Pendidikan

Struktur Penulisan Teks Eksplanasi Disertai Contoh

Secara bahasa, eksplanasi berasal dari kata Explanation yang berarti penjelasan. Sementara, teks eksplanasi adalah sebuah paragraf yang memuat informasi tentang “mengapa” dan “bagaimana” suatu peristiwa terjadi. Peristiwa atau kejadian yang dijadikan topik pembahasan sebuah teks eksplanasi biasanya terdiri dari peristiwa alam, budaya, sosial, dan ilmu pengetahuan. Ingin tahu penjelasan teks eksplanasi beserta contohnya? Simak selengkapnya di sini ya!

Baca juga : Kata Pengantar

Struktur Penulisan Teks Eksplanasi Disertai Contoh

Struktur Penulisan Teks Eksplanasi Disertai Contoh

Di dalam sebuah teks eksplanasi, Anda dapat memahami hubungan sebab akibat dari proses peristiwa yang terjadi. Anda bisa merasakan berbagai peristiwa dengan mudah dengan mempelajari pola peristiwa melalui aspek “mengapa” dan “bagaimana”. Ciri-ciri teks eksplanasi harus memuat hal-hal seperti berikut:

  • Informasi yang dituliskan berdasarkan fakta dan nyata atau dalam kata lain teks bukanlah fiksi dan karangan belaka tanpa ada tambahan opini dari penulis
  • Fakta informasi yang tertulis bersifat ilmiah atau sejalan dengan ilmu pengetahuan
  • Terdiri dari tiga macam struktur, yaitu pernyataan umum, sebab akibat, dan interpretasi
  • Tulisannya memakai sequencemarkers seperti pertama, kedua, ketiga, atau dengan kata pertama, berikutnya, dan berakhir
  • Teks bersifat informatif sehingga tidak mempengaruhi pembaca untuk mempercayai hal-hal yang dijelaskan pada teks eksplanasi

Struktur teks eksplanasi tidak bisa disamakan dengan struktur jenis teks lainnya. Karena teks tersebut memiliki struktur teks secara khusus. Perbedaan struktur teks ini akan mempengaruhi teks yang akan disajikan dengan pemahaman pembaca terhadap suatu teks. Struktur teks eksplanasi adalah:

Baca juga : Pengertian Abstrak

Struktur Penulisan Teks Eksplanasi Disertai Contoh
Struktur Penulisan Teks Eksplanasi Disertai Contoh

1. Pernyataan Umum

Pernyataan umum adalah struktur teks eksplanasi yang pertama. Di dalam pernyataan umum sudah melingkupi penjelasan dari sebuah topik dan proses yang menyebabkan adanya peristiwa tertentu.

2. Sebab dan Akibat

Struktur selanjutnya adalah sebab akibat. Sebab akibat akan menjelaskan tahapan peristiwa yang disusun secara bertahap mulai dari proses awal hingga proses akhir terhadap suatu kejadian tertentu.

3. Interpretasi

Suatu pernyataan mengenai topik yang tengah diuraikan dalam teks akan dijelaskan pada struktur interpretasi. Bagian ini biasa disebut dengan kesimpulan dari teks eksplanasi yang telah dibuat.

Di dalam menyusun struktur sebuah teks eksplanasi, Anda juga harus mengetahui dan memahami dengan jelas bagaimana bagian-bagian teks eksplanasi itu sendiri. Bagian-bagian tersebut akan mendukung fungsi teks eksplanasi menjadi uraian yang mudah dipahami. Bagian-bagian dari teks eksplanasi antara lain:

Baca juga : Contoh Kerangka Makalah

Struktur Penulisan Teks Eksplanasi Disertai Contoh
Struktur Penulisan Teks Eksplanasi Disertai Contoh
  • Bagian Pembuka, dimanapenulis bercerita tentang topik yang dijadikan bahasan dalam suatu teks eksplanasi secara umum
  • Bagian isi, dimana penulis menjelaskan rentetan penjelasan tentang suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi atau dijadikan sebagai topik di dalam teks eksplanasi
  • Bagian penutup, dimana penulis menguraikan inti penjelasan yang telah dibahas di bagian isi teks eksplanasi

Seperti yang kita ketahui, setiap teks eksplanasi biasanya memiliki kaidah kebahasaan sendiri. Kebahasaan tersebut unik sehingga antara satu teks dengan teks yang lain berbeda. Dengan adanya kaidah kebahasaan, pembaca tentu lebih menebak apa jenis teks yang sedang mereka baca tersebut. Kaidah-kaidah kebahasaan teks eksplanasi adalah:

Baca juga : Pengertian Artikel Ilmiah

Struktur Penulisan Teks Eksplanasi Disertai Contoh
Struktur Penulisan Teks Eksplanasi Disertai Contoh
  • Penjelasan yang disampaikan di dalam teks eksplanasi biasanya bersifat umum dan tidak melingkupi partisipan mengenai manusia
  • Penulisan penjelasan tentang suatu topik di dalam suatu teks eksplanasi sesuai dengan fakta atau benar-benar terjadi
  • Menggunakan kalimat pasif
  • Di dalam teks eksplanasi juga terdapat konjungsi kusal dan waktu tentang suatu topik yang dibahas di dalamnya
  • Penggunaan kata kerja di dalam teks eksplanasi lebih relasional dan material

Setelah mengetahui berbagai penjelasan mengenai ciri-ciri, struktur, hingga kaidah kebahasaan teks eksplanasi, berikut ini adalah contoh teks eksplanasi.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam

Di dalam teks eksplanasi bencana alam akan dijelaskan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bencana alam sesuai dengan struktur kebahasaan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Banjir Bandang

Pernyataan Umum

Banjir bandang adalah banjir yang terjadi di suatu daerah dengan permukaan rendah. Biasanya banjir bandang terjadi akibat hujan yang turun terus-menerus. Peristiwa alam ini terjadi dengan tiba-tiba dan berlangsung sangat cepat. Banjir ini tergolong dalam banjir besar karena menimbulkan banyak kerugian. Apabila arusnya kuat, apa saja yang berada di dekat banjir bandang dapat terseret hingga ribuan kilometer. Bahkan semua benda yang dilewati banjir bandang akan digenangi air secara tiba-tiba.

Runtutan Penjelasan Sebab Akibat

Banjir bandang berbeda dengan banjir yang biasanya terjadi. Dimana terjadi proses aliran air yang deras disertai dengan bongkahan batuan dan tanah atau batang-batang kayu yang berasal dari hulu sungai. Kenaikan debit pada banjir bandang terjadi secara tiba-tiba meskipun tidak diawali dengan turunnya hujan terlebih dahulu. Sehingga pemukiman yang berada di lereng bukit harus selalu mengawasi kondisi bukit di atasnya. Banjir bandang diawali dengan proses pembendungan alamiah di daerah hulu sungai yang berada di lereng-lereng perbukitan tinggi. Pembendungan ilmiah terjadi akibat dari akumulasi endapan-endapan tanah dan batuan longsor yang terdapat di atas lereng. Proses pembendungan alamiah ini dapat disertai dengan penumpukan batang-batang kayu yang ikut terseret saat longsor terjadi. Air tanah yang terkuak kemudian keluar seperti mata air yang akhirnya menjadi sumber air. Akibat peristiwa tersebut, longsoran tadi berubah menjadi banjir air lumpur yang sangat deras. Faktor utama yang menyebabkan banjir bandang adalah turunnya hujan terus menerus dalam jangka waktu lama. Hujan tersebut akan menyebabkan banjir dan genangan air karena debit air yang turun semakin lama akan semakin banyak. Akibat hujan itu pula, sungai memiliki jumlah air yang berlebih hingga meluapkan air dan menggenangi area tertentu. Bendungan yang berada di hulu juga mempengaruhi terjadinya banjir bandang. Ketika bagian hulu sudah terisi penuh dengan air, maka air bisa menumpahi area yang berada di sekelilingnya apalagi jika geometrinya tidak mumpuni untuk menunjang bagian hulu dan bagian hilir. Seperti banjir bisa, membuang sampah sembarangan juga memiliki andil dalam menyebabkan banjir bandang. Sampah-sampah yang dibuang di sungai akan mengendap di dasar. Saat terjadi pendangkalan, maka jumlah muatan air yang dapat ditampung di sungai akan berkurang sehingga sungai akan membludak dan meluapkan airnya. Lahan kosong sebagai penyerap air hujan kini juga sudah beralih fungsi. Lahan-lahan kosong yang tidak berfungsi semestinya malah akan menyebabkan air tidak bisa meresap ke dalam tanah secara maksimal. Air yang tidak terserap kemudian menyebabkan banjir bandang. Apalagi jika lahan kosong tersebut berada di sekitar sungai, hal ini akan membuat banjir bandang lebih mudah terjadi. Faktor yang tidak kalah pentingnya dalam menyebabkan banjir bandang adalah penggundulan hutan. Penggundulan pepohonan akan memperkecil penyerapan air. Gundulnya hutan membuat penyerapan air menjadi sedikit dan tidak maksimal. Air yang tidak mampu diserap oleh tanah akan memperbesar risiko terjadinya banjir bandang.

Interpretasi

Oleh karena itu, selain faktor alam, faktor penyebab banjir bandang sendiri sebenarnya berasal dari perilaku manusia yang tidak dapat menjaga lingkungannya dengan baik.

Demikian struktur penulisan teks eksplanasi lengkap dengan contoh teks eksplanasi tentang bencana alam. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close