Bisnis

√ Pengenalan Sistem Kredit Online Kredivo

Di zaman serba modern ini, belanja online sangat digemari oleh berbagai pihak. Alasan mereka menyukai belanja online dikarenakan harganya jauh lebih murah dibandingkan beli secara langsung. Kadang juga mereka beralasan jika belanja online mempermudah dalam mencari barang yang jarang dijual dipasaran. Disamping itu, situs-situs belanja online saat ini banyak sekali menawarkan metode-metode yang digunakan untuk pembayaran barang belanjaan. Metode pembayaran yang ditawarkan banyak sekali menarik perhatian konsumen dan sangat memberikan keuntungan bagi konsumen dan perusahaan yang menaungi suatu situs online. Salah satu metode pembayaran yang saat ini sedang banyak digemari oleh masyarakat yaitu Kredivo.

Baca juga : Kartu Kredit Terbaik

√ Pengenalan Sistem Kredit Online Kredivo
√ Pengenalan Sistem Kredit Online Kredivo

Tahukah kalian apa itu kredivo? Kredivo merupakan salah satu metode pembayaran dalam bentuk kredit online yang memiliki sistem pembayaran yaitu bayar sekarang dan bayar nanti dalam jangka waktu 30 hari tanpa adanya bunga dan juga bisa dengan cicilan yang dapat memilih jangka waktu pembayaran seperti satu kali dalam 3 bulan, satu kali dalam 6 bulan, atau satu kali dalam 12 bulan dengan bunga sebesar 2.95% per bulan. Kredivo digunakan dalam bentuk aplikasi di smartphone.

Beberapa merchant e-commerce yang menggunakan kredivo sebagai metode pembayaran, seperti Tokopedia, Traveloka, Lazada, Shopee, Bukalapak, JD.id, Blibli, Tiket.com, dan sebagainya. Kredivo dapat digunakan untuk meminjam secara tunai dengan mencairkan limit kredit yang dimiliki terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai sistem kredit online kredivo dalam pembayaran belanja online, maka berikut ini akan dijelaskan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Kredivo dalam pembayaran. Simak baik-baik ya!

Baca juga : Pinjaman Online

Fitur Utama Dalam Kredivo

Fitur Utama Dalam Kredivo
Fitur Utama Dalam Kredivo

1. Hanya 1 menit untuk mendaftar

Sangat mudah dan cepat dilakukan, proses pendaftaran secara online tanpa adanya survey

2. Pencairan dana kilat

Ketika anda menerima barang online yang dibeli, anda tidak perlu membayar sedikitpun, malah Anda bisa mendapatkan limit hingga 30 juta hanya dalam 2x klik dan dana yang cair dalam jangka waktu 1 menit.

3. Hanya 2x klik untuk belanja barang online

Biasanya saat checkout barang seringkali mengalami kesulitan dan terlalu ribet. Akan tetapi dengan menggunakan kredivo, Anda tidak perlu mengisi formulir pembelian yang begitu rumit, Anda hanya tinggal 2x klik untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan.

4. Bunga rendah

Fasilitas yang akan di dapatkan ketika menggunakan kredivo sebagai metode pembayaran yaitu pembayaran dalam jangka waktu 30 hari yang tidak dikenakan bunga sama sekali atau belanja dengan cicilan dan dapat meminjam secara tunai hanya dengan bunga 2,95% per bulan dalam kredivo yang mana 50% lebih murah dibandingkan sistem kredit online lainnya.

5. Aman dan Nyaman

Tidak perlu memasukkan informasi kartu kredit yang kamu miliki karena sangat rentan sehingga seringkali disalahgunakan oleh pihak banka ketika belanja online. Anda hanya perlu membuat PIN dan OTP untuk melindungi akunmu yang terdaftar dan diawasi oleh otoritas jasa keuangan.

Baca juga : Aplikasi Dompet Virtual

Kelebihan dan Kekurangan Kredivo

Kelebihan dan Kekurangan Kredivo
Kelebihan dan Kekurangan Kredivo

Meskipun sistem kredivo dinilai sebagai sistem kredit yang memiliki banya kelebihan, namun sistem ini tetap memiliki kekurangan. Berikut ini akan dipaparkan beberapa kelebihan dan kekurangan sistem kredivo, antara lain

A. Kelebihan

1. Memudahkan dalam proses pendaftaran, pengajuan, pembayaran, dan sebagainya.

Saat Anda membuka situs-situs toko online baik di situs web atau di aplikasinya, Anda akan menemukan sistem pembayaran yang menggunakan kredit online jika membeli suatu barang di toko itu. Agar dapat menyediakan layanan ini, pihak toko online pastinya telah melakukan kerja sama dengan pihak yang menyediakan fasilitas kredit online tanpa adanya kartu kredit.

Dalam sistem pembayaran kredivo, mulai dari daftar, verifikasi, pembayaran, pengajuan, dan sebagainya dilakukan dengan onlien. Tidak perlu menggunakan banyak dokumen atau datang ke pihak penyedia jasa kredit online untuk mendaftar akun karena pendaftaran di Kredivo dapat dilakukan di rumah dan dokumen seperti foto diri, KTP, dan sebagainya tinggal di upload dalam bentuk file. Secara otomatisi akan langsung terhubung dengan penyedia sistem kredit online. Untuk verifikasinya hanya dalam jangka waktu 1×24 jam, itupun Anda juga bisa mendapatkan limit kredit hingga 30 juta.

2. Memudahkan mendapatkan barang yang dibutuhkan

Sistem kredivo dapat memudahkan dalam mendapatkan barang yang diinginkan hanya dalam 1x klik mulai dari barang untuk kebutuhan primer seperti makanan dan pakaian hingga kebutuhan tersier seperti kendaraan, smartphone. Dengan adanya sistem kredit online dari Kredivo, tidak perlu menunggu hingga tabungan mencukupi untuk membeli suatu barang yang sudah diinginkan sejak lama.

3. Bebas DP dan biaya admin

Bebas DP (Down Payment), biaya admin, hingga biaya tahunan adalah salah satu dari kelebihan sistem kredit online kredivo tanpa menggunakan kartu kredit. Hal tersebut membuat harga total keseluruhan barang yang dibeli tidak mahal karena bebas dari biaya-biaya tersebut karena yang perlu dibayar hanya harga barang ditambah bungan yang telah disetujui.

4. Uang tunai dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya

Banyak kebutuhan primer yang harus dibeli tentunya yang menggunakan sistem pembayaran dengan tunai, seperti membayar sekolah atau membayar rumah sakit. Dengan adanya sistem kredit online dari kredivo ini, uang tabungan yang dimiliki dapat terjaga untuk sesuatu yang penting dan harus dibeli dengan uang tunai dan juga tidak mudah cepat habis.   

5. Kehidupan sehari-hari menjadi lebih produktif

Dalam sehari-hari tentunya kita membutuhkan berbagai macam barang yang menunjang produktivitas, seperti smartphonedan laptop yang sangat dibutuhkan oleh pegawai kantoran dan mahasiswa. Nah dengan sistem kredit online dari kredivo, dapat membeli kedua barang tersebut dengan harga yang lumayan murah tanpa perlu menabung terlebih dahulu.

Baca juga : Platform Trading Forex Terbaik

B. Kekurangan

1. Ada biaya untuk keterlambatan pembayaran

Seperti halnya kartu kredit, kredivo juga memberlakukan biaya keterlambatan apabila terlambat membayar dalam fasilitas cicilan online sejumlah 3% per bulannya. Ketika Anda mengajukan sistem kredit online, Anda harus mengetahui hal ini agar saat pembayaran bisa dilakukan tepat waktu sesuai dengan tanggal jatuh tempo pembayaran.

2. Memiliki suku bunga lebih besar

Karena tidak adanya biaya DP, Admin, maupun biaya tahunan membuat suku bunga dalam kredivo cukup besar. Biasanya pihak-pihak penyedia kredit online memiliki cara untuk meminimalisir resiko kredit dengan menetapkan suku bunga tinggi. Akan tetapi tidak semuanya penyedia kredit online memberikan suku bunga tingi. Ada beberapa yang menetapkan suku bunga rendah bahkan ada yang tidak membebankan suku bungan sama sekali. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membandingkan antara pihak penyedia kredit online yang satu dengan yang lain sebelum menggunakan sistem kredit online terutama dalam hal suku bunga.

3. Adanya beban tanggungan hutang

Hutang adalah salah satu beban masyarakat di dalam kehidupan. Jika Anda berhutang, Anda harus rela penghasilanmu dipotong perbulannya. Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan sistem kredit online, Anda harus memikirkan tanggungan hutan lain jika memilikinya. Agar tanggungan hutangmu tidak berat, lunasi dulu hutang sebelumnya, baru mencoba sistem kredit online.

Cara Mendaftarkan Akun Kredivo

Cara Mendaftarkan Akun Kredivo
Cara Mendaftarkan Akun Kredivo

Setelah mengetahui bahwa belanja online dengan menggunakan Kredivo memberikan banyak kelebihan dan beberapa kekurangan , maka banyak orang-orang yang mulai menggunakan sistem ini untuk pembayaran online mereka. Namun sebelum menggunakankannya, Anda harus mendaftar akun terlebih dahulu dan mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk menggunakan layanan kredivo. Nah berikut ini akan dipaparkan cara membuat atau mendaftar akun dan beberapa syarat yang dimaksud, yaitu

1. Download aplikasi Kredivo di Google Playstore bagi pengguna Android dan Apple App Store bagi pengguna iOS atau juga langsung mendaftar via web kredivo app.kredivo.com.

2. Memenuhi persyaratan tertentu

  Syarat Untuk Mendaftarkan Di Kredivo

  • Berstatus WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Telah berusia 18-60 tahun
  • Bertempat tinggal di Bandung, Surabaya, Medan, Jabodetabek, Palembang, Denpasar, Solo, Makassar, Malang, dan Sukabumi
  • Berpenghasilan minimal Rp. 3.000.000 per bulan.

3. Melengkapi dokumen tertentu

Dokumen-dokumen yang harus dilengkapi ketika akan mendaftar sebuah akun di Kredivo, sebagai berikut.

  • KTP(Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), dan foto diri
  • Bukti kepemilikan tempat tinggal
  • Bukti tagihan listrik rumah
  • Bukti tagihan telepon
  • Bukti tagihan kartu kredit
  • Surat-surat penting seperti STNK
  • Bukti penghasilan setiap bulan seperti slip gaji, mutasi rekening, dan sebagainya.

Baca juga : Daftar Kode Bank Indonesia

Demikian penjelasan terkait pengenalan sistem kredit online kredivo. Selamat membaca dan semoga bermanfaat !

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close