi waktu 1 hari. Regular Package dengan estimasi 2-4 hari memiliki biaya 14.500, sementara Retail Package mempunyai biaya Rp 13.500 dengan estimasi 4-6 hari.

Si Cepat

Si Cepat
Si Cepat

Adalah perusahaan jasa pengiriman barang sejak tahun 2004 yang menawarkan 2 jenis layanan jasa pengiriman. Tarif pengiriman barang dari Jakarta ke Bandung yang membawa 1 kg barang menggunakan BEST (besok sampai tujuan) dikenakan tarif sebesar Rp 22. 000 dan memakan waktu 1 hari. Sedangkan dengan regular memakan waktu 1-2 hari dan biayanya Rp 11.000.

ESL Express

ESL Express
ESL Express

Adalah salah satu divisi PT. Eka Sari Lorena Transport. Pada tanggal 26 Desember 1995 seirimg dengan meningkatnya jasa pengiriman barang, berubah menjadi PT. Eka Sari Lorena ‘ESL Express’. Salah satu jenis layanan pengirimannya adalah ESL Express untuk jenis kiriman RPX (0,01-99,00 kg). Biaya pengiriman barang sebesar 1 kg dari Jakarta ke Bandung dengan RPX adalah sebesar Rp 11.200.

Pos Indonesia

Pos Indonesia
Pos Indonesia

Keberadaan Pos Indonesia memiliki cerita yang panjang. Salah satu jenis layanan Kantor Pos adalah Surat Kilat Khusus dan Express Next Day. Biaya pengiriman barang dari Jakarta ke Bandung dengan berat barang 1 kg menggunakan Surat Kilat Khusus adalah Rp 15.000 dan waktu estimasi sebanyak 2-4 hari. Sedangkan Express Next Day sebesar Rp 18.000 dengan estimasi waktu 1 hari.

Baca juga : Daftar Kode Bank Tranfer

Tapi tenang, jangan khawatir, sebab pada artikel ini akan dibahas pula cara menghemat biaya ongkir barang saat berbelanja online dan mengirim paket, antara lain:

Mencari informasi tarif jasa pengiriman

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari informasi tarif jasa pengiriman beberapa perusahaan ekspedisi seperti JlNE, TIKI, Posindo, atau jasa kurir lain. Pilih jasa pengiriman dengan harga paling ekonomis namun berkualitas. Atau Anda bisa meminta penjual untuk bekerja sama dengan jasa pengiriman termurah. Ingat, jika tarif ongkir akan berpengaruh pada waktu estimasi. Waktu estimasi 2-3 hari akan lebih murah daripa 1 hari.

Cari penjuan yang memberi gratis ongkir

Jika ada penjual online yang memberikan gratis ongkir dengan barang sama, mengapa Anda harus pilih yang bayar? Rajin-rajinlah untuk mengecek toko-toko online yang menawarkan ongkir gratis meskipun ada atau tanpa syarat. Biasanya syarat yang diberikan hanya minimum pembelian agar dapat gratis ongkir.

Perhatikan packing paket kiriman

Jika Anda adalah pemilik bisnis online, perhatikan packing barang untuk menghemat ongkos kirim. Sebab, jika Anda sudah sepakat dengan pembeli untuk tarif 1 kg tetapi cara packingnya melebihi 1 kg, maka Anda rugi. Packing harus tersusun rapi agar paket tidak terlalu besar dan beratnya ringan.

Datangi kantor cabang utama pengiriman

Jika Anda ingin mengirim paket dengan harga murah dan cepat, datangi cabang utama resmi jasa pengiriman sehingga tidak melalui agen. Sebab yang terjadi di lapangan, jika berat paket 1,2 kg di agen pengiriman sudah dihitung menjadi 2 kg.

Belanja online saat promo dan diskon

Jika ingin hemat berbelanja dalam urusan ongkir, manfaatkan event promo dan diskon besar seperti pada saat hari besar. Selain banjir promo besar-besaran, toko online juga banyak yang menawarkan gratis ongkir.

Tidak dapat dipungkiri bahwa ekspedisi, penjual, dan pembeli adalah ekosistem yang berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Selalu usahakan untuk berbelanja dengan benar dan bijak. Pilihlah jasa pengiriman paket dan barang sesuai dengan dana yang Anda miliki. Demikian ulasan tentang daftar ongkir jasa pengiriman paket dan barang di Indonesia dan semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close