Umum

Rosano Barack : Pebisnis Paling Berpengaruh di Indonesia

Tahukau.com – Rosano Barack memang masih dikenal terbatas oleh kalangan tertentu. Akhir-akhir ini, sang anak yang bernama Reino Barack tengah menjadi perbincangan setelah melangsungkan pernikahan dengan Syahrini. Tak disangka, figur sang ayah pun tak kalah hebatnya. Rosano Barack merupakan salah satu pebisnis paling berpengaruh di Indonesia. Bahkan, pebisnis ini adalah pemegang komisaris berbagai perusahaan besar dan memiliki kedekatan dengan keluarga mantan Presiden Soeharto. Pria berdarah Jepang ini memilki banyak bisnis dan bergelimang harta. Kekayaan Rosano ditaksir hingga US$ 35 juta atau 490 miliar rupiah. Bagaimana sebenarnya kehidupan Rosano Barack? Berikut ulasan kehidupannya untuk Anda!

Baca juga : Prajogo Pangestu

Biografi Lengkap Rosano Barack

Biografi Lengkap Rosano Barack

Rosano Barack tercatat pernah menjadi pejabat tertinggi perusahaan besar Indonesia, antara lain:

  • President Commissioner PT Global Mediacom Tbk
  • Chairman PT Global Mediacom Tbk
  • Board Member PT Panasonic Globel Indonesia
  • Presidem Director/CEO Plaza Indonesia Realty Tbk
  • President Director PT Nusadua Graha International
  • President Commissioner Panasonic Manufacturing Indonesia
  • President Commissioner Bimantara Citra Tbk
  • Chairman Bimantara Citra Tbk
  • Chairman PT Media Nusantara Citra
  • President Commissioner PT Media Nusantara Citra
  • Chairman Jakarta Stock Exchange
  • Chairman Panasonic Manufacturing Indonesia
  • President Director PT Plaza Nusantara Realty
  • Mitsushita Electronics

Baca juga : Erick Thohir

Jejak Karir Bisnis

Jejak Karir Bisnis

Di bawah ini jejak karir bisnis yang dikelola Rosano Barack adalah:

1. PT Global Mediacom Tbk

Rosano tercatat menjadi salah satu pendiri perusahaan PT Global Mediacom Tbk. Sejak berdiri tanggal 30 Juni 1981, perusahaan ini didirikan bersama dengan Bambang Trihatmodjo dan Mochammad Tachril Sapi’ie. Awalnya perusahaan ini bernama PT Bimantara Citra, kemudian berubah nama menjadi PT Global Mediacom tanggal 27 Maret 2007. Hingga kini perusahaan tersebut memiliki investor perusahaan media seperti RCTI dan MNC Group. Saat Soeharto lengser tahun 1998, Rosano Barack tetap menjadi petinggi di perusahaan tersebut. Rosano menjadi komisaris utama sejak tanggal 29 Mei 1998. Hal ini menjadi komitmen Rosano untuk tetap bersama keluarga Cendana.

2. PT Jababeka Plaza Indonesia

Selain PT Global Mediacom Tbk, mall yang terletak di Bundaran Hotel Indoensia, yaitu Plaza Indonesia juga meruapakan salah satu perusahaan di bawah kepemimpinan Rosano sebagai dewan komisarisnya. Pusat perbelanjaan ini berdiri di Jakarta sejak 1990 tersebut dan masih menjadi salah satu mall favorit yang paling banyak dikunjungihinggan saat ini.

3. PT Media Nusantara Citra Tbk

 Selain Plaza Indonesia, Rosano Barack juga salah satu dewan komisaris PT Media Nusantara Citra Tbk dimana perusahaan tersebut berada di bawah PT Global Mediacom Tbk. Tahun 1997 adalah awal berdirinya perusahaan yang berada di Jakarta ini.

4. PT Plaza Indonesia Realty

PT Plaza Indonesia Realty adalah perusahaan yang mengatur properti perumahan, gaya hidup, dan komersial yang berada di wilayah Jakarta. Bahkan Rosano Barack telah tercatat sebagai Direktur Utama PT Plaza Indonesia Realty sejak tahun 1998 lalu.

5. PT Nusadua Graha International

Rosano berposisi pula sebagai Direktur Utama PT Nusadua Graha International dari tahun 1998 lalu. Perusahaan yang berdomisili di Jakarta tersebut bergerak di bidang hotel dan pusat konvensi di Nusadua, Bali seperti The Westin Resort Nusa Dua dan Bali International Convention Center.

6. PT Panasonic Manufacturing Indonesia

Anda sudah tak asing lagi bukan dengan merek Panasonic karena sudah sering didengar. PT Panasonic Manufacturing Indonesia menjadi perusahaan produk elektronik terkemuka bagi konsumen, bisnis, dan industri yang digunakan. Sejak tahun 1996, Rosano tercatat sebagai Komisaris utamanya.

7. PT Panasonic Gobel Indonesia

Dari brandnya dengan nama Panasonic, Panasonic Corporation yang berada di Osaka, Jepang tersebut adalah perusahaan manufaktur produk elektronik kelas dunia bagi konsumen awam maupun bisnis. Bukan tanpa perjuangan, Panasonic Gobel di Indonesia telah melalui proses panjang dan begitu melekat di hati rakyat. Hingga saat ini, Panasonic tetap setia menyediakan berbagai brand elektronik terkemuka dengan berbagai produk inovatif seperti AC, Smart TV, kulkas, mesin cuci, perangkat audio, rice cooker, microwave, air purifier, penata rambut, hingga perawatan kulit di kalangan B2C dan system solution di lingkup B2B. Sejak tahun 2004 lalu, Rosano Barack bertindak sebagai Komisaris.

Baca juga : Edwin Soeryadjaya

Keluarga Rosano Barack

Keluarga Rosano Barack

Rosano Barack diketahui menikahi wanita keturunan Jepang yakni Reiko Sadiah Barack. Mungkin hal tersebut juga menjadi alasan mengapa Reino dan Syahrini melangsungkan pernikahan di Negeri Sakura. Meski memiliki darah Jepang, Reiko tetap memiliki minat tersendiri pada batik sebagai budaya Indoenesia. Bahkan, ia tergabung menjadi anggota Batik Renaissance. Melaui badan tersebut, Reiko mengenalkan batik kepada warga yang ada di Jepang. Bersama dengan Reiko, ia memiliki anak bernama Reino Barrack. Reino sendiri memiliki nama lengkap bernama Reino Ramaputra Barrack yang lahir pada tanggl 21 Juni 1984 di Jakarta. Suami Syahrini tersebut terkenal sebagai pengusaha kaya dengan jabatan sebagai Presiden Global Mediacom. Reino pernah bersekolah di Al-Azhar Pusat dan juga lulusan American University of Paris Prancis sekitar tahun 2007 yang lalu. Lulus dari jurusan International Finance and International Economics di American University of Paris, ia bekerja sebagai equality officer di Merrill Lynch, Tokyo. Lalu, ia pindah sebagai associate di make and partner Corporate Law. Kemudian, pindah berkerja kembali menjadi penasihat transaksi di Ernst and Young Indonesia. Menginjak tahun 2008, ia bekerja di PT Global Mediacom Tbk sebagai jajaran staf dalam Divisi Businness Development Manager and Corporate Finance. Reino Barrack juga pernah menghubungkan MNC dengan perusahaan Jepang yang menaugi JKT 48. Selama bekerja di perusahaan tersebut, Reino telah banyak menuangkan ide-ide cemerlang, termasuk mengusulkan program TV berkualitas khusus anak-anak, contohnya film efek visual bergenre superhero Jepang. Reino Barrack pula yang kemudian mencetuskan lahirnya Tokusatsu pertama di Indonesia, yaitu “Bima Satria Garuda” dan merupakan hasil dari kerjasama dengan Jepang. Kehidupan dan tingkah laku Reino Barrack sering terekspose karena ia banyak menjalin hubungan dengan para selebriti. Ia dikabarkan pernah menjalin asmara dengan Sandra Dewi dan pengusaha mode Elsa Kurniawan, namun kandas di tengah jalan. Setelah itu, Reino kembali dekat dengan artis cantik Luna Maya, tetapi harus berakhir pada tahun 2018 setelah mereka berpacaran selama 5 tahun. Tak lama lepas dari Luna Maya, Reino dikabarkan memiliki hubungan khusus dengan Syahrini. Alhasil, Reino dan Syahrini pun melangsungkan pernikahan di Jepang pada 27 Februari 2019 silam.

Baca juga : Ahmad Sahroni

Hidup kaya bergelimang harta memang bukan menjadi rahasia umum lagi. Menjadi pemilik dari perusahaan-perusahaan besar di Indonesia menjadikan Rosano Barrack dan keluarganya sejahtera. Namun, hal tersebut tidak serta merta membuat Rosano lupa. Selain bijaksana, ia juga terkenal sebagai sosok yang senang beramal. Bahkan, ia sering menyantuni banyak anak yatim. Selain itu, Rosano juga ikut peduli pada pendidikan anak-anak yang kurang mampu. Contohnya, sekolah khusus anak yatim di daerah Sukabumi dan Bandung adalah milik Rosano Barrack. Demikian biografi lengkap Rosano Barrack dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close