Teknologi

√ Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Teknologi sangat membantu kehidupan manusia untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka. Seperti halnya komputer yang tercipata sejak beberapa tahun silam. Sebagai manusia yang ‘melek’ teknologi, tak ada salahnya jika Anda mengetahui sejarah komputer dan perkembangannya serta fungsi-fungsinya. Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda!

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan aturan baku. Komputer memiliki beberapa komponen yang bekerja sama dan membentuk suatu sistem untuk menjalankan berbagai program. Kata komputer berasal dari bahasa Yunani, yakni computare. Computare berasal dari kata com yang berarti menggabungkan dan putare berarti memikirkan perhitungan. Sedangkan, dalam bahasa Inggris, computare disebut dengan to compute atau menghitung. Komputer memiliki 4 fungsi utama, yakni input, memproses input, menyimpan input, dan menyajikan input. Input berguna untuk menerima data atau informasi dari luar. Processing berguna untuk memproses data-data yang masuk dan disimpan ke memori internal. Sementara fungsi output berguna untuk menampilkan data yang telah dimasukkan.

Baca juga : Komputer Server

Sejarah Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Sejarah Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Sejarah komputer generasi pertama yakni digital elektronik atau ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) sebagai kebutuhan umum. Program ENIAC dirancang pada tahun 1942 dan baru dikerjakan tahun 1943 oleh John Presper Eckert dan Dr. John W. Mauchly di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) hingga selesai tahun 1946. Bentuk ENIAC sangat besar dan membutuhkan ruang sebesar 500 m2. ENIAC memiliki 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor. Dengan berat lebih dari 30 ton, daya listrik yang dibutuhkan oleh ENIAC adalah 140 kilowatt. Perangkat lunak komputer pertama yang dikembangkan adalah komputer sebagai desain dan peluru kendali. Ciri-ciri dari komputer generasi pertama, antara lain:

  • Ukuran fisik hardware lebih besar dan membutuhkan tempat luas
  • Instruksi operasi dibuat spesifik untuk tugas tertentu
  • Programnya dibuat dengan bahasa mesin sehingga sulit dipahami
  • Komputer memiliki silinder magnetic untuk menyimpan data
  • Memakai simpanan luar magnetic tape dan magneti disk
  • Butuh daya listrik besar
  • Dibutuhkan pendingin karena suhunya cepat panas
  • Daya simpan kecil dan proses kurang cepat
  • Menggunakan konsep stored program dengan memorinya Magnetic Core Storage
  • Sirkuitnya menggunakan tabung hampa
  • Central processing unit dalam komputer digunakan untuk mengoperasikan seluruh komputer

Sejarah Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Sejarah Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Penemuan penting yang terjadi pada generasi kedua yakni transistor. Transistor adalah alat canggih untuk memaksimalkan kerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Beberapa instansi, perusahaan, universitas, dan pemerintah memanfaatkan kecanggihan komputer generasi kedua. IBM membuat super komputer bernama Stretch dan Sprery-Rand serta membuat komputer bernama LARC. Hanya ada dua LARC yang digunakan, yakni Lawrence Radiation Labs di Livermore, California serta US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Beberapa komputer yang menjadi komponen komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program pun berhasil ditemukan. Ciri-ciri komputer generasi kedua adalah:

  • Menggunakan operasi dalam bahasa pemrogramman tingkat tinggi yakni COBOL dan FORTRAN
  • Kapasitas memori dikembangkan dai Magnetic Core Storage
  • Memakai simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk
  • Ukuran fisik lebih kecil
  • Proses operasi lebih cepat sehingga daya listrik rendah
  • Orientasi penggunaan program tidak hanya pada bisnis, namun juga aplikasi teknik
  • Munculnya minicomputer yang harganya lebih murah. Komputer DEC PDP-8 adalah mini komputer yang dibuat tahun 1964 sebagai pengolahan dan komersial
  • Menggunakan bahasa assembly yang memiliki kode-kode berupa singkatan untuk menggantikan kode biner

Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Komputer generasi ketiga adalah perkembangan tahap yang pesat dari perkembangan komputer yang ada. Jack Billy mencoba melakukan penelitian hingga pada tahun 1958, terciptalah komponen canggih yakni IC atau Integrated Circuit atau chip kecil yang mengumpulkan dan menampung komponen menjadi satu. Lalu pada tahun 1959, Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor mencoba membuat IC yang berisi enam transistor. Bisa kita bayangkan dengan prosessor saat ini yang memiliki jutaan, puluhan juta, bahkan ratusan juta transistor. Ciri-ciri komputer generasi ketiga yaitu:

  • Listrik lebih hemat dan harganya semakin murah
  • Sisi software meningkat
  • Kapasitas memori lebih besar untuk menyimpan ratusan ribu karakter
  • Kinerja komputer lebih cepat dan tepat hingga 10.000 kali lebih cepat dari generasi pertama
  • Kemampuan multiprocessing dan multitasking
  • Menggunakan terminal visual display dan mengeluarkan suara
  • Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain
  • Lebih cepat di sektor sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan

Sejarah Komputer Generasi Keempat (1979-2000an)

Sejarah Komputer Generasi Keempat (1979-2000an)

Komputer generasi keempat adalah regenerasi dari generasi ketiga. IC pada komputer generasi keempat lebih kompleks dan terintegrasi dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Komputer mulai menggunakan chip IC. Tahun 1970, muncul Large Scale Integration atau Bipolar Large Scale Integration yakni sekumpulan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu pada sebuah keping IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang menampung puluhan ribu bahkan ratusan ribu IC. Lalu dikembangkan lagi menjadi komputer mikro dengan semikonduktor dan mikroprosessor berbentuk chip. Pada komputer generasi keempat, komputer memiliki tampilan monitor dengan satu warna (green color). Komputer-komputer generasi keempat adalah Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan IBM 370, AppleI, dan Altair dengan prosesor Intel 8080. Sistem operasi menggunakan CP/M (Contol Program for Microprocessor) dengan bahasa pemograman Microsoft Basc (Beginners All Purpose Symbolic Instruction Code). Ciri-ciri komputer generasi keempat, yakni:

  • Mengggunakan LSI (Large Scale Integration)
  • Komputer mikro yang menggunakan semiconductor dan micro processor berbentuk chip untuk memori komputer
  • Tidak satupun yang PC Compatible atau Macintosh Copatible, sebab pada generasi ini belum memiliki standar komputer terutama personal computer (PC)

Hal penting lain yang dimiliki komputer generasi keempat adalah munculnya istilah personal komputer atau PC. Selain itu, muncul pula komputer terbaru yang bisa dibawa kemana-mana, yakni laptop.

Sejarah Komputer Generasi Kelima (sekarang)

Sejarah Komputer Generasi Kelima (sekarang)

Komputer generasi kelima ada pada saat sekarang telah mengalami pengembangan berbagai vendo elektronik dan sering disebut dengan komputer generasi masa depan. Standar baru dalam dunia industry PC banyak diterapkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W.Bill Gates. Seperti halnya smartphone, tabler, phablet, netbook, ultrabook dan masih banyak lagi. Pada generasi ini, muncul LSI (Large Scale Integration) yang menggabungkan ribuan microprocessor di dalam sebuah microprocessor saat ini. Perusahaan yang membuat microprocessor adalah Intel Corporation, Zilog, Motorola, dan masih banyak lagi. Salah satu contoh dari microprocessor dari Intel adalah model 4004, 80386, 8088, 80286, 80486, dan Pentium. Ciri-ciri komputer generasi kelima antara lain:

  • Masih menggunakan teknologi LSI yang memiliki banyak pengembangan
  • Fitur-fitur semakin banyak
  • Informasi diproses semakin lebih cepat

Komputer generasi kelima memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan perilaku manusia. Kecerdasannya bisa memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, dapat berkomunikasi langsung dengan manusia, dna bentuknya semakin praktis.

Demikian sejarah komputer dari generasi ke generasi. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close