Wisata

17 Tarian Daerah Indonesia yang Paling Populer

Kebudayan Indonesia memang sudah diakui dunia. Salah satunya adalah tarian daerah yang beragam. Tarian daerah adalah sebuah tarian yang berkembang di suatu daerah untuk menciptakan identitas masyarakat daerah tersebut. Tarian daerah biasanya menceriatakan sejarah atau kebiasaan yang berkembang di masyarakat tersebut. Apa saja tarian daerah tersebut? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda!

Berikut ini adalah tarian daerah yang ada di Indonesia, antara lain:

Tari Saman – Aceh

Tari Saman-Aceh

Tari Saman adalah tari yang berasal dari suku Gayo untuk memperingati hari-hari penting masyarakat Aceh. Beberapa sumber menyatakan bahwa Tari Saman dikembangkan oleh Syekh Saman, ulama dari Gayo, Aceh Tenggara. Selain digunakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, tari Sama sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai “Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity tahun 2011. Keunikan tarian ini dari suara yang dihasilkan dari gerakan tangan sekelompok penari berjumlah ganjil secara duduk.

Baca juga : Pengertian Budaya

Tari Kecak – Bali

Tari Kecak – Bali

Salah satu keragaman budaya Bali adalah tari Kecak. Tari Kecak adalah seni drama khas Bali yang menceritakan tokoh pewayangan bernama Rahmana. Tarian tersebut biasanya juga dikenal sebgaai tari Sanghyang yang dipentaskan saat upacara keagamaan.

Baca juga : Senjata Tradisional

Tari Topeng Betawi – Betawi

Tari Topeng Betawi – Betawi

Tari topeng Betawi berasal dari Betawi dimana tarian ini menggunakan topeng saat sedang menari. Selain diiringi oleh musik gamelan, tari Topeng Betawi juga dilakukan bersamaan dnegan drama sehingga menjadi pertunjukkan yang bagus. Gerakannya yang ceria dan lincah membuat tari Topeng Betawi biasa digelar pada acara festival atau hajatan.

Baca juga : Rumah Adat

Tari Jaipong – Jawa Barat

Tari Jaipong – Jawa Barat

Tarian Jaipong yang menjadi ikon kesenian Jawa Barat lahir dari sosok seniman kreatif, H Suanda tahun 1976 di Karawang, Jawa Barat. Awal kemunculannya, tarian ini terkenal dengan gerakan erotis dan vulgar. Tarian Jaipong sering dipentaskan untuk menyambut tamu yang datang atau berkunjung ke Jawa Barat.

Baca juga : Alat Musik Jawa Timur

Tari Piring – Sumatera Barat

Tari Piring – Sumatera Barat

Tarian populer dari Sumatera Barat adalah tari piring dimana properti piring digunakan para penari dalam melakukan gerakan tariannya. Dahulu, tari piring dimainkan oleh laki-laki dan perempuan yang membawakan sesembahan untuk para dewa sebagai rasa syukur atas hasil panen melimpah. Para penari akan bergerak ketika alat musik talempong dan salong dibunyikan. Gerakan penarinya sangat cepat, atraktif, dan indah dengan piring-piring di tangan tanpa ada yang terjatuh sama sekali.

Tari Pendet – Bali

Tari Pendet – Bali

Tarian Pendet adalah salah satu kesenian tradisional di Bali dan merupakan tari sambutan. Oleh sebab itu, selain ditampilkan di perayaan hari-hari besar agama di pulau Dewata, Tarian Pendet digunakan sebagai tari penyambutan untuk tamu besar.

Tarian Reog Ponorogo – Jawa Timur

Tarian Reog Ponorogo – Jawa Timur

Versi resmi alur cerita Reog Ponorogo adalah Raja Ponorogo yang bernia melamar Putri Kediri bernama Dewi Ragil Kuning. Di tengah perjalanan, raja dicegat oleh Raja Sinobarong dari Kerajaan Kediri. Pasukan Raja Sinobarong adalah merak dan singa, sementara pihak Ponorogo memiliki Raja Kelono dan Anom yang diwakili Warok. Perang kedua kerajaan ini adalah untuk mengadu ilmu hitam diantara keduanya. Reog Ponorogo biasanya diawali dengan tarian pertama oleh 6-8 laki-laki berpakaian hitam yang melambangkan singa pemberani. Sementara, tarian kedua dimainkan 6-8 gadis yang menaiki kuda. Tarian ini biasa dipentasakn pada acara pernikahan, khitanan, dan hari besar nasional lainnya.

Tarian Barong – Bali

Tarian Barong – Bali

Tarian Barong mencerminkan pertarungan antara kebajikan yang diminkan oleh Barong (Dharma) dengan kostum binatang berkaki empat dan kebatilan oleh (Adharma). Dimana peran tersebut dimainkan oleh Rangda dengan kostum yang memiliki dua taring runcing di mulutnya. Tokoh-tokoh lainnya adalah kera (sahabat Barong), Dewi Kunti, Sadewa (anak Dewi Kunti), dan para pengikut Rangda. Unsur mitologis dari tarian ini adalah tradisi pra-Hindu yang mempercayaai bahwa sosok Barong adalah hewan mitologis pelindung kebaikan.

Tarian Cokek – Betawi

Tarian Cokek – Betawi

Tarian Cokek adalah tari yang digunakan untuk memeriahkan pesta adat Betawi. Dengan diiringi musik, para penari akan menggoyangkan pinggul, tangan, dan badan sesuai dengan irama musik. Gerakan tarian ini adalah gabungan antara budaya Betawi, Sunda, dan Cina. Hal ini terbukti karena pada tarian ini diselipkan gerakan pencak silat yang semakin membuat unik tarian cokek tersebut.

Tari Gambyong – Surakarta

Tari Gambyong – Surakarta

Kata gambyong pada tarian ini diambil karena seorang penari bernama Sri Gambyong. Penari tersebut memiliki paras yang cantik dan gerakan tari yang luwes. Bahkan, beliau memiliki suara yang bagus dan hal ini membuat semua orang semakin menyukainya. Iringan musik gamelan mengiringi penari yang biasanya mengenakan pakaian merah, hijau, atau kuning tersebut.

Tarian Ronggeng – Jawa Tengah

Tarian Ronggeng – Jawa Tengah

Tarian Ronggeng adalah tarian tradisional dari Jawa Tengah yang berkembang hingga ke seluruh Pulau Jawa. Tariannya sangat khas dan cantik sehingga sering dipentaskan saat acara-acara besar di Jawa. Hal ini disebabkan karena gerakan tarian ronggeng sangat indah dan gemulai yang membuat para penari Nampak lebih cantik dan menawan.

Tarian Kuyang – Suku Dayak

Tarian Kuyang – Suku Dayak

Tarian Kuyang memiliki makna dua alam yakni alam ghaib dan nyata. Tujuan tarian ini adalah mengusir makhluk halus yang berada di pohon-pohon atau benda-benda di suatu daerah. Oleh karena itu, Tarian Kuyang biasanya dimainkan pada malam hari agar bisa ampuh mengusir makhluk halus tersebut.

Tarian Aluyen – Sorong Papua Barat

Tarian Aluyen – Sorong Papua Barat

Tarian Aluyen dipentaskan oleh masyarakat setempat sebagai perayaan pembangunan baru atau pembukaan lahan baru agat memiliki banyak kebaikan bagi warga setempat. Penarinya adalah laki-laki maupun wanita yang berjejer panjang dengan memakai pakaian adat istiadat Sorong. Gerakan tersebut sangat lincah dan cepat dimana kaki menjadi gerakan utamanya.

Tarian Bedhaya Ketawang – Surakarta

Tarian Bedhaya Ketawang – Surakarta

Tarian Budhaya Ketawang dimainkan saat pengangkatan tahta Kesultanan di Surakarta. Jumlah penarinya ada sembilan orang wanita. Pakaian yang digunakan saat pementasan tarian Budaya Ketawang adalah pakaian asli Surakarta sehingga budaya kental Surakarta semakin muncul.

Tarian Kratili – Suku Minahasa Sulawesi Utara

Tarian Kratili – Suku Minahasa Sulawesi Utara

Tarian Kratili sekilas mirip dengan tarian dansa di Eropa. Hal tersebut tidak bisa terlepas dari asal-usul tarian tersbeut sebab Tarian Kratili adalah perpaduan kebudayaan Minahasa dengan Eropa yakni saat masa Spanyol dan Portugis datang ke Sulawesi Utara. Saat ini, tarian tersebut digunakan pada perayaan tertentu seperti pernikahan hingga festival yang diadakan pemerintah Sulawesi Utara.

Tarian Bulu Londong – Sulawesi Barat

Tarian Bulu Londong – Sulawesi Barat

Tarian Bulu Londong berasal dari Mamasa dan kemudian berkembang ke wilayah Sulawesi Barat. Tarian ini adalah tari perang sebab gerakan-gerakan tarinya seperti orang yang sednag berperang. Pakaian penari Tarian Bulu Londong begitu sederhana dengan tidak memakai apapun di bagian atas, serta memakai tanaman untuk bawahannya. Peralatan lainnya adalah senjata yang unik seperti panah dari kayu dan dedaunan.

Tarian Kipas Pakarena – Gowa Sulawesi Selatan

Tarian Kipas Pakarena – Gowa Sulawesi Selatan

Tari Kipas Pakarena menggunakan kipas sebagai media utama untuk menari. Gerakan-gerakan di dalam tarian Kipas Pakarena tentu tidak jauh dari gerakan mengipas. Tarian kipas Pakarena dari dulu hingga sekarang menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Sulawesi Selatan sehingga tidak akan pernah absen untuk dipentaskan di acara-acara besar seperti perayaan atau berbagai festival.

Demikian ulasan lengkap mengenai tarian tradisional Indonesia. semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close