Wisata

√ Daftar Suku di Indonesia Serta Penjelasan dan Gambar

Indonesia yang berlambangkan Bhinneka Tunggal Ika (bebeda-beda namun tetap satu jua) memiliki bermacam-macam suku dan ras. Persebaran suku ini membentang dari Pulau Sabang hingga Merauke. Selain suku bangsa yang ada di pulau-pulau besar, suku di Indonesia juga tersebar di daerah terpencil seperti Pulau Kalimantan dan Papua. Apa saja macam-macam suku di Indonesia tersebut? Simak baik-baik ulasan berikut ini ya!

Berikut adalah suku-suku yang ada di Indonesia, antara lain:

Suku Batak – Sumatera Utara

Suku Batak – Sumatera Utara

Batak adalah sebutan kolektif bagi para penduduk Tapanuli dan Sumatera Utara. Suku batak terdiri dari beberapa bagian seperti Suku Batak Toba, Batak Pakpak, Batak Mandailing, dan Batak Karo. Suku ini terkenal dengan orang-orang yang giat dan pekerja keras.

Baca juga : Suku Mante

Suku Melayu – Bangka Belitung

Suku Melayu – Bangka Belitung

Melayu diambil dari kerajaan Malayu yang pernah singgah di kawasan Sungai Batang Hari. Jumlah penduduk suku ini tersebar hingga ke luar Sumatera yang mengikuti perkembangan jaman Sriwijaya sampai ke Pulau Jawa.

Baca juga : Suku Sunda

Suku Serawai – Bengkulu

Suku Serawai – Bengkulu

Suku yang berada di kepuluan Bengkulu adalah suku Serawai. Persebaran suku ini dimulai dari kabupaten Bengkulu Selatan meliputi Kecamatan Sukaraja, Talo, Kelutum, hingga Seginim.

Baca juga : Suku Jawa

Suku Lampung – Lampung

Suku Lampung – Lampung

Suku Lampung dikenal menjadi bagian dari Kerajaan Sriwijaya yang terbagi menjadi dua bagian yakni Suku Sebatin dan Pepadun. Suku ini mengalami penyebaran ke beberapa suku Lampung lain seperti suku Tulang Bawang, Pesisir, dan Krui Abung.

Suku Betawi – DKI Jakarta

Suku Betawi – DKI Jakarta

Mungkin suku Betawi menjadi salah satu suku yang paling terkenal diantara suku-suku yang lainnya. Ciri khas suku Betawi adalah pakaian adatnya yang menggunakan kain sarung dan kebaya. Selain itu, suku ini juga terkenal dengan kesenian ondel-ondel sebagai mascot suku Betawi dari DKI Jakarta.

Suku Sunda – Jawa Barat

Suku Sunda – Jawa Barat

Suku Sunda adalah suku terbesar kedua di Indonesia setelah suku Jawa. Masyarakat banyak mengenal suku ini dari permainan musiknya berupa permainan alat musik bernama Angklung. Kebaya adalah pakaian adat yang menjadi ciri khasnya.

Suku Baduy – Banten

Suku Baduy – Banten

Suku Baduy adalah salah satu suku yang menyendiri dan jauh dari kehidupan kota. Mereka menerapkan kehidupan yang terisolasi dari dunia luar. Jumlah penduduk dari suku Baduy adalah 5000 sampai 8000 jiwa.

Suku Jawa – Daerah Istimewa Yogyakarta

Suku Jawa – Daerah Istimewa Yogyakarta

Suku Jawa merupakan suku paling besar di Indonesia yang jumlah penduduknya setengah dari jumlah keseluruhan. Suku Jawa terbesar ada di Yogyakarta yang terkenal dengan kaerifan lokal dan kesakralan adat budayanya. Selain kota Yogyakarta, suku Jawa juga mendiami hampir seluruh bagian Jawa Tengah seperti Semarang, Magelang, dan lainnya.

Suku Madura – Jawa Timur

Suku Madura – Jawa Timur

Pernahkah Anda mencoba kuliner sate khas Madura? Salah satu suku di Indonesia, yakni suku Madura memang terkenal dengan sate sebagai kuliner khasnya. Berdasarkan sensus penduduk tahun 2014, populasi suku ini mencapai 20 juta jiwa.

Suku Bima – Nusa Tenggara Timur

Suku Bima – Nusa Tenggara Timur

Salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit adalah Suku Bima. Selain Suku Sasak yang berada di Nusa Tenggara Barat, suku Bima juga dihun oleh sebagian besar masyarakat Nusa Tenggara. Ciri khas dari suku tersebut adalah cadar yang terbuat dari kain sarung bernama Rimpu.

Suku Dayak – Kalimantan Barat

Suku Dayak – Kalimantan Barat

Salah satu suku yang berada di Kalimantan yaitu suku Dayak. Keberaniannya dalam berburu dan melawan musuh menjadi ciri khas sehingga banyak dikenal orang. Masyarakat yang menjadi anggota suku Dayak adalah hampir semua bagian Pulau Kalimantan seluruhnya. Suku Dayak terdiri dai beberapa rumpun seperti rumpun Apokayan, rumpun Ibun, rumpun Klematan, rumpun Murun, rumpun Kenyah dan Bahan, rumpun Ot Danun-Ngaju, dan rumpun Punan. Suku yang paling mendominasi adalah rumpun Kenyah. Ciri khas suku tersebut adalah aksesoris berupa manik-manik dari batu alam sebagai perhiasan tubuh.

Suku Minahasa – Sulawesi Utara

Suku Minahasa – Sulawesi Utara

Salah satu suku terbesar yang mendiami Pulau Sulawesi adalah suku Minahasa. Selain suku Minahasa, beberapa suku lain yang berada di Sulawesi Utara adalah Mangondow, Gorontalo, Ternate, dan Talaud. Pakaian adat khas dari suku Minahasa adalah kain merah yang digunakan sebagai sabuk.

Suku Gorontalo – Gorontalo

Suku Gorontalo – Gorontalo

Suku Gorontalo biasa disebut dengan Suku Hulondalo mendiami hampir seluruh wilayah Gorontalo di Pulau Sulawesi. Mayoritas penduduk suku Gorontalo sama sekali belum tersentuh oleh dunia luar. Suku lain yang mendiami Gorontalo selain suku Gorontalon adalah suku Manado, Polahi, Atinggola, dan Suwawa.

Suku Buru – Maluku

Suku Buru – Maluku

Suku Buru merupakan suku yang sebagian besar tinggal di Pulau Buru. Sebutan lain suku Buru adalah gebfuka atau gebmiliar. Julukan yang diberikan kepada suku Buru tersebut memiliki makna dan arti tertentu yakni orang dunia atau orang tanah.

Suku Asmat – Papua

Suku Asmat – Papua

Suku Asmat dikenal sebagai suku ahli dan pintar dalam berburu di hutan. Perburuan di hutan untuk mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari dilakukan sebab kehidupan suku Asmat jauh dai jangkauan luar. Suku yang terkenal sebagai penghasil kerajinan ukir kayu unik ini terbagi menjadi dua bagian yakni mereka yang mendiami pesisir pantai dan mereka yang ada di pedalaman. Sehingga kedua populasi suku Asmat memiliki cara hidup, dialek, dan struktur sosial berbeda.

Suku Bugis – Sulawesi Selatan

Suku Bugis – Sulawesi Selatan

Selain suku Bugis yang berada di Sulawesi Selatan, suku lainnya adalah suku Toraja, suku Mandar, dan Suku Sa’dan. Suku Bugis dikenal sebagai golongan dari suku Melayu Deutero. Yaitu suku yang masuk ke Indonesia setelah terjadi proses gelombang migrasi pertama di daratam Asia atau tepatnya di kawasan Yunan.

Suku Banjar – Kalimantan Selatan

Suku Banjar – Kalimantan Selatan

Selain suku Banjar yang berada di Sulawesi Selatan, beberapa suku lainnya adalah suku Ngaju, suku Maanyan, suku Bakumpai, suku Bukit, suku Dusun, suku Deyah, suku Balangan, suku Aba, suku Melayu, suku Dayak, dan lainnya. Jumlah penduduk suku Banjar mencapai angka 4,1 juta jiwa. Dari jumlah populasi tersebut, sekitar 2,7 juta jiwa tinggal di kawasan Kalimantan Selatan dan sisanya berada di perantauan.

Suku Bali – Bali

Suku Bali – Bali

Sesuai dengan namanya, suku Bali mendiami provinsi Bali. Suku ini mendiami dua jenis suku berbeda, yakni Bali Aga dan Bali Majapahit. Suku Bali Aga dikenal sebagai suku yang menganggap bahwa mereka adalah penduduk asli dari populasi Bali sendiri.

Baca juga : Tarian Daerah

Suku Sasak – Nusa Tenggara Barat

Suku Sasak – Nusa Tenggara Barat

Suku yang berada di kawasan Nusa Tenggara Barat, Sasak berasal dari kata sak-sak berarti sampan. Dalam kitab Kertagama, kata sasak dikenal sebagai satu kesatuan dengan pulau Lombok, yakni Lombok sasak Mirah Adhi. Sedangkan dalam tradisi lisan, kata sasak berasal dari kata sa’saq yang berarti satu dan kata Lomboq memilikki arti lurus. Apaila digabung maka kata tesebut memiliki arti sesuatu yang lurus.

Suku Makassar – Pulau Sulawesi

Suku Makassar – Pulau Sulawesi

Etnis Melayu yang berada di kawasan pesisir selatan Pulau Sulawesi adalah suku Makassar. Makassar sering disebut dengan kata Mangkasara yang bearti sifat terbuka. Suku Makassar dikenal sebagai jiwa penakluk sehingga gemar melakukan peperangan di laut.

Baca juga : Senjata Tradisional

Demikian ulasan lengkap mengenai suku-suku yang ada di Indonesia dan semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close