PendidikanUmum

Syarat Pendaftaran CPNS Tanggal 11 November 2019!! Amati Langsung

Badan Kepegawaian Negara atau BKN telah memberitakan untuk mengumumkan pelaksanaan tes CPNS 2019 yang akan mulai berlangsung pada bulan november mendatang. Dikutip dari informasi resmi BKN, jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dibutuhkan untuk tahun 2019 dan 2020 mencapai total 197.111 formasi dengan rincian, instansi pusat sebanyak 37.854 formasi pada 68 kementerian/lembaga dan instansi daerah 159.257 formasi pada 462 pemerintah daerah

Syarat Pendaftaran CPNS Tanggal 11 November 2019

Informasi yang disampaikan berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2019 Badan Kepegawaian Negara (BKN) beberapa waktu lalu. Bagi masyarakat yang ingin menguji peruntungan menjadi PNS, mak dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pelamar dapat mengakses portal SSCASN 2019 di alamat https://sscasn.bkn.go.id untuk melihat informasi penerimaan PPPK melalui portal SSCASN.
  2. Pelamar perlu membuat akun dengan memilih menu ‘PPPK’ pada portal SSCASN. Kemudian klik ‘Registrasi’. Dan pelamar mengisi syarat-syarat seperti nomor peserta ujian, tanggal lahir, nomor induk kependudukan (NIK), dan kartu keluarga (KK), alamat email aktif, dan mengunggah foto.
  3. Pelamar melakukan pendaftaran (login) di portal SSCASN disertai kata kunci dan NIK.
  4. Pelamar bisa melengkapi data dengan mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun sebagai bukti telah membuat akun. Lalu, memilih jabatan dan melengkapi biodata disertai keterangan pendidikan. Pelamar juga mengunggah dokumen yang diperlukan, memeriksa isian pada form resume, dan mencetak kartu pendaftaran.
  5. Lalu, pihak BKN akan melakukan verifikasi berkas.
  6. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian untuk mengikuti seleksi sesuai ketentuan.
  7. Pihak panitia seleksi PPPK 2019 akan mengumumkan informasi status kelulusan pelamar, dan hasilnya terbuka untuk diakses.

Dokumen, Syarat dan Prosedur Pendaftaran CPNS 2019

Tata cara pendaftarannya
Tata cara pendaftarannya

Dikarenakan tidak sedikit masyarakat yang antusias untuk ikut tes CPSN 2019, maka perlu mempersiapkan diri dari mulai dari sekarang seperti dokumen penting yang dibutuhkan sampai pada memahami alur pendaftarannya agar bisa lolos CPNS 2019.

Baca juga : Formasi CPNS 2019

Dokumen

Pihak BKN mengungkapkan, peserta wajib melengkapi dokumen yang sudah ditentukan untuk ikut pendaftaran CPNS 2019, sebagai berikut:

  • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Scan Kartu Keluarga (KK)
  • Pas Foto
  • Scan Ijazah
  • Scan Transkrip Nilai
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar termasuk SKCK.

Syarat

Jadwal Pendaftaran CPNS 2019
Jadwal Pendaftaran CPNS 2019

Adapun persyaratan yang perlu diperhatikan dengan baik oleh para peserta CPNS 2019, di antaranya yaitu:

  1. Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah dan
  9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Prosedur Pendaftaran

Pengumuman Resmi CPNS 2019 Portal BKN
Pengumuman Resmi CPNS 2019 Portal BKN

Sebaiknya jika kamu ingin ikut mendaftar dalam lowongan ini, maka jangan terkecoh dengan adanya pihak yang memberikan penawaran daftar CPNS dengan proses yang cepat dengan harga yang terjangkau. Karena seleksi penerimaan CPNS selalu dilakukan melalui portal resmi https://sscasn.bkn.go.id dan Computer Assisted Test (CAT). Karena proses dan penyeleksian ini berjalan dapat berjalan dengan transparan dan gratis.

Baca juga : Alur Pendaftaran Cpns 2019

Berikut prosedur pendaftaran yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap peserta CPNS 2019, antara lain:

1. Kunjungi lama https://bkn.go.id

2. Buat akun dengan cara:

  • Pilih menu SSCN lalu klik Registrasi.
  • Isi NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga.
  • Isi alamat email yang aktif, password dan pertanyaan untuk keamanan akun.
  • Unggah pas foto dengan ukuran gambar minimal 120kb dan maksimal 200kb. Pastikan foto tersebut dalam format JPG atau JPEG.
  • Cetak kartu informasi akun tersebut.

3. Login di portal SSCN dengan NIK dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.

4. Lengkapi Data Peserta:

  • Unggah foto diri dengan pegang KTP dan Kartu Informasi Akun. Ini dijadikan sebagai bukti bahwa peserta sudah membuat akun yang sesuai.
  • Wajib lengkapi biodata peserta.
  • Pilih instansi, formasi dan jabatan sesuai pendidikan.
  • Unggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi yang dipilih.
  • Cek kembali semua kelengkapannya di form Resume.
  • Cetak Kartu Pendaftaran.

5. Pihak verifikator akan mengecek semua kelengkapan berkas dan dokumen yang diunggah atau dikirimkan ke instansi tertentu yang meminta peserta untuk mengirim berkas.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

6. Peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi tersebut, pelamar akan mendapatkan Kartu Ujian yang digunakan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya yang disesuaikan dengan instansi.

7. Peserta hanya tinggal menunggu pengumuman yang akan diinformasikan langsung di laman bkn.go.id.

Persiapkan Diri dengan Matang

Formasi Pendaftaran Cpns 2019 -2020
Formasi Pendaftaran Cpns 2019 -2020

Untuk mempersiapkan segala sesuatunya, maka peserta diminta untuk mengecek kembali persiapan untuk mengikuti penyeleksian CPNS 2019. Mulai dari kelengkapan dokumen dan formulir yang diisi sampai kamu juga perlu mempelajari soal-soal tes CPNS yang bisa didapatkan dari buku dan internet atau kamu juga bisa ikut bimbel khusus tes CPNS.

Baca juga : Contoh Surat Pernyataan

Persiapan yang dilakukan dengan maksimal tentunya akan memberikan hasil yang baik. Pastikan untuk mengecek situs dan sosial media BKN atau instansi terkait secara rutin untuk mendapatkan informasi terkini mengenai CPNS 2019.

Kebutuhan Pegawai ASN

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan menyebutkan total formasi yang akan dibuka pada pendaftaran CPNS tahun 2019 ini sebanyak 197.111, dengan rincian untuk kementerian dan lembaga sebanyak 37.854 formasi, dan untuk daerah 159.257 formasi.

Terdapat beberapa hal yang mendasari kebijakan tersebut.

  1. Formasi kementerian/lembaga (K/L) harus sesuai dengan skema kabinet yang baru pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tanggal 20 Oktober 2019.
  2. Terdapat beberapa proses dalam rekrutmen CPNS dengan jangka waktu tertentu yang telah ditetapkan dan tidak mungkin dipersingkat. Proses itu meliputi, masa pengumuman selama 15 hari, dan penyampaian persyaratan pelamaran via daring (online) selama 10 hari sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.
  3. Anggaran rekrutmen dan gaji CPNS 2019 pada sebagian Kementerian, Lembaga, dan Daerah (K/L/D) berpotensi dialihkan untuk kegiatan lain yang lebih prioritas, serta harus selesai dipertanggungjawabkan pada pertengahan Desember. Dengan demikian, jika proses seleksi dipaksakan selesai tahun ini akan menimbulkan konsekuensi anggaran yang rumit.
  4. Sebanyak 541 K/L/D yang akan membuka formasi CPNS 2019 harus melaksanakan pelatihan dan formasi awal pada sistem online yang baru.
  5. Dibutuhkan untuk menghindari kesalahan input yang berakibat fatal bagi calon peserta sebagaimana terjadi di beberapa tempat pada proses rekrutmen CPNS tahun 2018.
  6. Pada akhir Desember 2019 beberapa wilayah di Indonesia Timur  seperti Papua, Papua Barat, Maluku, NTT akan libur lebih lama untuk melaksanakan perayaan Natal. Dengan demikian, proses pendaftaran CPNS 2019 tidak akan berjalan optimal pada tempat-tempat tersebut.

Demikianlah rekrutmen CPNS 2019 tanggal dan persyaratannya yang bisa menjadi acuan kamu untuk mencoba mendaftarkan diri. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close