Kesehatan

Surabaya Zona Hijau Covid 19, Begini Penjelasannya!

Tahukau, – Berita terkini, Surabaya dinyatakan menjadi zona hijau covid 19 dalam beberapa hari, tentu hal ini menjadi berita yang gembira untuk walikota Surabaya Rismaharini.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengaku, jika wilayahnya sudah berubah menjadi zona hijau Covid-19 atau dengan risiko rendah untuk penularan virus corona. Risma mengungkapkan, jika angka kesembuhan kasus Covid-19 di Surabaya juga cukup tinggi.

“Di mana kondisi Surabaya sudah menjadi zona hijau yang artinya penularan kami sudah rendah. Lalu yang sembuh juga banyak,” jelas Risma dikutip dari siaran pers, Senin (3/8/2020).

Pemerintah Kota Surabaya juga menjelaskan sehubungan dengan klaim Risma yang menyebut Kota Pahlawan itu sudah masuk zona hijau Covid-19. Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto mengatakan, jika perubahan status zona hijau itu berdasarkan kajian pakar epidemiologi yang diterima oleh Pemkot Surabaya.

Baca juga: Heboh! Dosen Lakukan Pelecehan Seksual, Alasan Riset Swinger Di Yogya!

Hasil laporan itu, jelas Irvan, transmission rate di Surabaya sudah berada di bawah angka satu.  “Dari pakar epidemiologi, dr Ati, disampaikan data sampai dengan 26 Juni 2020 memang sudah hijau, untuk transmission rate-nya itu sudah di bawah 1 kita. Bahkan sampai dengan delapan hari kita sudah hijau,” ungkap Irvan saat dikonfirmasi, Selasa (4/8/2020). 

Irvan mengakui, tren kasus Covid-19 di Surabaya saat ini terus menurun. Di sisi lain, angka kesembuhan pasien Covid-19 yang kian meningkat. 

“Untuk tren kasus di berbagai data yang sudah kami terima, mengalami tren penurunan terkait jumlah kasus, dan ada kenaikan dalam jumlah kesembuhan,” papar Irvan. 

Hal tersebut membuat Irvan kukuh jika Kota Surabaya telah berstatus zona hijau Covid-19. “Silakan yang menilai seperti apa, yang jelas kami warnanya sudah hijau,” ungkap Irvan.

Baca juga: Ngaku Temukan Obat Covid 19, Sosok Hadi Pranoto Dicemooh!

Berdasarkan peta pada laman resmi media di Surabaya Tanggap Covid-19, Kota Surabaya masih berstatus zona merah penyebaran Covid-19. 

Pada peta itu, ada beberapa kota lain yang berstatus zona merah, seperti contoh Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Gresik, Kota Malang, Kota Batu, dan Kota Mojokerto.

Sedangkan, data milik pemerintah pusat yang diakses melalui situs covid19.go.id juga mengelompokkan jika kota Surabaya dalam kategori wilayah zona merah penularan Covid-19. 

Hal ini tentu masih memerlukan hasil data yang bisa menunjukkan fakta jika Surabaya memang sudah menjadi zona hijau covid 19 yang lebih akurat.

Hal inilah yang menjadi tugas bagi semua instansi pemerintah Surabaya untuk memperkecil angka penularan covid 19 agar bisa mengurangi angka peningkatan terjadi lagi.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close