Bisnis

Pengertian Bisnis Sales Funnel Dan Tujuannya

Sales Funnel merupakan cara termudah guna melakukan visualisasi perjalanan pelanggan atau juga bisa disebut dengan customer Journey, perjalanan pelanggan anda tersebut tentu saja untuk meraih kesuksesan bersama anda. Perjalanan ini yang disebut sebagai Sales Funnel. Entah anda sadar atau tidak sebenarnya Sales Funnel ini pastinya ada pada bisnis anda.

Apa Itu Sales Funnel? Dan Apa Tujuannya?

Apa itu sales funnel? Sales Funnel ini sangat dikenal dalam dunia internet marketing. Simpelnya sih sales funnel ini dilakukan agar bisa mengarahkan dan juga mengedukasi kepada calon pembeli untuk melakukan aksi. Dalam praktik dari Sales Funnel ini adalah proses perjalanan mulai dari gimana kita mengundang pengunjung atau branded traffic kemudian mendapatkan kontak dari mereka. Setelah mendapatkan kontak dari mereka tentu saja kita berusaha untuk mengubah mereka menjadi prospek bisnis kita, Hingga pada akhirnya terjadilah transaksi antara anda dan mereka.

Jadi bisa dibilang tujuan sales funnel adalah untuk memberikan edukasi kepada calon pelanggan kita dan mengarahkannya untuk melakukan hal terbaik, setelah itu diharapkan terjadilah suatu kesepakatan kerja antara anda dan calon pelanggan tersebut.

Secara teori proses dalam Sales Funnel ini merupakan melakukan pengelolaan, pengukuran, peramalan serta perbaikan proses penjualan produk customer sehingga bisa mendapatkan banyak jumlah pelanggan. Dalam menerapkan proses ini yang harus diperhatikan adalah :

  • Menentukan langkah yang jelas dan juga konsisten sehingga bisa mencerminkan proses perjalanan pelanggan dengan jelas. Dengan memiliki langkah-langkah yang jelas pastinya akan mendukung pelanggan kita untuk tahapan berikutnya yang akan dilalui.
  • Interaksi yang nyata juga diperlukan kepada seluruh departemen pemasaran, penjualan dan juga departemen lainnya supaya bisa tercapai tujuan yang sama.

BACA JUGA: Cara Sukses Berbisnis Ekspansi Internasional 2020

Strategi Untuk Menerapkan Sales Funnel

Ada beberapa strategi yang bisa anda terapkan untuk bisa sukses dalam menjalankan sales funnel. Diantaranya adalah dibawah ini.

Kesadaran

Hal pertama adalah membuat konsumen sadar jika ada suatu masalah yang harus segera diselesaikan. Dengan begitu anda jadi bisa memiliki kesempatan untuk menawarkan produk guna menyelesaikan masalah dari pelanggan anda tersebut. Langkah terbaik pada tahap ini adalah dengan melakukan pengiklanan pada produk anda.

BACA JUGA: Bisnis Makanan Yang Populer serta Laris untuk dijual

Penelusuran

Berikutnya adalah membuat konsumen anda sadar jika produk yang anda tawarkan tersebut merupakan solusi bagi permasalahan mereka. Untuk itu anda akan membutuhkan media yang berguna untuk menjelaskan kepada pelanggan terhadap kelebihan produk yang anda miliki.

Evaluasi

Pada tahap ini calon pelanggan akan melakukan pertimbangan dari harga, kualitas dan gaya produk yang anda tawarkan. Pada tahap ini peluang untuk terjadi transaksi akan lebih meningkat.

Pembelian

Tahap terakhir tentu saja adalah pelanggan akan melakukan kesepakatan transaksi bersama anda terkait produk yang anda tawarkan tersebut. Seperti inilah tujuan Sales Funnel.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close