Umum

Biografi dan Perkembangan Bisnis Sudono Salim

Tahukau.comBiografi Sudono Salim – Anda tahu Salim Group? Tidak? Baiklah. Bagaimana dengan BCA, Indofood, dan Bogasari? Pasti familiar bukan dengan ketiga nama perusahaan besar tersebut? Nah, tahukah anda siapakah pendiri perusahaan-perusahaan superior tersebut? Yap, benar sekali. Dia adalah Sudono Salim seorang imigran yang berasal dari Tiongkok yang mencoba peruntungan nasib di Indonesia. Namun usahanya tidak sia-sia. Pria yang bernama Sudono salim ini kemudian menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia bahkan di Asia dan menjadi pembuat lapangan kerja terbesar di Indonesia. Bagaimanakah perjalanan karir Sudono Salim si pendiri perusahaan-perusahaan superior yang saat ini maju pesat di Indonesia? Simak ulasan berikut hanya untuk anda!

Baca juga : Edwin Soeryadjaya

Biografi Sudono Salim

Biografi Sudono Salim

Sudono Salim yang memiliki nama asli Liem Sioe Liong ini lahir  pada tanggal 16 Juli 1916 di distrik Fuqing, provinsi Fujian, Tiongkok. Sudono Salim merupakan pendiri dari salah satu perusahaan makanan terbesar di Indonesia. Awal mulanya Sudono dan Kakaknya beserta saudara ipar pergi ke Indonesia karena terjadi konflik di daerahnya. Mereka sampai di kota Surabaya, namun menetap di kota Kudus, Jawa Tengah. Pada saat itu Sudono Salim sempat menjadi gelandangan selama beberapa hari karena sang kakak yang menjemputnya. Ia kemudian menjadi penduduk Indonesia yang pada saat itu masih dikenal dengan Hindia Belanda karena masih pada pengaruh kolonialisme Belanda.

Perjalanan Sudono Salim tak berhenti sampai disitu. Ia pernah mendapat pekerjaan sebagai salah seorang pekerja di pabrik pembuatan tahu dan krupuk. Pada saat bekerja di pabrik tersebut, naluri bisnis nya pun muncul dan melihat pada beberapa kesempatan bisnis yang dapat ia raih. Salah satu potensi yang menarik perhatiannya ialah bisnis rokok. Pada masa itu banyak sekali terdapat industry rokok di kota Kudus, Jawa tengah. Namun nyatanya jumlah pasokan termbakau dan cengkeh sangatlah minim pada saat itu. Ia pun memutuskan untuk terjun dalam bisnis sebagai pemasok cengkeh juga tembakau. Tetapi untuk memulai bisnisnya ini membutuhkan modal yang begitu besar sedangkan ia hanyalah seorang pegawai biasa. Ia pun mendapatkan modal untuk memulai bisnisnya dari sang mertua, ayah dari wanita yang ia nikahi yang bernama Lie Kim Nio atau dikenal dengan nama Lilani.

Baca juga : Rudy Salim

Biografi Sudono Salim

Bisnis yang ia jalankan pun berjalan sukses hingga sedikit demi sedikit membesar. Di waktu yang terbilang cukup singkat Sudono Salim sudah dikenal sebagai Bandar cengkeh yang memiliki koneksi si tiap-tiap pulau seperti Sulawesi dan Sumatera. Setelah suksesnya bisnis cengkeh yang ia miliki, Sudono Salim pun menjadi seorang yang memasok alat-alat medis kepada tentara revolusioner yang berada di Medan. Dari menjadi pemasok alat-alat kesehatan inilah ia mengenal Soeharto yang pada saat itu menjabat sebagai perwira tentara Indonesia. Sudono salim pun pernah dituduh sebagai pemasok senjata untuk tentara Indonesia meskipun telah dibantah mentah-mentah.

Usaha cengkeh ini pun mulai mengalami penurunan bahkan bisa dibilang hambatan tersebut mematikan bisnis cengkeh Sudono Salim. Di tahun 1942, Indonesia berada dibawah pemerintahan Jepang yang mengharuskan masyarakat Indonesia menghentikan segala jenis bisnis yang dijalankan. Hal tersebut belangsung selama 3 tahun lamanya, hingga Jepang meninggalkan Indonesia. Sudono Salim kemudian pindah ke ibukota Jakarta. Disana ia mulai membangun kerja sama dengan beberapa perusahaan asal Tiongkok dan juga Honkong yag bergeak menjadi pemasok utama produk kebersihan seperti sabun kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI). Selain itu, Sudono Salim juga mulai mengeksplorasi bisnis pada saat itu. Ia pun mendirikan sebuah bank bersama Mochtar Riady yang merupakan orang kepercayaannya karena pada saaat itu kesulitan ekonomi menjadi masalah utama yang terjadi diawal pembentukan pemerintahan Indonesia. Bank tersebut dinamakan Central Bank Asia namun pada akhirnya nama itu dirubah menjadi Bank Central Asia yang biasa kita kenal sebagai Bank BCA.

Baca juga : Prajogo Pangestu

Perkembangan Bisnis Sudono Salim

Perkembangan Bisnis Sudono Salim

Seiring berjalannya waktu, Sudono Salim mulai merambah dunia bisnis produksi pangan. Yang menjadi tujuannya adalah makanan pokok warga Indonesia. Namun, bukan nasi yang ia pilih melainkan tepung terigu yang menjadi pilihannya karena ia melihat bahwa tepung terigu merupakan bahan utama untuk membuat makanan lain seperti mie, roti dan lainnya. Maka dari itu ia memutuskan membangun sebuah perusahaan yang bernama PT Bogasari pada tahun 1968 yang masih berdiri hingga saat ini.

Setelah PT Bogasari berjalan lancar dan menjadi perusahaan terbesar yang terkenal dimana-mana, Sudono Salim pun beralih pada sector bisnis baru yang bergerak di produksi bahan bangunan. Sudono Salim melakukan kerjasama dengan para pebisnis handal luar negeri dan mendirikan sebuah perusahaan pemasok semen yang bernama Indocement. Perusahaan pemasok semen ini menjadi perusahaan raksasa yang masih berjaya mulai tahun 1973 hingga saat ini.

Setelah berhasil dengan PT Bogasari juga Indocement, Sudono Salim kembali membuka bisnis baru yang kali ini pada ranah makanan. Ia menciptakan sebuah perusahaanyang memproduksi makanan dengan berbahan dasar tepung terigu yang berupa mie instant. Perusahaan ini resmi didirikan pada tahun 1990 dan diberi nama Indofood. Perusahaan ini sukses menarik perhatian masyarakat Indonesia saat diluncurkannya produk perdana mereka yaitu Indomie yang merupakan mie instant. Produk ini pun memiliki dua varian rasa yaitu sari udang dan sari ayam. Seiring berjalannya waktu produk ini pun mengeluarkan banyak varian rasa yang memikat lidah para konsumen. Indomie sendiri mengalami kesuksesan yang pesat dan popular bahkan hingga mancanegara dengan salah satu varian populernya yaitu Mie Goreng. Selain memiliki rasa yang unik juga lezat, harga untuk sebungkus Indomie pun relative murah dan dianggap sangat bersahabat bagi masyarakat. Dan tak lupa dengan kandungan kalorinya yang terbilang cukup untuk dijadikan sebagai salah satu makanan pokok. Indomie menjadi produk paling popular di Indonesia. Di tahun 2016 bersama Coca Cola serta Lifebuoy, Indomie masuk dalam deretan 10 produk yang paling banyak dibeli di seluruh dunia.

Baca juga : Irwan Mussry

Perkembangan Bisnis Sudono Salim

Namun sangat disayangkan takdir berkata lain. Sudono salim jatuh sakit dan dirawat di Rumah Sakit Raffles yang terletak di Singapura. Dan pria berdarah Tiongkok ini harus menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 10 Juni 2012, satu bulan sebelum hari ulang tahunnya yang ke 96. Meskipun begitu nama Sudono Salim sendiri akan terus menggema bersama seluruh produk-produknya yang telah tersebar di berbagai penjuru dunia. Salim Group pun dipegang dan diteruskan oleh anaknya yakni Anthony Salim dan menantunya Fransiscus Welirang. Saat ini Salim Group memiliki sejumlah anak perusahaan yang terbilang cukup besar antara lain: Indofood, BCA, Indosiar, Indomaret, Indomarco, Indocement, Indomobil, PT Mega, Bank Windu Kencana, PT Harunata, PT Waringin Kencana dan lainnya.

Demikian sekilas biografi dan perjalanan karir dari pria bernama Liem Sioe Liong yang berimigrasi ke Indonesia dan merintis karirnya menjadi seorang pekerja pabrik dan mulai melakukan bisnis pertamanya yaitu sebagai pemasok tembakau dan cengkeh hingga akhirnya lahirlah berbagai perusahaan besar dan terkemuka olehnya. Seluruh kesuksesan yang telah ia raih bukan semata-mata karena keberuntungan saja melainkan semangat dan kerja kerasnya lah yang dapat melahirkan kesuksesan tersebut. Semua yang ia dapat juga tidak secara instan melainkan harus melewati proses jatuh bangun yang dapat membuat banyak orang mudah menyerah. Jadi, bagaimana dengan anda? Maukah mendapatkan kesuksesan secara instan namun tak bertahan lama ataukah mendapatkan kesuksesan melalui tahap-tahap yang melelahkan terlebih dahulu namun dapat dirasakan dalam jangka waktu panjang? Semua ada pada pilihan anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close