Bisnis

Mari Kenali 10 Produk Tabungan Mandiri Syariah | Tahukau

Tahukau.com – Bank Mandiri, siapa sih yang tidak mengenal dan familiar akan nama Bank Mandiri? Pasti seluruh warga Indonesia sudah familiar akan nama Bank tersebut bukan? Bank Mandiri adalah salah satu bank terbesar dan terkemuka yang ada di Indonesia. Memiliki pelayanan yang begitu baik terhadap nasabah di dunia Perbankan Indonesia. Itulah sedikit pengenalan tentang bank Mandiri. Lalu tahukah anda tentang Bank Mandiri Syariah? Tentang bagaimana terbentuknya Bank Mandiri Syariah dan apa saja produk serta kelebihan dari Bank syariah ini? Baiklah mari kita bahas semua tentang Bank Mandiri Syariah, simak penjelasan dibawah ini ya!

Bank Mandiri Syariah

Bank Mandiri Syariah

Bank Mandiri Syariah ini merupakan salah satu bank syariah yang berdiri pada tahun 1999. Didirikannya bank ini karena pada saat itu keuangan Indonesia masih terkena dempak krisis moneter (krismon) pada periode 1997 yang menyebabkan hampir seluruh bidang usaha di Indonesia menjadi sangat kacau. Maka dari itu 4 cabang bank di Indonesia yakni Bank Dagang Negara (BDN), Bank Bumi Daya (BBD), bank Ekspor Impor, dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) melakukan penggabungan atau merger untuk menyelamatkan keuangan pada saat itu dan lahirlah Bank Mandiri. Dari penggabungan tersebut, para bank terbesar Indonesia ini membuat Tim yang mengutamakan layanan perbankan yang berbasis syariah.

Baca juga : Klik BCA

Bank Mandiri Syariah

Setelah mendapat persetujuan dari pemerintah kemudian dibelakukanlah Undang-Undang yang mengizinkan bank konvensional memberlakukan layanan transaksi syariah di tahun 1998. Kemudian Tim Pengembangan tersebut mengajukan konversi Bank Susila Bakti yang dulunya merupakan bank konvensional lalu dirubah menjadi bank syariah yang bergerak dibawah kendali Bank Mandiri. Kemudian bank syariah tersebut diberi nama Bank Mandiri Syariah karena merupakan bagian dari Bank Mandiri. Setelah konversi tersebut berhasil dibentuk, selanjutnya disahkan oleh Gubernur Bank Indonesia dengan dikeluarkannya SK Gubernur BI Tahun 1999. Bank ini pun kemudian mulai beroperasi pada 1 November 1999. Dari mulai terbentuknya Bank Mandiri Syariah hingga saat ini sudah terdapat lebih dari 700 kantor yang telah tersebar di 24 provinsi di Indonesia.

Baca juga : Kartu Kredit Terbaik

Produk Bank Mandiri Syariah

Produk Bank Mandiri Syariah

Setelah mengetahui tentang sejarah terbentuknya Bank Mandiri Syariah, selanjutnya akan kami bahas tentang produk-produk apa saja yang ditawarkan dalam mengusung metode syariahnya oleh Bank Mandiri Syariah beserta kelebihan-kelebihannya. Produk-produk tersebut berupa berbagai macam tabungan, yaitu:

Baca juga : Pinjaman Online

Tabungan Mudharabah

Tabungan mudharabah merupakan tabungan biasa yang bemata uangkan Rupiah. Tabungan ini menerapkan prinsip syariah “akad mudharabah muthalaqah” yaitu dengan bagi hasil yang adil tanpa bunga atau riba. Syarat yang dibutuhkan untuk membuka buku tabungan ini terbilang cukup simple dan mudah yaitu dengan membawa KTP dan NPWP, membayar setoran awal sebesar 100 ribu rupiah, setoran slenjutnya sebesar 10 10 ribu rupiah, memiliki saldo awal sebesar 50 ribu rupiah, membayar biaya administrasi sebesar 10 ribu rupiah, dan jika ingin melakukan penutupan rekening anda harus membayar biaya penutupan yaitu sebesar 20 ribu rupiah. Anda akan mendapat faslitas online yang telah tersebar di seluruh cabang di Indonesia, serta mendapatkan fasilitas layanan kartu ATM, e-Banking yang berupa Mandiri Syariah Mobile dan juga Net Banking.

Tabungan Simpel iB

Kata Simpel yang ada pada jenis tabungan ini merupakan singkatan dari “Simpanan Pelajar”. Tabungan ini dijalankan dengan menggunakan prinsip “Wadi’ah Yad Dhamanah”. Seperti yang tertera pada namanya, tabungan ini diperuntukkan bagi para pelajar Indonesia yang berumur dibawah 17 tahun mulai dari tingkatan PAUD hingga SMA dan masih belum memiliki KTP. Tujuan diluncurkannya jenis tabungan ini adalah agar anak-anak mendapatkan edukasi tentang keuangan juga memperkenalkan layanan perbankan syariah Indonesia kepada anak sejak dini. Syarat untuk membuka rekening tabungan ini hanya perlu membawa kartu pelajar, fotokopi kartu keluarga, fotokopi KTP orangtua, akta lahir, dokumen perwalian, serta mengisi formulir yang diberikan oleh pihak bank. Untuk membuka rekening ini anda diharuskan melakukan setoran awal sebesar seribu rupiah, lalu melakukan setoran selanjutnya sebesar seribu rupiah juga. Saldo yang diharuskan ada pada rekening ini adalah minimal seribu rupiah. Sama seperti biaya pembukaan rekening, jika anda ingin menutup rekening ini anda diharus kan membayar biaya penutupan rekening sebesar seribu rupiah. Anda akan mendapat faslitas online yang telah tersebar di seluruh cabang di Indonesia, serta mendapatkan fasilitas layanan kartu ATM, e-Banking yang berupa Mandiri Syariah Mobile dan juga Net Banking.

Tabungan Berencana

Tabungan ini merupakan produk tabungan yang berjangka untuk memenuhi target yang telah ditentukan. Sama seperti tabungan Mudharabah, tabungan ini menerapkan prinsip syariah “akad mudharabah muthalaqah” yaitu dengan bagi hasil yang adil tanpa bunga atau riba. Di dalam tabungan ini terdapat jangka periode yaitu 1 sampai dengan 10 tahun. Syarat untuk membuka tabungan ini sama seperti yang telah dijelaskan pada tabungan-tabungan sebelumnya. Untuk biaya administrasinya sendiri ialah membayar setoran awla sebesar 100 ribu rupiah, target dana minimal 1.2 juta rupiah dan maksimal sebesar 200 juta rupiah, jumlah uang yang disetorkan tetap dan tidak berubah berdasarkan pembagian jumlah target dibagi yang telah dipilih. Pada tabungan ini anda tidak dapat menartik saldo sebelum target yang telah ditentukan tercapai. Keuntungan tabungan ini adalah akan mendapatkan manfaat dari proteksi asuransi tanpa harus melakukan tes kesehatan terlebih dahulu.

Tabungan Investasi Cendekia

Tabungan ini sama seperti tabungan berencana diatas, yaitu menggunakan jangka periode yaitu 1 sampai dengan 10 tahun. Tabungan ini juga menggunakan prinsip syariah “akad mudharabah muthalaqah”. Setoran yang dilakukan pun tetap kecuali anda ingin menambahkan setoran diluar kesepakatan setoran wajib. Untuk setoran bulanan yang harus dibayarkan yaitu minimal 100 ribu rupiah sampai dengan 10 juta rupiah dengan kelipatan 50 ribu rupiah. Syarat untuk membuka tabungan ini adalah KTP, NPWP, dan sudah memiliki tabungan Mudharabah sebelumnya.usia yang diperbolehkan untuk membuka tabungan adalah minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun saat hatuh tempo.

TabunganKu

Tabungan ini merupakan tabungan perorangan. Tabungan ini menerapkan prinsip “akad wadihi’ah yad dhamanah”. Pada tabungan ini nasabah dibebaskan dalam memilih untuk membuka tabungan dengan ATM atau tanpa ATM. Setoran awal untuk membuka tabungan ini sangatlah murah. Hanya perlu membayar 20 ribu rupiah jika membuka tabungan tanpa kartu ATM dan 50 ribu rupiah jika membuka tabungan dengan kartu ATM. Untuk setoran selanjutnya adalah sebesar 10 ribu rupiah. Tabungan ini memiliki ketentuan khusus yaitu nasabah hanya memiliki 1 rekening di 1 bank saja.

Baca juga : Investasi di Reksadana

Tabungan Mabrur

Seperti namanya, tabungan ini diperuntukkan bagi nasabah yang hendak melakukan ibadah ke Tanah Suci. Tabungan ini sudah terhubung dengan SISKOHAT Kementrian Agama sehingga saldo minimal yang telah tercukupi akan langsung terdaftar dan mendapatkan porsi antrean haji.

Persyaratan membuka tabungan ini ialah:

  • Mengisi form yang telah disediakan oleh bank
  • Menyerahkan fotokopi KTP, SIM, atau Paspor dan NPWP
  • Membayar setoran awal minimal 100 ribu rupiah dan setoran selanjutnya minimal 100 ribu rupiah
  • Jika hendak menutup rekening harus membayar biaya penutupan sebesar 25 ribu rupiah
  • Harus memiliki saldo minimal 25,5 juta rupiah atau sesuia dengan ketentuan Kemenag agar dapat terdaftar pada SISKOHAT
  • Saldo yang ada pada rekening ini tidak dapat dicairkan kecuali untuk melakukan pelunasan BPIH

Baca juga : Apa Itu Saham ?

Nah, itu dia jenis- jenis produk dari Bank Mandiri Syariah yang bisa kalian temui di bank ini. Untuk informasi lebih lengkap anda bisa langsung datang ke Bank Mandiri Syariah atau anda dapat mengunjungi laman website Bank Mandiri Syariah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close