Bisnis

Rekomendasi Jenis Masker Kain Yang Aman dan Sehat!

Tahukau.comRekomendasi jenis masker kain yang aman dan sehat saat ini sangat penting sebagai upaya agar tidak tertular dari virus covid 19. Sudah banyak dijual jenis masker yang bisa digunakan untuk beraktivitas di luar rumah. Salah stunya ada jenis masker kain yang menjadi perlengkapan wajib dibawa juga digunakan ketika pergi ke luar rumah di tengah pandemi covid 19. Banyak jenis kain yang bisa digunakan sebagai alat pelindung wajah.

Dengan menggunakan masker kain risiko terpapar dari droplet orang lain untuk menghambat penyebaran Covid-19 bisa dicegah. Mengenakan masker kain otomatis mampu menjaga kesehatan tubuh juga mencegah virus masuk melalui hidung dan mulut. Karena itu tidak bisa dinggap sepele dalam mengenakan masker kain.

Berikut ini ulasan mengenai rekomendasi jenis masker kain yang aman dan sehat seperti berikut ini.

Rekomendasi Jenis Masker Kain

Contoh di bawah ini merupakan jenis masker kain yang bisa kamu gunakan ketika bepergian ke luar rumah:

1. Masker Hibrida

Jenis masker kain pertama yaitu masker Hibrida adalah sebuah masker dengan gabungan dua lapisan kain. Terbuat berbahan seperti sutra, katun, sifon, atau flanel. Para peneliti membuktikan jika masker ini bisa menyaring lebih dari 80 persen partikel kecil  dari jarak penyebaran kurang dari 300 nanometer, juga mampu menyaring lebih dari 90 persen partikel lebih besar dari jarak sebar yang melebihi 300 nanometer.

Menurut penelitian, antara perpaduan bahan katun dan sifon bisa memberikan perlindungan yang sangat efektif, dengan penggabungan katun dan kain flanel, katun dan sutra, dan empat lapis sutera alam lainnya. 

Walau masih berisiko karena tidak selalu baik mampu menyaring partikel lebih besar, namun peneliti mengatakan masker ini lebih baik daripada masker N95 dan lebih efektif dalam menyaring partikel kecil. Dan, dua lapis katun atau sifon berpotensi lebih baik dalam menyaring partikel kecil daripada masker bedah.

Baca juga: Contoh Ide Bisnis Saat Menghadapi New Normal 2020

2. Kain Katun

Peneliti menemukan satu lapisan katun yang tidak efektif dalam memblokir partikel virus corona baik berukuran besar dan kecil. Studi dari Journal of Hospital Infection menjelaskan jika selembar selendang dan kaus katun bisa mengurangi adnya risiko infeksi paling tidak 44 persen ketika dipakai di daerah yang terkontaminasi virus corona dalam waktu 30 detik.

Namun, setelah 20 menit berada di lingkungan yang terkontaminasi, dapat mengurangi risiko menurun menjadi 24 persen, ini tetap lebih baik daripada tidak sama sekali. Menurut para peneliti saat ini, masker katung yang digunakan dengan longgar tetap bisa mengurangi penyebaran partikel virus ketika orang yang terinfeksi batuk dan bersin.

Karena, peneliti menemukan jika tetesan infeksiusbisa menyebar sampai 16 kaki atau 5 meter ketika seseorang tidak memakai masker, sedangkan risiko partikel masuk pada sisi masker hanya 5 kaki atau sekitar 1,5 meter. Yang utama, bagaimana penggunaan masker menjadi hal penting yang harus tetap diperhatikan.

Karena, perlindungan masker termasuk jenis masker N95 dan masker bedah menurun signifikan ketika ada celah antara masker dan kulit. Sehingga, harus dipastikan tidak ada celah saat memakai masker.

3. Masker Tiga Lapis Kain

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan jenis masker kain mempunyai tiga lapisan, di antaranya lapisan dalam yang berfungsi menyerap, lapisan tengah untuk menyaring, dan lapisan luar yang terbuat dari bahan nonabsorben seperti poliester. 

Penelitian dari Universitas Illinois masih menunggu tinjauan untuk mengungkapkan, tiga lapis bahan sutra atau 100 persen katung sama protektifnya dengan masker medis. Khususnya sutra yang bersifat elektrostatik bisa membantu menjebak partikel virus walau dengan ukuran yang lebih kecil.

Baca juga: Tips Baik Menjaga Pola Hidup Sehat Selama Pandemi

4. Serbet dan Kain Antimikroba

Berikutnya jenis masker kain serbet dan antimikroba, bukan bahan yang ideal, namun handuk dan kain antimikroba juga baik dibandingkan satu lapisan kain katun. Sehingga keduanya bisa menjadi pilihan terbaik asal dipakai dengan rapat untuk memberikan perlindungan. Menurut peneliti, jenis kain antimikroba yang terbuat dari satin, sutra, atau bambu lebih disukai jika dibandingkan kain katun yang standar.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai rekomendasi jenis masker kain yang aman dan sehat. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close