Bisnis

Segmentasi Pasar – Pengertian, Tujuan, Jenis, & Kriteria

Yang dimaksud dengan segmentasi pasar adalah pengelompokkan konsumen sesuai dengan karakteristik dan juga kebutuhan tertentu. Arti segmentasi pasar yang disesuaikan dengan tingkah laku atau perilaku dari para konsumen terkait suatu produk yang ada di pasar. Tujuan dari segmentasi pasar antara lain agar penjualan produk lebih dapat di target pada kelompok tertentu.

Baca juga : Perdagangan Internasional

Seperti yang diketahui bahwa masyarakat heterogen sehingga pembuatan produk harus memiliki target segmen tertentu. Hal ini membuat segmentasi pasar diperlukan dalam hal target dan rencana pemasaran produk pada kelompok masyarakat yang lebih homogen. Untuk itu ketahuilah pengertian segmentasi pasar di bawah ini:

Segmentasi Pasar – Pengertian, Tujuan, Jenis, & Kriteria

Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi Pasar - Pengertian, Tujuan, Jenis, & Kriteria
Segmentasi Pasar – Pengertian, Tujuan, Jenis, & Kriteria

Pengertian segmentasi pasar secara umum yaitu pembagian kelompok pembeli yang memiliki perbedaan seperti kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu. Definisi segmentasi pasar juga dapat diartikan pada pengidentifikasian analisis perbedaan para pembeli di pasar.

Berdasarkan dari teori ilmu ekonomi, segmentasi pasar menjadi salah satu alat penting dalam membuat dan juga memasarkan suatu produk. Dalam ilmu marketing atau pemasaran, peran segmentasi pasar sangat penting dalam kesuksesan suatu produk dari perusahaan tertentu.

Tujuan Segmentasi Pasar

Segmentasi Pasar - Pengertian, Tujuan, Jenis, & Kriteria
Segmentasi Pasar – Pengertian, Tujuan, Jenis, & Kriteria

Berikut merupakan beberapa tujuan dan juga manfaat segmentasi pasar baik bagi penjual atau produsen secara lengkap, yaitu:

  • Pasar menjadi lebih mudah dibedakan
  • Pelayanan menjadi lebih baik dan tepat
  • Strategi pemasaran dan promosi jauh lebih terarah
  • Menemukan peluang baru dalam masyarakat
  • Desain produk menjadi lebih tepat
  • Strategi komunikasi lebih efektif dan efisien
  • Dapat mengetahui pesaing dengan segmen yang sama
  • Evaluasi target dan juga rencana bisnis lebih akurat
  • Kesempatan pasar dimiliki oleh penjual atau produsen
  • Alokasi anggaran dapat disesuaikan sehingga jauh lebih efisien
  • Pengaturan produk dan daya tarik pemasaran dapat direncanakan dengan baik
  • Potensi penyaluran modal usaha lebih besar

Kriteria dan Dasar Segmentasi Pasar

Segmentasi Pasar - Pengertian, Tujuan, Jenis, & Kriteria
Segmentasi Pasar – Pengertian, Tujuan, Jenis, & Kriteria

Ada beberapa syarat juga kriteria segmentasi pasar yang harus dipenuhi. Berikut merupakan kriteria dan dasar segmentasi pasar yang patut diketahui:

Baca juga : Investasi Di Reksadana

  • Dapat diukur , dimana segmen pasar seperti ukuran atau daya beli harus dapat diukur dengan jelas.
  • Dapat dicapai, yaitu segmen pasar harus dapat dicapai dan dijangkau sehingga mampu memenuhi target pasar.
  • Cukup besar, yaitu segmen pasar harus terdiri dari kelompok homogen yang cukup besar dan bernilai.
  • Dapat dibedakan yaitu segmen pasar harus dibedakan satu sama lain dengan jelas.
  • Dapat dilaksanakan yaitu segmen pasar harus dapat dilayani secara efektif oleh produsen.

Jenis Segmentasi Pasar

Segmentasi Pasar - Pengertian, Tujuan, Jenis, & Kriteria
Segmentasi Pasar – Pengertian, Tujuan, Jenis, & Kriteria

Terdapat beberapa pengelompokan dalam segmentasi pasar yang didasarkan pada segmen tertentu. Berikut merupakan pembagian kategori dan jenis dalam segmentasi pasar beserta penjelasan secara lengkap:

Baca juga : GoPay Dompet Virtual

1. Segmentasi Pasar Berdasarkan Geografi

Segmentasi pasar yang didasarkan pada letak geografisnya dan dibagi ke dalam beberapa bagian geografi seperti negara, wilayah, kota dan desa. Daerah geografi yang bernilai potensial dan menguntungkan akan menjadi target operasi perusahaan menjual produk.

2. Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi

Segmentasi pasar yang didasarkan pada kondisi demografinya. Pada segmentasi pasar ini dibagi dan diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok demografi dengan dasar pembagian pada usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi dan tingkat pendidikan konsumen.

3. Segmentasi Pasar Berdasarkan Psikografi

Segmentasi pasar yang didasarkan pada kondisi psikografinya. Dalam segmentasi pasar ini akan melihat bagaimana konsumen dengan segmen demografi tertentu merespon suatu rangsangan dalam pemasaran.

4. Segmentasi Pasar Berdasarkan Sosial-Budaya

Segmentasi pasar yang didasarkan pada kondisi sosial  dan budaya. Biasanya segmentasi pasar ini memiliki variabel seperti sosiologis atau kelompok dan antropologis budaya yang dibagi dalam segmen yang sesuai tahapnya dalam:

  • Jalan hidup keluarga
  • Kelas sosial
  • Budaya dan sub budaya
  • Lintas budaya atau segmentasi pemasaran global

5. Segmentasi Pasar Berdasarkan Hubungan Secara Ekstrim

Segmentasi pasar yang merupakan bentuk efektif segmentasi bagi penggunaan merek tertentu secara ekstrem, contohnya seperti berikut:

  • Tingkat penggunaannya, beda segmentasi terletak pada pengguna berat, pengguna sedang, dan pengguna ringan. Bukan pengguna sebuah produk, jasa, atau merek khusus.
  • Tingkat kesadaran, kesadaran para konsumen pada produk, kesiapan membeli produk, atau apakah konsumen membutuhkan informasi tentang produk tersebut atau tidak.
  • Loyalitas merek, loyalitas konsumen pada merek dijadikan perusahaan sebagai cara identifikasi karakteristik konsumen di mana mereka bisa langsung menjadi pendukung promosi ke orang lain dengan karakteristik yang sama namun dengan populasi yang lebih besar.

6. Segmentasi Pasar Berdasarkan Situasi Penggunaan

Segmentasi pasar yang didasarkan pada suatu situasi tertentu yang menjadi kesempatan bagi konsumen untuk membeli atau mengkonsumsi suatu produk. Segmentasi ini dibuat untuk membantu perusahaan memperluas penggunaan produknya yang dijual.

7. Segmentasi Pasar Berdasarkan Keuntungan

Segmentasi pasar yang didasarkan sesuai dengan manfaat yang dicari dari produk tersebut. Secara umum segmentasi pasar ini didasarkan pada lima keuntungan produk yang utama yaitu:

  • Fungsional
  • Nilai uang
  • Manfaat sosial
  • Manfaat emosi positif
  • Manfaat emosi negatif

8. Segmentasi Pasar Campuran

Pada segmentasi pasar yang dibentuk berdasarkan kombinasi beberapa aspek segmen yang membentuk sebuah segmen tunggal. Contoh yaitu segmen geodemografis, yang sangat berguna untuk menemukan prospek terbaik bagi seorang pengiklan atau pemasar dalam menemukan seperti kepribadian, tujuan, dan ketertarikan sesuai dengan tempat tinggal si konsumen.

9. Segmentasi Pasar Berdasarkan Tingkah Laku

Pada segmentasi pasar yang dikelompokkan berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan atau reaksi pembeli terhadap suatu produk. Artinya segmen ini membedakan konsumen berdasarkan tingkah lakunya pada sebuah produk tertentu.

Baca juga : Tarif Ongkir Jasa Pengiriman

Manfaat Segmentasi Pasar

Segmentasi Pasar - Pengertian, Tujuan, Jenis, & Kriteria
Segmentasi Pasar – Pengertian, Tujuan, Jenis, & Kriteria

Segmentasi pasar dilakukan bukan tanpa alasan. Ada beberapa manfaat yang ingin didapatkan oleh perusahaan tentunya, berikut diantaranya adalah:

  • Perusahaan memiliki dan menerapkan ide pemasaran yang lebih terarah.
  • Perusahaan akan terbantu dalam hal pengaturan produk menjadi lebih baik kedepannya.
  • Perusahaan mengetahui dan membandingkan peluang pasar baru.
  • Perusahaan dapat menyusun dan menggunakan budget yang ada secara efektif dan juga efisien.
  • Perusahaan akan terbantu dalam hal menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.
  • Perusahaan akan berada pada situasi yang lebih menguntungkan dalam pangsa pasar.

Syarat Segmentasi Pasar

Berikut ini adalah beberapa syarat segmentasi pasar yang efektif yaitu:

  1. Dapat Diukur, pengelompokan pasar harus terukur, baik dalam besarnya, luasnya, serta daya beli konsumen pada segmen pasar tersebut.
  2. Dapat Dijangkau yaitu segmentasi pasar juga harus bisa dilaksanakan. Dengan kata lain, strategi pemasaran yang dibuat dapat dilakukan dan dapat melayani segmen pasar dengan baik secara menyeluruh.
  3. Cukup Besar yaitupengelompokan pasar harus cukup besar sehingga dapat menguntungkan ketika dilayani oleh perusahaan.
  4. Dapat Dibedakan artinya segmen pasar yang dikelompokkan harus dapat dibedakan dengan jelas dan terarah.
  5. Dapat Dilaksanakan  yaitu market segmentation harus dapat dilayani atau dijangkau oleh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan tertentu

Dasar Segmentasi Pasar

Segmentasi Pasar - Pengertian, Tujuan, Jenis, & Kriteria
Segmentasi Pasar – Pengertian, Tujuan, Jenis, & Kriteria

Dalam melakukan segmentasi pasar, harus dapat merujuk pada beberapa dasar pelaksanaannya. Adapun beberapa dasar segmentasi pasar adalah sebagai berikut:

  • Demografis, yaitu dasar pengelompokan pasar berdasarkan pada demografis yang meliputi jenis kelamin, usia, pendidikan, penghasilan, pekerjaan, agama, ras, dan lain sebagainya.
  • Geografis, yaitu dasar pengelompokan pasar yang berdasarkan pada aspek geografis yang meliputi lokasi atau daerah, wilayah, iklim, kepadatan penduduk, dan lainnya.
  • Psikografis, yaitu dasar pengelompokan pasar berdasarkan pada ciri kepribadian, yang meliputi kepribadian, kelas sosial, dan gaya hidup.

Nah demikian referensi mengenai pengertian segmentasi pasar beserta definisi, tujuan dan manfaat, kriteria, dasar – dasar penentuan juga jenis segmen pasar. Semoga bisa menambah wawasan mengenai apa itu segmentasi pasar dan hal yang berkaitan dengannya.

Baca juga : Daftar Kode Bank Indonesia

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close