Bisnis

5 Situs Belanja Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Tahukau.comSitus Belanja Online – Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih, saat ini fungsi dari internet tidak hanya digunakan untuk mencari informasi saja. Saat ini internet juga bisa digunakan untuk menghasilkan pendapatan dengan keuntungan yang melimpah. Hal tersebut dimanfaatkan oleh para pebisnis startup e-commerce. Mereka berlomba-lomba memunculkan startup e-commerce dengan mendirikan situs-situs belanja online yang menjual produk-produk lengpap seperti halnya mall. Hal tersebut mengakibatkan semakin meningkatnya jumlah transaksi online terutama di Indonesia.

5 Situs Belanja Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Perlu diketahui bahwa saat ini, banyak situs-situs belanja online yang saling berkompetisi untuk menarik perhatian calon konsumen. Banyaknya situs-situs belanja online tersebut menandakan bahwa situs tersebut diterima dengan baik oleh masyarakat. Namun, ada beberapa juga situs-situs belanja online yang digunakan untuk kejahatan seperti penipuan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui mana situs belanja online yang terpercaya dan mana yang abal-abal. Dari banyaknya situs-situs belanja online, berikut ini akan diulas 5 situs belanja online terbaik dan terpercaya. Maka dari itu, simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Tarif Ongkir Jasa Pengiriman

1. Shopee.co.id

Shopee.co.id

Shopee.co.id merupakan salah satu situs belanja online terpercaya di Indonesia yang dibangun sesuai dengan konsep perdagangan elektronik global. Shopee memiliki kantor pusat di Singapura di bawah naungan SEA Group. Shopee dikenal menjadi salah satu dari 5 Startup e-commerce yang paling disruptif yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee dipimpin oleh Chrisg Feng, salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah memimpin Zalora dan Lazada.

Shopee didirikan pada tahun 2009 oleh Forrest Li. Pada tahun 2015, Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi berbelanja, dan menjual produk kapan saja. Kemudian jangkauan Shopee diperluas lagi hingga ke negara Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, Filipina, bahkan Indonesia. Anda dapat menjual dan belanja apapun di situs Shopee melalui link berikut: https://shopee.co.id/.

Shopee memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Adapun kelebihan dan kekurangan situs Shopee sebagai berikut:

Kelebihan:

  • Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran sehingga belanja online mudah dan aman bagi penjual maupun pembeli
  • Gratis ongkos kirim
  • Metode pembayaran yang bervariasi sehingga mempermudah konsumen untuk bertransaksi

Kekurangan:

  • Sistem keamanan yang masih kurang baik sehingga berpotensi adanya penjual yang tidak jujur
  • Kadang respon dari penjual sangat lambat bahkan tidak ada respon sama sekali

Baca juga : Go-pay Dompet Virtual

2. Tokopedia

Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu situs belanja online asli karya anak bangsa dengan mengusung konsep mall online berupa market place yang inovatif. Situs belanja online Tokopedia memiliki visi yaitu membangun Indonesia yang lebih baik lewat Internet. Tokopedia memberikan dukungan khusus bagi mereka yang mengembanglan Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) maupun perorangan yang ingin memasarkan produknya secara online.

Tokopedia didirikan di bawah naungan PT Tokopedia pada tanggal 6 Februari 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Tokopedia mulai diresmikan dan diluncurkan ke publik pada tanggal 17 Agustus 2009. Sejak kemunculannya di publik hingga saat ini pun Tokopedia telah merebut sebagian besar market virtual di Indonesia dan layanan dasar Tokopedia dapat digunakan ooleh semua orang secara gratis. Anda dapat menjual dan belanja apapun di situs Tokopedia melalui link berikut: https://www.tokopedia.com/

Tokopedia memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Adapun kelebihan dan kekurangan situs Tokopedia sebagai berikut:

Kelebihan:

  • Memiliki fitur pre-order untuk produk yang harus di import yang membutuhkan waktu yang cukup lama
  • Adanya fitur estimasi total belanja yang harus dibayar oleh pembeli beserta dengan ongkos kirimnya
  • Salah satu situs belanja online yang aman karena menggunakan kode OTP

Kekurangan:

  • Aplikasi maupun website dari Tokopedia masih sering mengalami trouble ketika digunakan.
  • Seringnya Maintenance yang membuat kenyamanan pengunjung terganggu
  • Adanya perang harga antar penjual sehingga memberikan keuntungan yang relatif
  • Tidak memiliki fitur blacklist pelanggan atau pembeli

Baca juga : Sistem Kredit Online Kredivo

3. Bukalapak

Bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu situs belanja online yang sudah sangat familiar di masyarakat Indonesia. Pada tahun 2010, Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky bersama dengan temannya. Awal mula Bukalapak didirikan disebabkan karena pada saat itu pola kehidupan masyarakat Indonesia sangatlah konsumtif sehingga hal tersebut membuat Achmad Zaky bersama dengan temannya mencoba berinovasi dengan mendirikan situs belanja online yang diberi nama Bukalapak.

Dengan konsep bisnis C2C (customer to customer), pengguna Bukalapak dapat saling melakukan transaksi jual-beli berbagai macam produk secara online melalui situs Bukalapak. Produk yang dijual di Bukalapak sangat beragam mulai dari pakaian, elektronik, kosmetik, produk herbal, perlengkapan rumah, perlengkapan bayi, produk digital, dan sebagainya. Anda dapat menjual dan belanja apapun di situs Bukapalak melalui link berikut: https://www.bukalapak.com/

Bukalapak memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Adapun kelebihan dan kekurangan situs Bukalapak sebagai berikut:

Kelebihan:

  • Sistem keamanan menggunakan fitur OTP sehingga aman digunakan

Kekurangan:

  • Memiliki fitur quick buyer yang sangat mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung

Baca juga : Online Stock Trading

4. Lazada

Lazada

Lazada merupakan salah satu situs belanja online miliki Alibaba Group yang didirikan sejak bulan Januari 2012 di Berlin, Jerman. Sama seperti situs belanja online lainnya, Lazada juga menawarkan berbagai macam produk seperti elektronik, pakaian, kosmetik, peralatan rumah tangga, buku, dan sebagainya. Lazada berada di bawah naungan Rocket Internet yang saat ini memiliki kantor di Jakarta. Selain berada di Jakarta, kantor Lazada juga ada di beberapa negara Asia Tenggara speerti Thailand, Filipina, Vietnam, dan Malaysia. Anda dapat menjual dan belanja apapun di situs Lazada melalui link berikut: https://www.lazada.co.id/

Lazada memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Adapun kelebihan dan kekurangan situs Lazada sebagai berikut:

Kelebihan:

  • Apabila barang yang dibeli dalam keadaan rusak, barang yang sudah dibeli tersebut dapat dikembalikan
  • Barang yang dijual berkualitas terbaik atau original

Kekurangan:

  • Kiriman barang yang sampai ke konsumen biasanya melebihi batas akhir yang telah ditentukan sehingga konsumen harus selalu memantau status pengiriman di website maupun aplikasi Lazada

Baca juga : Penyedia Layanan Kredit

5. Zalora

Zalora

Zalora merupakan salah satu situs belanja onlie yang fokus pada penjualan berbagai macam produk fashion pria dan wanita dari berbagai merk-merk terkenal. Zalora didirikan oleh Caherine Sutjahyo pada tahun 2012 yang masih termasuk jaringan bisnis dari Zalora Group dan berkantor pusat di Singapura. Zalora merupakan anak perusahaan dari situs belanja online Zalando yang termasuk salah satu proyek dari Rocket Internet yang cukup terkenal di Asia. Di Indonesia sendiri, Zalora berada di bawah naungan dan dikelola PT Fashion Eservices Indonesia. Di tahun 2014, Zalora mengklaim bahwa mereka telah memiliki 2.000 penjual dan 100.000 produk. Anda dapat menjual dan belanja apapun di situs Zalora melalui link berikut: https://www.zalora.co.id/

Zalora memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Adapun kelebihan dan kekurangan situs Zalora sebagai berikut:

Kelebihan:

  • Tampilan website maupun aplikasi yang sangat sederhana sehingga mudah digunakan
  • Memiliki fitur gratis ongkir
  • Produk yang dijual berkualitas dan original
  • Tersedia fitur voucher belanja dengan potongan harga hingga 15%
  • Dapat melakukan refund apabila barang yang dibeli tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditulis

Kekurangan:

  • Pada saat konfirmasi pembayaran masih menggunakan cara yang manual sehingga menghabiskan waktu yang cukup lama
  • Jangka waktu pengiriman barang cukup lama. Barang yang diterima oleh penjual membutuhkan waktu 1 hingga 2 minggu lamanya.

Nah itulah ulasan mengenai 5 situs belanja online terbaik dan terpercaya. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang ingin berbelanja online dan sedang mencari situs belanja online terpercaya.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close