Bisnis

Shopee Jual Uang Rp 75.000 Seharga Rp 50 Juta

Tahukau, – Shopee jual uang Rp. 75,000 seharga 50 juta untuk 1 lembarnya, hal ini tentu saja sangat mengejutkan.

Bank Indonesia (BI) secara resmi sudah menerbitkan uang kertas pecahan Rp 75.000 sebanyak 75 juta lembar. Uang khusus ini juga bisa mulai ditukarkan sejak hari ini (18/8/2020) bagi masyarakat yang telah melakukan pemesanan sebelumnya melalui aplikasi pintar BI.

Baru sehari uang ini diluncurkan, uang pecahan edisi khusus Kemerdekaan RI ke-75 ini sudah banyak dijual di sejumlah marketplace dengan harga yang sangat fantastis. Karena uang pecahan ini sudah dijual di Shopee dan Bukalapak.

Menanggapi hal ini, lalu Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menjelaskan, BI tidak bisa mengatur hal itu. Ia menjelaskan, uang edisi khusus ini adalah uang terbatas yang juga berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia.

Baca juga: Besok BI akan Luncurkan Uang Khusus 17 Agustus

Karenanya, ia menjelaskan bahwa jika masyarakat ingin menyimpan uang ini sebagai koleksi karena cetakan terbatas atau membelanjakannya sampai menjual kembali, maka BI tidak dalam posisi mengatur.

“Jadi contohnya (masyarakat) sudah dapat, dia simpan sebagai koleksi ya silahkan, jika ada yang mau beli lagi itu silahkan, itu masing-masing kita tidak mengatur seperti itu,” jelasnya melalui media briefing virtual, Selasa (18/8/2020).

Namun, ia juga memastikan penukaran uang edisi khusus BI dilakukan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku bagi seluruh masyarakat yang ingin mendapatkannya. Selain itu, nilai tukar dalam mendapatkan uang edisi khusus ini tetap Rp 75 ribu.

Baca juga: Berikut Skema Pencairan Dana Bantuan Karyawan Rp.600,000

“Silahkan jika lakukan hal itu (jual kembali), namun harga penukaran (melalui BI) tetap Rp 75.000,” ungkap dia.

Dimana, di e-commerce Bukalapak, untuk uang pecahan Rp 75.000 dijual seharga Rp 50 juta oleh Pelapak dengan nama akun Ridho Rizki Darmawan. Barang yang ditawarkan hanya satu lembar uang edisi khusus.

Di e-commerce Shopee, uang edisi khusus Rp 75.000 dijual oleh pemilik akun celestial77 seharga Rp 1,375 juta. Dan ia mengaku memiliki uang baru ini sebanyak dua lembar.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close