Wisata

Sejarah Kawah Putih Wisata yang Terkenal DiBandung

Tiap tempat wisata alam umumnya mempunyai cerita sejarah yang melatar belakangi gimana terjadinya peristiwa tersebut. Baik itu proses tercipta lewat suatu yang dapat dipaparkan secara ilmiah sampai legenda ataupun mitos yang telah sangat menempel serta dipercayai oleh warga setempat.

Tempat wisata Kawah Putih Bandung juga pula tidak luput dari cerita semacam itu. Buat kalian yang mau ketahui sejarah Kawah Putih Ciwidey, kalian dapat baca datanya berikut ini.

BACA JUGA: Pantai Pink Lombok Utara

1. Tercipta Akibat Letusan Gunung Patuha

Kawah Putih tercipta pasca Gunung Patuha meletus dahsyat pada abad 10 serta abad 12. Kawah yang diketahui dengan Kawah Putih Ciwidey ini sesungguhnya bernama Kawah Gunung Patuha.

Gunung Patuha tidak cuma mempunyai satu kawah saja yang kita tahu dikala ini. Masih terdapat 2 kawah lagi yang terletak di bagian barat. Tetapi, yang sangat terkenal serta jadi destinasi wisata alam merupakan Kawah Putih.

2. Dini Mula Ditemukan

Pada awal mulanya, tempat ini tidak dikenal keberadaannya oleh warga setempat. Sebab warga menyangka jika posisi ini ialah kawasan yang sangat angker sehabis mereka memandang tiap burung yang terbang melewatinya tentu mati.

Sampai pada kesimpulannya pada tahun 1987, terdapat seseorang pakar bernama Dokter. Franz Wilhelm Junghuhn yang tiba ke kawasan Gunung Patuha buat keperluan riset. Dikala sukses hingga ke puncak gunung, dia memandang suatu danau yang mempunyai air yang bercorak sedikit hijau dengan semburan lava di atasnya serta bau belerang yang sangat menusuk.

Sehabis temuan ini, Pemerintah Belanda setelah itu mendirikan pabrik kapur yang diberi nama Zwavel Ontgining Kawah Putih. Pada dikala masa penjajahan Jepang, pabrik inipun diambil alih serta berubah nama jadi Kawah Putih Kenzanka Yokoya Ciwidey.

Semenjak ditemui oleh Dokter. Franz Wilhelm Junghuhn, kawasan ini juga mulai diketahui luas oleh warga. Serta semenjak dikala itu, pemerintah mulai meningkatkan kawasan Kawah Putih Ciwidey ini bagaikan tempat wisata.

3. Legenda Mitos Kawah Putih Ciwidey

Semacam yang telah disinggung tadinya, tempat wisata Kawah Putih Bandung ini tidak lepas dari cerita legenda serta mitos yang melatarbelakanginya. Konon, tadinya warga setempat meyakini kalau kawasan ini sangatlah sakral serta mempunyai aura mistis yang sangat kokoh.

Tidak terdapat burung yang berani terbang di atas kawasan yang dikira angker ini. Sebab tiap burung yang terbang melintasinya tentu hendak mati.

Perihal ini didasari oleh keyakinan warga setempat kalau di puncak gunung ada 7 makam dari para leluhur yang tiap namanya dimulai dengan istilah Eyang. Ketujuh leluhur ataupun seseput tersebut merupakan Eyang Rangsa Sadana, Eyang Jaga Satru, Eyang Camat, Eyang Barabak, Eyang Ngabai, Eyang Baskom, serta Eyang Jambrong.

Dikala Dokter. Franz Wilhelm Junghuhn datang di kawasan ini, dia bertanya kepada warga setempat mengapa tidak terdapat burung yang terbang di atasnya. Menemukan jawaban yang cenderung mistis, dia juga tidak yakin begitu saja. Begitu dia sukses menciptakan kawah dengan bau belerang yang menusuk tersebut, alibi mengapa burung tidak terdapat yang ingin terbang di atasnya juga terjawab.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close