Umum

Ricardo Galael : Sang Penerus Dick Galael

Tahukau.comRicardo Galael – Pada era orde baru, siapa yang tidak kenal dengan keluarga Galalel? Dick Galalel adalah pengusaha legendaris yang berhasil membangun dinasti bisnis terbesar di Indonesia hingga saat ini. Sejak usia 23 tahun, Dick Galael mendirikan pasar swalayan dan kemudian terus berkembang hingga mampu membangun pusat perbelanjaan baru berlabel Galael Supermarket tahun 1970 an. Supermarket yang diurus oleh anggota keluarganya tersebut mampu bertahan serta terus melakukan inovasi di dalamnya. Ekspansi bisnisnya berkembang dengan membawa produk dari Amerika Serikat untuk dikembangkan di Indonesia yakni Kentucky Fried Chicken (KFC) yang dibawahi oleh PT. Fast Food Indonesia. Awalnya LFC berdiri di Jalan Melawai-Jakarta pada Oktober 1979 lalu kini menjamur di seluruh wilayah Indonesia. Perkembangan bisnisnya yang semakin hari semakin menjamur membuat keluarga Galael menjadi keluarga terkaya di Indonesia. Lalu, apa hubungannya Dick Galalel dan Ricardo Galalel tersebut? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda!

Baca juga : Ferry Unardi

Ricardo Galael : Sang Penerus Dick Galael

Ricardo Galael : Sang Penerus Dick Galael

Ricardo Galael lahir di Jakarta pada tanggal 13 Januari 1959 sebagai sang penerus bisnis atas nama besar Ayahnya. Yah, Ricardo merupakan anak pertama Dick Galael. Meskipun awalnya ia dikenal sebagai seorang pembalap, namun di bawah naungannya, KFC kini memiliki lebih dari 500 gerai di seluruh Sabang-Merauke. Bukan hal yang mudah bagi seorang Ricardo Galael sebab banyak kisah untuk sampai pada tahap kesuksesan tersebut. ia membutuhkan kegigihan dan banyak melakukan inovasi agar KFC bisa tetap bertahan. Banyak liku-liku yang harus ia lalui dan tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan begitu saja. Meskipun awal bisnisnya sudah diawali dari pondasi bisnis yang dibangun oleh sang ayah, namun tak serta merta membuat Ricardo menikmati kesuksesan bisnis Dick Galael begitu saja. Sang ayah tetap mengajarinya dari bawah. Awal karier, ia mulai dengan menjadi seorang pelayan yang harus selalu ramah dalam melayani konsumen sebaik mungkin. Bahkan, sang ayah juga mengajari bagaimana cara memilih ayam bagus, memotong ayam hingga menjaga kualitas ayam tetap baik. Setelah Ricardo dirasa cukup menguasai ilmu-ilmu tersebut, Dick Galael kemudian memberikan jabatan kepada anak pertamanya. Inovasi pertama yang membuat ia sukses adalah membuat gerai KFC sebagai tempat nongkrong yang pas bagi kaum muda. KFC menjadi pelopor paket bundling CD musisi tanah air hingga membuat para artis secara tidak langsung ikut mempromosikan KFC. Berkat inovasi tersebut, menginjak bulan April 2013, KFC sudah memiliki 440 gerai di seluruh Indonesia.

Baca juga : John Riady

Keluarga Ricardo Galael

Keluarga Ricardo Galael

RA Sri Sudarini lahir pada 20 Agustus 1956 lalu. Ia dikenal bernama Rini S. Bono sebagai seorang pemeran senior Indonesia. Rini adalah putri dari aktor senior Indonesia, S, Bono dan masih bersaudara dengan Debby Cynthia Dewi. Ia awalnya menikah dengan Ahmad Albar, muskius rock senior Indonesia dan dikaruniai tiga orang anak. Fauzi Albar sebagai vokalis band Jibriel, Fachri Albar yang menjadi aktor, dan Fadli Albar. Setelah berpisah dengan Ahmad Albar, ia menikah dengan Ricardo Galael da dikaruniai anak bernama Sean Ricardo Galael, sang navigator cilik. Untuk mengembangkan bisnis sekaligus mendukung karir sang anak, Ricardo Galael memiliki ide kreatif. Anaknya, Sean Galael terjun ke dunia balap internasional dengan memakai kostum balap warna kuning bertuliskan KFC, produk bisnis sang ayah. Sean mengikuti kejuaraan Formula 3 Inggris di empat putaran sepanjang tahun 2013. Ia membuat rekor sebagai pembalap termuda yang naik podium di usia 16 tahun 6 bulan 25 hari. Berbekal jaringan internasional tersebut, Sean begitu mudah mendapatkan sponsor untuk memajukan karirnya di dunia balap. Waralaba sekelas KFC dengan senang hati menjadi sponsor Sean untuk mengikuti ajang dunia balap internasional. Ricardo sendiri mengaku jika dana yang dibutuhkan sangat besar untuk melanggengkan karir sang anak di dunia balap internasional. Namun,luasnya jaringan bisnis keluarga tak terlalu sulit bagi Sean untuk memperoleh dananya. Kini, Sean bersama Pertamina Prema Theodore Racing mampu masuk lima besar Formula 2 klasemen 2018 dan sedang berjuang menembus masuk lintasan Formula 1.

Baca juga : Sudono Salim

Tips Kesuksesan Ricardo Galael

Tips Kesuksesan Ricardo Galael

Membangun usaha dimulai dari nol memang sangat sulit. Jadi, fondasi yang sudah dibangun oleh Dick Galael terlebih dahulu memang terasa lebih mudah. Tugas seorang Ricardo Galael dalah bagaimana mempertahankan dan mengemabangkan usaha yang sudah ada. Ia harus terus melakukan banyak inovasi dan membangun siste manajeman yang lebih efektif. Misalnya, dulu Dick Galael turun langsun ke restoran KFC untuk melihat kondisi usahanya. Namun, dengan lebih dari 500 gerai KFC yang ada sekarang, hal tersebut tidak mungkin dilakukan. Cara terbaik adalah dengan membangun sistem manajemen struktural yang jelas untuk mendelegasikan tugas tersebut ke manajer. KFC sendiri memang memiliki perkembangan yang sangat bagus. Di kala iklim usaha yang tidak menentu, KFC bertahan dengan baik karena tidak memiliki fasilitas pinjaman bank bahkan tidak punya utang. Semua keuntungannya digunakan kembali untuk mengembangkan usaha-usaha lainnya.

Baca juga : Ala Alatas

Tips Kesuksesan Ricardo Galael

Bagi Ricardo Galael, ujung tombak sebuah usaha adalah di dalam toko, bukan di kantor pusat. Karyawan adalah aset penting. Kejujuran dan loyalitas tidak diajarkan di sekolah. Oleh karena itu, ia harus melihat mana karyawan yang jujur dan penuh loyalitas, mana yang tidak. Orang pintar memang banyak, namun orang jujur dan memiliki loyalitas tinggi semakin lama semakin sedikit. Karyawan yang sudah bekerja puluhan tahun harus mendapatkan penghargaan tinggi. Jangan sampai serakah dengan keunutngan satu-dua rupiah, tetapi tidak memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Dengan menjunjung tinggi kejujuran, maka dimana pun berada, nama perusahaan akan selalu mendapatkan kepercayaan. Ricardo Galael sadar penuh dengan iklim usaha saat ini. Persaingan bisnis semakin lama semakin kompetitif. Bayangkan, 200 karyawan KFC bisa dibajak oleh perusahaan lain setiap bulannya. Sebab, lebih murah mengambil karyawan yang sudah jadi dan handal daripada memulai untuk melatih mereka dari nol. Ricardo Galael memiliki kepercayana penuh dan tidak akan berhenti untuk berkembang. Karyawan dengan loyalitas tinggi memang menjadi kunci. Hal tersebut akan baik hasilnya jika diimbangi pula dengan keseriusan pemerintah dalam membuat kebijakan. Rencana ke depan, Ricardo Galael akan membuka 60 gerai kembali tetapi dengan konsep yang lebih kecil. Ia ingin perusahaannya merambah ke kelas bawah yang pasarnya bisa mencapai 200 juta. Apabila KFC bisa masuk ke dalam konsep tersebut, ia yakin jika 10 tahun ke depan 2.000 gerai akan berhasil dibuka. Bisnis memang tidak ada titik berhentinya, jika Anda memutuskan berhenti, maka disitulah titik kejatuhan bisnis Anda.

Baca juga : Rudy Salim

Sudah jelas bukan, jika bisnis tidak bisa dibangun dalam sehari semalam. Bisnis membutuhkan komitmen dan kerja keras dari para pelaku usahanya. Sebagai generasi muda, semoga kisah sukses Ricardo Galael bisa menjadi inspirasi untuk membangun bisnis waralaba lainnya. Demikian ulasan lengkap kesuksesan Ricardo Galael. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close