Wisata

Sejarah Nama Pulau Kalimantan dan Terbentuknya Lima Provinsi

Tahukau.comSejarah Nama Pulau Kalimantan – Kalian pasti sudah mengenal sebuah pulau dengan sebutan Borneo kan? Ya, pulau itu adalah pulau Kalimantan. Nama Borneo berasal dari Kesultanan Brunei yang digunakan oleh para kolonial Inggris dan kolonial Belanda untuk menyebut seluruh wilayah yang ada di pulau Kalimantan. Namun tahukah kalian mengenai sejarah nama pulau Kalimantan itu sendiri? untuk menjawab segala ketidaktahuan kalian, maka di dalam artikel ini akan diulas mengenai sejarah nama pulau Kalimantan. Selain itu, akan diulas juga mengenai sejarah terbentuknya 5 provinsi yang ada di pulau Kalimantan. Untuk itu, simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Sejarah Nama Pulau Kalimantan

Sejarah Nama Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan atau yang biasa dikenal dengan Pulau Borneo merupakan pulau terbesar ketiga di dunia. Terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan dibagi menjadi tiga wilayah yaitu 73% wilayah Indonesia, 26% wilayah Malaysia, dan 1% wilayah Brunei. Pulau Kalimantan disebut sebagai pulau Seribu Bunga karena banyaknya sungai yang mengalir di Pulau Kalimantan. Luas keseluruhan Pulau Kalimantan adalah 736.00 km2.

Pulau Kalimantan termasuk salah satu pulau yang sangat kaya dengan sumber daya alamnya, baik di daratannya maupun lautannya sehingga Pulau Kalimantan disebut dengan Paru-paru Dunia. Pulau ini merupakan penghasil terbesar tambang emas, batu bara, gas alam, sawit, karet, dan sebagainya. Pulau Kalimantan memiliki iklim tropis basa dengan suhu rata-rata 24-25o C karena dilewati oleh garis khatulistiwa.

Mengenai asal usul nama Kalimantan tidak diketahui sengan jelas. Dulu, sebutan untuk Kalimantan adalah kelamantan yang mana sebutan tersebut digunakan di Sarawak untuk menyebut sebuah kelompok penduduk yang mengkonsumsi sagu di wilayah utara pulau ini. Menurut Crowfurd, Kalimantan adalah nama sejenis mangga lokal yang disebut dnegan Klemantan yang sampai saat ini banyak terdapat di daerah Ketapang, Kalimantan  Barat.

Pendapat lain mengatakan bahwa Kalimantan atau Klemantan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Kal [a] artinya musim atau waktu, sedangkan manthan[a] berarti membakar sehingga dapat ditarik pengertiannya yaitu sebuah pulau yang memiliki udara sangat panas atau membakar. Menurut kebiasaan dalam pengucapan, Kalamanthana diucapkan dengan Kalmantan yang akhirnya disebut oleh penduduk asli dengan Klemantan atau Quallamontan. Dan pada akhirnya diturunkan menjadi Kalimantan.Penduduk di kawasan timur pulau ini menyebut Pulau Kalimantan dengan sebutan Pulu K’lemantan. Kemudian orang Italia mneyebutnya dengan Calemantan dan orang Ukraina menyebutnya dengan Kanimahtah.

Baca juga : Sejarah Denpasar Menjadi Ibukota Bali

Sejarah Nama Pulau Kalimantan

Sepanjang sejarah, Kalimantan juga dikenal dengan nama-nama lain. Misalnya Kerajaan Singasari yang menyebut Kalimantan dengan Bakulapura yang dalam bahasa Sansekerta berarti pohon tanjung. Kemudian Bakulapura mendapatkan nama dari Melayu dengan sebutan Tanjungpura yang berarti sebuah pulau pohon tanjung yang mana dijadikan nama sebuah kerajaan. Sementara itu, di dalam kitab Nagarakertagama dari kerajaan Majapahit yang ditulis pada tahun 1365 menyebut Kalimantan dengan Tanjungnagara yang mana mencakup negara Filipina.

Pendapat lain mengenai asal mula nama Kalimantan juga dijelaskan di dalam Hikayat Banjar yang ditulis di dalam bab terakhirnya pada tahun 1663, menyebut Kalimantan dengan nama Melayu yaitu pualu Hujung Tanah. Sebutan ini muncul berdasarkan bentuk geomorfologi wilayah Kalimantan Selatan pada zaman dahulu yang berbentuk semenanjung dari deretan Pegunungan Meratus hingga daratan yang berujung di Tanjung Selatan yang menjorok ke Laut Jawa.

Keadaan tersebut identik dengan bentuk bagian ujung Semenanjung Malaka yaitu Negeri Johor atau Malaysia yang mana sering disebut dengan Ujung Tanah.  Semenanjung Hujung Tanah bertentangan dengan wilayah Majapahit sehingga nama Tanjungnegara diartikan sebagai pulau yang berbentuk tanjung.

Sebutan lain dari Pulau Kalimantan adalah Nusa Kencana seperti yang terdapat di dalam naskah-naskah Jawa Kuno seperti halnya di dalam Ramalan Prabu Jayabaya dari kerajaan Kediri (Panjalu) yang meramal tentang Tanah Jawa yang akan dikuasai oleh bangsa Jepang yang mana Jepang datang dari arah Nusa Kencana. Ramalan tersebut terbukti bahwa sebelum ke Jawa, Jepang terlebih dahulu menguasai wilayah Kalimantan Selatan yaitu Banjarmasin. Nusa Kencana sering digambarkan sebagai Tanah Sabrang yaitu perwujudan dari Negeri Alengka yang merupakan tempat tinggal dari para raksasa di seberang Tanah Jawa. Di tanah inilah terdapat tanah Dayak yang telah disebutkan dalam Serat Maha Parwa

Baca juga : Wisata Religi di Kota Gresik

Sejarah Terbentuknya 5 Provinsi di Kalimantan

Sejarah Terbentuknya 5 Provinsi di Kalimantan

Wilayah Pulau Kalimantan terdiri tiga negara, yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia. Saat ini Kalimantan terdiri dari lima provinsi yaitu provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

Pada tanggal 7 Januari 1953, Pulau Kalimantan hanya memiliki satu provinsi yaitu provinsi Kalimantan yang saat itu beribu kota Banjarmasin. Wilayah provinsi Kalimantan terdiri dari keresidenan Kalimantan Selatan, keresidenan Kalimantan Timur, dan keresidenan Kalimantan Barat. Saat itu, beridirnya provinsi Kalimantan hanya bersifat administratif yang mana sesuai dengan Peraturan Pemerintah RIS Nomor 21 Tahun 1950.

Kemudian pada tanggal 29 November 1956, provinsi Kalimantan dibubarkan dan dibagi menjadi tiga provinsi, yaitu:

  • Provinsi Kalimantan Barat yang ibu kotanya Pontianak. Wilayah Kalimantan Barat terbagi menjadi Kabupaten Sambas, Pontianak, Ketapang, Sanggau, Sintang, Kapuas Hulu, dan Kota Besar Pontianak
  • Provinsi Kalimantan Timur yang ibukotanya Samarinda. Wilayah Kalimantan Timur meliputi Daerah Istimewa Kutai, Berau, dan Bulongan.
  • Provinsi Kalimantan Selatan yang ibukotanya Banjarmasin. Wilayah Kalimantan Selatan meliputi Kabupaten Banjar, Hulu sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Barito, Kapuas, Kotawaringin, Kotabaru, dan Kota Besar Banjarmasin.

Ketiga provinsi tersebut berdiri berdasarkan pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah-daerah Otonomi Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Dalam penjelasan Undang-undang tersebut pembagian menjadi tiga provinsi tersebut telah ditinjau dari berbagai sudut pandang seperti dari segi sejarah, administrasi, ekonomi, perhubungan, geografi, pembangunan, pendidikan, dan sebagainya.

Baca juga : Sejarah Kota Bandung

Sejarah Terbentuknya 5 Provinsi di Kalimantan

Kemudian provinsi Kalimantan bertambah lagi dengan berdirinya provinsi Kalimantan tengah yang beribukota Pahandut pada tanggal 23 Mei 1957 berdasarkan Undang-undang Nomor 10 Tahun 1957 tentang Pembentukan Daerah Swatantra Provinsi Kalimantan Tengah. Provinsi Kalimantan Tengah berasal dari provinsi Kalimantan Selatan beserta wilayahnya juga sehingga wilayah Provinsi Kalimantan Tengah  meliputi Kabupaten Barito, Kapuas, dan Kotawaringin. Pada tanggal 2 Juli 1958 bersamaan dengan disahkannya Undang-undang Nomor 21 Tahun 1958 tentang Penetapan Undang-Undang Darurat Nomor 10 Tahun 1957 dan Perubahan Undang-undang Nomor 25 Tahun 1956, ibukota provinsi Kalimantan Tengah berubah menjadi Palangkaraya.

Setelah berdirinya provinsi Kalimantan Tengah, kemudian pada tanggal 16 November 2012 lahirlah Provinsi Kalimantan Utara yang disahkan berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012 tentang Pembentukan Provinsi Kalimantan Utara. Wilayah Provinsi Kalimantan Utara meliputi Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, dan Kabupaten Tana Tidung. Provinsi ini merupakan hasil pemekaran dari provinsi Kalimantan Timur. Ibu kota Kalimantan Utara adalah Tanjung Selor yang terletak di Kabupaten Bulungan.

Baca juga : Sejarah Kota Jakarta

Nah itulah informasi mengenai sejarah nama Pulau Kalimantan beserta asal mula terbentuknya lima Provinsi di Kalimantan. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai sejarah nama Kalimantan.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close