Umum

√ 25 Senjata Tradisional Indonesia dari Berbagai Provinsi

Sejak dahulu kala, senjata sudah digunakan oleh nenek moyang. Senjata yang dibuat biasanya berasal dari kayu, batu, atau tulang bintang. Semakin lama, manusia menggunakan besi, baja atau perunggu untuk membuat senjata. Bentuk senjatanya pun sangat beragam. Sebagai negara yang kaya akan budaya, Indonesia tidak bisa dipisahkan dari senjata. Adanya senjata tradisional dapat memperkuat uniknya budaya-budaya di Indonesia. Semua provinsi di Indonesia memiliki senjata tradisional khas masing-masing. Bahkan satu provinsi bisa memiliki lebih dari satu senjata tradisional. Seperti apa contoh senjata tradisional dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia?

Baca juga : Rumah Adat

Berikut adalah jenis senjata tradisional yang ada di Indonesia:

1. Senjata Tradisional Provinsi Aceh

Senjata Tradisional Provinsi Aceh

Provinsi Aceh memiliki senjata tradisional bernama Rencong atau rintjong. Sangking terkenalnya, masyarakat sering menyebut Aceh sebagai “Tanah Rencong”. Senjata ini berupa padang pendek dengan gagang melengkung 90 derajat yang mulai dikenal sejak kepemimpinan Raja pertama Kesultanan Aceh, yaitu Sultan Ali Mughayat Syah. Rencong yang awalnya digunakan untuk melindungi diri, sekarang telah menjadi pelengkap pakaian adat Aceh Ulee Balang.

2. Senjata Tradisional Provinsi Sumatera Utara

Senjata Tradisional Provinsi Sumatera Utara

Sejak Raja Sisingamangaraja I memimpin, raja-raja Batak memiliki snejata bernama piso gajo dompak. Nama tersebut diambil karena bentuknya seperti gambar gajah di penampang gagang pisaunya. Orang Batak percaya jika senjata tersebut memiliki kekuatan supranatural sehingga hanya diwariskan turun temurun.

3. Senjata Tradisional Provinsi Riau

Senjata Tradisional Provinsi Riau

Riau memiliki senjata tradisional bernama pedang jenawi. Bentuknya seperti pedang lurus panjang dengan bilah dari baja serta memiliki ketajaman di sisi kanan dan kirinya. Pedang ini menjadi senjata perang kerajaan Sriwijaya. Saat agama Islam masuk, orang-orang zuhud lah yang memiliki pedang ini. Namun kini, pedang jenawi hanya dimiliki orang yang dihormati.

4. Senjata Tradisional Provinsi Kepulauan Riau

Senjata Tradisional Provinsi Kepulauan Riau

Kepulauan Riau memiliki senjata tradisional badik tumbuk lado. Senjata ini juga dipakai oleh masyarakat Jambi dan hampir mirip dengan badik Bugis Sulawesi. Kini, senjata ini dipakai untuk berburu serta pelengkap baju adat sebagai lembang kegagahan dan keperkasaan pria Melayu.

5. Senjata Tradisional Provinsi Sumatera Barat

Senjata Tradisional Provinsi Sumatera Barat

Karih adalah senjata khas Minang di Sumatera Barat yang berbentuk seperti keris Jawa tanpa lekuk-lekuk. Agar mudah diambil untuk melindungi diri dari musuh dan binatang buas, karih biasanya diletakkan di depan pinggang.

6. Senjata Tradisional Provinsi Jambi

Senjata Tradisional Provinsi Jambi

Jambi dan Kepulauan Riau memiliki kedekatan budaya termasuk senjata tradisionalnya. Oleh karena itu, badik tumbuk lado juga dikenal di Jambi, namun ukurannya lebih pendek dengan banyak ukiran. Badik tidak lagi dipakai sebagai alat berburu atau berperang, namun sebagai pelengkap adat.

7. Senjata Tradisional Provinsi Bengkulu

Senjata Tradisional Provinsi Bengkulu

Masyarakat Bengkulu memiliki 5 jenis senjata tradisional, yaitu keris Bengkulu, kuduk atau rambai ayam, dodong, sewar, dan rudus. Hanya senjata rudus yang menjadi pelengkap upacara adat dan logo resmi Provinsi Bengkulu

8. Senjata Tradisional Provinsi Bangka Belitung

Senjata Tradisional Provinsi Bangka Belitung

Senjata siwar panjang dikenal sebagai senjata tradisional Bangka Belitung yang berbentuk mirip seperti mandau suku Dayak. Senjata tersebut memiliki pedang lurus dengan dua mata tajam.

9. Senjata Tradisional Provinsi Sumatera Selatan

Senjata Tradisional Provinsi Sumatera Selatan

Tombak trisula adalah peninggalan kebudayaan Hindu dan sempat berkembang di Kerajaan Sriwijaya. Bentuknya bermata tiga mirip tombak trisula Dewa Siwa. Keris Palembang juga termasuk senjata tradisional yang memiliki lekukan ganjil dari 7,9 hingga 13.

10. Senjata Tradisional Provinsi Lampung

Senjata Tradisional Provinsi Lampung

Senjata tradisional Provinsi Lampung adalah candung (parang), kekhis (keris), badik, lading (pisau), dan terapang. Kemudian, terapang menjadi ikon senjata tradisional Lampung.

11. Senjata Tradisional Provinsi  DKI Jakarta

Senjata Tradisional Provinsi DKI Jakarta

Ada tiga senjata yang menjadi senjata jawara Betawi, seperti golok gobag yang pendek, rata dengan punggung melengkung. Kedua, golok ujung turun yang lacip dengan ukiran pada bilah dan gagangnya. Serta golok betook sebagai pusaka.

12. Senjata Tradisional Provinsi Banten

Senjata Tradisional Provinsi Banten

Hampir sama dengan suku sunda, senjata teradisional Banten adalah Kujang baik dari bentuk, bahan, struktur, serta fungsinya.

13. Senjata Tradisional Provinsi  Jawa Barat

Senjata Tradisional Provinsi Jawa Barat

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, kujang juga senjata tradisional khas Jawa Barat. Senjata ini ada sejak awal abad ke-8M. Kata kujang berasal dari kata kudihyang yang yakni manusia dari Tuhan dengan panjang tidak lebih dari 25 cm.

14. Senjata Tradisional Provinsi Jawa Tengah

Senjata Tradisional Provinsi Jawa Tengah

Keris sebagai senjata tradisional Jawa Tengah bukan hanya senjata, namun juga benda keramat supranatural. Senjata tersebut tergolong belati dengan ujung menyempit dan bilah berkelok-kelok.

15. Senjata Tradisional Provinsi  Jawa Timur

Senjata Tradisional Provinsi Jawa Timur

Senjata tradisional Jawa Timur diwakili oleh Madura, yakni celurit. Selain sebagai alat pertanian untuk menyabit rumput sebagai pakan ternak, juga menjadi simbol status sosial dan perlindungan diri. Senjata khas lain dari Jawa Timur adalah keris, buding, bionet, caluk, dan kudi.

16. Senjata Tradisional Provinsi  Daerah Istimewa Yogyakarta

Senjata Tradisional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Sama seperti Provinsi Jawa Tengah, masyarakat Yogyakarta juga memiliki senjata khas yang sama, yaitu keris.

17. Senjata Tradisional Provinsi Bali

Senjata Tradisional Provinsi Bali

Diantara senjata tradisional Provinsi Bali seperti keris, tombak, tiuk, taji, kandik, caluk, arit, udud, gelewang, trisula, panah, penampad, garot, tolud, dan kis-kis, keris Bali lah yang kemudian menjadi senjata khas Provinsi Bali. Keris ini diukir berupa dewa, raksasa, pedande, penari, dan pertapa.

18. Senjata Tradisional Provinsi  Nusa Tenggara Barat

Senjata Tradisional Provinsi Nusa Tenggara Barat

Senjata tradisional Nusa Tenggara Barat adalah sumpit berukuran panjang. Terdiri dari tangkai senjata bernama tulup dari kayu meranti, serta ancar (peluru) dari lidi pelepah pohon enau.

19. Senjata Tradisional Provinsi  Nusa Tenggara Timur

Senjata Tradisional Provinsi Nusa Tenggara Timur

Suku Atoni dan Sumba di NTT mempunyai senjata tradisional bernama sundu atau sudu. Senjata tradisional lain dari masyarakat NTT adalah kabeala berupa parang berukuran 48-58 cm.

20. Senjata Tradisional Provinsi Kalimantan Utara

Senjata Tradisional Provinsi Kalimantan Utara

Mandau adalah bukan hanya senjata khas Kalimantan Timur, tetapi juga senjata tradisional khas Kalimantra Utara.

21. Senjata Tradisional Provinsi Kalimantan Selatan

Senjata Tradisional Provinsi Kalimantan Selatan

Suku Banjar Kalimantan Selatan memiliki keris bujak beliung. Senjata tradisional ini berbentuk tujuh lekukan dangkal dengan bilah dari baja dan gagangnya dari kayu ulin. Selain sebagai perlindungan diri, senjata ini menjadi pelengkap pakaian pria saat upacara pernikahan.

22. Senjata Tradisional Provinsi Kalimantan Tengah

Senjata Tradisional Provinsi Kalimantan Tengah

Sumpit merupakan senjata khas suku Dayak Nagju Kalimantan Tengah. Bentuknya adalah tangkai panjang berlubang berukuran 1-1,5 meter. Penggunaanya adalah dengan cara ditiup.

23. Senjata Tradisional Provinsi Kalimantan Barat

Senjata Tradisional Provinsi Kalimantan Barat

Suku Dayak Ngaju khas Provinsi Kalimantan Barat memiliki snejata khas dohong atau duhung. Berbetnuk seperti mata tombak berukuran 20 cm dan dilengkapi dengan gagang bulat serta serangka.

24. Senjata Tradisional Provinsi Kalimantan Timur

Senjata Tradisional Provinsi Kalimantan Timur

Baik Kalbar, Kalteng, Kaltim, ataupun Kalimantan Utara, suku dayak memiliki mandau sebagai senjata tradisionalnya. Mandau dibuat dari tanduk rusa yang berbentuk parang. Sisi bilahnya sangat tajam dengan lubang-lubang yang ditutup tembaga atau kuningan.

25. Senjata Tradisional Provinsi Gorontalo

Senjata Tradisional Provinsi Gorontalo

Senjata bernama wamilo dikenal sebagai senjata khas Gorontalo. Senjata tersebut berbentuk seperti golok dengan ujung bilah sedikit melengkung ke arah bawah. Senjata khas lainnya adalah bitu’o (keris). Badik, sabele (parang), dan travalla.

Demikian 25 Senjata Tradisional Indonesia dari Berbagai Provinsi. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close