PendidikanUmum

Struktur Penulisan Essay Yang Baik Dan Benar Beserta Contohnya

Jenis teks essay sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Menurut sejarah, essay pertama kali muncul pada tahun 1500-an yang dipelopori oleh seorang filsuf Perancis bernama Montaigne. Montaigne menulis sebuah buku yang berisikan tentang teks anekdot dan hsil observasinya tentang essay. Sedangkan di Indonesia sendiri, essay pertama kali diperkenalkan oleh HB Jassin lewat berbagai ragam tinjauan karya sastra Indonesia. Bagiamana struktur penulisan essay yang baik dan benar dan apa saja contoh-contohnya? Simak baik-baik penjelasan di bawah ini ya!

Struktur Penulisan Essay Yang Baik Dan Benar Beserta Contohnya

Essay adalah serangkaian tulisan yang mengandung opini dengan bersifat subjektif ataupun argumentatif. Pandangan-pandangan penulis terhadap penulisan essay tersebut harus logis dan bisa dipahami oleh pembaca secara baik. Argumentasi yang terdapat di dalam essay harus didukung dengan fakta sehingga tulisan essay tidak menjadi tulisan fiktif atau sekedar imajinasi dari pengarang belaka. Tujuan penulisan essay terdiri dari beberapa aspek:

Berusaha meyakinkan pembaca

Tujuan penulisan essay tidak lain adalah untuk meyakinkan pembaca agar percaya terhadap pendapat penulis terkait dengan sebuah kejadian atau peristiwa tertentu. Pendapat yang diulas di dalam essay harus berdasarkan data-data atau fakta sehingga pembaca yakin pada pendapat penulis tersebut.

Menerima pendapat penulis

Tujuan penulisan essay berikutnya adalah untuk membuat pembaca mau menerima dan menyetujui sudut pandang penulis terhadap suatu masalah atau isu yang sedang populer. Sudut pandang bisa kuat apabila disertai dengan data atau fakta yang mendukung.

Jenis-jenis essay terdiri dari beberapa macam, antara lain:

  1. Essay deskriptif
  2. Essay argumentatif
  3. Essay cerita
  4. Tajuk
  5. Cukilan watak
  6. Essay paparan
  7. Essay reflektif
  8. Essay pribadi
  9. Essay kritik
  10. Essay lukisan
  11. Artikel penelitian

Manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menuliskan essay sangat beragam. Essay mampu membantu Anda untuk saling berbagi ide, opini, dan pengalaman kepada orang lain. Gagasan-gagasan baru dari sudut pandang berbeda dapat dikembangkan melalui essay. Melalui essay pula, pendapat-pendapat yang ada di masyarakat dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh semua pihak untuk memecahkan suatu permasalahan tertentu. Manfaat yang tidak kalah pentingnya dari penulisan essay adalah memunculkan solusi baru yang bukan tidak mungkin dapat direalisasikan sesuai bidangnya di masa depan. Seperti menulis karya ilmiah, essay harus ditulis secara terstruktur dan sistematis, namun kreatifitas penulis tetaplah yang utama. Essay memiliki tiga susunan tubuh essay. Pertama adalah latar belakang sebagai awal pembahasan. Kedua berisi fakta yang disajikan. Ketiga adalah kesimpulan dari pembasan tersebut.

Baca juga : penulisan daftar pustaka

Menulis essay juga harus terstruktur dan sistematis seperti halnya dalam menulis karya ilmiah. Akan tetapi kreatifitas penulis tetap menjadi yang utama.

Secara umum, penulisan essay mempunyai tiga susunan yang biasa disebut dengan badan atau tubuh esai. Yang pertama adalah latar belakang yang sebagai awal pembahasan. Kedua berisi fakta atau berita yang tersaji. Dan yang ketiga berisi kesimpulan. Langkah-langkah untuk menulis essay yang baik dan benar antara lain:

  • Pilihlah tema yang Anda kuasai
  • Jika bingung menentukan tema, Anda bisa menulis judulnya terlebih dahulu. Judul bisa memudahkan Anda untuk menentuka tema yang akan Anda bahas
  • Mulailah menulis segala permasalahan dengan mengungkapkan semua pandangan di bagian pembahasan
  • Gunakan bahasa yang bisa dimengerti semua orang. Jadi, jangan sampai Anda memilih bahasa alay yang malah membingungkan pembaca
  • Lakukan analisa secara subjektif terhadap fakta yang telah disajikan tanpa menggunaka kata-kata kebencian
  • Tulislah gagasan yang terarah dengan fokus kepada masalah. Ingat bahwa tulisan panjang belum tentu isinya baik
  • Periksalah tulisan yang sudah dibuat dan buang hal-hal yang tidak perlu. Anda juga bisa menyusun lagi kata-katanya sehingga lebih enak dibaca

Baca juga : contoh kerangka makalah

Kemampuan menulis essay akademik juga menjadi kebutuhan yang mendasar di dunia pendidikan. Mahasiswa aatau pelajar perlu mengetahui cara menulis essay akademik demi mencapai keberhasilan saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Berikut ini adalah cara menulis essay akademik:

  • Mengetahui tujuan penulisan yang memudahkan kita menemukan gagasan dan format essay yang tepat
  • Membuat kerangka tulisan untuk memetakan gagasan
  • Mengembangkan essay sesuai struktur penulisan yang telah ditentukam
  • Setiap paragraf di dalam essay harus dipastikan memilki kalimat topik. Kalimat topik mampu mewakili fokus dari argumentasi yang ingin Anda sampaikan
  • Pilihlah gaya bahasa yang formal dan objektif
  • Argumentasi yang dijelaskan harus dengan bukti-bukti yang lebih meyakinkan
  • Kata transisi juga bisa digunakan untuk merangkai hubungan antara satu dengan lainnya secara menyeluruh

Baca juga : contoh cerpen

Setelah mengetahui struktur penulisan yang baik dan benar, berikut adalah contoh essay yang bisa Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari:

Contoh Essay Deskriptif dengan tema mendeskripsikan diri sendiri untuk mendaftar suatu kegiatan.

Struktur Penulisan Essay yang Baik dan Benar Dan Contohnya
esay deskriptif

Nama saya adalah Nia Anita, saya lahir di Jakarta pada tanggal 15 Januari 1998. Beberapa teman-teman mengatakan bahwa saya adalah pribadi yang lucu, menyenangkan, dan baik hati. Saya yakin meskipun saya bukanlah orang yang berada, namun ketika saya masih bisa membantu, saya akan membantu. Selama berkuliah di jurusan Sistem Informasi, saya telah mendapatkan banyak pelajaran. Saya dituntut menjadi pribadi yang cekatan, berpikir kreatif, namun tetap tenang dalam menghadapi sesuatu. Kemampuan membuat aplikasi menarik yang mampu bersaing dengan aplikasi lainnya menjadi salah satu kelebihan saya. Saya pernah magang dan bergabung dengan Divisi IT untuk membantu tim IT disana. Tugas yang saya lakukan saat itu adalah menyiapkan program-program aplikasi yang dibutuhkan perusahaan. Saat di masa perkuliahan pula, saya terpilih menjadi ketua Himpunan Prodi Sistem Informasi selama dua periode. Di waktu yang bersamaan pula, saya juga turut bergabung dan menjadi anggota Himpunan Pecinta Seni di tempat saya berkuliah.

Contoh Essay tajuk Cerita dengan tema kasus korupsi di Indonesia

essay tajuk cerita
essay tajuk cerita

Kasus korupsi semakin hari semakin marak semenjak menyeret beberapa nama pejabat yang pada dasarnya masih menjadi pejabat aktif. Korupsi yang merajalela ini semakin menumpuk kekecewaan yang snagat mendalam terutama bagi seluruh rakyat Indonesia. Pejabat yang mereka pilih tentunya diharapkan dapat berupaya mensejahterakan rakyatnya bukan malah memperkaya diri sendiri. Saat ini pula telah dibahas beberapa pengampunan atas perbuatan keji yang banyak dilakukan oleh koruptor sehingga ia mudah bebas dari jeratan hukumnya. Peraturan baru tersebut tentunya sangat merugikan rakyat. Pengurangan hukuman sama sekali tidak setimpal dengan perbuatan yang telah mereka lakukan. Hukuman yang diberikan harusnya dapat membuat para koruptor jera terhadap segala tindak tanduknya  sehingga ia tidak pernah mau mengulangi perbuatan jahat yang telah dilakukan. Ketidakmampuan dalam mengatasi masalah korupsi di Indonesia yang telah merenggut harapan rakyat menjadi salah satu lemahnya sistem pemerintahan Indonesia.

Demikian struktur dalam menulis essay yang baik dan benar disertai denga contoh-contoh yang mudah Anda pahami. Semoga artikel ini bisa bermanfaar dan membantu Anda memahami penulisan essay dengan topik yang menarik.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close