Standar Ukuran Lapangan Basket Nasional Dan Internasional

  • Whatsapp

Tahukau.com – Standar Ukuran Lapangan Basket Nasional Dan Internasional – Olahraga satu ini pasti kalian semua pernah memainkannya bukan? Cabang olah raga ini termasuk salah satu yang paling populer di dunia setelah sepak bola. Jika kita melihat begitu serunya permainan bola basket di dunia tidak lepas perhatian kita dari kompetisi ataupun liga bola basket yang digelar diberbagai negara.

Bola basket adalah olahraga yang termasuk dalam kategori permainan bola besar. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi dan dipatuhi dalam permainan basket. Salah satunya adalah peraturan tentang ukuran lapangan. Permainan basket memiliki ukuran lapangan standar, lantas berapakah luas lapangan permainan basket?

Nah pada kesempatan kali Mimin akan ulas sedikit Mengenai Olahraga Basket beserta ketentuan Ukuran Lapangan Basket. Maka dari itu kalian simak ulasan dibawah ini sampai selesai ya..

Sekilas Tentang Olahraga Basket

Permainan bola basket adalah olahraga paling populer di Amerika Serikat, dengan NBA sebagai liga utamanya, olahraga ini mengalahkan kepopuleran sepak bola di negeri paman sam tersebut. Basket adalah permainan yang diciptakan oleh seorang guru olahraga bernama James Naismith di sekitar tahun 1891.

Pengertian Bola Basket adalah olahraga yang dilakukan secara berkelompok dan dimainkan oleh dua tim yang berlawanan. Masing-masing tim memiliki 5 orang anggota. Setiap tim harus berusaha mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan.

Standar internasional permainan bola basket adalah 4 babak, waktu setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit),  dengan jeda waktu istirahat 10 menit. Tapi khusus untuk NBA berbeda, mereka menggunakan format 12 menit per setiap babaknya (4×12 menit). Seiring dengan berjalannya waktu, pemainan ini terus berkembang dan mulai dinamakan sebagai basketball. Permainan ini pun menyebar di Amerika dan terus berkembang pesat sampai sekarang.

Ukuran Lapangan Basket

Olahraga Basket Memiliki peraturan permainan yang sama dan cara bermainnya juga sama, namun ternyata memiliki ukuran yang berbeda. Nah untuk itu kali ini akan dibahas mengenai ukuran lapangan basket standar internasional dan nasional, seperti berikut ini.

Ukuran Lapangan Bola Basket Internasional:

Ukuran Lapangan Bola Basket
  • Panjang lapangan 28,65 meter
  • Lebar lapangan 15,24 meter
  • Jarak three point line 6,7 dari corner spot dan 7,24 meter dari sisi tengah

Ukuran Lapangan Bola Basket Nasional :

Ukuran Lapangan Bola Basket
  • Panjang : 28 m.
  • Lebar : 15 m.
  • Panjang diameter tengah 3,6 meter
  • Jarak three point line 6,6 meter dari sisi corner dan 6,75 meter dari area tengah lapangan

Ketentuan Ukuran Lapangan Basket :

  • Lingkaran Dalam.
    Terdapat 3 buah lingkaran dalam lapangan bola basket dengan panjang yang sama antara lapangan standar internasional maupun nasional dengan jari jari 1,8 m.
  • Lapangan basket standar nasional dan internasional memiliki garis tengah dengan ukuran panjang x lebar yaitu 1,8 m x 0,05 m, panjang garis akhir wilayah serang 6 m dan garis tembakan hukuman 3,60 m.
  • Untuk mendapatkan poin, terdapat dua lokasi yaitu lokasi untuk three points dan two point, Anda dapat melihat pada gambar.

Papan Pantul Basket :

  • Ukuran Papan Pantul Bola Basket.
    Memiliki papan pantul dengan ukuran atau jarak yang sama antara standar nasional maupun internasional yaitu bagian luar 1,8m x 1,2 m dan bagian dalam 0,59m x 0,45m.
  • Jarak Papan Pantul ke Lantai.
    Jarak lantai sampai ke papan pantul bawah yaitu 2,75 m sementara jarak antara papan pantul bawah ke ring bola basket adalah 0,3 m hal ini sama saja baik standar internasional maupun nasional, selin itu ring basket memiliki ukuran diameter 0,40 m dengan jarak tiang penyangga ring sampai garis akhir yaitu 1 m.

Ukuran Ring Basket

Standar tinggi ring basket yang digunakan baik di dalam maupun luar negeri adalah 3,05 meter atau 10 kaki. Umumnya, pemain basket luar negeri terutama yang bermain di laga pertandingan NBA memiliki tinggi badan di atas rata-rata. Bahkan beberapa pemain dapat mencapai tinggi hingga 2 meter.

Meskipun pada dasarnya ada perbedaan postur di antara pemain basket Indonesia dengan pemain basket luar negeri tetapi hal tersebut tidak mempengaruhi standar tinggi ring basket yang digunakan dalam pertandingan atau kompetisi.

Ukuran Bola Basket

Bola basket dibagi menjadi dua kategori yakni penggunaan dalam ruangan dan luar ruangan.

Yang Terakhir ialah ukuran bola basket, Dalam penerapannya FIBA, NBA, dan asosiasi lainnya memiliki standar yang berbeda beda.

Standar Ukuran Bola Basket Fédération Internationale de Basketball (FIBA)

  • Keliling bola 74,9 cm – 78 cm
  • Berat bola basket 567 gram – 650 gram

Standar Ukuran Bola Basket National Basketball Association (NBA)

  • Keliling bola 74,93 cm – 75,56 cm
  • Berat bola basket 623,7 gram

Ukuran Bola Basket Standar National Collegiate Athletic Association (NCAA)

  • Keliling bola basket 74,93 cm – 76,20 cm
  • Berat bola basket 567 gram – 623,7 gram

Cara mengukur tekanan angin dan kelayakan daya pantul bola, jatuhkan bola dari atas kepala atau dari ketinggian 1,8 meter ke tempat datar (lantai) di mana orang yang melakukannya berdiri.

Jika bola dapat kembali pada ketinggian kira-kira setinggi 1,3 meter maka tekanan angin atau daya pantulnya baik dan layak dipakai untuk bermain.

Jumlah Pemain Dalam Permainan Bola Basket

Dalam 1 tim basket terdiri dari 10 hingga 12 pemain akan tetapi yang dapat bermain di lapangan hanya 5 orang pemain hanya menjadi cadangan yang duduk di bangku cadangan. Di dalam olahraga basket kalian boleh mengganti pemain berapa kali pun itu terserah, tidak seperti layaknya permainan sepak bola yang memiliki batas dalam mengganti pemain yang ada di lapangan. Dalam satu pertandingan basket ini terdiri dari 4 babak atau quarter dimana setiap satu babak memiliki waktu 10 menit,  berarti totalnya adalah 40 menit.

Sejarah Olahraga Bola Basket

Permainan ini pertama kali diciptakan oleh seorang guru olahraga yang berasal dari Kanada yang bernama James Naismith pada tanggal 15 Desember tahun 1891.

Awal mulanya berkembangnya permainan bola basket, terdapat banyak kalangan-kalangan yang bertentangan dengan permainan olahraga ini. Hal ini karena mereka menganggap jika olahraga bola basket ini terlalu keras dan  tidak cocok apabila dilakukan di dalam ruangan.

Perlu ketahui, bahwa pada waktu itu permainan bola basket belumlah menggunakan teknik dribble melainkan hanya dengan cara memindahkan bola dengan lemparan tangan.

Awal mulanya diadakannya pertandingan bola basket pada tanggal 20 Januari 1892. Dan pada akhirnya setelah diadakannya pertandingan itu, mulai banyak orang yang mulai mengenal nama permainan ini dengan sebutan basketball.

Pada era 1930-an perkumpulan–perkumpulan basket mulai dibentuk di kota–kota besar di Indonesia sebagai sentralnya seperti Jakarta, Surabaya, bandung, Semarang, Yogyakarta dan Medan. Pada saat PON I (Pekan Olahraga Nasional) I tahun 1948 di Solo, bola basket pertama kali dimainkan di level Nasional. Peserta PON I ini masih terbatas pada putra terkuat dari masing–masing karesidenan dan perkumpulan–perkumpulan pribumi lainnya.

Dan akhirnya pada 23 Oktober 1951 dibentuklah organisasi dengan nama “Persatuan Basketball Seluruh Indonesia (PERBASI)”. Pada tahun 1954 PERBASI diterima menjadi anggota FIBA. Dan pada tahun berikutnya untuk pertama kalinya Indonesia mengirimkan regu basket di Asian Games Manila.

Akhir Kata

Ukuran lapangan Bola basket standar internasional dan nasional ini merupakan untuk menambah wawasan dan memperluas pengetahuan bagi kalian yang masih belum tahu dengan beda atau samanya ukuran lapangan basket standar nasional dan standar internasional. Semoga bermanfaat ya terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga :
1. Ukuran Standar Lapangan Futsal Nasional & Internasional
2. 6 Olahraga Permainan Bola Kecil Yang Paling Banyak Digemari
3. 6 Olahraga Permainan Bola Besar Yang Paling Banyak Diminati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *